06 June 2016

Cara Tepat Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC

Cara Tepat Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC - OS Android memiliki banyak ruang lingkup ide visioner dalam pengembangan dan fleksibilitas pengguna. Hal ini membantu pengembang dan pengguna untuk memodifikasi arsitektur sistem. Fitur smartphone atau tablet dapat dimodifikasi dalam beberapa cara, untuk itu kita patut berterima kasih pada Google karena membuatnya menjadi Open Source. Salah satu dari kemudahan tersebut yang akan kita bahas, yaitu mengenai cara partisi memory eksternal Android agar mengurangi penggunaan memori internal atau Device Storage. Ruang penyimpanan atau SD Memory Card eksternal pada ponsel / HP memiliki beberapa jenis, antara lain SD Card, Dual SD, Micro SD, dan Micro SD Duo. Kartu SD pada smartphone atau tablet ini memiliki fungsi yang sama dengan harddisk eksternal pada komputer / laptop. Jika harddisk pada komputer atau laptop bisa dipartisi, maka kartu SD pun bisa dipartisi. Partisi SD Card bisa untuk semua versi Android OS, sedangkan untuk ukuran kapasitas SD Card yang bisa dipartisi bebas, antara lain: 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, 10 GB, 12 GB, 14 GB, 16 GB, 18 GB, 20 GB, 32 GB.

Satu hal penting yang harus anda pahami untuk kartu SD yang tidak dipartisi bahwa pada saat menginstal aplikasi pada kartu SD, space pada memori internal akan tetap terpakai juga. Hal ini menyebabkan HP Android tidak dapat diinstal dengan banyak aplikasi, meskipun free space pada kartu memori SD masih tersisa banyak. Ponsel dengan device storage atau memory internal rendah atau kecil dapat memperlambat sistem kinerja dan penggunaan prosessor OS Android. Hal ini disebabkan karena sebagian besar ruang memori internal smartphone atau tablet Android dipergunakan untuk menyimpan file dari sistem operasi dan aplikasi bawaan Android, serta aplikasi yang diinstal pada memori eksternal atau kartu SD. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara melakukan partisi kartu SD, serta sekaligus memperbesar dan memperluas kapasitas memori ROM dari ponsel Android.

Apa itu Partisi SD Card?

Dalam istilah sederhana partisi SD card adalah membagi drive kartu memori SD menjadi dua bagian, yakni satu bagian dapat diakses untuk sistem operasi dan aplikasi (menjadikannya sebagai pengganti fungsi memori internal), dan bagian lainnya untuk semua file milik pengguna (sebagai media penyimpanan file). Tidak peduli seberapa besar partisi tersebut dibuat, semakin banyak ruang memori internal maka lebih baik kinerja sistem operasi dan processor smartphone atau tablet. Jadi intinya dengan membuat partisi kartu SD, kita dapat memperbesar kapasitas memori internal pada smartphone atau tablet Android.
Cara Tepat Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC

Mengapa Partisi SD Card Diperlukan?

Partisi SD card berfungsi untuk meningkatkan kapasitas ROM dari ponsel dan bertujuan membuat link atau menghubungkan perangkat Android ke memori partisi yang baru dibuat. Dengan cara ini aplikasi yang diinstall pada memori telepon dapat dihubungkan ke direktori partisi yang dibuat, sehingga membebaskan dan memperbesar space penyimpanan memori internal menjadi lebih besar dan luas. Selain itu manfaat dari partisi kartu SD adalah setiap aplikasi yang diinstal pada kartu SD tidak akan memakai space ruang memori internal. Kinerja smartphone atau tablet Android akan menjadi lebih cepat dan banyak ruang memori internal yang tersedia, sehingga kita dapat menginstal lebih banyak lagi aplikasi Android dengan ukuran size file yang besar. Semakin besar memori internal, maka prosentase penggunaan RAM akan semakin kecil, sehingga kinerja dan performa RAM akan selalu stabil. Jadi Smartphone atau tablet Android dapat melakukan multitasking dan menjalankan banyak aplikasi sekaligus pada waktu yang sama atau bersamaan. Contoh dari multitasking yang dapat dilakukan, misalnya membuka aplikasi office, browser, BBM, Line, sambil menjalankan aplikasi video player atau mp3 player. Dan pada saat melakukan musltitasking tersebut anda tidak perlu cemas sistem operasi Android menjadi lambat, tersendat-sendat atau nge-hang.

Bagaimana Cara Partisi SD Card Tanpa PC?

Ada beberapa cara yang dapat diterapkan untuk melakukan partisi kartu SD, yakni menggunakan PC dan tanpa PC. Untuk partisi kartu SD menggunakan PC atau laptop dapat dilakukan dengan beberapa software yang tersedia seperti AOMEI Partition Assistant Technician, dll. Akan tetapi tidak semua user Android memiliki PC atau laptop, maka solusinya dapat dilakukan partisi kartu SD tanpa PC yaitu langsung melakukan partisi menggunakan perangkat ponsel Android.

Mengapa Aplikasi Link2SD Diperlukan Dalam Melakukan Partisi SD Card?

Karena untuk membuat link atau menghubungkan perangkat Android ke memory hasil partisi SD card, tentunya pasti membutuhkan aplikasi Link2SD yang berfungsi untuk memindahkan file aplikasi yang terinstal di memori internal ke ruang memori hasil partisi kartu SD. Dengan menggunakan Link2SD anda tidak perlu khawatir untuk menginstal banyak aplikasi Android walaupun memori internal pada smartphone atau tablet Android anda memiliki ruang penyimpanan yang kecil atau rendah.

Merk dan Tipe Smartphone Android Yang Bisa Dipartisi

Hampir semua merk dan tipe smartphone / tablet Android bisa di-partisi SD Card. Tentu saja harus dalam kondisi sudah diroot dan menggunakan OS Android yang kompatible dengan tool-tol partisi SD Memory Card yang diperlukan. OS Android yang kompatible dari hasil percobaan kami, antara lain: Android Gingerbread, Android Ice Cream Sandwich, Android Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow. Berikut ini adalah beberapa HP Android yang telah dites partisi kartu SD:
  • Xiaomi Redmi 1S
  • Samsung Galaxy Note 4
  • Samsung Galaxy V
  • Samsung Galaxy Tab 3
  • Asus Zenfone 4s
  • Evercoss Winner Y A76
  • Sony Xperia C3
  • Advan Vandroid S5J
  • Galaxy Ace 4
  • Smartfren Andromax
  • Mito A260
  • Evercoss A7b
  • Evercoss a33a
  • Smartfren Andromax c3
  • Smasung Galaxy S5
  • Sony Xperia J
Syarat Sebelum Melakukan Partisi SD Card
Smartphone atau tablet Android dengan kondisi status ROOT - Pastikan ponsel sudah dilakukan proses root untuk mendapatkan akses Super User.
BusyBox - Aplikasi BusyBox harus terinstall di memori internal, aplikasi ini digunakan untuk membuat respitory pada ponsel. Download BusyBox dari Play Store.
Aparted - Install aplikasi Aparted pada ponsel (wajib), aplikasi ini sebagai tool utama paling penting untuk melakukan partisi kartu SD. Download Aparted dari Play Store.

Catatan : Aplikasi Aparted harus diinstal pada memori internal ponsel Android sebelum melakukan proses partisi kartu SD. Jangan memindahkan dan mengiinstal aplikasi Aparted di kartu SD, karena akan terjadi error pada saat partisi jika anda melakukannya. Sebaiknya backup terlebih dulu semua file yang ada di kartu SD ke PC atau laptop, untuk mengantisipasi jika terjadi error pada saat partisi SD Card

Cara Cepat Dan Mudah Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC

Tutorial partisi kartu Micro SD ini akan bekerja dengan baik untuk stock dan custom ROM. Berikut langkah-langkah panduan bagaimana cara melakukan partisi micro SD card dan menjalankan Link2SD pada perangkat android :
  1. Langkah pertama backup kartu SD ke PC atau memori eksternal lainnya, proses partisi akan menghapus semua data file pada kartu SD, jadi cermati setiap langkahnya dan teliti dulu sebelum memproses.
  2. Langkah selanjutnya Unmount SD Card, pergi ke "Settings" > "Storage" > "Unmount SD card for safe removal". Proses partisi ini hanya akan bekerja setelah melakukan Unmount SD Card, jika anda melewati proses ini dan tidak melakukannya, maka akan terjadi eror bahkan resiko terparah akan terjadi kerusakan pada kartu SD. Jadi lakukan unmount SD card terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Setelah itu Klik tombol "OK".
  3. Step ketiga, Instal aplikasi BusyBox.
  4. Buka aplikasi Aparted lalu pilih tab "Create" dan tekan icon "Plus" warna hijau (untuk membuat kapasitas ruang baru). Kemudian akan keluar notifikasi untuk membuat partisi pertama/primary partition. Partisi pertama dapat diakses pengguna sebagai penyimpanan eksternal. Sebagai contoh jika menggunakan kartu SD 2 GB (1,965 GB yang dapat diakses) buat partisi pertama sebesar 1 GB (1000 MB) atau sesuai kebutuhan. 
  5. Langsung saja sekarang mari kita mulai partisi SD Card-nya. Pada pastisi pertama (part 1) centang check box "format" > pilih jenis "FAT32" > tentukan size partisi 1000 MB. Selanjutnya kita akan membuat partisi kedua, tekan lagi tombol "Plus" (warna hijau) > centang check box "format" > pilih jenis "ext2" > tentukan size 1003 MB. Kemudian step terakhir, tekan tombol "Apply Changes" dan tekan tombol konfirmasi "OK".
  6. Langkah ini membuat ruang partisi utama yang diinginkan tadi dengan memformat/menghapus semua data kartu SD yang sebelumnya hanya digunakan sebagai penyimpanan eksternal.
  7. Setelah selesai membuat partisi pertama dan kedua, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di atas dimana terdapat part 1 dan part 2 yang tersedia pada kartu SD. Untuk part 1 adalah partisi pertama sebagai SD Card reguler untuk menyimpan file seperti foto dan video, dll. Sedangkan part 2 adalah ruang yang masih kosong/tersisa yang akan digunakan oleh ponsel Android sebagai memori internal dan part seterusnya (gambar hanya contoh). Kartu SD dapat dibuat menjadi beberapa partisi lebih dari 2 bagian akan tetapi sebenarnya 2 partisi sudah cukup dikarenakan membuat partisi dalam jumlah lebih dari 2 partisi membutuhkan keahlian teknis. Langsung saja pilih centang pada kotak part 2 lalu tekan "Create" dan kemudian proses membuat partisi kedua mulai berjalan, tunggu hingga selesai.
  8. Setelah itu jangan lupa Reboot perangkat Android. Setelah melakukan reboot secara otomatis partisi kartu SD berhasil dibuat. Silahkan cek ke "Setting" > "Storage". Pada menu ini Anda dapat melihat penyimpanan eksternal yang tersedia mirip dengan ruang yang Anda pilih untuk partisi pertama.
  9. Langkah berikutnya install aplikasi Link2SD dari Play Store, kemudian jalankan aplikasi ini. Ketika aplikasi dijalankan akan muncul notifikasi bahwa partisi kedua ditemukan dan diminta untuk melakukan pemasangan script . Untuk pemsangan script ini cukup mudah, karena kita hanya perlu memilih file system pada partisi ke-2. Silahkan pilih opsi "ext2", kemudian tunggu proses pemasangan script hingga selesai. Setelah proses ini selesai dilakukan, Anda akan diminta untuk kembali reboot perangkat Android.
  10. Setelah reboot, buka kembali aplikasi Link2SD dan pilih opsi "Automatically link newly installed apps to SD". Hal ini akan memungkinkan aplikasi untuk secara otomatis menghubungkan aplikasi yang baru didownload dan diinstal ke partisi yang telah Anda buat.
    Selain itu Anda juga dapat melakukannya secara manual untuk menghubungkan aplikasi yang sebelumnya sudah diinstal ke kartu SD, caranya buka aplikasi Link2SD dan pilih "Create Link".
  11. Langkah terakhir untuk melihat ruang partisi dengan klik opsi di Link2SD dan pilih "Storage Info". Menu ini akan menunjukkan rincian penyimpanan smartphone atau tablet Android, yaitu partisi yang telah dibuat dan penyimpanan eksternal.
Selamat karena sekarang Anda dapat menggunakan sebanyak mungkin aplikasi yang bisa dihubungkan ke partisi dan membebaskan lebih banyak pemakaian memori internal atau Device Storage. Anda akan melihat peningkatan kinerja dan performa yang jauh lebih tinggi dari ponsel Anda.

Demikian cara tepat partisi micro SD card android dengan Link2SD tanpa PC. Sekarang dapat memasang banyak aplikasi di perangkat android dengan ruang memori internal yang lebih besar. Coba cek peningkatan kinerja dari HP Android setelah melakukan partisi SD Card dengan Link2SD tanpa PC.

Catatan Penting: Lakukan proses ini dengan hati-hati, jika salah dapat merusak kartu SD.

Tips : Kartu SD yang rusak dapat diperbaiki dengan aplikasi Aparted. Pada umumnya Kartu SD yang rusak terjadi ketika terhubung pada PC atau kesalahan lain selama transfer data antara kartu SD dengan PC.

Solusi untuk memperbaiki Bugs dan Error jika mengalami masalah pada saat Partisi SD Card

  • Silakan lakukan format lengkap setelah backup file-file kartu sd Anda.
  • Jangan lupa untuk menginstal BusyBox sebelum memulai prosedur. Instal BusyBox setelah memformat kartu sd Anda.
  • Untuk partisi pertama (part 1) pilih opsi "fat32" saat membuat partisi. Dan untuk partisi kedua (part 2), pilih opsi "ext2"
  • Beberapa kartu memori yang tidak support / compatible akan mengalami error setelah membuat partisi atau saat pemasangan script di Link2SD. Silakan gunakan kartu SD yang kompatible dengan aplikasi Link2SD.
UPDATE : Aplikasi Aparted mungkin telah diperbarui sehingga terdapat perubahan dalam urutan menu. Tetapi prosedur secara keseluruhan tetap sama, silahkan lanjutkan proses dengan hati-hati.

0 Komentar untuk "Cara Tepat Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC"