19 September 2015

Cara Disable atau Nonaktifkan Auto Update Aplikasi Otomatis Android

Cara Disable atau Menonaktifkan Auto Update Aplikasi Otomatis Android - Secara default, aplikasi Android yang didownload dari Google Play Store akan diperbarui atau diupdate secara otomatis. Jika Anda lebih suka untuk meninjau update dan setiap izin baru atau perubahan terkait dengan update, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan update otomatis aplikasi Android.

Pilihan untuk update otomatis sedikit berbeda dalam versi baru (5.0) dari Play Store. Kami akan menunjukkan cara untuk melakukan disable atau menonaktifkan auto update aplikasi Android secara otomatis, baik untuk Play Store versi yang lama dan versi baru.

Cara Disable atau Nonaktifkan Auto Update Aplikasi Otomatis Android

Mengaktifkan fitur update aplikasi otomatis pada hp smartphone atau tablet Android adalah cara cerdas dan mudah untuk menjaga perangkat Android tetap up-to-date dengan terbaru dan terbaik. Apalagi tidak membutuhkan interaksi pengguna untuk melakukan update aplikasi Android, sehingga dapat menghemat waktu dan energi. Satu-satunya masalah adalah tidak semua orang ingin aplikasi mereka untuk diperbarui secara otomatis, terutama jika ponsel Android Anda tidak memiliki paket kuota data internet mobile dalam jumlah banyak. Perubahan setelah aplikasi terupdate juga sering dapat mengubah seluruh pengalaman sebuah aplikasi.
Akibat dari masalah pengguna Android yang tidak menginginkan auto update aplikasi secara otomatis, Google menambahkan pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan update aplikasi otomatis pada Google Play Store, serta pilihan untuk hanya update jika pengguna pada koneksi WiFi untuk menyimpan kuota data internet yang begitu berharga dari pembawa seperti Verizon atau AT&T. Secara default, pembaruan otomatis diaktifkan. Ada beberapa cara yang berbeda untuk menonaktifkan update aplikasi secara otomatis, termasuk menyesuaikan update untuk aplikasi individual, dan kami memiliki petunjuk sederhana untuk cara disable atau me-nonaktifkan auto update aplikasi otomatis android di bawah ini.

Cara Disable atau Nonaktifkan Auto Update Aplikasi Otomatis Untuk Google Play Store Sebelum Versi 5.0

1. Untuk mematikan update otomatis dalam versi Play Store lebih awal dari 5.0, sentuh icon Play Store di layar Home ponsel Android (Buka aplikasi Google Play Store).


2. Di Play Store, sentuh tombol menu di sudut kiri atas layar.


3. Sentuh "Settings" pada menu.


4. Opsi "Auto-update apps" berada pada menu "General". Jika tertulis "Auto-update apps at any time. Data charges may apply" atau "Pembaruan aplikasi setiap saat. Biaya data mungkin berlaku", maka aplikasi Anda akan secara otomatis diperbarui. Untuk menonaktifkan pilihan ini, sentuh "“Auto-update apps".


5. Pada kotak dialog "Auto-update apps", sentuh opsi "Do not auto-update apps" atau "Jangan auto-update aplikasi".


6. Setelah Kotak dialog menutup dan pilihan "Auto-update apps" diperbarui dengan pengaturan "Do not auto-update apps" atau "Jangan auto-update apps". Sentuh ikon Play Store di sudut kiri atas layar untuk kembali ke layar Play Store utama. Anda juga dapat menyentuh tombol Kembali pada perangkat Anda.


7. Pada Google Nexus 7, ketika Anda memegang perangkat dalam mode landscape, dan Anda berada di menu "My apps", layar dibagi menjadi dua panel. Panel kiri berisi daftar aplikasi "Installed" dan "All apps". Sebelah kiri berisi tombol yang memungkinkan Anda untuk "Open", "Update", atau "Uninstall" aplikasi. Check box "Allow automatic updating' atau "Izinkan update otomatis" juga tersedia di panel kanan.


8. Jika Anda memilih check box "Allow automatic updating" hingga ada tanda centang di dalam kotak, berikutnya akan ditampilkan kotak dialog yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan auto-update untuk semua aplikasi.


CATATAN: Anda dapat melihat rincian tentang izin yang diperlukan untuk sebuah aplikasi dengan memencet "Permission details" atau "rincian Izin" di bagian bawah halaman aplikasi di Google Play Store.


Cara Disable atau Nonaktifkan Auto Update Aplikasi Otomatis Untuk Google Play Store Versi 5.0 up

1. Untuk mematikan update otomatis dalam versi 5.0 dari Play Store, buka Play Store dan sentuh ikon menu di sudut kiri atas layar.


2. Scroll ke bawah dan sentuh pada menu "Settings".


3. Jika pengaturan aplikasi Anda diperbarui otomatis, maka pengaturan "Auto-update apps" di menu "General" akan tertulis "Auto-update apps at any time. Data charges may apply" atau "Pembaruan aplikasi setiap saat. Biaya data mungkin berlaku. "Untuk mengubah pengaturan ini, sentuh "Auto-update apps".


4. Setelah itu akan muncul tampilan kotak dialog "Auto-update apps" atau "Pembaruan apps". Untuk mencegah aplikasi dari otomatis memperbarui, sentuh pilihan "Do not auto-update apps" atau "Jangan auto-update aplikasi".

CATATAN: Jika Anda ingin aplikasi untuk update secara otomatis, tetapi Anda ingin menghindari pemakaian kuota data paket internet Anda, sentuh pilihan "Auto-update apps over Wi-Fi only" atau "Pembaruan aplikasi melalui Wi-Fi saja". Pilihan yang memungkinkan aplikasi Anda untuk secara otomatis memperbarui hanya ketika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi sehingga Anda tidak menggunakan kuota data paket internet dari operator yang anda gunakan untuk melakukannya.


Dalam versi 5.0 dari Google Play Store, Anda masih dapat melihat hak akses untuk sebuah aplikasi dengan menyentuh "rincian Izin" di bagian bawah halaman aplikasi.


Cara manual memperbarui aplikasi memungkinkan Anda untuk meninjau izin untuk masing-masing update aplikasi, sehingga anda dapat memastikan app permission yang diminta adalah ijin yang anda setujui atau dapat ditolerir.

Haruskah Anda Gunakan Fitur Auto Update Aplikasi Android ini?

Ini adalah pilihan yang benar-benar tergantung pada masing-masing kebutuhan pengguna dan situasi. Mampu memilih mana yang paling baik antara ketika aplikasi diperbarui secara otomatis melalui kuota data paket internet atau WiFi. Dan mengambil bahwa langkah ekstra dengan memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan ini untuk sebagian besar aplikasi, tetapi tidak semua, membuat pilihan yang agak terbatas untuk pengguna Android.

Jika Anda seperti saya yang ingin menunggu atau membaca ulasan untuk memastikan update aplikasi terbaru tidak mengurangi (atau menghapus) fitur dan menyebabkan masalah, menonaktifkan auto-update mungkin merupakan langkah yang baik untuk saat ini. Karena tidak ada cara mudah untuk kembali ke versi sebelumnya. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik menggunakan rincian di atas dan perangkat android Anda sudah siap dengan pengaturan yang baru.

0 Komentar untuk "Cara Disable atau Nonaktifkan Auto Update Aplikasi Otomatis Android"