07 June 2016

Cara Partisi SD Card HP Android

Cara Partisi SD Card HP Android - Penyimpanan internal adalah bagian penting dari smartphone Android, namun sebagian besar perangkat Android memiliki memori built-in yang kecil dan menyebabkan keterbatasan dalam menginstal aplikasi. Situasi yang membuat frustasi adalah pada saat setelah menginstal beberapa aplikasi, perangkat mulai mengeluarkan peringatan di tray pemberitahuan "low space in internal memory". Kinerja ponsel Android ini juga akan turun karena penggunaan memori internal yang hampir mencapai batas maksimal. Orang harus kehilangan aplikasi favorit mereka untuk membebaskan memori internal agar menjadi lebih besar. Untungnya ada solusi alternatif untuk masalah ini, dengan menciptakan sebuah partisi di SD Card eksternal, pengguna dapat memindahkan aplikasi dan game untuk partisi 2 di kartu SD.

Membuat partisi kedua pada kartu micro SD ponsel Android adalah metode yang baik agar memori internal keluar dari masalah memori. Saat ini ponsel android memiliki memori internal yang lebih rendah dan terbatas untuk menginstal aplikasi. Akibatnya kita tidak dapat menginstal semua aplikasi favorit dalam waktu yang sama secara bersamaan. Sekarang kita benar-benar dapat memindahkan semua aplikasi yang diinstal ke partisi ke-2 Micro SD Card. Kita bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke partisi kedua kartu Micro SD. Jika Anda menggunakan aplikasi Link2SD, ketika Anda me-mount kartu SD ke komputer, android akan me-mount partisi pertama, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi yang terinstal pada kartu SD Anda tanpa masalah apapun. Untuk tutorial ini saya akan menunjukkan cara untuk membuat partisi sekunder pada kartu SD Anda tanpa kehilangan data. Saya menggunakan MiniTool Partition Wizard, sebuah sebuah software Windows PC / laptop untuk proses ini. Proses ini tidak perlu menggunakan Card Reader, Anda dapat menghubungkan kartu SD dan PC langsung dengan menggunakan ponsel Anda. Tapi Anda harus mengaktifkan dan mengubah mode koneksi USB sebagai "Mass Storage mode (MSC)" menggunakan pengaturan telepon Anda. Jangan lupa untuk membackup semua file yang ada pada kartu SD, karena proses partisi akan menghapus semua data yang ada di SD Card. Baca juga: Cara Tepat Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC

Cara Partisi SD Card HP Android
Sebelum saya memberitahu Anda bagaimana untuk membuat partisi pada kartu SD, saya akan menjelaskan tentang apa tujuan dari partisi. Pada perangkat mobile, terutama untuk smartphone atau tablet PC, orang biasanya membuat partisi pada kartu microSD mereka untuk membantu meringankan beban penyimpanan internal pada perangkat. Apakah itu berarti jika kita membuat partisi pada kartu SD, itu akan meningkatkan kapasitas penyimpanan internal? Tentu saja tidak! Pada beberapa perangkat mobile seperti perangkat Android, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memindahkan data aplikasi ke partisi kedua kartu microSD, seperti aplikasi Link2SD. Jadi, data aplikasi yang digunakan untuk disimpan di penyimpanan internal dapat dipindahkan ke kartu SD yang telah dipartisi, yang berarti pengguna bisa menyimpan lebih banyak ruang pada penyimpanan internal. Sebagai default, kartu SD hanya memiliki satu partisi dengan sistem file FAT32, jadi di sini saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana untuk membuat partisi kedua pada kartu SD secara step by step. Tetapi saya harus mengingatkan Anda, bahwa Anda tidak akan memperoleh manfaat dari partisi jika Anda tidak menginstal aplikasi penghubung memori internal dengan kartu SD (seperti aplikasi Link2SD). Oke, mari kita mulai langkah-langkah cara partisi SD Card HP Android. Baca juga: Cara Partisi SD Card Android Dengan Aparted Dan Link2SD Tanpa PC

Cara Partisi SD Card HP Android Menggunakan Minitool

Ini adalah langkah demi langkah panduan tentang bagaimana Anda dapat membuat partisi kartu SD dan menjalankan Link2SD pada perangkat Anda. Tutorial ini akan bekerja untuk stock ROM dan Custom ROM. Untuk pengguna ClockWorkMod Recovery, Anda dapat memeriksa panduan lainnya di bawah ini. Ikuti semua petunjuk dengan hati-hati untuk menghilangkan kemungkinan terjadi masalah.

Disclaimer: Saya tidak bertanggung jawab terhadap semua kerusakan dan masalah yang terjadi pada kartu SD, setelah menerapkan tutorial ini. Saya telah memberikan panduan dengan lengkap dan benar, semua masalah menjadi risiko Anda sendiri.

Beberapa catatan penting yang harus anda siapkan sebelum memulai membuat partisi kartu SD:
  • Sebelum masuk ke proses, pastikan Anda memiliki akses root ke perangkat Anda. Jika Anda belum diroot maka sebelumnya root terlebih dulu smartphone atau tablet Android Anda. Saya ingin memberikan prosedur dalam dua tahap, tahap pertama adalah tentang "partisi SD card" dan yang kedua adalah "memindahkan aplikasi dan permainan ke partisi".
  • Backup semua file, data dan aplikasi pada kartu SD Anda
  • Download dan instal MiniTool Partition Wizard Home Edition di komputer Windows anda
  • Hubungkan HP Android dengan komputer / laptop dengan menggunakan kabel USB. Jangan lupa untuk mengubah mode koneksi USB sebagai "Mass Storage Mode (MSC)".
Cara Partisi SD Card HP Android:
  1. Pertama Anda harus men-download MiniTool Partition Wizard Manager. Anda dapat mendownloadnya di sini.
  2. Hubungkan HP Android Anda ke komputer melalui kabel USB, ubah mode koneksi USB sebagai "Mass Storage Mode (MSC)".
  3. Buat backup cadangan semua file Anda ke komputer, karena proses pembuatan partisi SD Card akan menghapus data Anda.
  4. Buka software Mini Tool Partition Wizard di komputer Anda. Cari drive kartu SD Anda (hati-hati dalam memilih dan pastikan untuk tidak memilih drive komputer Anda). Biasanya drive SD Card berada pada "Disk 3", cek dulu apakah ukuran drive sama dengan ukuran kartu SD anda. Jika iya, berarti itu adalah drive SD Card anda. Jika drive kartu SD Anda tidak muncul, masuk ke menu General> Relocate Disk Information. Kemudian pada ponsel Android, Anda harus memverifikasi untuk mengaktifkan "Mass Storage Mode".
  5. Klik kanan pada drive kartu SD, dan pilih "Delete".
  6. Klik kanan lagi drive kartu SD dan pilih "Create New". Buat partisi "FAT32" (ini adalah partisi di mana semua file media Anda akan disimpan. Pastikan untuk membuatnya lebih besar daripada partisi ke-2)
  7. Kemudian untuk opsi “Create As", pilih "PRIMARY” dan klik OK
  8. Selanjutnya, membuat partisi ext2 (jika Anda berada di Stock ROM, memilih ext2). Di sinilah file system aplikasi favorit Anda akan diinstal pada SD Card. Saya sarankan nilai 512Mb atau 1Gb akan cukup besar tetapi jika Anda bersikeras Anda bisa mengaturnya sebesar 2Gb. (Usahakan tidak lebih dari separuh dari size kartu SD).
  9. Untuk opsi “Create As", pilih "PRIMARY” (pastikan bahwa kedua partisi diset sebagai "PRIMARY" karena partisi tidak akan berhasil dibuat jika tidak diset sebagai "Primary"). Jangan lupa setelah itu klik tombol OK.
  10. Klik tombol "Apply" di sudut kiri atas dan tunggu sampai proses partisi selesai.
  11. Setelah selesai, Sekarang Anda dapat mengubah mode koneksi USB ponsel Android menjadi "Media Transfer Mode (MTP)" dan lepas kabel USB.
  12. Download dan install aplikasi Link2SD dari Google Play Store.
  13. Setelah aplikasi Link2SD, Anda akan diminta untuk memilih antara ext2, ext3, ext4 dan FAT32. Silahkan pilih "ext2".
  14. Setelah muncul notifikasi "mount script created", kemudian Reboot ponsel Android.
  15. Buka aplikasi Link2SD lagi dan jika pesan tidak muncul, maka Anda berhasil.
  16. Masuk ke menu Link2SD > Settings > centang "Auto Link" (untuk secara otomatis memindahkan aplikasi yang diinstal ke SD Card setelah instalasi)
  17. Jika Anda sudah memiliki beberapa aplikasi, pilih "move to phone" kemudian setelah dipindah pilih "Create Link" (pastikan untuk mencentang tiga opsi: app, dalvic-cache dan library files)
  18. Untuk memeriksa informasi memori Anda, pilih "Info Storage". Ini akan menunjukkan keadaan memori internal Anda saat ini, partisi FAT32, dan partisi ext2.
  19. Sekarang Anda sudah selesai dan HP Android telah siap untuk menginstal semua aplikasi yang Anda inginkan!
Cara Partisi Untuk Pengguna HP Android ClockworkMod Recovery:
  • Backup semua file yang ada pada SD Card ke komputer Anda.
  • Masuk ke recovery mode
  • Pilih "Advanced"
  • Pilih "Partition SD card"
  • Pilih ukuran SD-ext Anda (jika Anda menggunakan kartu SD 2Gb, atur 512Mb. Jika kartu SD Anda adalah 4Gb atau lebih, Anda dapat memilih 1024MB)
  • Pilih 0 Swap
  • Tunggu proses selesai. Reboot.
  • Download dan install Link2SD dari Google Play Store.
  • Buka Link2SD Anda akan diminta untuk memilih antara ext2, ext3, ext4 atau FAT32, silahkan pilih "ext4".
  • Ikuti petunjuk nomor 13-19 hingga selesai.
Beberapa informasi penting yang harus anda ketahui setelah berhasil membuat partisi kartu SD:
  • Setelah Anda membuat partisi sekunder, setiap kali ketika Anda terhubung ponsel Anda ke komputer, Android akan me-mount partisi pertama dan OS komputer atau laptop tidak akan mengenali partisi 2 sebagai removable disk.
  • Semua file Anda, video, foto, lagu mp3 akan disimpan pada partisi 1. Jadi, ketika Anda membuat partisi 2, usahakan memberikan jatah lebih banyak ruang untuk partisi 1.
  • Di samping itu, telepon Anda akan menampilkan ukuran partisi 1 sebagai ukuran kartu SD. Partisi 2 benar-benar tersembunyi untuk pengguna. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, partisi baru ini hanya dapat dideteksi dengan aplikasi Link2SD.

0 Komentar untuk "Cara Partisi SD Card HP Android"