10 May 2015

Cara Mengubah Sinyal 2G IM3 Menjadi 3G

Cara Mengubah Sinyal 2G IM3 Menjadi 3G - Keterbatasan jangkauan sinyal Jaringan Operator ISP (Internet Service Provider) adalah sesuatu yang selama ini saya khawatirkan jika bertempat tinggal di daerah terpencil atau pedalaman. Hanya ada beberapa cara jika anda ingin mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi di daerah tersebut, yaitu dengan cara menguatkan sinyal, cara pengaturan jaringan/network modem, mencari cara mendeteksi jaringan terbaik yang ada, menyesuaikan dengan jaringan yang tersedia di wilayah terpencil tersebut, dan tentu saja bagaimana cara membuat sinyal 2G menjadi 3G. Saya yang selama ini selalu tinggal di kota besar tidak pernah menjadikan ini sebagai masalah karena sinyal jaringan internet apapun itu entah IM3, IM2, Telkomsel, 3 (tri), XL, Simpati, Loop, Axis, Mentari, Bolt, AHA, Esia, Smartfren, dan yang lainnya semuanya ada dan tersedia. Tidak pernah saya bayangkan sebelumnya akan tinggal di desa terpencil yang jauh dari kota besar, dan saat ini saya benar-benar tinggal di daerah seperti yang saya sebutkan tadi. Saya masih membayangkan dan merencanakan untuk kembali lagi tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Solo, atau Semarang. Di kota-kota tersebut jaringan Edge, 2G, dan 2,5G hampir tidak pernah digunakan lagi, karena pasti selalu mendapatkan sinyal 3G, 3,5G, 4G, HSDPA, dan HSDPA+.

Cara Mengubah Sinyal 2G IM3 Menjadi 3G

Saya cukup kecewa ketika mengetahui di daerah tempat tinggal saya yang baru ini sinyal Jaringan kartu IM3 adalah 2G-2,5G. Saya tahu anda sedang mengalami rasa frustasi, jengkel, dan emosi karena merasakan kecepatan koneksi internet yang sangat lambat dan lemot. Bahkan untuk membuka satu halaman situs, seperti twitter atau facebook bisa membutuhkan waktu hingga berpuluh-puluh menit. Masalah ini akan anda alami jika koneksi internet kamu berada pada jaringan edge, 2G, dan 2,5G. Jika anda ingin mendapatkan kecepatan internet terbaik minimal jaringan internet di sekitar anda adalah 3G. Untuk modem, jaringan internet tercepat pada saat ini adalah 4G, tapi di Indonesia saat ini baru dapat dinikmati di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan dan Surabaya. Untuk perangkat mobile, kecepatan koneksi internet tercepat dapat anda dapatkan pada jaringan HSDPA+. Dan lagi-lagi ini baru tersedia di kota-kota metropolitan. Cara terbaik untuk mendapatkan kecepatan internet maksimal adalah melakukan survei terlebih dahulu sebelum membeli kartu SIM, baik CDMA maupun GSM. Cek terlebih dahulu tower BTS apa yang paling dekat dengan tempat tinggal anda. Anda juga dapat mendeteksi jaringan 3G dengan menggunakan modem anda, dengan cara masuk pada menu ”Manual Search And Register” pada tab Network Registration. Dengan cara tersebut, kamu bisa mengetahui dan mendeteksi Jaringan 3G kartu apa yang tersedia.

Hari ini adalah tepat 5 bulan saya tinggal di desa ini, jauh dari kota dan masih banyak sawah, kebun, hutan yang menjadi pemisah desa satu dengan yang lainnya. Kota besar paling dekat adalah Solo yang berjarak kurang lebih 40 km dari rumah saya. Pada saat saya pertama kali tinggal di sini, modem yang saya gunakan adalah AHA Esia dengan jaringan 3G. Di sini jaringan 3G Esia masih cukup bagus dan stabil, kecepatan internet saat dites adalah 100 kbps untuk download dan 50 kbps untuk upload. Tidak terlalu mengecewakan memang, saya masih dapat meload halaman situs dengan waktu kurang dari 2 detik. Tapi pada bulan April 2015 kemarin, layanan AHA Esia telah ditutup karena migrasi ke Smartfren untuk upgrade jaringan menjadi 4G. Akhirnya saya terpaksa membeli modem baru, dan pilihan saya jatuh pada modem Huawei E173 3,5G. Memilih modem memang tidak terlalu sulit, mengingat saat ini telah beredar banyak modem dengan berbagai spesifikasi yang bermacam-macam. Masalah justru muncul pada saat memilih kartu apa yang akan saya gunakan pada modem untuk mendapatkan akses internet yang cepat dan stabil. Karena saya menggunakan IM3 untuk smartphone saya, maka saya coba pada modem saya. Cukup shock pada saat mengetahui di sini hanya terdapat sinyal 2G dan kadang 2,5G. Bahkan tidak cuma lambat, koneksi juga sering putus-putus atau terputus sendiri secara otomatis.

Dengan kartu IM3 ini saya memulai berbagai eksperimen untuk mendapatkan cara mengubah sinyal 2G menjadi 3G. Saya sudah mencoba untuk memasang antena modem dengan sedikit modifikasi karena modem ini tidak terdapat pig tail maupun jack antena eksternal. Hasilnya cukup memuaskan, namun masih belum sesuai yang saya harapkan. Sinyal jaringan masih 2,5G dan tidak bisa berubah menjadi 3G. Mungkin akan lain ceritanya jika saya menggunakan wajan bolic, repeater, atau antena Yagi yang mampu menangkap dan menguatkan sinyal yang berjarak puluhan kilometer. Sebenarnya cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan jaringan internet 3G, 3,5G, dan 4G adalah dengan menyesuaikan tower pemancar ISP apa yang paling dekat dengan tempat anda melakukan koneksi internet. Jadi jangan sampai anda mengeluarkan uang untuk membeli paket internet, tapi kuota terbuang siang-sia karena tidak adanya sinyal jaringan yang bagus. Untuk mendapatkan kuota internet gratis, anda dapat mencoba Cara Dapat Gratis Kuota Paket Internet 6 GB Simpati Loop Perbulan.

Saya yakin tidak sendirian merasakan kecepatan data internet yang lambat, karena masih ada jutaan pengguna internet lainnya di dunia, khususnya di Indonesia yang juga berada pada tempat dengan fasilitas jaringan internet terbatas. Pengalaman berinternet atau browsing dengan loading lama dan sangat lambat adalah hal yang biasa dialami orang-orang yang tinggal di tempat yang jauh dari menara atau tower BTS. Kita tentu tidak mungkin melakukan request pada penyedia layanan internet untuk meningkatkan kualitas sinyal jaringan di tempat tinggal kita. Kenapa bisa demikian, karena tentu saja pihak perusahaan operator penyedia layanan internet akan memperhitungkan secara nilai ekonomis. Pertimbangan utama adalah banyak tidaknya customer di wilayah anda, jika sedikit maka biasanya jaringan internet yang tersedia akan kurang baik atau bagus. Jadi solusi terbaik adalah silahkan pindah ke daerah dengan sinyal internet yang baik. Kalau anda tetap ingin mendapatkan sinyal internet yang bagus baik pada modem maupun smartphone/tablet anda, maka ikuti cara-cara memperkuat dan mengubah sinyal internet dari 2G menjadi 3G di bawah.

Cara Mudah dan Cepat Mengubah Sinyal 2G IM3 Menjadi 3G

Tentu saja butuh beberapa perangkat eksternal tambahan, seperti Antena Modem, Repeater, atau wajan bolic. Untuk Antena saya sarankan anda untuk menggunakan antena Yagi, karena dapat mengkap sinyal jaringan internet yang berjarak hingga lebih dari 50 km. Untuk modem, usahakan pilih yang ada pig tail atau slot jack colokan antena luar. Jika anda tidak melengkapi salah satu perangkat penguat sinyal ini, maka tips dan trik ini akan percuma. Karena saya menggunakan modem Huawei E173 3,G, maka dialer yang digunakan adalah Mobile Partner. Mungkin unuk modem selain huawei, seperti ZTE kemungkinan tidak jauh berbeda tampilan atau interface menu pengaturannya. Tapi untuk modem 4G kemungkinan menu pengaturan pada dialer agak sedikit berbeda dengan tampilan modem 3,5G. Ok, langsung saja bagaimana cara pengaturan modem agar berubah dari 2G menjadi 3G dapat kamu terapkan langkah-langkah di bawah ini:

1. Yang pertama harus lakukan adalah memencet tombol disconnect untuk memutus koneksi internet. Karena jika tidak diputus terlebih dulu, maka tidak bisa menyetting ulang menu pengaturan. Oiya, untuk mempermudah melakukan cara ini, saya sudah menyediakan screenshot gambar dari setiap tahap langkah.


2. Selanjutnya cari menu pengaturan “Profil Management”. Pokoknya anda cari pengaturan Dial up.
3. Tekan tab “Dial Up”, kemudian pencet “edit” dan isi APN (pilih static), dial number, Access Number, Username, password. Untuk paket Super Internet Kuota IM3, isi seperti di bawah ini:
APN : indosat-m3.net
Dial Number :*99#
Username : gprs
Password : im3

Untuk paket Volume/Time Based, isikan seperti ini:
APN: indosatgprs
Dial Number : *99#
Username : im3
Password : im3

4. Setelah semuanya terisi lengkap, tekan tombol “OK”


5. Masuk menu “Network”.
6. Trus pencet tab “Network Type”,
7. Lalu pilih WCDMA Only. Keterangan tipe network :
GSM Only : 2G
GSM Preferred : 2,5G
WCDMA Only : 3G dan 3,5 (Tergantung jaringan yang tersedia di wilayah anda)
WCDMA Preferred : Hybrid 2G dan 3G
8. Setelah itu tekan tombol “Apply”


9. Masih di menu Network, pilih tab “Registration Mode”
10. Klik opsi “Manual Search and Register”
11. Trus pencet tombol “Refresh”, tunggu beberapa saat karena modem sedang mencoba mendeteksi jaringan 3G (muncul pop up prompt)


12. Setelah proses tersebut selesai maka akan muncul nama-nama operator jaringan 3G (Network Name) dan status jaringan (Available Network). Karena anda menggunakan kartu IM3 maka yang berstatus Available hanya IM3 saja. Untuk jaringan berstatus forbidden itu untuk jaringan kartu lain, dan hanya bisa digunakan jika anda mengganti kartu modem anda dengan kartu tersebut. Silahkan anda pencet sekali pada list (INDOSAT 3G).
13. Pencet tombol “Register”
14. Kemudian tekan tombol “OK”, trus tekan tombol dialer “Connect” lagi.


15. Selesai, Selamat menikmati koneksi internet dengan jaringan 3G.

Bagaimana sekarang pasti anda sudah mengetahui Cara Mengubah Sinyal 2G IM3 Menjadi 3G, selanjutnya saya ingin membahas bagaimana cara mendeteksi sinyal jaringan 3G, 3,5G dan 4G yang ada di sekitar anda ngenet. Untuk mendapatkan tips dan trik terbaru dan gratis lainnya mengenai cara mengubah sinyal jaringan internet, tetap kunjungi SettingComputers.blogspot.com. Okay, semoga berhasil ya.

2 Komentar untuk "Cara Mengubah Sinyal 2G IM3 Menjadi 3G"

ok mantap gan aku sukses mempercepat koneksi ku di modem mobile partner./seperti anjuran diatas

terimakasih

setelah saya lakukan mantap gan modem gue cepet dengan jaringan 3g yg biasanya hanya 2g

ok
terimakasih