27 January 2016

Cara Tepat Delete dan Uninstall Widget Android

Cara Tepat Delete dan Uninstall Widget Android - Berkat jutaan aplikasi yang tersedia di Google Play Store, kita dapat menginstal dan mencoba sebanyak mungkin aplikasi yang kita inginkan. Saya pribadi setiap hari menginstal dan kemudian menghapus puluhan aplikasi di ponsel Android saya. Hal ini sangat mudah untuk menghapus aplikasi dari perangkat Android Anda - hanya menyentuh mereka sedikit lebih lama di App Drawer Android dan ketika opsi uninstall muncul, kemudian menyeretnya ke icon uninstall atau icon bergambar tempat sampah. Tapi cara ini tidak bisa diterapkan untuk widget, bahkan kadang-kadang widget tidak muncul dalam App Drawer. Hal ini dapat menjadi masalah jika Anda benar-benar ingin menyingkirkan widget Android di smartphone Android Anda, tetapi ada cara sederhana untuk menghapus widget melalui pengaturan sistem.

Saya menggunakan ponsel android Samsung dan Ada beberapa widget yang sudah tidak berguna bagi saya. Beberapa widget yang terinstall pada ponsel Android juga menghabiskan banyak kuota paket internet saya, maka dari itu saya ingin menghilangkan widget Android tersebut. Jadi apakah ada kemungkinan untuk menghapus widget default di ponsel android saya dan adakah solusi dari masalah ini? Tentu saja ada, Widget Android yang tidak digunakan lagi dapat mengacaukan panel Home Screen android Anda seperti widget informasi pemilu yang telah selesai dan diumumkan pemenangnya. Untungnya, widget Android tidak permanen atau bukan sesuatu yang harus ada di hp Android. Anda dapat menghapus widget Android dari tampilan di layar home Anda atau menghilangkan mereka dari sistem anda sepenuhnya dengan cara menguninstall widget-widget yang sudah tidak diperlukan lagi.

Saya pernah mengalami masalah pada Android, saya telah membuat sebuah widget untuk aplikasi saya. Ketika saya meng-uninstall aplikasi, widget menunjukkan kesalahan error "problem loading widget" dalam layar awal. Saya butuh skenario dimana widget harus dihapus secara total melalui sistem (dan bukan dengan drag dan drop ke tempat sampah) ketika saya uninstall widget. Apakah melakukan itu pada widget Android adalah sesuatu yang mungkin? Jika demikian, perubahan apa yang perlu kita lakukan? Apakah ada sesuatu yang dapat diatur dalam manifest sehingga menghapus semua referensi dari aplikasi setelah itu dihapus? Jawaban saya adalah ya tentu saja kita dapat menghapus widget Android secara total.

Beberapa orang ingin menghapus hanya widget cuaca yang seperti datang secara default di smartphone atau tablet Android. Mereka merasa kebingungan dan bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghapus widget Android? Kadang juga ada beberpa widget yang tidak bisa di-update lagi dengan versi terbaru sehingga tidak dapat digunakan. Jadi bagaimana saya bisa menghapus dan menginstal ulang widget Android tersebut? Bagaimana prosedur untuk mengikuti untuk itu? Di bawah akan saya berikan rincian tentang cara tepat men-delete dan uninstall widget android dengan cepat dan mudah untuk dipahami. Baca juga: Cara Tepat Menghapus Dan Uninstall Widget Android

Cara Tepat Delete dan Uninstall Widget Android

1. Menghapus dan Uninstall Widget Dari Home Screen Android

Awalnya saya berpikir dengan menghapus widget dari home screen adalah cara untuk meng-uninstall widget, tapi ternyata tidak benar karena ini hanya akan menghapus dari layar depan smartphone Android. Fungsi icon tersebut pada layar home sama persis dengan shortcut pada dekstop PC atau Laptop.

Langkah delete dan uninstall widget Android:
  • Tekan "Home" dan kemudian tekan widget yang ingin Anda hapus beberapa saat dan arahkan ke panel layar Utama.
  • Tekan lama widget sampai notifikasi pemberitahuan "Remove / Hapus" muncul.
  • Tarik widget ke arah atas layar dimana icon tempat sampah berada, arahkan hingga icon tempat sampah berubah menjadi warna merah dan kemudian melepaskannya. Pada beberapa versi sebelumnya dari Android, Anda mungkin perlu untuk menyeret widget ke bagian bawah layar Home sebaliknya. Meskipun Anda telah menghapus widget dari pandangan, aplikasi itu sendiri masih berjalan pada perangkat Android Anda.

2. Menghapus dan Uninstall Widget Melalui Application Manager

Ini adalah metode yang paling sering saya gunakan untuk uninstall atau menghilangkan widget Android. Jika cara nomor 1 di atas hanya menghapus widget dari home screen, maka cara yang satu ini benar-benar menghapus widget dari sistem Android.

Cara menghapus dan unistall widget Android:
  • Pertama-tama Anda harus membuka Pengaturan Android di smartphone Anda. Anda dapat melakukan ini dari menu layar home screen (tekan tombol menu di layar awal dan memilih System Settings) atau dari App Drawer.
  • Sekarang Anda harus membuka Application Manager atau Apps di bawah bagian Device pada layar pengaturan.
  • Pada layar Application Manager atau Manajer Aplikasi, geser ke kiri sampai Anda datang ke bagian tab All yang menampilkan semua aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda.
  • Scroll ke bawah hingga Anda melihat widget yang tercantum dalam daftar semua aplikasi. Sentuh aplikasi dan ia akan menampilkan notifikasi pilihan untuk menghapus aplikasi.
  • Tekan tombol Uninstall dan kemudian pencet OK untuk menghapus widget yang ingin dihapus dari perangkat Android Anda.

3. Delete dan Uninstall Widget Android Melalui Root Explorer

Jika smartphone atau tablet Android milik Anda sudah di-root, Anda dapat menghapusnya secara manual melalui aplikasi Root Explorer.

Cara Delete dan Uninstall Widget Android:
  • Arahkan ke aplikasi menggunakan Root Explorer dari menu
  • Buka Root Explorer dan masuk ke opsi system> apps, di sana Anda menemukan aplikasi widget dan silahkan hapus file
  • Kemudian restart ponsel Anda sehingga aplikasi widget akan dihapus secara sempurna. Untuk menggunakan "Root explorer" aplikasi Anda harus memiliki akses root.
  • Selesai dan Semoga ini dapat membantu.

4. Menghilangkan dan Uninstall Widget Android Menggunakan Play Store

Saya tidak menyarankan anda untuk menggunakan cara ini, karena ini tidak hanya menghapus widget tapi juga menghapus aplikasi utama. Namun jika 3 cara di atas tidak bisa menghapus widget Android, maka anda bisa menggunakan cara yang terakhir ini.

Cara Menghilangkan dan Uninstall Widget Android:
  • Buka dan luncurkan aplikasi Play Store, tekan tombol "Menu" dan kemudian pilih opsi "My apps"
  • Scroll daftar aplikasi terinstal dan temukan satu yang ingin Anda hapus.
  • Tap icon aplikasi, "Uninstall" dan kemudian pencet tombol "OK" untuk menghapus aplikasi. Saat aplikasi telah teruninstall, maka widget juga akan terhapus.
  • Selesai, widget Android yang tidak anda inginkan sudah terdelete

0 Komentar untuk "Cara Tepat Delete dan Uninstall Widget Android"