28 October 2016

Cara Backup SMS atau MMS Dan Log Panggilan Telepon HP Android Tanpa PC

Cara Backup SMS atau MMS Dan Log Panggilan Telepon HP Android Tanpa PC - Kita dapat membuat cadangan atau backup hampir apa pun ke cloud storage, tapi pesan teks biasanya hilang ketika Anda mengubah handset atau melakukan factory reset pada smartphone / tablet Android anda. Kami ingin memastikan bahwa semua orang dapat mencari data penting pada HP Android mereka. Secara khusus, kami ingin memastikan Anda telah membuat back up pesan SMS Anda. Aku tahu setidaknya pembaca kami banyak yang lebih memilih istilah 'pesan teks' di sini, yang mungkin lebih akurat, tapi saya akan tetap menggunakan istilah SMS ( Short Message Service) agar lebih mudah dipahami.

Banyak sekali aplikasi SMS dan pesan teks menyediakan layanan fitur yang memiliki kemampuan untuk membuat backup cadangan SMS atau mencegah hilangnya pesan Anda jika Anda kehilangan ponsel Anda, tapi itu tidak selalu ada di semua aplikasi. Jika ragu, atau jika Anda menggunakan aplikasi SMS atau pesan teks yang tidak memiliki kemampuan untuk membuat backup cadangan, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi SMS Backup+, sebuah aplikasi gratis di Google Play Store, yang mampu melakukan sync pesan teks atau SMS pada HP Android Anda ke akun email Gmail Anda untuk penyimpanan yang aman.

Sebagai tambahan opsional untuk proyek saat ini, kita akan menggunakan aplikasi Tasker untuk melakukan sedikit fine tune kontrol. Jika Anda belum memiliki Tasker yang diinstal pada smartphone Android anda, mempersiapkan untuk membelinya seharga $ 2,99 di Google Play Store untuk mengikuti tips ini dengan lengkap. Aplikasi ini hanya sebagai pelengkap saja agar bisa meng-customize schedule waktu dan frekuensi backup, anda tidak harus menginstallnya untuk mem-backup SMS. Baca juga: Cara Login Gmail Dengan Kode Backup Tanpa Verifikasi SMS dan Telepon

Cara Backup SMS atau MMS Dan Log Panggilan Telepon HP Android Tanpa PC

Cara Backup SMS Tanpa PC dengan menggunakan SMS Backup+ untuk Menjaga SMS Anda Tetap Tersimpan Dengan Aman

Ada kesempatan baik jika Anda punya sebuah pesan SMS atau dua pada perangkat Android Anda, dan tentu saja dengan adanya kesempatan baik ini Anda tidak ingin kehilangan mereka jika Anda kebetulan salah menaruhkan telepon Anda. Jika tidak ada alasan lain, mungkin Anda harus melihat back up pesan SMS Anda secara teratur.

Langsung dari kotak, SMS Backup+ sangat mudah digunakan. Aplikasi ini juga bukan hanya dapat mem-backup pesan SMS Anda, tetapi juga MMS Anda, serta log panggilan telepon. Idenya adalah untuk membuat salinan data-data tersebut ke akun Gmail Anda dengan kustom Label Gmail untuk menjaga mereka selamanya tersimpan dengan baik dan mudah untuk dicari saat anda mencarinya.

Sekarang, jika Anda adalah pengguna Google Hangouts, kita lihat untuk Label 'SMS' di Gmail Anda. Jika Anda melihat Label, dan itu dikemas penuh dengan pesan SMS Android Anda, maka tugas hari ini tidak benar-benar untuk Anda, pesan Anda aman dan Anda dapat pergi dengan bersiap-siap untuk menikmati libur akhir pekan Anda.

Setup umum SMS Backup+ cukup membuat semua pengaturan aplikasi ini dapat secara otomatis menyalin SMS di HP Android menuju ke email Gmail Anda. Setelah anda selesai mendownload dan menginstal aplikasi SMS Backup+ pada HP Android, selanjutnya ikuti petunjuk dari saya di bawah ini:
  • Hubungkan ke akun Gmail pilihan Anda. Tidak perlu khawatir, aplikasi ini menggunakan OAuth, seperti semua aplikasi yang baik dan secure, sehingga Anda dapat memblokir akses setiap saat dari dalam pengaturan akun Google Anda di web.
  • Tekan dan tandai centang pada check box "Connect".
  • Pilih akun Google Anda.
  • Memutuskan apakah setuju atau tidak untuk memulai backup penuh dari semua pesan saat ini pada perangkat Anda, atau melewatkan hanya cadangan pesan yang diterima dari saat itu.

Jika yang Anda inginkan adalah backup semuanya ke Label SMS di Gmail Anda, maka tandai kotak centang "Auto Backup" dan semua SMS yang masuk ke kotak pesan secara otomatis akan terbackup. Namun, jika Anda ingin meng-customize pengaturan seuai dengan yang anda sukai, silakan lanjutkan untuk mempelajari lebih lanjut.

Cara Memilih SMS atau Pesan Teks Tertentu untuk di-backup

  1. Masuk ke menu "Advanced Settings".
  2. Pilih "Backup Settings".
  3. Memilih jenis pesan yang ingin dibackup ke email Gmail. Saya biasanya tidak mem-backup pesan MMS, tapi itu hanya preferensi pribadi karena saya tidak pernah mendapat MMS.
  4. Anda juga dapat menyentuh bagian SMS untuk mengubah nama label dibuat di akun Gmail Anda. Anda tidak harus melakukan ini, namun perlu diingat Google Hangouts juga memberi label pesan sebagai SMS. Cobalah untuk menghindari kebingungan; Sebaiknya tetap memberi nama label menggunakan "SMS" agar proses backup menjadi lebih cepat dan mudah.
  5. Tekan tombol kembali untuk menyimpan dan keluar dari menu pengaturan.

Pengaturan Backup Otomatis

  1. Tekan pada "Auto backup settings".
  2. Pilih "Regular schedule" pilihan untuk mengatur frekuensi upload. Pengaturan default adalah 2 jam, tapi anda dapat menyetting sesuai keinginan anda.
  3. Pilih "Incoming Schedule" untuk mengatur waktu di mana SMS Backup+ akan mulai diaktifkan, setelah pesan baru tiba. Standarnya adalah 3 menit.
  4. Menekan tombol kembali untuk keluar ke layar utama.
  5. Tekan pada kotak centang "Auto backup" untuk memastikan fitur ini diaktifkan.


Jika frekuensi backup yang telah dijadwalkan tidak sesuai dengan keinginan Anda, atau Anda tidak ingin backup otomatis sama sekali, ada tombol Backup besar di bagian atas layar untuk menonaktifkannya. Jika Anda memang menyukai backup otomatis, tetapi jadwal Regular tidak bekerja untuk Anda, sekarang saatnya untuk menggunakan aplikasi kustomisasi favorit kami, Tasker.

Cara Backup SMS dengan menggunakan Tasker

Untuk menggunakan Tasker untuk memicu backup SMS, kami akan menggunakan SMS Backup+ sebagai ekstensi Pihak Ketiga untuk Tasker.
  1. Buka aplikasi SMS Backup+ mengaktifkan integrasi.
  2. Tekan ke "Auto backup settings".
  3. Exit SMS Backup + dan buka aplikasi Tasker.
  4. Buat Tasker Task baru dan beri nama.
  5. Tekan tombol "+" untuk menambahkan action.
  6. Pilih "3rd party”.
  7. Pilih "SMS backup+".
  8. Sekarang Tasker Task sudah selesai dibuat, selanjutnya tekan tombol "Back" untuk menyimpan dan keluar.
  9. Sekarang, Anda perlu memutuskan bagaimana dan kapan Tasker harus mulai menjalankan backup. Untuk tujuan kita, mari kita setup profil yang menjalankan backup setiap hari Minggu.
  10. Buka tab "Profil" pada aplikasi Tasker, buat profil baru dan beri nama.
  11. Pilih "Day".
  12. Tekan pada "Month Day" menu drop-down dan mengubahnya menjadi "Week Day".
  13. Pilih "Sunday".
  14. Menekan tombol kembali untuk menyimpan.
  15. Pilih Task Anda.
  16. Itu saja yang perlu kita lakukan, selesai.

Sementara saya yakin Anda memiliki ide yang jauh berbeda dari saya untuk mengatur frekuensi backup, saya berharap bahwa Anda melihat semua cara yang tersedia dan waktu yang dapat Anda gunakan agar SMS Backup+ membackup data Anda ke Gmail.

Akhirnya, SMS Backup+ mengirimkan pesan Anda ke Gmail, apa yang Anda lakukan jika Anda tidak ingin menggunakan Gmail? Anda tahu itu, ada lebih dari satu juta aplikasi di Google Play Store, saya yakin beberapa dari mereka dapat membantu. Mungkin saya sarankan aplikasi SMS Backup & Restore, juga gratis di Google Play Store, yang menyimpan pesan Anda sebagai file teks (XML, untuk lebih akurat,) pada perangkat Anda. Pastikan anda secara rutin membackup file penting dan SMS dari perangkat Android agar tersimpan dengan aman.

Ini adalah cara favorit kami untuk membuat backup pesan teks atau SMS dan log panggilan pesan Anda. Hal ini sederhana, berkat aplikasi SMS Backup+. Apakah Anda peduli untuk menjaga catatan SMS, MMS dan log panggilan sejarah? Apa tool dan aplikasi Android lain yang Anda gunakan untuk membackup SMS anda?

0 Komentar untuk "Cara Backup SMS atau MMS Dan Log Panggilan Telepon HP Android Tanpa PC"