06 August 2015

Cara Install APK File Sideloading di Android

Cara Install APK File Sideloading di Android - File paket aplikasi Android umumnya dikenal sebagai file APK (.apk) adalah format file yang dapat diinstal pada platform Android. Setiap aplikasi yang telah diinstal atau ingin menginstal pada perangkat Android Anda memiliki ekstensi .apk atau format file. Untuk sebagian besar pengguna Android sering menggunakan Google Play Store ketika memulai pencarian download aplikasi terbaru dan fitur ini memiliki kumpulan aplikasi terbesar dan terlengkap yang tersedia di pasar saat ini. Tapi, hal itu mungkin terjadi bahwa aplikasi tertentu yang Anda cari entah bagaimana sebabnya telah hilang dan tidak tersedia untuk di-download lagi.

Anda dapat menginstal aplikasi dari Google Play Store atau bahkan Amazon AppStore tetapi ada juga metode yang memungkinkan Anda menginstal aplikasi langsung pada perangkat Android Anda tanpa harus menginstal Market aplikasi. Bahkan menginstal Amazon AppStore pada perangkat non-Kindle mengharuskan Anda untuk menginstal file APK untuk AppStore secara langsung dan manual. Dalam dunia Android, langsung memasang APK juga disebut "sideloading". Ada banyak alasan mengapa Anda harus tahu tentang instal file APK. Tidak semua produsen mendukung Google Play Store pada perangkat Android mereka, dalam hal ini Anda harus menginstal aplikasi melalui sideloading APK (Android Package).

Cara Install APK File Sideloading di Android
Ada juga saat-saat ketika Google Play tidak akan membiarkan Anda menginstal sebuah aplikasi karena pembatasan region wilayah atau bahkan tidak akan menampilkan aplikasi di wilayah Anda, yang lagi-lagi membuat sideloading menjadi sebuah keharusan. Untuk mengetahui mendapatkan file APK dari Google Play Store, silahkan baca Cara Download File APK Aplikasi Android Dari Google Play Store. Agar berhasil sideload aplikasi atau menginstal file apk, Anda harus mengikuti beberapa langkah yang benar-benar sederhana, cepat dan mudah.

Prasyarat Install APK File
  • Perangkat Android
  • APK File
Steps Overview Install APK File
  1. Aktifkan "Unknown Sources" pada Android.
  2. Mencari dan mendapatkan file APK.
  3. Menginstal file APK.

Cara Tercepat dan Termudah Install APK File Sideloading di Android

Untuk Instal file APK sangat cepat dan mudah, hanya ada 3 tahap langkah yang harus dilakukan. Pada tahap mencari dan donload file APK (.apk), anda harus sedikit berhati-hati, usahakan memeriksa terlebih dulu apakah file APK yang akan anda download aman dari virus dan malware atau tidak. Tapi anda tidak perlu cemas dan khawatir karena kami juga telah menyediakan panduan lengkap bagaimana cara teraman download file APK.

1. Aktifkan "Unknown Sources" pada Android

Ini adalah langkah yang paling penting untuk menginstal file APK di Android Anda. Tanpa enable option "Unknown Sources" Anda tidak akan dapat menginstal APK secara langsung. Untuk mengaktifkan Unknown Sources masuk ke Settings> Security dan centang kotak di samping "Unknown Sources". Sebuah kotak dialog atau mungkin pop-up yang meminta Anda untuk mengkonfirmasi tindakan, hanya tekan OK untuk mengkonfirmasi.

2. Mencari dan Mendapatkan File APK (.apk)

Jika Anda sudah memiliki file APK yang telah didownload di perangkat Android Anda, lewati langkah ini dan langsung ke Langkah 3. Untuk menginstal file APK Anda harus terlebih dahulu men-download file APK.

Dalam tutorial ini kita menggunakan file APK dari Official Amazon AppStore, yang akan membiarkan setiap pengguna Android menginstal akses toko mereka, bahkan pada perangkat non-Amazon. Anda dapat menginstal APK yang Anda inginkan dengan mengikuti metode yang sama.

Klik di sini untuk men-download Amazon AppStore APK. Jika Anda sudah memiliki file APK yang didownload di laptop atau PC maka langsung saja hubungkan perangkat Android Anda ke komputer dan copy file APK ke memori eksternal / internal storage pada perangkat Android Anda.

3. Menginstal File APK (.apk)

Sekarang arahkan ke direktori di mana Anda telah menyalin atau men-download file APK Anda. Biasanya file APK setelah didownload tersimpan di "Download" folder pada perangkat Android Anda. Setelah masuk di direktori tempat file APK berada, tekan ikon APK dan sebuah kotak dialog instalasi akan muncul pada halaman pop-up. Tekan tombol install untuk menginstal APK pada Android Anda. Jika anda masih bingung dan tidak paham, kami pernah membuat tutorial lengkap cara instal file APK secara manual. Untuk mengetahui langkah-langkah dengan lebih lengkap dan jelas, baca: Cara Install Aplikasi Android APK File Secara Manual.

Peringatan Jika Install APK File Sideloading di Android

Sama seperti platform lain, Android rentan terhadap malware dan virus. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan hampir 99% dari malware ditargetkan pada Android. Jadi, selalu memeriksa kredibilitas situs sumber dari mana Anda men-download file APK Android Anda.

Lebih baik menggunakan toko resmi App seperti Google Play Store dan Amazon untuk instalasi aplikasi tetapi jika Anda ingin menginstal aplikasi langsung maka pastikan Anda men-download file APK dari situs terpercaya. Selalu membaca "App Permissions" atau izin akses yang diperlukan masing-masing aplikasi sebelum memencet tombol install. Untuk lebih jelas mengenai App Permission, silahkan baca: Cara View Dan Manage App Permissions Android.

Kadang-kadang hacker akan menyamarkan virus atau malware sebagai aplikasi favorit Anda. Setelah terinstal, akan mengacaukan perangkat Android Anda dan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dari semua, aplikasi malware itu akan mencuri semua informasi pribadi Anda dari Anda Facebook email / password untuk rincian data kartu kredit Anda. Jadi, selalu ekstra hati-hati memilih aplikasi apa yang Anda install di Android Anda.

Lebih baik untuk membiarkan perangkat Android Anda untuk menggunakan built-in Android Market. Lagipula download aplikasi berbayar secara gratis dan menginstal mereka secara langsung adalah ilegal dan tidak etis. Anda mungkin akan melanggar beberapa undang-undang yang serius tergantung pada negara tempat tinggal Anda dengan menginstal aplikasi bajakan.

Sumber Download File APK

Tempat dimana Anda men-download file APK Anda adalah sangat penting. Jika Anda men-download file APK Anda dari situs shady atau torrents maka ada kesempatan yang lebih tinggi dari menginfeksi perangkat Anda dengan mallards. Itu semua tergantung pada kemampuan masing-masing repositori / store untuk mendeteksi malware.

Amazon AppStore, Google Play, dll adalah situs yang paling terpercaya dan berwibawa untuk aplikasi download. Namun, Googling "nama aplikasi yang diperlukan + apk" akan memberikan berbagai pilihan untuk men-download. Pilih sumber dengan sangat hati-hati dan jangan pernah tertipu, gunakan akal sehat Anda untuk menyeleksi file APK yang akan didownload.

Alasan Utama Untuk Sideload File APK Android

Setelah membaca tentang begitu banyak ancaman dan peringatan, Anda harus berpikir untuk diri sendiri "Mengapa saya harus menginstal File APK secara manual?" Sayangnya, ada saat-saat Anda akan tidak memiliki pilihan selain untuk sideload sebuah file APK di Android Anda.

Beberapa produsen smartphone tidak menawarkan Google Play di perangkat Android mereka seperti Nokia X, Nokia XL, dll dan Android Market pada perangkat Nokia tidak menawarkan pilihan aplikasi. Jadi, dalam rangka untuk menikmati aplikasi dan game yang berbeda pada perangkat Android Anda, Anda perlu menginstal apk, baik secara langsung atau dengan menginstal app store yang lebih baik lagi.

Alasan lain adalah ketika Google Play pada regional Anda tidak menawarkan aplikasi yang Anda inginkan. Google Play membatasi aplikasi tergantung pada daerah Anda. Ada aplikasi eksklusif untuk pasar Amerika Serikat atau U.S. market yang tidak dapat diinstal melalui Google Play. Dalam hal ini Anda harus sideload APK pada perangkat Anda.

Kesimpulan Install APK File Sideloading di Android

Instalasi file APK pada perangkat Android Anda adalah proses yang sangat sederhana dan mudah. Ini tidak memerlukan software tambahan atau hacks. Sederhana tinggal enable opsi "Unknown Sources" membuat perangkat Android siap untuk sideload file APK.


Sekali lagi saya ingatkan, jangan pernah menginstal file APK yang meminta App Permissions atau izin akses tambahan, anda bisa coba Cara Aman Download Aplikasi Android Dengan Menonaktifkan App Permissions. Banyak aplikasi malware yang bisa mencuri informasi pribadi Anda yang dapat digunakan untuk tujuan jahat. Selalu menjaga update terbaru antivirus Anda diperbarui untuk melawan ancaman potensial malware. Baca juga: Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android?

Setiap kali anda merasa ragu, menahan diri untuk tidak menginstal APK adalah langkah yang tepat . Itu tidak layak mempertaruhkan semua informasi pribadi Anda dan keamanan perangkat untuk aplikasi atau game. Demikian tips dan trik Cara Install APK File Sideloading di Android. Untuk mendapatkan informasi cara instal file APK terbaru dan terupdate lainnya tetap kunjungi SettingComputers.blogspot.com.

0 Komentar untuk "Cara Install APK File Sideloading di Android"