Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 6.0 Marshmallow

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 6.0 Marshmallow - Update Android Marshmallow mungkin baru diluncurkan ke lebih dari 30 persen perangkat Android tetapi jumlah tersebut akan meningkat secara signifikan, dengan Samsung merilis Android Marshmallow untuk Galaxy S6 dan LG juga memberikan update untuk LG G4 dan LG G3. Pengguna Nexus dan pemilik Moto X Pure Edition telah menikmati Android v6.0 Marshmallow beberapa bulan terakhir.

Android Marshmallow adalah paket operating systems yang lengkap: mempunyai tampilan yang bagus, dan ada substansi nyata didalamnya. Dengan kecanggihan dan melimpahnya fitur baru pada Android 6.0 Marshmallow, sayangnya membawa beberapa bug yang menimbulkan beberapa masalah serius. Setelah mencoba merasakan pengalaman mennggunakan Android Marshmallow, kami mengumpulkan masalah-masalah paling umum terjadi yang terdapat pada Android Marshmallow dan solusi tepat untuk memnyelesaikannya dengan cepat.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 6.0 Marshmallow

Ketika Android 6.0 Marshmallow membawa banyak perubahan besar pada Android, bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Dengan pemikiran tersebut, inilah masalah Android Marshmallow utama yang dapat diharapkan oleh updaters baru untuk ditemukan penyebabnya, dan bagaimana cara untuk mengatasi dan memperbaikinya.

Jika Anda saat ini telah berada dalam situasi yang membutuhkan bantuan teknologi segera setelah meningkatkan ke Marshmallow, tetapi tidak yakin di mana harus mencari bantuan untuk memecahkan masalah yang muncul, berikut adalah sesuatu yang dapat membantu Anda menyiapkan jika suatu saat nanti Anda menghadapi masalah. Ingatlah untuk mencari tutorial ini ini, karena akan membantu menjawab pertanyaan Anda! Di bawah ini adalah daftar lengkap semua masalah Android Marshmallow yang mungkin akan Anda temui bersama dengan solusinya.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Daya Baterai Boros


Pengurasan daya baterai ponsel Android adalah satu-satunya masalah pemutakhiran yang pasti akan dialami hampir semua orang pada akhirnya. Tidak mengherankan, baterai ponsel Android Marshmallow cepat terkuras habis adalah salah satu masalah Android 6.0 utama yang ramai didiskusikan di situs forum komunitas online. Kasus-kasus awal dari habisnya daya baterai yang salah diberikan cenderung hanya merupakan pelaporan sistem yang buruk, tetapi masalah baterai yang lebih serius lainnya cukup mudah untuk ditangani. Masalah daya baterai boros ini bisa disebabkan karena berberapa macamhal, seperti koneksi Wif dan Bluetooth Scan, atau juga bisa karena koneksi data seluler yang secara terus menerus mencari sinyal internet yang dipancarkan tower BTS.


Jika ponsel atau tablet Anda mengalami kerusakan baterai asli setelah melakukan upgrade ke Android Marshmallow, hal yang paling mudah dilakukan adalah menghapus partisi sistem, juga dikenal sebagai system cache. Pikirkan hal ini seperti mengosongkan jus yang berbau busuk dari tempat sampah sebelum meletakkan kantong plastik baru di dalamnya, sehingga meninggalkan hal-hal segar dan bersih untuk masa depan daripada membuat mereka terpolusi oleh sisa-sisa makanan di masa lalu.

Cara membersihkan system partition:
Masuk ke Settings > Storage and USB > Cached Data > OK. Dengan melakukan ini akan menghapus partisi sistem Anda.

Anda juga dapat melakukan hal yang sama dari mode recovery :
  • Matikan ponsel Anda
  • Tahan tombol Power dan Volume Turun untuk mengakses Fastboot (sekali lagi, proses ini berbeda dengan perangkat yang berbeda)
  • Gunakan tombol volume untuk menyorot opsi Recovery dan kemudian tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  • Jika Anda melihat logo robot Android, tekan Power, lalu pencet Volume up sebentar untuk mengakses mode Recovery.
  • Scroll ke bawah untuk Wipe partisi cache dan tekan Power untuk mengonfirmasi.
  • Gulir ke bawah ke Ya dan tekan tombol Power untuk mengonfirmasi.
  • Terakhir, lakukan Reboot Ponsel
Jika masalah berlanjut, Anda juga dapat menghapus cache aplikasi untuk perangkat Anda (dijelaskan di bawah) dan pilihan terakhir adalah melakukan backup penuh dan melakukan reset pabrik. Wiping cache pada perangkat Anda, serta restore aplikasi dan data adalah salah satu cara paling sederhana dan terbaik untuk menghindari keanehan apa pun setelah pembaruan Android, termasuk masalah borosnya daya baterai dan masalah kinerja sistem umum. Untungnya, begitu Anda menggunakan Marshmallow, Anda akan memiliki opsi backup dan restore aplikasi yang ditingkatkan.

Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Crash atau Freeze


Beberapa pengguna Android juga telah mengalami crash aplikasi secara random setelah melakukan update Marshmallow. Jika Anda perhatikan yang terjadi adalah selalu aplikasi yang sama yang ngehang, itu mungkin hanya masalah API yang tidak cocok (Marshmallow adalah API 23 dan tidak semua aplikasi kompatibel dengannya). Hal termudah yang dilakukan untuk mengatasi masalah aplikasi crash adalah membersihkan cache aplikasi.

Cara membersihkan cache aplikasi Android :
  • Masuk ke menu Settings > Apps > Pilih aplikasi yang crash > Storage > Clear cache.
Jika Anda tidak yakin aplikasi mana yang bertanggung jawab atas terjadinya error, atau banyak aplikasi yang mogok, maka Anda juga dapat menghapus cache untuk semua aplikasi secara bersamaan.

Cara menghapus cache semua aplikasi:
  • Masuk ke menu Settings > Storage and USB > Cached data > OK. Ini akan menghapus cache aplikasi untuk semua aplikasi yang telah diinstal.

Cara Memperbaiki Masalah Sinkronisasi Aplikasi Marshmallow


Mengikuti pembaruan update OS Android ke Android 6.0 Marshmallow, beberapa pengguna Nexus melaporkan masalah dengan sinkronisasi aplikasi, sebagian besar masalah berkaitan dengan aplikasi email seperti Gmail dan Inbox. Berbagai eksplorasi menunjuk mode Doze sebagai penyebabnya, di mana aplikasi disinkronkan sangat lambat atau bahkan tidak sama sekali karena pembatasan proses latar belakang Doze.

Masalah ini ditandai sebagai diselesaikan oleh Google pada awal Februari, dengan perbaikan diterapkan pada paruh pertama Februari. Seperti yang disebutkan pada saat itu, tidak ada pembaruan OTA atau sistem yang diperlukan, masalahnya jelas hanya di pihak Google. Tetapi jika LG atau pemilik Samsung mengalami masalah yang sama, pastikan untuk mengirim laporan bug ke Google jika itu adalah hal yang memerlukan perbaikan sederhana oleh Google.

Cara Mengatasi Masalah Penginstalan Android Marshmallow


Tahun lalu banyak pengguna Nexus mengalami masalah penginstalan Marshmallow karena kesalahan "missing system.img". Singkat cerita, ini karena file flash-all.bat tidak dapat memungkinkan gambar sistem di-flash.

Solusinya sederhana: cukup unpack file image zip, letakkan semua file update Android Marshmallow yang telah di-unzip atau di-ekstrak dalam folder yang sama dan flash setiap file secara individual melalui terminal commands (lihat bagian paling bawah artikel ini untuk instruksi yang lebih rinci). Ini tidak akan menjadi masalah bagi pengguna Samsung dan LG, tetapi mungkin akan muncul kembali di masa depan pembaruan Marshmallow untuk perangkat Nexus.

Petunjuk berikut ini untuk pengguna Nexus yang mengalami masalah pada saat mem-flash secara manual update firmware menggunakan file flash-all.bat. Cukup unpack file image zip dan pindahkan konten ke folder yang sama, sisa file pembaruan berada (di mana flash-all.bat berada) dan jalankan perintah Fastboot berikut dengan menggunakan terminal command. Jika ada file yang hilang, lewati saja.

fastboot flash bootloader .img
fastboot flash radio .img (if there is no radio file you can skip this step)
fastboot reboot-bootloader
fastboot flash recovery recovery.img
fastboot flash boot boot.img
fastboot flash system system.img
fastboot flash vendor vendor.img (only required for Nexus 9)
fastboot flash cache cache.img
fastboot flash userdata userdata.img
fastboot reboot

Cara Memperbaiki Masalah Ponsel Android Marshmallow Reboot Acak


Masalah random reboot atau reboot acak pada ponsel Android Marshmallow telah terjadi hampir secara instan pada banyak orang setelah melakukan pembaruan ke Android 6.0, sebagian besar masalah muncul ketika dicolokkan ke daya listrik. Beberapa pemilik Nexus mendapat penyelesaian masalah dengan reflash ulang factory image atau mengupdate ke Android 6.0.1 Marshmallow.

Lainnya memecahkan masalah dengan menonaktifkan atau menghapus instalasi aplikasi Greenify. Kernel Franco, Hells-Core dan ElementalX juga ditemukan tidak sesuai dengan 6.0, tetapi tampaknya berfungsi dengan baik lagi pada Android Marshmallow versi 6.0.1. Aplikasi Weather Live juga dianggap bersalah, berdasarkan pengecualian fatal pada Android 6.0.

Singkat cerita adalah tidak ada solusi pasti untuk masalah ini, dan kami kemungkinan besar akan melihatnya mempengaruhi ponsel Samsung Galaxy dan LG G4 segera. Anehnya, pada awalnya tombol daya rusak yang dituduh menjadi penyebab error, dan meskipun terjadi pada banyak orang secara bersamaan setelah pembaruan Marshmallow, tampaknya memiliki setidaknya sedikit kredibilitas.

Cara Mengatasi Masalah GPS Ponsel Marshmallow


Mengikuti update paling awal untuk Marshmallow, akurasi GPS mengalami gangguan, dengan banyak pengguna melakukan pencatatan masalah terletak pada pelacak atau tracker AOSP. Meskipun ada lebih dari 150 komentar, Google tampaknya masih tidak dapat menemukan solusi, meminta lebih banyak pengguna mengirim laporan bug untuk membantu menemukan masalah.

Perbaikan yang disarankan termasuk toggling GPS on dan off, memastikan pemindaian atau scanning Wi-Fi diaktifkan di menu Settings > Location > [overflow menu] > Scanning > Wi-Fi scanning > On atau beralih ke Mode Battery-Saving untuk akurasi GPS, tetapi tidak ada perbaikan permanen yang dapat diidentifikasi.

Masalah Wi-Fi Marshmallow


Jika Anda mengalami masalah konektivitas Wi-Fi setelah melakukan pembaruan, coba tips berikut ini: toggle tombol Wi-Fi on and off, kemudian aktifkan Airplane Mode dan nonaktifkan lagi, forget dan add kembali koneksi jaringan Anda. Selanjutnya reboot ulang ponsel Anda dan terakhir buka Settings > Backup and reset > Network settings reset > Reset settings. Ini akan mengatur ulang semua koneksi Anda, termasuk Wi-Fi, data seluler, dan Bluetooth, jadi perhatikan itu sebelum memutuskan melakukannya. Langkah yang sama umumnya membantu masalah konektivitas Bluetooth juga.

Masalah Data Seluler Marshmallow


Jika Anda mengalami masalah konektivitas data setelah update ke Android Marshmallow, solusinya sama mudahnya: matikan dan nyalakan kembali ponsel Anda, aktifkan dan matikan data seluler, kemudian lepas dan ganti kartu SIM Anda dan aktifkan Airplane Mode. Jika ini tidak membantu, buka laman dukungan operator Anda untuk melihat apakah orang lain mengalami masalah yang sama dan hubungi operator Anda untuk melihat apakah ada masalah konektivitas yang diketahui pada versi Android yang baru.

Masalah Kinerja Marshmallow


Kelambanan performance sistem umum adalah keluhan umum lainnya setelah pembaruan Android. Cara termudah untuk menghadapinya adalah dengan menghapus cache sistem (telah diuraikan di atas) dan jika itu tidak membantu, cukup lakukan backup data dan factory reset perangkat Anda. Ada banyak tips backup terbaik yang dapat dilakukan, baik yang berbasis komputer maupun via aplikasi.

Jika itu terlihat agak ekstrim, Anda dapat mengambil rute panjang, dengan mem-boot ke Safe Mode untuk mengidentifikasi apakah masalah kinerja terkait dengan aplikasi. Safe mode menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga, sehingga Anda dapat mengetahui apakah masalahnya disebabkan oleh aplikasi yang Anda pasang. Jika ya, Anda perlu menghapus cache aplikasi atau secara sistematis menghapus setiap aplikasi dan menguji serta menganalisa kinerja ponsel Android Marshmallow. Jika perangkat Anda tidak stabil atau lambat bahkan dalam Safe mode, maka itu adalah masalah kinerja sistem dan Anda hanya perlu mengembalikan ke factory reset.

Secara pribadi, cara saya selalu mengantisipasi dan menghindari masalah pembaruan adalah dengan membackup data sebelum saya memperbarui, mengembalikan ke setelan pabrik, update, mengembalikan ke setelan pabrik, lalu memulihkan aplikasi dan data saya. Meskipun proses ini mungkin terasa melelahkan, tapi manfaatnya saya tidak pernah mengalami masalah baterai atau kinerja setelah pembaruan Android dan cara tersebut pasti lebih cepat daripada tanpa henti mencari solusi dan mencoba berbagai perbaikan. Percayai saya, temukan panduan backup yang Anda percaya dan berikan proses percobaan berikutnya saat Anda melihat pemberitahuan pembaruan.

Masalah Ponsel Android Marshmallow Tidak Bisa Konek ke PC


Saya memiliki ponsel Verizon LG G4 dan setelah pembaruan Marshmallow sekarang saat dihubungkan dengan kabel USB menjadi susah terhubung ke PC atau laptop. Biasanya, pada saat dihubungkan dengan PC, akan muncul popup notifikasi jika terhubung ke kabel USB. Sekarang, itu tidak terjadi lagi dan ketika saya melihat developer options, mengatakan itu hanya mengisi daya baterai. Ketika saya mencoba untuk mengubahnya kembali ke mode TMF (Transferring Media Files), tetap hanya mencharger baterai saja. Sebaiknya anda pastikan dulu penyebab masalahnya, apakah karena kabel yang rusak, file sistem laptop yang corrupt, atau disebabkan error pada ponsel Android Marshmallow. Silahkan coba dengan kabel USB dan komputer lain, dan pastikan kabel USB yang anda gunakan adalah jenis 'power only atau 'charge only', dan jenis kabel data.

Jika Anda juga sedang mengalami masalah pada konektivitas USB ponsel Marshmallow, kemungkinan besar penyebabnya karena Anda belum memilih opsi mode yang tepat pada software ponsel Anda. Secara default, ponsel Android kemungkinan akan disetting ke mode charging USB, ini artinya Anda tidak akan dapat mengakses file dalam memori ponsel Anda melalui PC.

Solusi mengatasi masalah Ponsel Android Marshmallow tidak dapat konek ke PC:
  • Sewaktu Anda mengkoneksikan perangkat Anda ke PC atau laptop melalui kabel USB, pesan notifikasi akan muncul yang berisi "Connected for charging".
  • Tekan pop up notifikasi tersebut dan akan muncul menu dengan empat pilihan opsi.
  • Jika anda ingin meng-copy file, silahkan pilih Transferring media files (MTP). Ini akan memungkinkan Anda menyalin file ke dan dari perangkat Anda melalui USB.
  • Opsi Transferring images (PTP) adalah opsi untuk membackup opsi pertama, jika MTP tidak kompatible. Opsi PTP akan membuat PC atau laptop Anda berpikir Anda sedang menghubungkan kamera digital ke komputer, sehingga dapat memungkinkan untuk transfer file media secara otomatis.
Beberapa pengalaman menggunakan Android Marshmallow yang kurang menyenangkan juga pernah saya alami. Ponsel tidak mengalami error apapun hingga saat saya sambungkan ke komputer setelah pembaruan menjadi 6.0. Saya memiliki Sony Xperia Z5 dual dan telah mengaktifkan USB debugging, mengunlock OEM, memilih opsi MTP di bawah Konfigurasi USB. MTP sudah dipilih, tetapi saya coba memilihnya berulang kali. Ketika saya melakukan ini, itu berubah menjadi Charge Only dan saya tidak dapat mengubahnya kembali. Setelah melalui semua opsi beberapa kali, kemudian mencoba untuk memilih yang lain. Setelah mencoba beberapa kali, MTP akhirnya terpilih. Tidak yakin apakah ini bug dengan Android 6.0 atau apa. Saya telah mencoba dengan 4 kabel yang berbeda (semua ini berfungsi pada laptop yang sama ini sebelum melakukan update Marshmallow). Saya telah mencoba menghubungkannya dengan layar ponsel yang tidak terkunci, dengan layar ponsel terkunci, melakukan restart ponsel dan komputer, namun tidak ada yang berhasil. Seperti yang saya katakan, itu bekerja dengan baik dengan laptop dengan OS Windows 10 ini sebelum pembaruan. Ketika saya menghubungkan kabel, saya mendengar suara dari telepon, tetapi tidak ada pemberitahuan yang muncul yang mengatakan sesuatu tentang terhubung ke laptop.

Jika cara di atas masih belum dapat memperbaiki masalah koneksi ponsel dan laptop menggunakan kabel USB, maka coba untuk melakukan USB Debugging. Caranya USB Debugging seperti dibawah ini:
  • Masuk ke menu 'Setting' > 'About Phone'
  • Scroll ke bawah dan temukan opsi 'Build number'. Kemudian tekan dan tahan hingga muncul pesan 'You are now a developer!'
  • Kemudian kembali ke menu 'Setting' awal, dan Anda akan melihat entri baru yang berlabel ‘Developer options’ tepat di atas ‘About phone’. Lalu switch on USB Debugging.

Masalah insufficient storage available pada ponsel Marshmallow


Selalu ada saatnya ketika kita, pengguna Android kehabisan ruang memori. Sebagian besar dari kita melihatnya ketika mengunduh aplikasi terbaru dan terhebat yang dalam beberapa kasus ukuran file-nya terlalu besar untuk diinstall di perangkat. Jika Anda mendapatkan pesan error "Insufficient Storage Available", ikuti langkah-langkah ini untuk membebaskan beberapa ruang penyimpanan di perangkat Android Anda, atau memperbaiki error jika Anda yakin bahwa Anda memiliki lebih dari cukup ruang pada kartu SD Anda.

Terkadang Anda akan mengalami error Insufficient Storage Available bahkan jika Anda masih memiliki cukup ruang memori internal kosong di perangkat Android Anda. Jadi, sebelum kami memecahkan masalah Anda atau memindahkan & menghapus file, mari kita periksa satu hal terlebih dahulu. Berapa banyak ruang yang tersisa pada kartu SD Anda? Untuk memeriksa memori yang tersedia, buka menu Setting > Storage. Pada sebagian besar perangkat Android, Anda akan segera melihat semacam indikator tentang informasi seberapa banyak ruang yang Anda miliki di perangkat Anda. Jika Anda yakin bahwa Anda memiliki cukup ruang kosong di kartu SD Anda, maka silahkan baca terus. Jika tidak, Anda dapat melewati bagian ini.

Sebelum kita masuk ke rincian lebih lanjut, pastikan untuk melakukan reboot pada perangkat Android Anda terlebih dahulu dan lihat apakah masalahnya hilang atau tidak.

Perbaikan yang mengherankan di sebagian besar perangkat Android adalah bukan dengan membersihkan cache dan tidak menggunakan aplikasi pembersih memori apa pun. Perbaikan termudah untuk masalah Insufficient Storage Available error yang tersedia sebenarnya ini:
  • Pertama, bersihkan dulu cache semua aplikasi yang terinstall. Masuk ke menu Settings > Apps / Application manager > kemudian pilih aplikasi dan tekan tombol 'Clear chace'
  • Selanjutnya langkah kedua, pindahkan lokasi penyimpanan instalasi aplikasi. Masuk ke menu Settings > Apps > pilih aplikasi > tekan tombol Storage > Change dan pilih opsi SDCARD. Harus Anda pahami jika aplikasi bawaan Android tidak bisa dipindah, hanya aplikasi yang Anda install setelah upgrade ke Android Marshmallow.

Jika Semuanya Gagal Lakukan Factory Reset


Terkadang tidak ada yang dapat Anda lakukan dan Anda sudah mencoba semuanya. Tidak peduli apa solusi setengah matang atau yang terdengar serius sudah dicoba tetapi masalah tetap ada. Dalam kasus ini Anda tidak punya pilihan selain melakukan reset pabrik. Banyak orang menganggap opsi ini ekstrem, tetapi sebenarnya tidak. Seperti yang disebutkan di atas, cukup cadangkan aplikasi dan data penting Anda, lalu lakukan reset pabrik, lalu kemudian pulihkan dan lanjutkan bisnis Anda.

Anda dapat melakukan pengaturan ulang pabrik di pengaturan Android dengan masuk ke Settings > Backup and reset > Factory data reset > Reset phone. Atau Anda dapat melakukan hal yang sama dari mode recovery, dengan mematikan perangkat Anda dan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di bagian masalah daya baterai dari artikel ini. Ingat, kombinasi tombol yang tepat biasanya berbeda untuk produsen yang berbeda.

Baca juga artikel memperbaiki masalah Android lainnya :
Kami ingin daftar cara mengatasi dan memperbaiki masalah Android 6.0 Marshmallow ini menjadi responsif, jadi jika Anda menderita masalah yang belum tercakup atau Anda telah menemukan perbaikan untuk salah satu masalah yang belum terpecahkan di atas, maka silakan klik komentar dan beri tahu kami. Jika Anda melihat komentar yang diposkan dengan masalah yang juga Anda alami, tolong berikan suara upvote sehingga mengumpulkan visibilitas.
Berikan komentar untuk "Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 6.0 Marshmallow"


EmoticonEmoticon