31 March 2015

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 5.0 Lollipop

Cara Mengatasi Masalah Android 5.0 Lollipop - Selalu ada masalah dan error yang terjadi pada versi platform baru dan Android 5.0 Lollipop tidak terkecuali. Tentu, ada perbaikan, tetapi kalau ada yang bilang nol cacat itu tidak benar dan bisa dibilang sebuah mitos. Dengan interface animasi yang halus saat membuka perangkat android dan juga Bahan Desain yang terbaik yang pernah ada, namun kenyataannya kita mulai menemui semakin banyak masalah pada Android 5.0 Lollipop. Berikut ini adalah masalah terbesar yang sering muncul pada Android 5.0 Lollipop, dan beberapa cara tentang bagaimana untuk mengatasi dan memperbaiki error Android 5.0 Lollipop.

Upadate OS terbaru dari Android, yaitu Android 5.0 Lollipop belum sepenuhnya dapat bekerja dan berjalan dengan mulus sempurna. Sementara untuk beberapa orang (termasuk saya), itu telah menjadi kabar baik, harapan besar dapat menggunakan perangkat Android dengan animasi yang keren. Desain aplikasi Google yang menarik, ada beberapa Gremlins bersembunyi di bawah tampilan warna-warna cerah. Jadi jika Anda ingin tahu bagaimana cara memperbaiki masalah Android 5.0 Lollipop, inilah solusi untuk bug yang terdapat pada Android Lollipop. Kami akan menambahkan tips lebih sebagai antisipasi masalah yang kemungkinan akan muncul juga, jadi mari kita pelajari solusi permasalahan Android 5.0 Lollipop di bawah ini.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 5.0 Lollipop

Cara Mengatasi Masalah Error Android 5.0 Lollipop

Bug: Apps crashing, launcher redraw, and lag

Tampaknya ada masalah pada kebocoran memori yang menyebabkan banyak gejala yang berbeda muncul di perangkat yang menjalankan Android 5.0 Lollipop. Beberapa orang pengguna android mengalami masalah background aplikasi sering menutup sendiri dan restart. Ada juga laporan bahwa launcher (home screen dan ikon) muncul berulang kali dari awal setiap kali memencet tap back (kembali), dan itu memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Sering terjadi lag di multitasking atau recent apps menu, dan browser akan memuat ulang tab. Bagi sebagian orang, aplikasi crashing dan force close atau menutup sendiri juga kerap terjadi, terutama aplikasi audio streaming. Sepertinya semua masalah ini bisa dikaitkan dengan bug yang sama, dan mungkin tampak lebih parah pada hardware dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Cara memperbaiki:
  • Anda dapat me-restart perangkat Anda untuk mengatasi masalah ini sementara, tapi kemungkinan masalah dan error ini akan kembali lagi dalam waktu tiga atau empat hari.
  • Beberapa orang melaporkan bahwa mematikan Google Now menghasilkan perbaikan. Cara termudah adalah mungkin untuk pergi ke app drawer Anda dan membuka pengaturan Google settings, tap Search & Now > Now cards, and turn it off.
Solusi:
  • Beberapa orang melaporkan bahwa masalah ini tetap untuk mereka setelah menghapus data pencarian dalam Google app. Jika Anda ingin mencoba, buka Settings> Apps> All dan cari Google App, lalu tap Manage space and Clear all data. Anda akan kehilangan Google Search, Google Now, dan Google Now Launcher data, sehingga Anda akan perlu untuk mengaturnya lagi.
  • Anda dapat mencoba factory reset, tapi pastikan Anda melakukan backup semua data yang penting dulu. Buka Settings> Backup & reset> Factory data reset, kemudian pilih Reset phone atau Reset tablet di bagian bawah. Anda harus mengatur perangkat dari awal, tapi ini mungkin menjadi kesempatan yang baik untuk menyeleksi menginstal ulang aplikasi dan membersihkan data lama yang tidak digunakan lagi.
  • Periksa Settings> About phone atau About tablet dan Software update atau System updates. Ini adalah thread di forum Google, dan masalah tampaknya telah diperbaiki, namun kita memerlukan update baru untuk mendapatkan informasi terbaru.

Masalah Baterai Nge-Drop

Banyak pengguna Android 5.0 Lollipop telah melaporkan masalah dengan baterai perangkat mereka terkuras lebih cepat dari yang seharusnya atau lebih cepat daripada yang mereka lakukan sebelum update ke versi OS ini. Ada bug yang pasti dalam rilis Lollipop asli yang berkaitan dengan fitur Wi-Fi yang menguras baterai, tetapi diakui dan telah diperbaiki di Android 5.0.1. Android 5.0 akan meningkatkan lama hidup pemakaian baterai Anda, jadi jika Anda memiliki versi terbaru dan Anda masih menngalami masalah baterai cepat drop, maka Anda dapat mencoba beberapa cara lainnya untuk memperbaiki.

Cara Memperbaiki:
Masuk ke Setting> Battery dan lihatlah apa yang memerlukan daya paling besar. Jika ada penyebab yang jelas dalam daftar, kemudian buka pengaturan untuk itu dan lihat apakah Anda dapat men-tweak mereka atau pastikan bahwa itu up to date. Jika itu tidak berhasil, kemudian mempertimbangkan menguninstall itu. Simak bagaimana cara menghemat daya baterai smartphone Anda.

Solusi:
  • Cobalah memperbarui aplikasi Anda di Play Store app. Tekan bagian atas menu kiri dan kemudian pilih My apps and Update all.
  • Ada kemungkinan bahwa aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah Anda. Anda dapat mencoba menghapus mereka satu per satu dan menguji hasilnya, atau Anda dapat melakukan factory reset atau reset pabrik melalui Settings> Backup & reset> Factory data reset, dan lakukan instalasi aplikasi kembali tentunya secara selektif.

Wi-Fi tidak konek atau tidak dapat terhubung dan Koneksi Sering Terputus

Beberapa orang mendapatkan kesulitan pada perangkat mereka untuk terhubung ke Wi-Fi setelah update Android OS ke Android 5.0 Lollipop. Ada juga yang melaporkan bahwa sambungan sering terputus. Ini adalah masalah umum pada perangkat mobile, tetapi ada beberapa langkah pemecahan masalah yang pantas untuk dicoba.

Potensi solusi:
  • Selalu mulai dengan solusi yang biasa dipakai. Matikan router Wifi dan smartphone atau tablet, kemudian nyalakan lagi.
  • Buka Settings > Wi-Fi dan tekan lama pada Network Anda kemudian tap Forget network. Kemudian Set koneksi lagi.
  • Pastikan bahwa MAC filtering off pada Wifi router Anda, atau tambahkan Mac Address perangkat Anda. Anda akan menemukannya pada menu Settings> About phone / tablet> Status atau Settings> Wi-Fi. Hanya tekan pengaturan (tiga titik vertikal icon) di bagian kanan atas, dan pilih Advanced.
  • Jika Anda memiliki pilihan untuk beralih frekuensi dari 2.4GHz ke 5GHz atau sebaliknya, Anda dapat melakukannya di menu Settings> Wi-Fi> Advanced> Wi-fi frequency band.
  • Mungkin channels Anda sedang banyak digunakan user lain. Coba aplikasi Wi-Fi Analyzer untuk memeriksa, atau hanya mencoba beralih ke channels lain. Beberapa orang melaporkan masalah dengan saluran yang lebih tinggi seperti 12 atau 13. Anda harus masuk ke pengaturan router Anda untuk mengubah ini, melakukan konsultasi dengan customer service ISP Anda tentang cara untuk melakukannya.
  • Pastikan bahwa firmware router Anda up to date. Anda mungkin akan perlu memeriksa dengan produsen atau ISP Anda.

Tidak Dapat Memutar Video

Sebuah bug sering dilaporkan di Android 5.0 Lollipop yang menyebabkan banyak masalah pada saat pemutaran video. User Android melaporkan masalah dengan sejumlah layanan video yang berbeda, termasuk YouTube. Beberapa orang tidak dapat memutar video streaming dari sumber manapun. Ada juga laporan bahwa kamera tidak dapat merekam video.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki:
  • Anda mungkin tahu bahwa reboot sederhana kadang dapat menyelesaikan masalah ini, tapi masalahnya adalah error dan masalah kemungkinan akan datang kembali.
  • Anda dapat mencoba menghapus cache untuk setiap aplikasi yang bermasalah. Buka Settings > Apps, geser ke tab All, dan memilih aplikasi Anda mengalami masalah dengan, lalu ketuk Clear cache.
  • Beberapa orang telah mencoba cara ini dan sukses memperbaiki masalah setelah menghapus semua partisi cache. Anda dapat menemukan petunjuk tentang cara untuk melakukan itu dalam panduan kami tentang bagaimana menggunakan cara recovery mode untuk memperbaiki Android Anda. Sayangnya hal ini tidak memperbaiki secara permanen dan Anda mungkin akan menemukan masalah ini lagi suatu saat nanti.
Potensi solusi:

Hal ini telah bekerja untuk beberapa orang sehingga layak dicoba. Pergi ke Settings> About tablet atau About Phone dan tekan Build number tujuh kali. Hal ini akan membuka opsi Developer di Settings. Scroll ke bawah sampai Anda melihat entri di bawah Media yang mengatakan Gunakan NuPlayer (percobaan) dan coba nonaktifkan. Sekarang restart perangkat Anda.

Call Tidak Ada Suara atau No Audio Call

Beberapa orang melaporkan masalah dengan audio panggilan. Mereka tidak bisa mendengar penelepon dan atau penelepon tidak bisa mendengar mereka. Hal ini menyebabkab tidak mungkin untuk membuat atau menerima panggilan telepon.

Cara Memperbaiki:
  • Restart ponsel Anda, ini dapat mengatasi masalah ini sementara, karena biasanya masalah akan terjadi kembali.
  • Coba gunakan headset Bluetooth sebagai gantinya. Anda mungkin dapat beralih ke headset Bluetooth hingga masalah dapat diperbaiki.
Solusi:
Beberapa orang melaporkan masalah hilang setelah mematikan ponsel, mengeluarkan kartu SIM, dan kemudian kembali memasukkan itu, dan kemudian menyalakan kempali smartphone. Setelah Anda melakukan itu, pergi ke Settings> More> Mobile Network> Access Point Names, tekan tiga titik vertikal di bagian kanan atas, dan kemudian tekan Reset to default.

Bluetooth tidak bekerja

Ada banyak laporan yang berbeda tentang isu-isu Bluetooth pada Android 5.0 Lollipop. Beberapa orang mengalami kesulitan memasangkan perangkat, beberapa menemukan bahwa koneksi dapat dilakukan, tetapi tidak semua fungsi bluetooth bekerja dengan benar, dan koneksi bluetooth terputus, dan tampaknya terjadi secara acak. Ada beberapa hal yang dapat Anda coba:

Solusi:
  • Pertama-tama, pastikan bahwa Anda telah mengaktifkan bluetooth dengan benar. Untuk beberapa smartphone memiliki aksesoris dimana Anda harus menahan tombol agar dapat terkoneksi.
  • Cobalah menghapus profil Bluetooth yang lama di perangkat Android atau sistem yang Anda mencoba untuk terhubung, jika Anda telah mencapai batas.
  • Buka Settings > Bluetooth pada perangkat Android Anda, sentuh ikon pengaturan sebelahnya, dan kemudian Unpair itu. Reboot telepon dan coba lagi.
  • Jika Anda masih tidak dapat terhubung, kemudian coba menghapus profil pada kedua perangkat lagi. Setelah itu, pergi ke Settings > Apps > All > Bluetooth Share dan Clear data and Clear cache. Restart smartphone, dan atur koneksi dari awal.
  • Jika Anda masih mengalami masalah, kemudian lihat produsen Anda dan pastikan bahwa perangkat Bluetooth Anda up to date. Juga, hati-hati untuk update Android.

Apps Restart di Background

Salah satu masalah terbaru ditemukan di Android 5.0 Lollipop adalah bug yang yang membuat aplikasi me-restart di background. Meskipun recent apps harus tetap berjalan di background ketika Anda ingin membukanya kembali nanti, bahkan aplikasi tersebut dengan pemberitahuan notifikasi.

Hal ini pada akhirnya merugikan kinerja perangkat lama yang berjalan. Sejauh ini, satu-satunya cara yang diketahui untuk memperbaiki masalah ini agak ironis, yaitu restart perangkat Anda. Google kemungkinan akan memperbaiki ini segera.

System.img Error dan Hilang

Isu-isu Lollipop dapat dimulai bahkan sebelum itu ada pada perangkat Anda. Beberapa pemilik Nexus 5 flash factory image yang mengalami masalah bahkan dengan instalasi Android 5.0 itu sendiri. Selama mengikuti prosedur, mereka diberitahu tentang kesalahan system.img Error dan Hilang.

Ini sebenarnya bukan masalah besar, jadi jika ini terjadi pada Anda, cukup flash file img manual satu per satu, bukan dengan menggunakan file flash-all.bat. Jika Anda ingin walkthrough, anda coba cari cara menginstal Android 5.0 pada Nexus 5.

Konektivitas Wi-Fi Android 5.0 Lollipop

Pengguna Nexus 5 yang menjalankan Android 5.0 mengalami masalah konektivitas Wi-Fi : bug pembaruan yang tidak pernah berhenti dan terus muncul.

Ada berbagai solusi sederhana dan mudah yang biasa dilakukan: ubah airplane mode on and off, putus dan konek ulang ke jaringan Wifi, reboot ponsel Anda, restart router atau pindah frekuensi Wi-Fi. Seperti Anda mungkin bisa mengatakan, ini adalah daftar solusi sementara, sehingga Anda mungkin harus menunggu untuk patch dari Google untuk solusi permanen.

Bug Baterai Android 5.0 Lollipop

Seperti biasa, setiap instalasi baru hasil firmware Android di beberapa fitur menguras baterai untuk beberapa pengguna. Hal ini hampir selalu terjadi karena update diaplikasikan pada firmware yang ada dan bukan terpasang baru setelah di-format bersih. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ada beberapa hal yang bisa salah ketika semuanya sudah diatur di ponsel Anda.

Jadi sekarang mungkin waktu untuk menelan pil pahit, melakukan full backup dan melakukan reset pabrik atau factory reset. Anda dapat melakukan ini melalui Settings > Backup & Reset bagian atau secara manual dengan tombol hardware. Hanya mencari situs untuk perangkat yang Anda gunakan dan lakukan factory reset.

Bug Video Playback Android 5.0 Lollipop

Pemilik Nexus 7 (2013) mengeluhkan beberapa bug pada saat pemutaran video pada Android Lollipop. Masalah ini tampaknya tidak dibatasi untuk setiap aplikasi tertentu, tetapi YouTube, tentu saja menjadi masalah serius. Setiap aplikasi menggunakan pemutar video Android default pasti menglami masalah ini.

Jika YouTube adalah masalah pada Android anda, maka tekan Settings > Apps dan cari entri untuk YouTube. Hapus cache dan coba lagi atau melakukan reboot untuk memperbaiki sementara. Anda selalu dapat mencoba menghapus dan menginstal ulang aplikasi jika masalah tetap ada. Beberapa pengguna memberi testimoni bahwa ini telah memecahkan masalah, sementara tidak bekerja pada pengguna yang lain.

Jika Anda memiliki cara memperbaiki beritahu kami di komentar di bawah. Skenario terburuk: Backup semua data kemudian lakukan factory reset dan hapus partisi cache.

Pesan Error Android 5.0 OTA Update

Android 5.0 OTA update error message, Pemilik Nexus 9 yang mendapatkan patch update sesegera mungkin setelah peluncuran publik dari update Android 5.0 telah mengalami beberapa masalah instal update OTA. Pada dasarnya cara termudah untuk mencegah masalah ini adalah dengan mematikan smartphone dan kemudian beralih kembali ke versi sebelumnya tanpa menginstal pembaruan.

Jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, itu adalah prosedur sederhana untuk flash profil pabrik terbaru untuk Nexus 9 sendiri, jika tidak, anda akan hanya harus menunggu sampai Google memperbaiki bug lain hingga fix.

Itu semua Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 5.0 Lollipop yang kita miliki untuk saat ini, tapi kami akan menambahkan lebih banyak masalah dan solusi potensial seperti yang telah kita temukan di atas. Tetap kunjungi blog SettingComputers.blogspot.com untuk mendapatkan informasi cara memperbaiki masalah dan error Android terbaru. Kami telah menambahkan beberapa solusi, silahkan baca Update Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 5.0 Lollipop.

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 5.0 Lollipop"