26 May 2015

Alasan Penyebab Kenapa PI dan PIP Adsense Terlambat

Alasan Penyebab Kenapa PI dan PIP Adsense Terlambat - Setiap bulan pada tanggal 22 adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh para publisher iklan Google Adsense. Setelah bekerja keras selama 1 bulan menambah artikel blog atau video pada channel youtube untuk meningkatkan jumlah visitor, maka tanggal itu adalah hari yang sangat istimewa dan penuh harapan mendapatkan earning yang lebih besar daripada payment Adsense bulan sebelumnya. Tapi apa jadinya jika sampai beberapa hari setelah tanggal itu belum juga menerima pemberitahuan atau notifikasi pembayaran dari Google Adsense. Pada bulan Mei 2015 ini terdapat beberapa publisher yang merasa khawatir tidak akan menerima payment karena belum ada tanda-tanda Payment Issued (PI) atau Payment In Progress (PIP). Banyak sekali publisher Adsense yang menduga-duga jika akun Adsense-nya mendapatkan penalti atau hukuman banned dari Team Google Adsense. Mereka merasa frustasi, takut, dan gelisah sebab belum pernah mengalami keterlambatan pembayaran seperti ini atau mungkin karena belum lama menjadi menjadi pusblisher Adsense. Kalau kamu mengalami keterlambatan pembayaran penghasilan Adsense jangan terburu-buru berpikiran negatif dulu, karena kamu akan mengetahui penyebabnya di sini. Selama ini menurut pengalaman saya dan beberapa rekan blogger lainnya, metode pembayaran Adsense tercepat adalah dengan menggunakan Western Union (WU).

Alasan Penyebab Kenapa PI dan PIP Adsense Terlambat

Penyebab PI (Payment Issued) dan PIP (Payment In Progress) Adsense terlambat ada berbagai macam, biasanya bersifat administratif, tapi juga ada kemungkinan Akun Adsense dan situs atau blog anda sedang dalam masa review kembali. Kenapa bisa direview lagi? Mungkin ada beberapa history peningkatan jumlah visitor dalam waktu tiba-tiba dan singkat dalam beberapa hari. Bisa juga disebabkan karena presentase CTR yang meningkat tiba-tiba. Kembali lagi ke topik utama yaitu mengenai pembayaran Adsense yang telat pada bulan ini. Biasanya pada Payment / Transaction History sudah terdapat pemberitahuan Payment Receipt yang berisi detail informasi Western Union MTCN (Money Transfer Control Number), alamat pengirim payment, jumlah payment, dll. Untuk Wire Transfer saya kurang tahu bagaimana detail Payment Receipt karena saya belum pernah menggunakan metode pembayaran via Wire Transfer langsung ke rekening bank saya. Kalau tidak salah pada Wire transfer to Bank Account terdapat Payment Number pada halaman Payment Receipt. Selama menggunakan payment method Western Union (WU), saya sama sekali belum pernah mengalami keterlambatan pembayaran. Saya juga sudah menanyakan pada beberapa publisher Adsense yang mengalami telat mendapatkan bayaran dan survei membuktikan ternyata yang mengalaminya adalah yang menggunakan Wire transfer, baik Bank Mandiri, BNI, maupun BRI. Menggunakan Wire Transfer memang lebih mudah karena kita tidak perlu repot-repot pergi ke agen WU, kantor pos, bank, dll. Kita cukup menunggu notifikasi via sms jika telah ditransfer ke rekening bank kita. Ada juga yang mengatakan jika rate nilai tukar 1 USD ke rupiah lebih besar jika dibandingkan rate dollar di Western Union, tapi itu hanya mitos karena rate 1 USD terhadap rupiah adalah sama dimanapun. Belum lagi kamu akan dikenai potongan biaya administrasi bervariasi mulai dari 5 sampai dengan 20 USD. Apalagi kalau terjadi payment hold atau pending sehingga jadi telat mendapatkan pengiriman uang dari Adsense.

Apakah kamu sedang merasa bingung karena belum menerima kiriman uang dari Adsense, bahkan hingga tanggal 23, 24, 25,26, 27, 28, 29, 30, dan 31 sampai dengan akhir bulan tidak memperoleh pemberitahuan PI dan PIP di akun kamu. Sebelum berpikiran buruk, lebih baik introspeksi dulu pernahkah berbuat curang dan apakah sudah memastikan blog kamu tidak melanggar Google Adsense Policies. Jika kamu yakin telah mematuhi semua peraturan TOS Google Adsense, maka kamu tidak perlu takut penghasilan kamu hilang. Berdasarkan pengalaman saya, PIP akan dilakukan setiap tanggal 19 atau 20 setiap bulan, dan PI akan diumumkan setiap tanggal 24 pada tiap bulan. Jika tanggal 24 jatuh pada hari minggu atau hari libur internasional, maka PI akan diumumkan pada tanggal sebelumnya dan tentu saja saat hari kerja yaitu Senin sampai dengan Jumat. Satu hal lagi, pastikan pada tanggal 30 atau 31 bulan sebelumnya Finalized Earnings atau Payable Earnings kamu telah mencapai batas minimal USD 100, jika belum mencapai maka kamu tidak akan mendapatkan PI. Di bawah ini adalah beberapa macam penyebab PI dan PIP Adsense terlambat berdasarkan informasi dari Google Adsense Team.

Beberapa Alasan Penyebab Kenapa PI dan PIP Adsense Terlambat

Saya telah menduga masih akan ada banyak pertanyaan seputar pembayaran Adsense yang telat ketika Publisher AdSense akan dibayar oleh Google. Setiap bulan selalu saja ada yang menanyakan kenapa waktu PI bisa berbeda-beda antara 1 pubisher Adsense dengan publisher lainnya.
  1. Menggunakan Wire Transfer memerlukan waktu 4-10 hari kerja
  2. AdSense Pro Miki yang merupakan AdSense Payments Specialist dari tim AdSense memutuskan untuk mengirim rincian lebih lanjut tentang saat penerbit iklan Adsense dapat mengharapkan pembayaran melalui metode pembayaran elektronik. Miki telah menjelaskan bahwa pembayaran elektronik (Wire Transfer) tidak secepat metode pembayaran lainnya, seperti WU. Berikut adalah penjelasan Miki pada forum diskusi Google Adsense Help yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia:
    Untuk penerbit yang menggunakan bentuk pembayaran elektronik, saya ingin berbagi dengan Anda informasi tentang waktu pembayaran sehingga Anda dapat lebih mengantisipasi bila pembayaran Anda mungkin tiba. Selama sebagian besar bulan, kami biasanya mulai memulai jadwal pembayaran bulanan normal pada sekitar tengah malam GMT pada hari kalender ke-22 setiap bulan dan mengirimkan instruksi untuk bank kami hari itu. 
    Kami akan mulai memulai pembayaran secara teratur dijadwalkan piutang tanpa pembayaran memegang dan keseimbangan melebihi batas pembayaran minimum. Kami berharap bank kami untuk menerima dan mulai memproses instruksi pembayaran Anda di sekitar tengah hari (GMT) pada tanggal 22 bulan. Untuk EFT atau Wire Transfer, proses kliring pembayaran di berbagai lokasi dapat membutuhkan waktu 4-10 hari sebelum Anda menerima dana di rekening bank Anda setelah pembayaran Anda diterbitkan. 
    Setiap bulan kami menerima banyak pertanyaan dari penerbit yang khawatir bahwa pembayaran mereka terlambat. Sebagian besar kasus ini diselesaikan hanya dengan menunggu ekstra waktu selama satu atau dua hari kerja agar proses pembayaran selesai dilakukan. Pembayaran elektronik biasanya tiba di rekening bank Anda sebelum akhir bulan, dan Anda akan menerima pembayaran lebih cepat dari ini, tapi tolong memberikan waktu yang cukup untuk pembayaran untuk tiba sebelum menjadi prihatin dengan atau bertanya tentang status pembayaran elektronik. 
    Kami biasanya tidak memiliki cara untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai pembayaran elektronik selama periode ini, dan sangat jarang pembayaran gagal setelah kita memulai transfer. Ketika notifikasi "payment in progress" muncul, ini menunjukkan bahwa kita mempersiapkan dan mengirimkan pembayaran ke rekening bank anda. Ketika ini berubah menjadi "payment initiated" atau link ke tanda terima pembayaran / payment receipt, ini berarti bahwa bank telah menerima pembayaran dan diteruskan untuk diproses. 
    Waktu yang diperlukan bagi kita untuk menerima konfirmasi penerimaan ini dari bank bervariasi berdasarkan lokasi pembayaran, jadi jangan khawatir jika update ini memakan waktu lebih lama untuk muncul pada account Adsense Anda seperti yang sering dilaporkan oleh orang lain pada forum. (Untuk beberapa lokasi, kami menerima ini dalam jam pengiriman instruksi pembayaran, sedangkan lokasi lain seperti Inggris memerlukan beberapa hari sebelum kami menerima respon ini dari bank kami.) Berikan hari tambahan setelah bank kami menerima pembayaran untuk itu untuk melintasi masing-masing sistem kliring negara dan tiba di rekening bank Anda.
  3. Earning Anda Sedang di-Review Ulang
    Semoga ini tidak terjadi pada kita, karena ini adalah masalah serius yang akan menentukan masa depan kita. Biasanya jika terjadi lonjakan peningkatan visitor dan CTR secara tiba-tiba, maka statistik visitor anda akan di-review kembali. Jika ada visitor yang tidak natural baik dari traffic exchange maupun jasa penjual visitor, maka payment akan di-hold dan bisa-bisa akun anda akan dibanned.
Semoga artikel ini bisa menjadi jawaban dari pertanyaan yang terlintas di pikiran kamu mengenai pembayaran Adsense yang terlambat. Informasi ini adalah sedikit tips dan trik lengkap mengenai Alasan Penyebab Kenapa PI dan PIP Adsense Terlambat. Semoga payment Adsense anda dapat segera dicairkan di Western Union atau langsung diterima pada rekening Bank dengan cepat dan mudah. Untuk mendapatkan kabar terbaru lainnya yang berhubungan dengan update Adsense tetap kunjungi SettingComputers.blogspot.com.

1 Komentar untuk "Alasan Penyebab Kenapa PI dan PIP Adsense Terlambat"

Kalau membaca orang-orang yang tinggal menunggu pembayaran dari adense rasanya juga ikut senang. Tapi saya telah mengajukan adsense berkali-kali saya ditolak. Mungkin sudah lebih 10 kali ditolak. Sudah saya coba untuk terus memperbaiki tapi masih terus ditolak. Kini saya mencoba mengajukan kembali namun sudah satu bulan ini tidak ada balasan ditolak atau diterima blok saya tersebut. Mungkin belum rizki ya..........