21 February 2018

Cara Download dan Install Update Android Oreo 8.0

Cara Download dan Install Update Android Oreo 8.0 untuk semua merek dan tipe HP tanpa PC - Jika Anda ingin menggunakan fitur terbaru dan terhebat yang ditawarkan Google di Android Oreo 8.0, maka Anda harus segera mendownload dan menginstall OS Android Oreo 8.0 di smartphone atau tablet Anda.

Dengan diluncurkannya Android Oreo yang sekarang sedang berlangsung, inilah saat yang tepat untuk mendiskusikan bagaimana cara menginstal update setelah operator Anda merilisnya untuk perangkat smartphone atau tablet Android Anda. Seperti semua hal Android, ada banyak peringatan tentang perangkat mana yang akan mendapatkan update Android Oreo dan kapan mulai bisa di-update. Dengan pemikiran itu, inilah yang perlu Anda ketahui.

Cara Download dan Install Update Android Oreo 8.0

Perangkat pertama yang akan menerima update Android Oreo adalah bagian dari jajaran smartphone Google Nexus dan Pixel. Sayangnya, dibutuhkan beberapa waktu bagi peodusen perangkat dengan merk lainnya untuk dapat bekerja melalui sistem operasi baru dan membuat penyesuaian atau tool baru untuk mengupgrade OS Android 8.0 Oreo. Seperti banyak dari Anda yang pasti tahu dari pengalaman update OS Android sebelumnya, diperlukan waktu berminggu-minggu atau bahkan beberapa bulan sebelum perangkat non-Google akan mendapatkan update Android Oreo. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pabrikan dan produsen device Android Anda. Tapi Anda tidak perlu kecewa, karena saat ini sudah banyak smartphone dengan merek Non-Google juga telah mendapat update Android Oreo. Berikut daftar lengkap perangkat yang akan menerima Android Oreo dalam peluncuran awal: Daftar HP Android Oreo dan Fitur Terbaru Android 8.0 Oreo

Cara Cepat dan Mudah Download dan Install Update Android Oreo 8.0


Sebelum melakukan update atau upgrade ke Android Oreo pada smartphone atau tablet Android Anda, ada baiknya mengaktifkan tool backup bawaan Android. Buka Settings > Backup and reset, dan periksa 'Back up my data' serta 'Automatic restore'. Ini akan membuat ponsel Anda di-backup secara otomatis melalui akun Gmail Anda. Ini berarti jika ada yang tidak beres dengan update, Anda membeli ponsel Android baru, atau Anda hanya ingin mentransfer kontak, aplikasi dan banyak lagi, Anda cukup login dengan akun Gmail dan data akan diunduh atau dipulihkan seperti semula.

Cara Instal Android 8.0 di Smartphone secara resmi menggunakan update OTA


Bila Android Oreo tersedia untuk ponsel atau tablet Anda, proses update OS Android Oreo akan muncul ke smartphone atau tablet Anda secara otomatis.


Anda memiliki dua pilihan ketika dapat menginstal OS Android Oreo melalui over the air (OTA):

Pertama, tunggu perangkat Anda memberitahukan bahwa pembaruan tersedia kemudian ikuti petunjuknya. Kedua, jika perangkat anda tidak memberikan notifikasi update Android Oreo, maka cek secara manual dengan mengikuti panduan di bawah ini.
  • Step 1: Untuk memeriksa apakah ponsel Anda sudah siap untuk dimutakhirkan, masuk ke Settings
  • Step 2: Tekan 'About Phone' (atau 'About Tablet') dan klik System Updates. Sistem akan memeriksa update dan segera diunduh. Perangkat akan secara otomatis flash dan reboot ke New Android 8.0 Oreo.
  • Step 3: Anda kemudian akan dipandu langkah demi langkah cara menginstal OS Android 8.0 Oreo di smartphone atau tablet Anda.
Perangkat Anda akan mulai mendownloadnya, dan menginstalnya di latar belakang saat Anda terus menggunakan smartphone atau tablet Anda. Setelah terinstal, Anda akan diminta untuk me-restart perangkat Anda untuk menyelesaikan prosesnya.

Ingatlah bahwa Google biasanya meluncurkan pembaruan secara perlahan untuk memastikan semuanya berjalan lancar, jadi jika Anda tidak segera melihat pembaruannya, periksa lagi di kemudian hari.

Cara Instal Android 8.0 di Smartphone via Rooting


Bagi smartphone atau tablet yang tidak menerima pembaruan OTA seperti Samsung Galaxy S6, Anda mungkin perlu beralih ke custom ROM khusus seperti Lineage OS untuk menginstal Android 8.0 Oreo secara manual. Baca panduan lengkapnya di : Cara Tepat Root HP Android Oreo 8.0 Tanpa PC


Langkah Install Android 8.0 Oreo :

Step 1: Download ROM yang tepat untuk model perangkat Anda. Pastikan custom ROM sesuai dengan merek dan tipe perangkat Anda. Daftar LineageOS 15 ROM berbasis Android Oreo ROM untuk semua perangkat, silahkan lihat di sini.

Step 2: Android Anda dengan KingoRoot. Untuk flash ROM Oreo, pertama Anda perlu untuk root perangkat Android Anda. KingoRoot menyediakan KingoRoot on Windows (PC Version) dan tool root KingoRoot APK yang menawarkan pengalaman rooting termudah dan terbaik untuk Android Anda. Tutorial rooting silahkan lihat: Cara Tepat Root HP Android Nougat 7.0 Tanpa PC

Step 3: Instal / Flash ROM Android 8.0
Karena devcie Android Anda telah di-root, sekarang Anda perlu flash melalui recovery. Jika Anda perlu mengembalikan factory settings saat menginstal custom ROM, sebaiknya Anda juga menginstal custom recovery tool.
  • Boot ke Recovery dengan menahan Vol Down + Power selama 5 detik.
  • Silakan pilih "Install"
  • Pilih Oreo ROM yang didownload dari file kartu SD dan lanjutkan ke flash zip
  • Setelah install selesai, kembali dan bersihkan cache anda.

Cara Install Android Oreo 8.0 melalui Android Beta program


Jika update OS Android Oreo belum tersedia di smartphone atau tablet, dan Anda ingin mempercepat prosesnya, maka Anda dapat melakukannya dengan mendaftar ke program Android Beta yang dijalankan oleh Google. Ini akan memberi Anda akses awal ke versi baru dari sistem operasi Android sebelum orang lain, meskipun versi yang Anda uji mungkin sedikit memiliki bug. Begitu Anda mendaftar untuk versi beta, program ini juga akan memberi Anda versi final Oreo sebelum orang lain.

Di smartphone yang ingin diupgrade ke Android Oreo, masuklah ke halaman sign up program Android Beta. Jika Anda menggunakan perangkat yang kompatibel, Anda cukup menekan tombol Enroll device. Setelah delay dalam waktu singkat, Anda akan menerima konfirmasi untuk mendownload dan menginstal Android 8.0 Oreo di smartphone Android Anda. Kemudian Anda bisa mulai menikmati semua fitur dari sistem operasi yang baru.

Sebelum Anda melompat, ada sebuah peringatan untuk dipertimbangkan: Karena Google mengembangkan Oreo lebih jauh, Anda akan terus mendapatkan update beta. Sementara sebagian besar versi beta yang dipublikasikan Google bekerja dengan baik, mereka akan lebih mudah mengalami kerusakan dan bug daripada versi final perangkat lunak Android Oreo yang jauh lebih sempurna dan stabil.

Jika ada bug yang masuk ke Anda, Anda dapat menghapus program Android Beta menggunakan halaman yang sama dengan tempat Anda mendaftar. Namun, hal itu mengharuskan Anda untuk benar-benar menghapus perangkat sebelum menginstal ulang versi Android yang lebih stabil. Jadi Anda harus mem-backup semua data penting Anda dengan aman sebelum Anda tidak mendaftar.

Bagi mereka yang terdaftar dalam program Android Beta, sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukan deregister perangkat Anda. Melakukan hal ini akan memastikan Anda tidak menerima update OS beta yang akan datang yang terutama ditujukan bagi pengembang untuk lebih menyesuaikan dan menguji aplikasi. Untuk meninggalkan program beta, kunjungi halaman Android Beta, masuk ke akun Google yang sama yang digunakan pada perangkat Anda, dan deregister itu.

Cara Install Android Oreo 8.0 melalui Launcher


Sejujurnya, jika ponsel cerdas Anda bukan Nexus atau Pixel, Anda tidak dapat melambaikan tongkat ajaib lalu membuat Samsung, HTC, atau produsen lainnya untuk merilis pembaruan terutama untuk perangkat Anda. Kami telah menyebutkan penundaan yang terjadi saat produsen pihak ketiga terlibat dalam update OS Android, dan sayangnya, kami tidak dapat menawarkan jalan pintas rahasia kepada pengguna ponsel selain produk Google.

Konon, Anda bisa membuat ponsel Anda terlihat dan bekerja lebih mirip Oreo dengan memasang launcher bergaya Oreo, yang diproduksi oleh pengembang Android. Launcher adalah program yang dapat membuat keseluruhan tampilan dan nuansa perangkat Android, meskipun fitur dan aplikasi tidak sepenuhnya berubah mirip OS Android Oreo.

Cara Install Android Oreo 8.0 secara Manual


Untuk perangkat Pixel dan Nexus, Anda memiliki opsi lain untuk menginstall Android Oreo, yaitu update manual. Metode update OS Android ini melibatkan download kode Android 8.0 Oreo full, yang telah dipublikasikan Google secara online (muncul secara publik di internet dan inilah yang membuat versi Android "official"). Sayangnya, kode ini dioptimalkan untuk perangkat tertentu (khususnya ponsel Pixel, Pixel XL, Nexus 5X, dan Nexus 6P), jadi Anda tidak bisa menerapkannya di Samsung Galaxy S8 atau LG V30.

Update manual memerlukan beberapa pengetahuan teknis, karena Anda perlu menggunakan tool yang dirancang untuk app developers. Dan jika Anda melakukan langkah yang salah, Anda berisiko membuat error ponsel Anda. Terlebih lagi, jenis metode pembaruan ini akan menghapus semua memory perangkat Anda sepenuhnya dalam prosesnya, jadi sekali lagi, Anda perlu mencadangkan atau membuat backup semua file yang ingin Anda simpan. Singkatnya, kami hanya merekomendasikan opsi ini jika Anda merasa nyaman bermain-main dengan perangkat Anda, dan Anda memiliki backup yang bisa Anda ganti jika hal yang terburuk terjadi. Jika tidak, maka sebaiknya tunggu saja update otomatis.

Anda dapat mendownload kode umum sistem operasi, yang dikenal sebagai factory image, dari Android Developer Portal. Cari merek dan model ponsel Anda dalam daftar, cari entri untuk Android 8.0, dan klik Link untuk memulai download. Kemudian ekstrak file ke folder pilihan Anda.


Setelah Anda menyimpan file factory image di suatu tempat di hard drive Anda, langkah selanjutnya adalah menyiapkan developer tools.
  • Pertama, Anda perlu unlock perangkat sehingga Anda dapat menginstal perangkat lunak baru. Intinya, Anda menonaktifkan setelan yang membuat ponsel Anda menunggu pembaruan yang terverifikasi dari operator Anda. 
  • Selanjutnya, download file zip SDK Platform Tools, dan ekstrak ke folder pilihan Anda di hard disk Anda. Anda mungkin ingin membuat folder baru untuk tujuan khusus ini.
  • Anda juga perlu membuat ponsel Anda siap beraksi. Silahkan masuk ke About Phone di menu Settings, ketuk Build sebanyak tujuh kali, dan Anda akan melihat kotak dialog yang mengkonfirmasikan ponsel Anda sekarang siap untuk melakukan beberapa developer tweaks.
  • Kembali ke Settings, cari menu pilihan Developer yang baru, dan pastikan untuk mengaktifkan USB debugging dan OEM unlocking.
Setelah ponsel Anda siap digunakan, hubungkan ke komputer Anda dengan kabel USB yang dipasok produsen. Kemudian buka command line atau jendela terminal window di folder yang telah Anda ekstrak ke folder Tools Platform :
  • Pada Windows, navigasikan ke folder Platform Tools di File Explorer, lalu tekan Shift+klik kanan pada thumbnail folder dan pilih Open PowerShell window here (PowerShell adalah pengganti modern untuk command prompt).
  • Di Mac Os, luncurkan Terminal dengan mengetik namanya ke Spotlight lalu seret folder Platform Tools dari Finder ke jendela Terminal. Setelah Anda berada di tempat yang tepat dengan sebuah command line, ketik "fastboot flashing unlock" untuk unlock ponsel Anda dan bersiaplah untuk mendapatkan gambar pabrik Oreo Android.


Jika mengalami kesulitan atau macet, Google menawarkan panduan yang lebih komprehensif untuk melakukan update Android secara manual.

Akhirnya, setelah Anda memastikan benar-benar memastikan bahwa Anda telah mem-backup data Anda, maka Anda siap untuk flash Oreo ke smartphone Anda, dan untuk menyalin sistem operasi baru di atas versi sebelumnya. Buka jendela command prompt baru, seperti yang dijelaskan di atas, di folder tempat Anda mengekstrak file Oreo, atau arahkan ke jendela yang ada. Kemudian ketik "flash-all" untuk mendapatkan software on board. Pemasangannya bisa memakan waktu beberapa menit, jadi bersabarlah.

Setelah penginstalan selesai, sebaiknya Anda melakukan re-lock ulang bootloader ponsel Anda, yang memuat sistem operasi saat telepon dinyalakan, karena bootloader juga merupakan bagian dari perangkat lunak telepon Anda yang menghentikan aplikasi berbahaya agar tidak mengambil alih Android. Silahkan kembali ke folder Platform Tools di jendela command prompt Anda dan gunakan perintah "fastboot flashing lock" untuk menguncinya.

Ini mungkin terdengar seperti banyak waktu dan usaha untuk mendapatkan Oreo, terutama jika telepon Anda sesuai untuk upgrade normal dalam beberapa hari ke depan. Namun, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang bagaimana Android bekerja dan bagaimana Anda dapat memodifikasinya. Modders menggunakan prosedur yang sama untuk menempatkan sistem operasi Android custom, seperti LineageOS yang populer, di perangkat mereka. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang flashing sistem operasi Android atau ROM di salah satu dari banyak panduan yang tersedia secara online di internet.

Tips ini berhasil diterapkan pada merek ponsel Android berikut ini:
  • Asus
  • Essential
  • General Mobile
  • HMD Global Home of Nokia Phones
  • Huawei
  • HTC
  • Kyocera
  • LG
  • Motorola
  • Samsung Galaxy
  • Sharp
  • Sony Xperia
  • ZTE
  • Nokia
  • BlackBerry
  • Oppo
  • Advan
  • Vivo
  • Xiaomi
  • Andromax
  • Lenovo
  • Smartfren


EmoticonEmoticon