10 August 2015

Cara Instal Aplikasi Android Di Luar Google Play Store

Cara Instal Aplikasi Android Di Luar Google Play Store - Saya sangat yakin kebanyakan orang yang menggunakan hp smartphone Android biasanya selalu download dan instal aplikasi melalui Google Play Store. Padahal masih banyak cara dan tempat lain untuk download dan install aplikasi Android selain lewat Play Store, jadi buat kamu yang sudah mencoba semua aplikasi Android dari Google Play Store, seperti aplikasi game, messenger, chat, browser, edit foto, dan lain-lain hingga merasa bosan, mungkin tips kali ini bisa membantu kamu untuk mencoba aplikasi Android yang tidak tersedia di Google Play Store.

Cara Instal Aplikasi Android Di Luar Google Play Store

Perangkat Android memiliki kemampuan untuk "sideload" aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya. Google Play Store adalah sumber daya yang besar yang dapat meningkatkan pengalaman mobile Anda. Ini memberikan akses pengguna Android untuk mencoba lebih dari satu juta aplikasi gratis, seperti Facebook, Pandora, dan Instagram, tapi apa yang Anda lakukan ketika tiba-tiba Google menarik dan menghapus aplikasi dari Google Play Store?

Google telah menghapus banyak sekali aplikasi dari Play Store karena sejumlah alasan, yang paling umum karena aplikasi yang dihapus tersebut telah melanggar kebijakan policy perusahaan. Setelah aplikasi dihapus, namun bagaimanapun juga kamu tidak perlu takut, karena masih ada harapan untuk menginstall aplikasi yang telah dihapus dari Play Store. Anda mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi tidak lagi tersedia di Play Store masih dapat diinstal pada perangkat Android Anda melalui proses yang dikenal sebagai "sideloading." Baca juga: Cara Install APK File Sideloading di Android.

Kadang-kadang, Google Play hanya menghapus dan memberi black list pada aplikasi yang dihapus dari Play Store, tapi bukan berarti kita tidak bisa menginstall dan menjalankannya lagi di HP atau tablet android kita. Tentu, tutorial ini adalah cara yang mudah dan aman untuk menginstal aplikasi Android dan mendapatkan aplikasi lain untuk perangkat Android Anda yang belum pernah dicoba sama sekali, tetapi apa yang terjadi ketika Anda mendapatkan pesan yang ditakuti "perangkat Anda tidak mendukung"? Apa yang terjadi ketika Google Play memutuskan untuk menarik sebuah aplikasi dari marketplace mereka? Tentu, biasanya ada alasan yang baik di balik ini, tapi kadang-kadang hal itu tidak masuk akal dan Anda masih ingin mendapatkan aplikasi tertentu pada perangkat Anda. Nah, ada cara untuk bekerja di sekitar ini dan itu disebut sideloading file APK Android. Berikut adalah cara untuk melakukan instal aplikasi Android di luar Google Play Store:

Menyiapkan Dan Setting Pengaturan Perangkat Android Anda

Pertama, Anda perlu menjalankan perangkat Android yang memiliki OS Android 4.0 atau lebih tinggi agar dapat mengikuti instruksi di bawah ini. Masuk ke Pengaturan, scroll ke bawah dan cari pilihan "Security", dan pilih "Unknown Sources". Memilih opsi ini akan memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi di luar Google Play Store. Tergantung pada perangkat Anda, Anda juga dapat memilih untuk mengaktifkan peringatan jika akan menginstal aplikasi berbahaya. Hal ini dapat diaktifkan dengan memilih opsi Verifikasi aplikasi dalam pengaturan keamanan.

Untuk Android Versi 4.0 ke atas :
  • Masuk ke "Settings" > "Security"
  • Beri tanda centang pada opsi "Unknown Sources", seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Untuk Android Versi 4.0 ke bawah :
  • Pada perangkat yang menjalankan versi Android sebelumnya, masuk ke Settings
  • Kemudian buka opsi Applications, pilih Unknown Sources
  • Klik OK pada popup alert.
Dengan mencentang opsi Unknown Sources, Anda akan memungkinkan perangkat Android untuk menginstal file APK yang ditemukan dan diperoleh di luar Google Play. Saya ingin menjaga pilihan "Verify Apps" tetap dalam kondisi "on" ketika saya melakukan hal ini, hanya sebagai langkah tambahan yang harus saya lakukan sebelum menginstal file. Sadarilah: jangan menginstal APK yang Anda temukan di seluruh tempat yang tidak terpercaya karena aplikasi tersebut bisa mencuri data pribadi anda bahkan merusak perangkat Android. Selalu pastikan Anda tahu aplikasi apa yang akan diinstal dan di mana aplikasi itu berasal.


Men-download File APK Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah download file paket Android, juga dikenal sebagai APK, yang merupakan cara aplikasi Android didistribusikan dan diinstal. Ini adalah tahap di mana beberapa orang biasanya mengalami kesulitan. Penggunaan sideloading juga sering digunakan sebagai cara untuk membajak aplikasi berbayar sehingga dapat diinstal secara gratis, demikian kemungkinan akan mengakibatkan perangkat Android Anda terkena virus. Anda hanya harus men-download file APK dari pengembang dan perusahaan aplikasi terpercaya.

Sebagai contoh, Grooveshark, layanan online streaming musik gratis, sebelumnya memiliki sebuah aplikasi di Google Play Store. Setelah mendapat teguran dari Google, aplikasi ini telah dihapus. Grooveshark sekarang menawarkan aplikasi miliknya pada situs Web-nya bagi pengguna untuk sideload file APK.

Setelah download file APK telah dilakukan, Anda sekarang dapat menginstal file APK pada smartphone Android Anda. Sebagai contoh, ini adalah metode yang saya digunakan ketika saya harus mendapatkan WhatsApp pada Nexus 7 saya karena secara default, WhatsApp tidak dapat diinstal pada tablet melalui Google Play Store. Anda dapat menuju ke situs WhatsApp, pastikan bahwa Anda telah memberi tanda centang opsi "Request the Desktop Site" pada browser Anda, dan selanjutnya download APK.


Instal APK

Setelah di-download, Anda dapat memeriksa file APK yang baru saja di-download pada folder Download dan klik pada file APK tersebut. Setelah itu perangkat Android akan highlight semua izin yang akan anda berikan pada APK ini jika diinstal dan menanyakan apakah Anda ingin melanjutkan (App Permissions ini akan muncul selama Anda mengaktifkan opsi fitur "Verify Apps" seperti dibahas di atas).


Dari sana, proses ini cukup jelas dan aplikasi akan menginstal sendiri pada perangkat Anda.

Voila! Semua selesai. Harap pastikan Anda berhati-hati saat sideloading aplikasi di luar official Google Play Store dan pastikan Anda tahu apa yang Anda instal.

Proses Instal Aplikasi Android Di Luar Google Play Store

Anda dapat men-download file APK pada perangkat mobile Anda atau di komputer Anda, meskipun yang terakhir ini sedikit lebih sulit. Untuk memulai download file APK baik menggunakan Google Chrome atau browser Android. Selanjutnya, pilih dimana folder tempat file APK aplikasi akan tersimpan setelah di-download dan klik Download. Di sini Anda akan menemukan file APK yang baru saja Anda download. Buka file APK dengan cara tap 2 kali dan instal aplikasi.

Jika Anda men-download file APK pada komputer Anda, proses ini sedikit berbeda. Anda harus menghubungkan perangkat Android ke PC dan mengaktifkan mode penyimpanan massal USB atau USB mass-storage. Langkah berikutnya adalah untuk drag dan drop file ke perangkat Android. Kemudian, dengan menggunakan file manager, seperti Astro atau ES File Explorer, Anda dapat menemukan file pada perangkat Anda dan menginstalnya.

Ingatlah untuk berhati-hati saat men-download aplikasi di luar Android marketplace resmi seperti Google Play Store dan Amazon AppStore.

0 Komentar untuk "Cara Instal Aplikasi Android Di Luar Google Play Store"