18 July 2016

Tips dan Trik Lengkap Cara Bermain Pokemon Go

Tips dan Trik Lengkap Cara Bermain Pokemon Go - Saat ini seluruh dunia termasuk Indonesia sedang dihebohkan dengan adanya mobile game Pokemon Go. Game gratis ini membutuhkan koneksi internet yang baik ketika memainkannya, pastikan sinyal dari provider yang kamu gunakan tidak terputus. Untuk Android gunakan smartphone atau tablet dengan OS Android Kitkat v4.4 atau di atasnya. Untuk smartphone iOS minimal gunakan iPhone 5 dengan iOS v8.2. Selain itu juga memerlukan smartphone atau tablet dengan RAM yang besar dan kualitas GPU yang bagus. Di sini kamu bisa mengetahui bagaimana cara bermain Pokemon Go. Semua tutorial, tips, dan trik yang perlu Anda ketahui untuk memenangkan permainan Pokemon Go dengan cepat dan mudah, serta menjadi Pokéboss atau Pokemaster lebih cepat. Ini resmi, Pokémon telah kembali dan tampaknya semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa telah terkena Pokéfever alias demam Pokemon Go. Saya ingin menyampaikan pada anda, jika tutorial ini akan terus diperbarui sesuai dengan info update terbaru dan terlengkap dari developer game Pokemon Go. Kami juga akan menunjukkan pada anda mengenai bagaimana cara mendapatkan monster-monster Pokemon Go secara tak terbatas alias unlimited dan gratis. Selain memberikan info dimanalokasi download file APK Pokemon Go, kami juga akan memberitahu dimana situs untuk men-download dan menginstal Pokemon Go Mod APK (Versi Modded), serta Pokemon Go Private Server.

Tips dan Trik Lengkap Cara Bermain Pokemon Go

Pokemon Go adalah sebuah game gratis Android dan iOS yang mengambil karakter dari anime jepang Pokemon. Pokemon Go adalah game yang berbasis AR (augmented-reality) yang juga membutuhkan kamera belakang & GPS pada smartphone Android & iOS. Sebenarnya ada banyak game Pokemon di Android dan iOS, tapi Pokemon Go berhasil booming dan dimainkan banyak orang. Ini berarti Nintendo dan pengembang Niantic Labs mendapatkan keuntungan besar dari game Pokemon Go. Banyak player Pokemon Go yang mengeluhkan seringnya game Pokemon Go muncul masalah loading yang lemot atau lambat, server overload atau penuh, koneksi dengan internet terputus atau offline (disconnect), nge-hang, bahkan keakuratan GPS yang tidak tepat atau sering melenceng. Pihak developer sendiri sudah memberikan jawaban klarifikasi atas berbagai masalah tersebut, mereka secaara resmi menyatakan game mereka masih dalam tahap building dan pengembangan. Mereka meminta para user untuk bersabar hingga semua masalah berhasil diatasi. Niantic, developer game Pokemon Go juga tidak menyangka akan besarnya minat para pengguna smartphone dan tablet untuk memainkan game Pokemon Go

Ada beberapa pengetahuan basic atau dasar yang perlu kamu pahami dan ketahui sebelum memulai memainkan game Pokemon Go. Pertama, game ini mempunyai misi utama atau target objectif menangkap monter-monster Pokemon dengan cara melempar Pokeball berwarna merah-putih. Ada bermacam-macam jenis monter Pokemon Go, antara lain Charmeleon, Bulbasaur, Charmander, Squirtle, Venusaur, Kingler, Starmie, Meowth, Shellder, Fearow, Golbat, Closter, Pinsir, Dodrio, Dratini, Dragonair, Draginite, Nidoran, Voltorb, Growlithe, dan monster Pokemon langka Pikachu yang menjadi buruan utama para player. Kamu juga harus tahu berbagai macam istilah-istilah dan item Pokemon Go, antara lain Pokemon Go Trainer, Pokéball, Pokestop, Pokédex, Stardust, Evolution Candy, Gym, easter egg, lucky egg, Razzberries, berry fruit, blue box (kotak biru), pink box (kotak pink), Incense, Lure Modules, Factions, Potions, Super Potions, revives, Footprints.

Sama seperti game-game lainnya, Pokemon Go juga mempunyai tingkat permainan berupa level. Hingga saat ini ada 20 level pada Pokemon Go, yaitu level 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, dan 20. Di game ini, user atau player Pokemon Go akan disebut sebagai Trainer. Saat karakter Trainer kamu sudah berhasil masuk ke level 5 maka kamu dapat bergabung atau membuat sebuah tim dengan trainer atau teman-teman kamu yang lain. Agar Trainer dapat naik ke level berikutnya harus memperoleh XP Point (Experience Point) sebanyak mungkin sesuai dengan jumlah poin XP yang dibutuhkan. Pada saat selesai men-download dan instal Pokemon Go, kamu juga bisa meng-custom tampilan karakter dan style Trainer.

Setiap Pokemon memiliki level yang disebut CP (Combat Point), HP (Hit Point), Power Up dan Evolve. CP atau Combat Point adalah poin yang menentukan seberapa kuat monster Pokemon yang kamu miliki (berada pada list Pokedex). Semakin tinggi CP maka semakin besar pula HP Pokemon yang kamu miliki. HP atau Hit Point adalah besarnya power dan damage yang dimiliki Pokemon pada saat menyerang musuh/lawan. Semakin besar HP, maka semakin besar pula kemungkinan menang dan mengalahkan pokemon lain. Untuk meningkatkan HP adalah dengan cara memperbesar CP dan poin XP Trainer. Untuk meningkatkan CP bisa dengan cara mengupgrade Power Up dan Evolve. Syarat untuk upgrade CP dengan opsi Power Up dan Evolve memerlukan item Stardust dan Evolution Candy. Kedua item ini bisa kamu peroleh dengan cara menjual atau transfer pokemon-pokemon yang memiliki CP rendah dan berhasil ditangkap. Candy juga bisa kamu peroleh dengan menangkapnya di sekitar area Pokestop, seperti tempat ibadah, masjid, gereja, pura, vihara, klenteng, kuil.

Monster-monster Pokemon Go memiliki berbagai macam tipe elemen, hingga saat ini ada 18 elemen Pokemon. Elemen-elemen Pokemon Go tersebut antara lain: Elemen Bug, Electric, Fire, Grass, Normal, Rock, Dark, Fairy, Flying, Ground, Poison, Steel, Dragon, Fighting, Ghost, Ice, Psychic, Water. Salah satu monster Pokemon yang paling spesial adalah Pikachu, karena monster ini mempunyai elemen electric atau listrik. Monster Pokemon Go yang memiliki elemen electric atau listrik sangat spesial karena jumlahnya sangat sedikit dan langka.

Fitur-fitur dan menu navigasi pada game Pokemon Go ini juga sangat lengkap. Ada bermacam-macam fitur yang dapat memberi petunjuk navigasi untuk menemukan monster-monster Pokemon liar, antara lain fitu AR (Augmented Reality) yang memanfaatkan kamera belakang, fitur Nearby Pokémon yang memanfaatkan GPS (Global Positioning System). Fitur AR akan membuat background permainan seolah-olah berada di dunia nyata atau virtual reality. Itulah sebabnya kenapa smartphone yang digunakan untuk memainkan game Pokemon Go harus mempunyai kualitas optik yang baik serta resolusi dan piksel tinggi. Jika kamera smartphone kamu kurang baik, lebih baik matikan saja fitur AR ini.

Fitur Nearby Pokemon pada game Pokemon Go ini adalah sebagai navigator untuk mencari dimana lokasi pokemon yang berada di sekitar kita. Itulah sebabnya pada saat mendaftar kita diharuskan menggunakan email Gmail, karena game Pokemon Go terintegrasi dengan aplikasi Google Map with Location. Fitur ini juga mampu mendeteksi tempat-tempat yang termasuk area Pokestop. Tampilan fitur Nearby Pokemon ada 3, berupa mata panah, peta/map, dan radar. Kamu bisa memilih target Pokemon yang ingin kamu tangkap dengan cara memencet pada radar Nearby Pokemon, selanjutnya tinggal ikuti arah anak panah sampai Pokemon terlihat. Jika ponsel atau smartphoone sedang tidak membuka aplikasi game Pokemon Go, maka akan ada notifikasi getar saat monster Pokemon terdeteksi tidak jauh dari posisi kamu.

Cara Download Dan Install Pokemon Go Di Indonesia Untuk Android dan iPhone (iOS)

Tapi sebelum Anda memikirkan tentang bagaimana cara untuk mengalahkan sesama trainer Pokemon Go, sebaiknya Anda fokus pada cara men-download dan install aplikasi game Pokemon Go. Karena mobile game ini belum tersedia dan dirilis secara resmi untuk semua negara, termasuk Indonesia. Baru saja UK atau Inggris adalah negara yang baru masuk dalam daftar negara perilisan Pokemon Go, yang berarti jika anda tinggal di negara tersebut sekarang sekarang sudah dapat langsung menuju ke Apple App Store atau Google Play Store untuk download dan meng-install Pokemon Go.


Dan jika Anda berada di negara United States (Amerika Serikat), America Latina (Amerika Latin) Australia, Ne Zealand (Selandia Baru), Deutschland (Jerman), Espana/Spain (Spanyol), France (Perancis), Italy (Italia), Netherland (Belanda), Portugal, Russia, United Kingdom (Inggris), Ireland (Irlandia). Anda juga dapat men-download secara langsung dari toko aplikasi. Tapi jika Anda belum cukup beruntung karena tinggal di negara lainnya selain negara-negara tersebut di atas, maka kami akan memberikan panduan lengkap Cara download Pokemon Go untuk iOS dan Android yang perlu Anda ketahui.

Cara download Pokemon Go APK di Android:
  • Pertama Download APK Pokemon Go (.APK) terlebih dulu di sini. Versi APK ini adalah Pokemon Go v0.29.2, jika simak terus update terbaru dari Pokemon Go di situs APKMirror.
  • Setelah Pokemon Go APK selesai di-download, install Pokemon GO APK di ponsel Android. Baca petunjuk cara install APK di Cara Install Aplikasi Android Apk File Secara Manual
  • Setelah berhasil di-install, selanjutnya buka aplikasi Pokemon Go. Minimal smartphone atau tablet Android kamu sudah menggunakan OS Android Kitkat v4.4 atau versi terbaru seperi Android Lollipop 5.0 dan Android Marshmallow 6.0.
  • Pilih tanggal lahir, kemudian pencet tombol "Submit"
  • Selanjutnya, pilih akun email Google kamu (akun Google pada Android) atau menggunakan email Gmail lainnya.
  • Centang pada check box untuk menyetujui Pokemon Go Terms of Service
  • Kemudian pilih karakter dan style Trainer (cowok atau cewek). Kamu juga bisa meng-customize sepatu, baju dll. Tekan tombol centang untuk OK.
  • Selanjutnya kamu sudah bisa memulai memainkan game Pokemon Go di ponsel Android atau smartphone iOS yang kamu miliki.
Cara download Pokemon Go APK di Android:
Untuk iPhone atau perangkat smartphone iOS caranya agak rumit, karena perlu mengakali setting Language dan Region. Aplikasi Pokemon Go ini hanya kompatible dengan iOS terbaru, minimal iPhone 5 dengan iOS v8.2. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk download dan instal aplikasi Pokemon Go di iPhone (iOS Device):
  • Pertama, buka App Store dan pencet tab "Featured".
  • Kemudian scroll ke bawah untuk menemukan "Apple ID'.
  • Tekan "Apple ID", kemudian pilih dan pencet tombol "Sign Out".
  • Setelah itu buka menu "Setting' > "General" > "Language & Region" > "Region" pada iPhone/iOS
  • Kemudian ganti Region menjadi "United States", dan language menjadi "English"
  • Kemudian akan muncul alert notifikasi "Would you like to change the region to United States", silahkan pencet tombol "Continue".
  • Selanjutnya, buka kembali aplikasi App Store, di sana aplikasi Pokemon Go sudah muncul. Silahkan pencet tombol "GET".
  • Kemudian App Store akan meminta anda untuk Sign dengan Apple ID, jadi anda harus membuat Apple ID yang baru agar setting Region menjadi "United States". Silahkan pilih "Create New Apple ID" dan pilih Region "United States".
  • nah, pada saat Sign Up ini akan muncul opsi "Billing Information", siilahkan pilih "None".
  • Registrasi telah berhasil, dan sekarang kamu sudah bisa mendownload dan instal aplikasi Pokemon Go di iPhone.

Istilah-istilah dan Item Pokemon Go Yang Harus Kamu Pahami

Berikut ini adalah beberapa pengertian dan penjelasan mengenai istilah-istilah yang terdapat pada game Pokemon Go. Anda harus tahu jika benar-benar ingin memenangkan pertandingan dan cepat naik level.

1. Pokestop

Area Pokestop ini ditandai dengan penanda warna biru dan dari kejauhan seperti kotak kubus yang melayang yang dikelilingi kubus-kubus berwarna pink. Ini sebenarnya adalah area di sekitar tempat-tempat yang telah ditandai sebagai tempat terlarang untuk bermain Pokemon Go. Area Pokestop ini antara lain: tempat ibadah seperti gereja, masjid, vihara, pura. Wilayah Pokestop lainnya antara lain: Situs purbakala, monumen, tugu, museum, patung/arca, dan gedung kesenian. Di sini kamu bisa mendapatkan berbagai macam item special, antara lain Pokeball, Potion, Candy, Razzberry, hingga Egg yang bisa menetas menjadi Pokemon. Cara untuk mendapatkan item spesial tersebut adalah dengan cara men-sipe atau menggesel layar smartphone pada gambar yang muncul di Area Pokestop. Kelebihan lain dari Pokestop adalah bisa menarik dan mengumpulkan semua Pokemon dengan menggunakan item Lure Module. Kamu bisa membeli item Lure Module di Pokemon Go Shop. Selama kurang lebih setengah jam, semua Pokemon dalam radius tertentu akan mendatangi Pokestop tempat kamu berhenti. Jika tidak ada area Pokestop di kotamu, kemungkinan belum pernah dilewati oleh player game Ingress. Silahkan daftarkan semua area yang bisa dijadikan Pokestop melalui formulir support di situs oficial Pokemon Go - Niantic Labs.

2. Pokéballs

Item Pokeball mempunyai fungsi untuk menangkap monster Pokemon. Pada saat anda bertemu dengan monster Pokemon akan ada sebuah minigame dan Pokeball berwarna merah-putih ini adalah alat untuk menangkap Pokemon tersebut. Monster Pokemon yang muncul akan mempunyai 3 kode warna berbeda berbentuk lingkaran aura yang berwarna hijau, oranye dan merah. Kode warna ini menjadi petunjuk tingkat kesulitan menangkap monster Pokemon. Warna hijau berarti monster Pokemon mudah ditangkap, warna oranye memiliki tingkat kesulitan medium, dan warna merah berarti monster Pokemon akan sulit ditangkap. Tips agar selalu berhasil menangkap monster Pokemon adalah melempar Pokeball tepat pada saat lingkaran mengecil dan monster Pokemon dalam keadan jinak.

3. Incense

Item ini berbentuk seperti telur berarna hijau-putih yang berfungsi untuk menarik dan mengumpulkan monster-monster Pokemon yang terdekat selama 30 menit dengan aroma dupa mistis. Incense ini hanya berefek pada Trainer yang menggunakannya. Kamu bisa menggunakan item Incense di lokasi manapun.

4. Lure Modules

Item ini memiliki fungsi yang sama dengan item Incense, yaitu untuk menarik dan mengumpulkan monster-monster Pokemon terdekat selama 30 menit. Yang membedakan item Lure MOdules dengan Incense adalah lokasi dan efeknya. Lure Modules hanya bisa digunakan di area Pokestop, dan efeknya bisa digunakan oleh semua Trainer yang berada di lokasi Pokestop yang sama. Item ini SIM Card yang berwarna ungu.

5. Gyms

Pokemon Go tidak lagi menggunakan model pertarungan ala MMORPG, karena hanya ada pertandingan satu lawan satu. Gym ini adalah tempat dimana Trainer bisa mengadu monster Pokemonnya melawan monster Pokemon milik trainer tim lain. Jika kamu pergi ke gym yang warna yang berbeda dari tim kamu (biru, kuning atau merah), maka kamu dapat menyerang Pokemon yang sedang berjaga di sana dan menyebabkan tim pemilik gym tersebut kehilangan benteng mereka. Pada saat itu, Anda dapat meninggalkan Pokemon di gym dan mengklaim gym tersebut sebagai daerah kekuasaan tim kamu. Kamu bisa melihat mana saja gym yang telah dikuasai di bagian "Shop". Setelah berhasil menguasai Pokemon Gym, kamu bisa mendapatkan mata uang IAP Pokécoins yang bisa digunakan untuk membeli berbagai macam item, seperti Incense, Lure Modules, Pokeball, incubator machine, upgrade bag, dll.

6. IAP Pokécoins

Setelah berhasil merebut Pokemon gym, setiap 24 jam sekali kamu bisa mengklaim Pokecoin dengan cara memencet tombol perisai. Pokecoin bisa digunakan untuk membeli item di shop.

7. Faction

Ketika Trainer sudah mencapai level 5, kamu bisa membentuk sebuah faction atau tim. Faction Pokemon Go ini mempunyai tiga tipe, yaitu Team Instinct (warna kuning), Team Mystic (warna biru), dan Team Valor (warna merah). Setiap faksi atau tim yang telah kamu pilih adalah bagian dari seluruh faksi yang ada di suatu negara dan mempunyai misi untuk menguasai semua Pokemon Gym.

8. Potion

Item ini bisa digunakan untuk menyembuhkan monster Pokemon yang terluka sebanyak 20 health points pada saat Gym Battles dan pertarungan persahabatan di gym. Item Potion cuma bisa dipakai jika monster Pokemon masih dalam keadaan sadar atau belum pingsan. Potion hanya tersedia untuk Trainer level 5 dan pernah bertarung di Gym. Item Potion hanya bisa ditemukan dan diperoleh di area Pokestop.

9. Super Potion

Item ini memiliki fungsi yang sama dengan Potion, tapi kemampuan menyembuhkan (healing) lebih besar yaitu 50 Health Point.

10. Revive

Item ini dapat digunakan untuk mengembalikan separuh dari total health point ketika pokemon pemain telah dikalahkan oleh tim laan di Gym. Item Revive hanya untuk Trainer level 5 dan bisa diperoleh gratis dari area Pokestop.

11. Razz Berries

Item Razz Berries bisa kamu dapatkan secara otomatis pada saat mencapai level 8 Pokemon Go. Razz Berries mempunyai kegunaan untuk menangkap monster Pokemon yang langka dan sulit ditangkap. Kmu bisa mengkombinasikan Pokeball dengan Razz berries agar tepat mengenai sasaran monster Pokemon yang liar.

12. Stardust

Item yang diperlukan untuk mengupgrade CP dan HP monster Pokemon yang kamu miliki. Pada saat menangkap Pokemon otomatis akan mendapatkan 100 Stardust gratis. Setelah 20 jam mempertahankan Gym, kamu juga akan mendapatkan Defend Bonus berupa Stardust.

13. Candy

Item ini berguna untuk melakukan evolve dan meningkatkan Combat Point (CP) monster Pokemon. Setiap jenis monster Pokemon mempunyai candy yang berbeda dengan monster Pokemon jenis lain. Untuk mendapatkan Charmeleon Candy, kamu harus menangkap Charmeleon di Pokestop. Kalau ingin mendapatkan Pikachu Candy harus menangkap Pikachu di Pokestop juga.

14. Eggs

Pokémon Eggs adalah telur Pokemon yang memberi kesempatan mendapatkan monster Pokemon yang tidak anda temukan di daerah sekitar rumah kamu. Pokémon Eggs bisa ditemukan di are Pokestop. Untuk menetaskan Eggs membutuhkan alat yang disebut Egg Incubator.

15. Egg Incubator

Seperti yang sampaikan sebelumnya, Egg Incubator adalah sebuah alat untuk hatching atau menetaskan Pokemon Eggs yang telah anda kumpulkan di area Pokestop.

16. Footprint

Ini adalah indikator yang memberikan informasi mengenai adanya monster Pokeomn di dekat anda. Jika footprint tidak terlihat apapun, ada beberapa kemungkinan, antara lain monster Pokemon berada pada jarak yangs angat dekat, kemungkinan kedua adalah tidak ada monster Pokeomn satu pun.

Tips dan Trik Lengkap Cara Cepat dan Mudah Bermain Pokemon Go

Buat kamu yang sudah berhasil download dan instal Pokemon Go, kami telah mengumpulkan beberapa petunjuk dan tips untuk membantu Anda bermain Pokemon Go. Tapi semua panduan, tutorial, tips dan Trik Lengkap Cara Bermain Pokemon Go akan saya posting pada artikel-artikel selanjutnya agar bisa lebihi fokus. Saya rasa artikel ini sudah terlalu panjang membahas dasar-dasar dan tata cara bermain Pokemon Go. Semua indeks dari tips Pokemon Go akan saya buat di artikel ini.

Tips Pokemon Go Lengkap :

0 Komentar untuk "Tips dan Trik Lengkap Cara Bermain Pokemon Go"