07 June 2016

Cara Partisi SD Card Android Dengan Aparted Dan Link2SD Tanpa PC

Cara Partisi SD Card Android Dengan Aparted Dan Link2SD Tanpa PC - Jadi, mungkin Anda pernah mengalami masalah pada saat ingin menginstal aplikasi baru di Android Anda, Tapi saat Anda menekan tombol install, muncul notifikasi warning error 'insufficient memory' atau 'memori tidak cukup'. Akhirnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus aplikasi lain yang tidak diperlukan atau jarang digunakan. Tapi sesungguhnya ada jalan alternatif lain yang lebih baik untuk mengatasi masalah ini. Anda dapat mengkonversi beberapa ruang bebas pada kartu SD dan menjadikannya sebagai memori internal. Dan kemudian menggunakan ruang itu, untuk menginstal aplikasi yan telah anda download dari Google Play Store atau market aplikasi lainnya. Anda bisa melakukan partisi kartu SD untuk hampir semua versi OS Android, antara lain: Android Gingerbread, Android Ice Cream Sandwich, Android Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow. Sedangkan untuk ukuran kapasitas SD Card bebas, bisa 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, 10 GB, 12 GB, 14 GB, 16 GB, 18 GB, 20 GB, 32 GB.

Pada OS Android KitKat dan seterusnya, Anda tidak dapat menginstal aplikasi pada kartu SD Anda. Anda hanya dapat menggunakan kartu SD untuk menyimpan gambar, video, file, dan data aplikasi lainnya. Namun, dengan akses root dan aplikasi seperti Link2SD, Anda dapat mengubah kartu SD menjadi memori internal. Proses ini tidak cukup mudah dilakukan, tetapi sekali Anda mengatur itu, semuanya bekerja dengan mengaggumkan. Dengan melakukan partisi SD Card, maka akan meningkatkan kinerja dan performance smartphone atau tablet Android. Jika kartu SD Android telah dipartisi, maka presentase penggunaan RAM akan semakin kecil, ini akan membuat kinerja HP Android menjadi semakin cepat dan tidak lemot. Baca juga: Cara Tepat Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC

Partisi SD Card hanyalah sebuah divisi logis dari penyimpanan massal atau memori ke dalam subdivisi terisolasi. Hal ini biasanya dilakukan untuk membantu mengurangi beban penyimpanan internal pada perangkat Android. Dengan kata lain, orang-orang biasanya membuat partisi di SD Card untuk menghemat lebih banyak ruang pada penyimpanan memori internal. Partisi dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi disk Anda. Selain itu, dikatakan bahwa partisi dapat mempercepat sistem operasi Android dengan margin besar.

Cara Partisi SD Card Android Dengan Aparted Dan Link2SD Tanpa PC

Tujuan dari membuat partisi kartu SD adalah untuk membaginya menjadi dua drive atau lebih. Dengan melakukan ini, Anda dapat menggunakan satu bagian kartu SD sebagai memori internal ponsel Android Anda dan bagian kartu SD lain sebagai memori eksternal. Biasanya, kita hanya dapat melakukan partisi pada PC, tetapi itu tidak berarti bahwa tidak mungkin untuk partisi kartu SD Anda tanpa PC. Dengan menggunakan aplikasi AParted (SD Card Partition), Anda dapat melakukan partisi kartu SD Anda melalui perangkat Android Anda. Jika Anda ingin partisi kartu SD Anda melalui perangkat Android Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah.

Cara Cepat Partisi SD Card Android Tanpa PC

Dalam tutorial ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah melalui proses partisi kartu SD untuk perangkat Android Anda, sehingga Anda dapat menjalankan program dari memori internal pada kartu SD.

Apa yang saya butuhkan? Sebelum kita mulai, pastikan Anda memiliki:
  • HP Android yang sudah diroot dengan slot kartu SD
  • SD Card
  • Akses internet untuk menginstal Aplikasi untuk partisi kartu SD (seperti link2sd dan aparted)
Bagaimana cara kita melakukan partisi kartu SD. Pada tutorial ini kita akan melakukan partisi SD Card dalam 4 langkah:
  • Langkah 1: Root Perangkat Android Anda
  • Langkah 2: Membuat backup data SD card Anda
  • Langkah 3: Buat partisi pada kartu SD Anda
  • Langkah 4: Instal dan mengkonfigurasi Link2SD

Langkah 1: Root Smartphone atau Tablet Android

Menghubungkan aplikasi ke kartu SD membutuhkan izin level root. Jadi, pastikan Anda telah me-root perangkat Android sebelum memulai partisi kartu SD. Sekarang, bagaimana saya melakukannya? Nah, sayangnya, tidak ada satu cara yang sama untuk me-root setiap HP android. Setiap perangkat mempunyai cara dan proses rooting yang berbeda.

Cara terbaik untuk mengetahui, bagaimana membasmi android Anda, adalah dengan melakukan Googling sederhana cara root perangkat Android Anda. Saran saya sebelum searching, periksa apakah perangkat Anda kompatibel dengan Kingo Root, sebuah aplikasi rooting Android populer yang dapat digunakan untuk meroot hampir semua smartphone atau tablet Android. Atau anda bisa juga membaca panduan root HP Android ini: Cara Root Android Semua Versi Dengan Framaroot Tanpa PC

Setelah Anda memiliki smartphone dengan status rooted, silahkan ikuti ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Membuat Backup Data SD Card Anda

Sebelum Anda menginstal aplikasi pada kartu SD Anda, pertama anda harus memformat kartu SD. Dan memformat kartu memori Anda akan menghapus semua data yang anda simpan di SD Card. Jadi ya, pastikan Anda telah membuat backup salinan isinya.

Anda dapat membuat backup data dengan menghubungkan telepon ke komputer atau laptop melalui kabel USB dan kemudian menyalin file ke hard drive Anda. Atau, jika Anda memiliki jaringan Wifi, anda bisa menggunakan AirDroid, Ini lebih cepat dan tidak memerlukan kabel USB apapun.


Setelah Anda telah selesai membuat cadangan backup data, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Membuat Partisi Pada Kartu SD Anda

Setiap OS memiliki preferensi mereka sendiri untuk sistem file. Kebanyakan kartu memori dalam format FAT32, baik ketika Anda ingin menggunakannya dengan Windows dan MAC. Tapi karena kami juga ingin menggunakan kartu SD ini sebagai memori penyimpanan internal, kita harus memformat bagian dari partisi kartu SD itu menjadi ext2 (filesystem populer untuk Linux).


Jadi singkatnya, kita akan menciptakan dua partisi pada kartu SD HP Android. Setengah bagian dari kartu SD akan dalam format ext2, yang akan digunakan sebagai memori internal kami. Dan setengah bagian lainnya akan dalam format FAT32, sehingga kita dapat menggunakannya sebagai kartu SD biasa untuk menyimpan foto dan video, dan file lainnya.

Untuk meyederhanakan tutorial ini, saya akan menggunakan kartu 2 GB. Pada partisi ke-1 menggunakan Format 1 GB untuk FAT32 dan partisi ke-2 sebesar 1 GB untuk ext2.

Jadi Ikuti langkah-langkah Partisi SD Card di bawah ini:
  • Sebelum Anda membuat perubahan ke kartu SD Anda, pertama masuk ke setting dan Unmount SD Card.
  • Selanjutnya, instal aplikasi partisi AParted dan membukanya. Ini akan meminta izin root, dan berikan ijin itu.
  • Sekarang, untuk membuat partisi, tekan tab Part 1, centang "Format" dan pilih FAT32. Sedangkan untuk size partisi tentukan besar ruang penyimpanan yang ingin anda alokasikan sebagai kartu memori penyimpanan file seperti foto dan video. Saya akan mengalokasikan setengahnya, yaitu sebesar 1GB, tetapi Anda dapat memilih sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Selanjutnya, tekan pada 'tanda plus hijau' dan window Part 2 akan muncul. Kemudian centang "Format" dan pilih ext2 (Anda juga dapat memilih ext3 atau ext4, tetapi jika Anda tidak tahu apa fungsinya, sebaiknya pilih ext2 saja). Kemudian selanjutnya mengalokasikan besar ruang penyimpanan untuk Partisi ke-2 yang berfungsi sebagai memori internal. Memori internal pada SD Card yang telah dipartisi ini bisa digunakan untuk menginstal aplikasi Android.
  • Setelah selesai, tekan tombol "Apply Changes" dan kemudian konfirmasikan dengan memencet tombol OK. Dalam hitungan detik, itu akan memformat kartu SD Anda dalam dua partisi yang berbeda.
  • Untuk mengkonfirmasi bahwa partisi itu berhasil atau tidak, pergi ke setting Storage pada HP Android. Anda akan melihat ukuran kartu SD Anda berkurang setengah. Tetapi perlu diketahui jika Anda tidak akan dapat melihat partisi ext2.
Mengapa Menggunakan Aplikasi Aparted Untuk Membuat Partisi SD Card?

Nah, ada beberapa tutorial di web, yang menyarankan menggunakan aplikasi desktop PC atau laptop (seperti mini partition tool) untuk membuat partisi kartu SD Anda. Tapi, itu hanya proses yang membosankan dan berbelit-belit. Dengan menggunakan tool partisi pada desktop, kita perlu mengeluarkannya dari telepon Anda, memasukkan itu di komputer dan kemudian mengulangi proses yang sama lagi. Ini proses partisi kartu SD yang membuang-buang waktu.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan aplikasi AParted, Anda bisa mendapatkan hasil yang sama dalam waktu lebih cepat dan usaha minimal. Aplikasi ini bekerja dengan baik untuk membuat partisi kartu SD tanpa menggunakan PC atau laptop. Namun jika Anda menghadapi masalah, Anda dapat menggunakan mini partition tool di PC atau laptop.

Langkah 4: Instal Dan Mengkonfigurasi Link2SD

Akhirnya, saatnya untuk memindahkan semua aplikasi besar ke kartu SD. Untuk melakukannya kita akan menggunakan aplikasi gratis yang disebut link2sd. Sekarang, ada alternatif lain untuk aplikasi ini (seperti app2sd) tapi itu tidak memindahkan semua file ke kartu SD.

Ada juga versi pro dari Link2SD di Play Store. Dan satu-satunya perbedaan antara gratis dan berbayar adalah bebas iklan. Tapi jangan khawatir karena Link2SD versi free juga dapat memindahkan data aplikasi ke kartu SD.

Sekarang di sebagian besar situasi, data aplikasi ini tidak akan menjadi masalah besar. Biasanya, banyaknya data yang dipindah sekitar 10% dari total penyimpanan Anda. Namun, jika Anda ingin Link2SD Pro, silahkan membeli dan mendapatkan versi berbayar. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mendukung developer aplikasi.

Untuk tutorial ini, saya akan mencoba dengan versi gratis dari Link2SD:
  • Mulailah dengan menginstal Link2SD dari Play Store. Kemudian membukanya dan memberikan akses root.
  • Pilih file system untuk memori internal Anda. Jika Anda ingat, kami telah mengatur format ext2 untuk itu, jadi pilih itu dan me-restart perangkat.
  • Sekarang, setelah Anda mulai Android Anda, buka aplikasi Link2SD lagi. Anda akan melihat semua aplikasi yang telah diinstal pada perangkat Android Anda. Untuk memindahkan aplikasi pada kartu SD Anda, Anda dapat menyaring aplikasi, yang ada di memori internal Anda dan kemudian mencari mereka sesuai dengan ukuran
  • Sekarang untuk memindahkannya, tekan pada 3 titik vertikal di kanan atas dan memilih "Multi-select" dan pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan. Saya akan menghindari memindahkan aplikasi sistem ke kartu SD, karena jika Anda tidak sengaja menghapus mereka, atau mengeluarkan kartu SD Anda, aplikasi lain mungkin menjadi error. Jadi, hindari aplikasi sistem jika Anda bisa.
  • Setelah Anda selesai memilih aplikasi, Sekali lagi tekan pada tiga titik vertikal dan dari menu select > move to sd card > pastikan jenis setiap file yang diberi tanda centang > pencet tombol OK. Setelah itu selesai, maka semua aplikasi yang Anda pilih akan dipindahkan ke kartu SD.
  • Untuk memastikan semua aplikasi Android yang akan diinstal nanti secara otomatis terinstal pada kartu SD > masuk ke "setting" > beri tanda centang "auto link".
Untuk uninstall aplikasi, Anda dapat "Unlike" aplikasi dari kartu SD, dan kemudian menghapus mereka. Juga dari sekarang, berpikir dua kali sebelum mengeluarkan kartu SD Anda, karena Anda sekarang juga menyimpan aplikasi di dalamnya. Secara keseluruhan, link2sd adalah salah satu aplikasi yang telah Anda setting dan kemudian melupakannya.

Link2SD adalah sebuah aplikasi android yang memungkinkan Anda untuk memindahkan aplikasi dan game ke partisi ke-2 kartu SD Anda. Mengapa kita harus menggunakan Link2SD saat Native App2sd bisa memindahkan file ke kartu SD? Apps2sd asli hanya memindahkan file APK dari aplikasi dan tetap meninggalkan file lain dalam memori internal, sehingga Anda masih harus mengelola memori on-board dan membatasi pilihan aplikasi Anda karena akan memakan memori internal Anda dan kemudian Anda tidak dapat menginstal file apapun lagi. Selain itu, widget dan beberapa aplikasi tidak dimaksudkan untuk dipindahkan ke kartu SD. Namun, Link2SD hanya untuk pengguna root karena itu perlu meroot ponsel Android terlebih dulu.

Ide di balik aplikasi ini adalah sama, tapi Link2SD memiliki fitur yang lebih relevan dan memberikan pengguna Android 1.5 ke atas kesempatan untuk merasakan memiliki memori telepon besar. Fitur tambahan yang ditambahkan oleh pengembang untuk lebih mengoptimalkan penggunaan perangkat Android. Dengan menggunakan Link2SD, Anda dapat memindahkan tidak hanya file aplikasi, tetapi juga Dalvik-cache dan library file dari aplikasi. Ini berarti bahwa data akan menjadi satu-satunya yang tersisa untuk mengkonsumsi memori internal Anda sehingga menginstal aplikasi dan game akan lebih mudah karena Anda dapat menginstal apa pun yang Anda inginkan tanpa khawatir tentang masalah memori internal rendah. Selanjutnya, Link2SD mencakup semua file bahkan dapat memindahkan widget dan aplikasi unmoveable yang tidak mungkin dipindahkan ke 2 partisi kartu SD Anda.

1 Komentar untuk "Cara Partisi SD Card Android Dengan Aparted Dan Link2SD Tanpa PC"

gan kalo memori cardnya di copot, apakah masih ada file ext2nya?