Cara Tepat Menghapus Dan Uninstall Widget Android

Cari Artikel Gratis di sini

Cara Tepat Menghapus Dan Uninstall Widget Android

Cara Tepat Menghapus Dan Uninstall Widget Android - Sudah berjam-jam saya coba untuk menekan, menahan, dan menyeret widget Android yang ingin saya hapus ke recycle bin Android, tapi semua sia-sia saja karena widget masih ada di Android saya. Cara tersebut dapat berhasil bekerja untuk aplikasi tetapi tidak untuk widget Android. Saya memiliki beberapa Widget Android yang muncul pada tab Widget dalam beberapa versi (besar, kecil, dll) dan saya hanya ingin beberapa saja dari widget tersebut yang aktif dan yang lainnya ingin saya hapus dari perangkat Android saya. Saya ingin widget-widget yang tidak saya perlukan bisa dihapus dari ponsel Android saya. Kemarin saya mencoba untuk menghapus dan menghilangkan widget Android dari smartphone dan tablet Android saya, karena rasanya semakin lemot, lambat, dan berat sekali kinerja hp Android milik saya. Tapi dari berbagai macam cara dan tips yang sudah saya coba, tetap tidak bisa men-delete Widget Android dari tab Widget pada App Drawer Android. Kebanyakan tips dan trik yang saya dapatkan adalah cara menghapus widget Android dari Home Screen Android. Tentu saja itu tidak berpengaruh pada performa ponsel Android saya, karena fungsi icon widget pada home screen atau desktop Android sama halnya dengan icon shortcut dan bukan direktori dari file instalasi widget Android.

Widget Android adalah bagian dari program aplikasi Android yang berfungsi sebagai jalan pintas atau shortcut untuk membuka dan menjalankan aplikasi Android. Widget Android ini bukan seperti shorcut biasa, karena widget Android secara terus menerus berjalan pada saat kita menggunakan smartphone atau tablet Android kita. Inilah penyebab ponsel Android terasa lambat karena widget Android memakai sebagian besar penggunaan CPU dan RAM smartphone atau tablet Android, selain itu kuota data paket internet juga akan cepat habis karena widget juga membutuhkan kuota internet. Background process dari widget Android akan tetap terus beroperasi selama widget tersebut masih terpasang atau terinstall pada system Android. Saya tidak berpikir bahwa menyeret widget Android ke tempat sampah dapat menghapusnya, kecuali jika Anda memiliki aplikasi pihak ke-3 untuk me-remove dan mengunsinstall widget Android secara cepat dan mudah. Perlu dicatat bahwa untuk benar-benar uninstall dan menghapus dari telepon sama sekali (tidak pernah digunakan lagi kecuali Anda menginstal ulang), Anda dapat melakukannya dengan menggunakan Application Manager, tapi ini biasanya juga akan menghapus aplikasi utama juga, bukan widget Android saja. Jadi bagaimana cara yang tepat untuk menghapus widget Android dari smartphone atau tablet Android?

Bagaimana cara menghapus Widget Android dari menu tab Widget? Bukan dari layar desktop tetapi dari menu, saya mencoba untuk menekan dan menahan widget beberapa detik tapi setelah semua yang dilakukan hasilnya hanya menampilkan home screen dan dimana posisi untuk menempatkannya. Anda tidak dapat menghapus Widget dari App Drawer. Widget Android biasanya adalah bagian dari sebuah aplikasi, sehingga Anda perlu untuk menghapus aplikasi atau menghapus widget pada folder sistem, yang Anda tidak dapat menghapusnya pula kecuali jika Anda telah me-root ponsel Android. Widget Android apa yang Anda coba untuk uninstall? Saya tahu itu pasti hampir sebagian besar widget dari aplikasi Android yang telah diinstall pada smartphone atau tablet Android anda. Pada gadget Android anda tampaknya memiliki banyak widget dan beberapa aplikasi memiliki lebih dari satu widget yang tidak akan pernah anda gunakan, meskipun anda akan menggunakan aplikasi tapi anda tidak perlu memiliki widget tambahan tersebut.

Sebagian widget Android memang cukup berguna bagi kita, seperti widget Jam, cuaca, dan widget untuk mengetahui pemakaian CPU dan RAM, tapi banyak juga widget Android yang benar-benar tidak kita perlukan dan tidak berguna. Mayoritas widget Android terinstall bukan karena keinginan kita sendiri, karena biasanya widget Android terinstall bersamaan dengan pada saat kita menginstal aplikasi utama. Beberapa aplikasi menyediakan opsi pada menu pengaturannya untuk menonaktifkan widget Android, bahkan untuk menghapus dan uninstall widget Android dari hp Android kita. Saya yakin anda tahu bagaimana cara uninstall sebuah aplikasi Android (tekan, tahan dan drag ke icon recycle bin pada bagian atas layar Android). Tapi saya yakin anda tidak tahu bagaimana cara delete dan uninstall widget dari sistem android. Saya sudah mencoba masuk ke tab widget pada App Drawer kemudian mencoba menekan, tahan beberapa saat dan drag ke icon 'tempat sampah', tetapi ternyata widget Android yang ingin saya hapus tetap ada. Untuk mengetahui cara tepat menghapus dan uninstall widget android dengan cepat dan mudah, simak tutorial dibawah ini.

Cara Tepat Menghapus Dan Uninstall Widget Android

1. Menghapus dan Uninstall Widget Android dengan menggunakan Application Manager

Bila Anda menghapus widget Android dari layar Home Screen Android Anda, maka itu tidak uninstall dari ponsel Anda dan masih menggunakan beberapa memori. Untuk menghapus widget Android dari ponsel Android atau tablet, lakukan hal berikut:
  • Buka menu "Settings", kemudian masuk ke fitur "Application Manager" (Pada beberapa perangkat, Apps).
  • Tekan tab "All" dan
  • Scroll ke bawah sampai Anda melihat widget yang tercantum dalam daftar semua aplikasi. Tap Widget yang anda cari dan ia akan menampilkan pilihan untuk menghapus atau uninstall widget tersebut.
  • Pencet tombol "Uninstall" dan tap tombol OK untuk mengkonfirmasi proses uninstall widget yang dipilih.
Perhatikan bahwa beberapa widget Android tidak muncul di App Drawer, jadi Anda tidak dapat mengetahuinya dari sana, maka Anda harus mencarinya di Application Manager dan melakukan seperti yang disebutkan di atas untuk menghapus widget Android tersebut.

Ini adalah cara yang sangat mudah untuk menghapus widget dari perangkat Android Anda untuk selamanya. Proses ini sangat mirip dengan menguninstall aplikasi, tetapi Anda harus mencari widget yang terpasang di lokasi yang berbeda, yaitu pada menu pengaturan Android untuk menghapus mereka.

2. Menghapus dan Uninstall Widget Android dengan menggunakan Aplikasi Widget Uninstaller

Anda tidak harus melihat ke dalam daftar Widget terlalu sering pula, karena itu hanya menunjukkan Widget yang telah tersedia. Ada aplikasi launcher pihak ketiga seperti Nova Launcher yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan aplikasi atau widget di App Drawer.
  • Download dan install aplikasi Nova Launcher Prime dari Play Store
  • Pergilah ke Nova Settings > Drawer > Drawer Grup.
  • Sekarang cari dan temukan Widget di bawah Tab. Tekan dan tahan Widget dan tarik ke tempat sampah di bagian atas.
  • Selesai dan widget yang tidak anda inginkan telah berhasil didelete.
Untuk mendapatkan fitur ini pada aplikasi Nova Launcher, anda harus menggunakan versi premium. Saya tidak yakin jika menggunaka versi free atau trial anda dapat menghapus widget dari App Drawer. Jika anda ingin menghapus dan meng-uninstall widget Android secara gratis gunakan cara no 1 di atas. Terima kasih telah membaca artikel Cara Tepat Menghapus Dan Uninstall Widget Android, jika anda menemui kesulitan atau masalah, silahkan share pada kotak komentar di bawah.
Add Comments