18 September 2015

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka - Setiap pengguna Android mungkin telah mengalami crash Google Play. Apakah Anda pernah mendapatkan pesan error Google Play Store ketika men-download aplikasi atau Play Store tidak terbuka dan bertanya-tanya "apakah Play Store sedang down?", Di sini kita punya solusi untuk saat-saat ketika Google Play tidak bekerja untuk Anda.

Sebagian besar pengguna android mungkin pernah mengalami masalah error Google Play Store “Unfortunately Google Play Store has stopped working”, “No connection or error in connection”, aplikasi tidak dapat di-download, loading terus tapi download tidak mulai sama sekali. Ini adalah error yang umumnya terjadi dimana banyak pengguna android mungkin pernah terkena problem ini dan ya mereka benar-benar sangat mengganggu. Dalam tutorial ini Anda akan belajar bagaimana untuk menyingkirkan semua error Google Play Store yang sangat mengganggu.

Semua dari kita mungkin pernah mengalami masalah error waktu aplikasi Android tiba-tiba crash. Jika aplikasi android itu adalah Google Play Store, maka anda akan merasa sangat frustasi karena Play Store adalah aplikasi paling penting untuk mendapatkan aplikasi Android terbaru. Untuk tidak membiarkan Anda khawatir, hari ini saya membuat artikel tutorial ini. Anda pasti akan keluar dari masalah ini dan semua akan berjalan dengan baik lagi seperti semula di Smartphone android Anda. Silahkan ikuti tips ini, tips ini benar-benar akan banyak membantu Anda untuk memperbaiki dan mengatasi masalah Play Store yang tidak bisa dibuka dan tidak dapat bekerja.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Google Play adalah toko digital untuk aplikasi dan konten pada sistem operasi mobile Android. Dalam Android, toko ini disebut sebagai Play Store. Sampai Maret 2012 store aplikasi ini disebut Android Marketplace. Google Play menawarkan aplikasi mobile dan dapat memilih sesuai geografi juga menjual musik digital (Google Play Music atau Google Music), e-buku dan film untuk di-download. Aplikasi Google Play Store sangat penting untuk pengguna android. Karena ini adalah saluran dimana kita menginstal semua aplikasi android lainnya. Namun karena beberapa alasan tertentu Play Store ini tidak bekerja. Ini salah satu hal paling sulit untuk menemukan alasan utama untuk penyebab masalah itu.

Masalah Play Store error ini sering terjadi pada penggemar game Android, dan jika ini juga terjadi pada anda tetap tenang. DataClash of Clans anda mungkin masih pada hard-drive Anda. Anda mungkin harus kehilangan trophie, tapi tidak ini bukan masalah karena masalah akan segera teratasi. Coba bergabung pada komunitas, banyak orang telah mendiskusikan tentang masalah dengan Google Play di forum dan di review Play Store.

Semua masalah Google Play tidak sama, tetapi Anda dapat mencoba cara perbaikan sederhana ini sebelum menyerah dan reset ulang ke setting default pabrik. Perangkat smartphone Android ada bermacam-macam tipe dan merk, dan karena kita tidak tahu perangkat dan versi OS yang anda gunakan, silahkan lanjutkan dengan resiko anda sendiri.

1. Clear cache Google Play Store

Dalam kebanyakan kasus ketika Play Store mengalami error, Anda hanya perlu mengosongkan cache app. Ini adalah tempat penyimpanan sementara yang akan menyimpan data yang kemudian dapat dengan cepat diambil lagi tanpa perlu dimuat ulang. Singkatnya, cache membantu Play Store memuat lebih cepat. Pada aplikasi Play Store, Anda dapat menghapus cache, data dan update uninstall. Untuk mengosongkan cache:
  • Buka Pengaturan> Aplikasi. Tekan All> Google Play Store dan selanjutnya tekan tombol Clear Cache.

2. Bersihkan Data Play Store Anda

Caranya hampir mirip dengan tips pertama, yaitu menghapus data dari Play Store. Ini membuat aplikasi kembali pada titik awal dan menghilangkan informasi yang tersimpan, termasuk data apa pun yang menyebabkan masalah.
  • Seperti dengan tip sebelumnya, masuk ke Settings> Apps> Google Play Store tapi kali ini tekan Clear Data.

3. Uninstall Update Play Store

Langkah ini akan sangat membantu menghilangkan error pada Play Store, kadang-kadang update akan lebih berbahaya untuk aplikasi Play Store Anda, sehingga masuk akal untuk meng-uninstall update.
  • Buka Pengaturan> Aplikasi> Google Play Store kemudian tekan tombol Uninstall updates. Hal ini akan mengembalikan Google Play kembali ke versi asli (seperti ketika pertama kali diinstal pada perangkat Anda),
  • Berikutnya, Anda akan perlu untuk menemukan versi aplikasi Play Store yang lebih tua tapi masih baru untuk di-download. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan pergi ke halaman Google Play Store pada APK Mirror dan download dari sana.
  • Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dengan menginstal Play Store APK, baca panduan kami tentang bagaimana melakukannya, baca: Cara Download dan Install Google Play Store Terbaru.

4. Clear data and cache pada Google Play Services

Jika Google Play Store adalah detak jantung dari perangkat Android Anda, maka Services adalah jiwa dari perangkat Android, dimana background process misterius yang membawa bagian aplikasi yang tersebar untuk bekerja bersama-sama dan membuat mereka lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya. Dengan kata lain, Google Play Services memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi dengan bagian-bagian yang berbeda dari perangkat Android dan menyinkronkan, mengirim push notifications dan sebagainya. Masalah Play Store bisa berasal dari masalah pada Google Play Services.
  • Buka Settings > Apps > All > Google Play services kemudian tekan tombol 'Empty Cache'. Jika masih gagal untuk memecahkan masalah, kembali ke halaman ini dan tekan Clear data

5. Reset akun Google di ponsel Anda

Kami datang sekarang untuk solusi sedikit lebih efektif. Jika aplikasi Play Store Anda masih tidak bekerja, maka Anda mungkin perlu untuk refresh akun Google Anda pada perangkat Android Anda. Dengan kata lain, menghapus akun Google Anda dari perangkat Anda kemudian tambahkan lagi. Menghapus akun Google Anda kemudian kembali menambahkannya bisa memperbaiki masalah Play Store Anda.
  • Buka Pengaturan> Account lalu tap Google di bawah manage accounts.
  • Tap akun Google yang ingin Anda hapus, kemudian tekan ikon menu (tiga titik) di bagian kanan atas dan tekan Remove. Lakukan ini untuk setiap akun Google pada perangkat Anda.
  • Selanjutnya, pergi ke Settings> Account> Add Account> Google dan ikuti langkah-langkah di layar untuk menambahkan akun Google Anda lagi.

6. Lakukan Reset Data Pabrik smartphone Anda

Jika Anda masih menghadapi masalah pada tahap ini dan telah memeriksa panduan kami untuk memecahkan pesan kode error Google Play Store, maka Anda mungkin tidak memiliki pilihan lain kecuali melakukan factory reset. Perlu anda ketahui bahwa semua data Anda akan hilang, sehingga sangat super penting untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Pertama, pastikan semua data ponsel cerdas Anda sudah di-backup. Untuk melakukan hal ini, pergi ke Settings> Backup & reset maka pastikan 'Back up my data' slider aktif. Tekan 'Backup account' untuk memilih account yang ingin dibackup datanya.

Setelah Anda melakukan ini, pada the Backup & reset menu, tap "Factory data reset" di bagian bawah. Mengkonfirmasi bahwa Anda ingin melakukan ini, dan telepon Anda akan seperti baru. Backup data Anda akan di-restore ketika Anda login kembali ke account Google Anda.

7. Meng-aktifkan Download Manager

Ini adalah salah satu alasan penyebab terjadi error Play Store yang sangat umum, yang menyebabkan masalah Play Store tidak bisa dibuka atau digunakan. Kadang-kadang tanpa sepengetahuan Anda download manager ini dimatikan. Mematikan download manager dapat menciptakan masalah serius untuk Play Store saat men-download aplikasi. Jadi, Anda harus memeriksa apakah download manager dinonaktifkan atau tidak.

Jika Anda telah menonaktifkan Download Manager, untuk mengaktifkannya kembali buka menu Settings. Di sana Anda dapat menemukan App Manager (atau setara), di mana Anda menemukan semua tentang aplikasi. Kemudian di app manager buka tab All apps. Kemudian cari Download Manager atau lihat melalui daftar aplikasi.

Buka aplikasi Download Manager dan tekan pada tombol mengaktifkan. Namun kita memeriksa ini, Anda mungkin menemukan tombol ini dalam posisi tidak aktif / off. Jangan khawatir, ini berarti Download Manager Anda sudah aktif.

8. Untuk Perangkat Android yang telah di-root: edit hosts file

Jika Play Store tidak bisa dibuka dan smartphone atau tablet Android telah di-root, Anda memiliki solusi yang lebih sederhana untuk memperbaikinya dengan cepat dan mudah, yaitu hanya dengan memodifikasi file Hosts.
  • Pergi ke file manager yang anda gunakan, lalu arahkan ke system/etc/hosts dan pilih opsi Edit (ini akan bervariasi antar perangkat).
  • Tambahkan hashtag (#) di depan set kedua angka dan simpan perubahan (yaitu perubahan dari 127.0.0.1 ke #127.0.0.1). Reboot perangkat Anda, kemudian add ulang akun Google anda dan masalah error Google Play Store telah berhasil diperbaiki.
Apakah Cara Memperbaiki dan Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka ini bekerja untuk Anda? Apakah Anda punya saran lain untuk membuat Google Play Store bekerja kembali? Silahkan share masalah error Google Play Store di komentar.

1 Komentar untuk "Cara Memperbaiki dan Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka"

Sayya mau nanya. Waktu itu sayya download aplikasi translater di google play store terus dia erorr. Tulisannya memasang terus tapi kedownload aja nggak.Akhirnya datanya aku matiin, terus hpnya juga. Sayya nyalain hape dan datanya lagi tapi malah nggak bisa dipake buat internetan. Data udah tersambung dan sisa kuota juga masih ada. itu kira2 kenapa, ya? Makasih, tolong jawabannya...