11 October 2016

Cara Login Gmail Dengan Kode Backup Tanpa Verifikasi SMS dan Telepon

Cara Login Gmail atau Akun Google Dengan Kode Backup Tanpa Verifikasi SMS dan Telepon - Pernahkah Anda mengalami masalah saat akan login dengan akun Gmail atau akun Google lainnya seperti Youtube, Blogspot / Blogger, Google Drive, Google Plus. Masalahnya adalah kita ingin login atau sign in akun Google, tapi harus melakukan verifikasi. Saya sendiri tidak mengerti kenapa harus melakukannya, padahal saya tidak pernah membuat dan mengaktifkan setting 2-Step Verification. Ternyata itu adalah salah satu fitur security terbaru dari Sistem Google yang disebut "Sign in Challenge". Fitur keamanan ini secara otomatis akan aktif jika kita login dengan menggunakan perangkat dan IP Address modem internat yang tidak biasa. Jadi kita harus melakukan verifikasi dulu, agar sistem Google tahu jika orang yang ingin mengakses akun Google itu benar-benar pemiliknya, bukan orang lain. Nomor layanan pelanggan Google adalah salah satu kelompok teknis yang paling handal dan berpengalaman yang akan membantu Anda mengatasi masalah dengan cepat dan mudah. Akun Google digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia karena sangat aman dan user friendly. Tapi apa yang dapat Anda lakukan untuk setiap jenis masalah sign in yang pernah Anda hadapi dengan akun Gmail Anda? Solusi yang paling tepat dan dapat secara efektif adalah menggunakan salah satu dari cara yang akan saya sampaikan. Masalah tidak bisa login untuk masuk dan mengakses akun Googleatau email Gmail bukanlah permasalahan baru. Sudah sejak beberapa tahun yang lalu, banyak pengguna akun Google tidak dapat login karena terhambat masalah verifikasi melalui SMS atau panggilan telepon. Penyebabnya antara lain karena SIM Card yang hilang atau hangus, sedangkan mereka lupa untuk mengupdate akun Google dengan nomor HP yang baru. Ada juga yang dapat menerima kode verifikasi melalui SMS atau telepon, tetapi setelah memasukkan kode verifikasi tetap tidak bisa masuk ke dalam akun Google.

Cara Login Gmail Dengan Kode Backup Tanpa Verifikasi SMS dan Telepon

Setiap kali Anda masuk dari mobile smartphone dan komputer / laptop yang tidak diverifikasi, Anda akan diminta untuk memverifikasi identitas Anda dengan password dan kode verifikasi melalui SMS / Phone Call / Email Recovery. Beberapa aplikasi yang mengakses data Google tidak menerima kode verifikasi. Akun Anda sekarang memerlukan sandi dan kode verifikasi agar dapat mengaksesnya. Jika Anda kehilangan akses ke ponsel yang dikonfigurasi untuk menerima kode verifikasi, maka Anda dapat kehilangan akses ke akun Google atau Gmail yang Anda miliki. Anda dapat mengantisipasi masalah-masalah tersebut dengan membuat backup kode verifikasi ( backup verification code ). Harap simpan kode backup atau cadangan (kode yang Anda print saat mendaftar untuk verifikasi 2 langkah) di tempat yang aman dan mudah dingat.

Anda dapat menggunakan backup kode verifikasi ini jika Google meminta kode verifikasi pada saat login akun Google atau email Gmail. Jika kartu SIM Card hilang atau ponsel dan aplikasi mobile tidak tersedia, maka kode ini akan menjadi salah satu cara untuk masuk ke akun Anda. Mungkin anda bertanya apakah ada cara lain agar kita bisa login akun Google tanpa melakukan verifikasi. Jawabannya tentu saja ada cara lain untuk bypass tahap 2-Step Verification atau verifikasi 2 langkah. Saya sudah pernah membuat panduan tersebut beberapa hari yang lalu, anda bisa mengetahui tips dan triknya di artikel : Cara Login Akun Gmail atau Google Tanpa Kode Verifikasi SMS dan HP. Anda dapat menggunakan cara tersebut jika sudah dalam keadaan terblokir, karena cara di bawah ini adalah upaya atau tindakan antisipasi jika sewaktu-waktu anda mengalami masalah pada saat login yang terhambat tahap verifikasi kode. Benar sekali, tips ini hanya berlaku jika anda belum mengalami masalah login akun Google. Kalau sudah terblokir verifikasi, maka gunakan cara dan panduan sebelumnya ( pada tautan tersebut ). Langsung saja ke topik utama kali ini ikuti panduan cara login Gmail dengan kode backup tanpa verifikasi SMS dan Telepon.

Cara Tepat Login Gmail Dengan Kode Backup Tanpa Verifikasi SMS dan Telepon

  • Login ke akun Google atau email Gmail Anda melalui link ini : https://accounts.google.com/SmsAuthConfig
  • Scroll mouse ke bawah hingga menu 'Backup Code' dan klik 'Show backup Code'
  • Pada halaman di atas Anda akan menemukan tombol 'Print' dan 'Save to Text file'. Saya akan merekomendasikan Anda untuk membuat hardcopy dari kode yang ditunjukkan di atas dan menyimpannya dalam dompet Anda sehingga Anda dapat menggunakan kode tersebut dalam keadaan darurat.
Karena kode backup ini hanya bisa digunakan sekali saja, maka anda dapat membuat kode backup lagi dengan cara yang sama. Saya sarankan untuk mengirim kode backup tersebut ke email alternatif, seperti yahoo.com. Dengan cara itu, jika dompet Anda hilang maka Anda dapat tetap mengetahui kode ini.

0 Komentar untuk "Cara Login Gmail Dengan Kode Backup Tanpa Verifikasi SMS dan Telepon"