29 October 2016

Cara Backup SMS HP Android Tanpa PC

Cara Backup SMS HP Android Tanpa PC - Karena ruang penyimpanan yang terbatas, tidak mungkin untuk terus menyimpan semua pesan teks SMS / MMS di Ponsel atau tablet Android Anda. Oleh karena itu, Anda harus siap untuk menghapus secara berkala pesan teks dari ponsel Anda atau menemukan cara untuk backup Pesan Teks SMS dari Ponsel Android Anda ke tempat yang aman dan mudah ditemukan saat Anda mencarinya.

Pada panduan dan tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara untuk backup Pesan Teks SMS dari HP Android atau Tablet ke Akun Gmail Anda menggunakan Aplikasi SMS Backup+ App. Aplikasi ini dapat membuat backup cadangan semua Pesan SMS Anda, MMS Pesan, log panggilan dan bahkan pesan chat WhatsApp ke akun Google Anda. Baca juga: Cara Backup SMS atau MMS Dan Log Panggilan Telepon HP Android Tanpa PC

Cara Backup SMS HP Android Tanpa PC

Cara Backup Pesan Teks SMS Dari Smartphone Android ke Gmail Tanpa PC

Meskipun ada begitu banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk backup pesan SMS di Ponsel Android Anda, kami akan menggunakan aplikasi android SMS Backup+, karena bekerja dengan baik dengan Gmail dan transfer Pesan Teks SMS dalam format yang dapat dibaca langsung dengan cepat dan mudah, tidak seperti aplikasi lain yang menggunakan format XML untuk backup Pesan Teks Android.

Prosedur untuk membuat backup cadangan dari Pesan Teks SMS dari Ponsel Android Anda ke Akun Gmail Anda melibatkan langkah-langkah berikut.
  1. Anda harus terlebih dahulu meng-Aktifkan fitur IMAP di menu pengaturan Akun Gmail Anda.
  2. Download dan Instal aplikasi SMS Backup+ Pada HP atau Tablet Android
  3. Mentransfer Pesan SMS Dari Ponsel Android Anda ke Akun Gmail Anda

1. Cara Mengaktifkan IMAP di Akun Google

SMS Backup + membutuhkan IMAP (Internet Message Access Protocol) agar dapat mengakses akun Gmail Anda melalui remote mail server. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan akses IMAP di Akun Gmail Anda.

Catatan: Selama pengujian kami mampu untuk membuat backup pesan SMS Android tanpa perlu mengaktifkan IMAP di Akun Gmail kita. Namun, pengembang aplikasi menganjurkan untuk mengaktifkan fitur IMAP pada email Gmail sebelum melakukan backup pesan teks.
  • Login dan Masuk ke Akun Gmail Anda menggunakan browser Chrome Android.
  • Setelah anda berada di Akun Gmail Anda, klik pada ikon gerigi yang terletak di sudut kanan atas layar.
  • Pada Menu, pilih opsi Settings.
  • Klik Forwarding dan tautan POP / IMAP yang terletak di bagian atas layar.
  • Setelah itu, klik pada lingkaran kecil di sebelah "Enable IMAP"
  • Setelah mengaktifkan IMAP, pergi ke bawah halaman dan klik Save
  • Anda akan melihat Status Pengaturan IMAP beralih ke IMAP Diaktifkan di Green Letters (seperti yang Anda lihat dalam gambar pada kata "POP is Enabled" di atas).

2. Download dan Install Aplikasi SMS Backup+

Setelah mengaktifkan IMAP di Akun Gmail Anda, Anda perlu kembali ke ponsel Anda untuk mendownload dan menginstal Aplikasi SMS Backup+ di Ponsel Android Anda.
  • Buka Google Play Store pada perangkat Android Anda dan cari aplikasi SMS Backup+
  • Setelah Anda menemukan Aplikasi SMS Backup+, pencet tombol Instal.
  • Pada layar berikutnya, ijinkan app permission pada daftar layanan yang SMS Backup + ingin mengakses pada ponsel Anda dan tekan pada Setuju jika anda setuju dengan persyaratan.
Catatan: Aplikasi ini menggunakan prosedur otorisasi yang tepat (OAuth) dan memungkinkan Anda untuk memblokir akses kapan saja dari menu pengaturan akun Gmail Anda.

3. Backup Text Messages ke akun Gmail

  • Setelah aplikasi SMS Backup+ terinstal, kemudian buka aplikasi tersebut
  • Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat layar informasi memberikan informasi tentang aplikasi SMS Backup+, tekan OK untuk keluar dari layar ini
  • Selanjutnya, tap pada kotak kecil di samping ( Tap to Connect your Gmail Account ) untuk menghubungkan Akun Gmail Anda dengan aplikasi SMS Backup+
  • Pada layar berikutnya Anda akan diminta untuk memilih Akun Google yang ingin Anda gunakan untuk backup SMS. Masukkan alamat email Gmail anda dan tekan di atasnya.
  • Berikutnya, Anda akan melihat layar popups dari perangkat Android Anda yang memberitahu Anda bahwa aplikasi SMS BackUp+ ingin mengakses ke Akun Gmail Anda.
  • Tap tombol "Allow" untuk mengotorisasi SMS Backup+ dapat menggunakan Akun Gmail Anda untuk menyimpan backup SMS dari Ponsel Android Anda.
  • Anda sekarang akan melihat layar 'First backup' dan memberikan Anda pilihan untuk backup semua pesan saat ini disimpan di Ponsel Android Anda atau skip. Langsung saja tekan tombol Backup. Catatan: Jika Anda menekan tombol skip, maka semua pesan saat ini tidak akan dibackup.
  • SMS Backup+ akan memulai proses backup pesan SMS dari Ponsel Android ke Akun Gmail Anda. Waktu untuk menyelesaikan membuat backup cadangan SMS akan tergantung pada jumlah pesan yang Anda miliki.
  • Setelah backup selesai Anda akan dapat melihat pada pesan SMS disimpan dengan masuk ke Akun Gmail Anda yang digunakan untuk backup ini.
  • Anda akan menemukan semua pesan SMS dari Ponsel Android Anda disimpan ke folder baru berjudul 'SMS'. Seperti disebutkan di atas, pesan tersebut akan berada dalam format yang mudah dibaca.

0 Komentar untuk "Cara Backup SMS HP Android Tanpa PC"