01 November 2016

Cara Mempercepat Koneksi Internet 3G HP Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet 3G HP Android - Jika anda tidak menggunakan atau tidak mendapatkan koneksi internet di jaringan 4G, Anda mungkin mencari cara untuk membuat kecepatan koneksi 3G Anda bertambah cepat. Sebuah pengalaman berinternet yang tidak nyaman, ketika kita sedang browsing atau bermain game tiba-tiba menjadi koneksi paket data internet menjadi lambat, lemot, bahkan sering terputus.

Kecepatan data internet yang lambat adalah sesuatu yang membuat kita frustasi dan semua orang ingin mengatasi masalah tersebut. Tidak ada yang menikmati menatap icon loading pada saat buffer video, atau pada saat browsing.

Di sini kita akan berbicara tentang beberapa tweak bermanfaat yang dapat Anda buat untuk ponsel Android Anda untuk mempercepat koneksi mobile Anda. Sekarang, Anda tidak akan mengubah sebuah perangkat usang menjadi memiliki kecepatan super dengan cara apapun, tetapi jika Anda masih menggunakan perangkat Android dengan spesifikasi yang terbatas dan Anda hanya ingin menjelajah internet menjadi sedikit lebih cepat, maka mungkin kami dapat membantu Anda dengan itu.

Cara Mempercepat Koneksi Internet 3G HP Android

Bagaimana Cara Mempercepat Data 3G Smartphone Android?

Untuk mengoptimalkan koneksi Anda, Anda akan perlu memodifikasi file yang berisi pengaturan konfigurasi internet yang digunakan oleh perangkat pada koneksi jaringan internet. Dalam melakukannya, Anda dapat mengaktifkan apa yang dikenal sebagai 'Van Jacobson TCP / IP Header compression", yang pada dasarnya akan meningkatkan kecepatan 3G Anda.

Pengguna telah melaporkan kecepatan bertambah hingga dua kali lipat dari sebelum melakukan metode tersebut, tetapi efektivitas hack tergantung pada apakah operator Anda mendukung fitur tersebut atau tidak.

Cara Mempercepat dan Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet 3G HP Android

  • Root permission - Ikuti petunjuk cara root untuk OS Android Kitkat 4.4 di : Cara Tepat Root HP Android Versi Kitkat 4.4 Tanpa PC
  • Options.7z archive - Folder yang berisi versi file yang telah diubah dari folder sistem anda yang perlu diganti agar trik ini dapat bekerja.
  • ES File Explorer (file manager lain yang memiliki fitu yang sama) : File manager yang kompatibel dengan Android yang sudah diroot, untuk memungkinkan Anda untuk memasukkan folder sistem dan mengubah hak akses file.
Cara mempercepat data 3G:
  • Download Options.7z archive di atas dan ekstrak dengan archive manager seperti 7zip. Anda akan menemukan sebuah file bernama Options.
  • Copy file Options ke perangkat Android Anda dengan menghubungkannya ke PC atau menggunakan kartu SD, jika tersedia. Paste file di folder yang mudah dicari.
  • Install and buka aplikasi ES File Manager, dan ijinkan root permissions (Menu > Root Explorer > ON > Confirm).
  • Sekarang cari file pilihan dari dalam ES File Manage (tekan terus dan pilih Copy). Keterangan: file yang sebelumnya ditransfer ke perangkat (file Option).
  • Masuk ke dalam folder: (Device) "/system/etc/ppp" and paste file Options
  • Ubah hak akses file Options, caranya tekan dan tahan file tersebut, kemudian pilih More > Properties> Edit (Permissions) > kemudian aktifkan tiga permissions pada Readable (owner, group, other). Selanjutnya nonaktifkan tiga permissions pada Writing, kemudian aktifkan tiga permissions pada Execute. Sekarang tekan OK. Di samping permissions, Anda sekarang akan menemukan tulisan seperti
  • "r-x r-x r-x."
  • Reboot perangkat Android anda.
Itu sja yang perlu dilakukan, jika Anda ingin memeriksa atau mengecek peningkatan kecepatan koneksi internet 3G bisa di-test dengan aplikasi Android Speedtest.net. Hasil tes tergantung pada server dan traffic online visitor situs tersebut saat anda mengecek yang Anda terhubung, tes akan memberikan hasil yang berbeda - mencobanya beberapa kali untuk mengetahui dan mendapatkan nilai kecepatan rata-rata.

Mengalami Masalah Saat Mempercepat 3G

Jika Anda mengalami masalah koneksi ke 3G atau menemukan bahwa tidak ada perbaikan, Anda dapat membalikkan prosedur dengan menghapus opsi file yang disalin ke folder sistem tadi.

Apa Lagi yang Bisa Saya Lakukan Untuk Membuat Data 3G Lebih Cepat?

Solusi lain untuk mempercepat data 3G Anda adalah untuk mengubah operator layanan internet atau ISP yang anda gunakan. Ini adalah langkah jitu, dan Anda mungkin akan terkunci dalam kontrak, tetapi anda bisa melakukan penelitian dan Anda akan menemukan bahwa ada perbedaan besar antara kecepatan jaringan masing-masing operator. Selain itu anda, juga bisa mencoba beberapa tipsmempercepat koneksi internet 3G berikut ini:

Opera Max : Opera Max benar-benar adalah one-stop shop untuk siapapun yang ingin mengambil kendali otoriter penggunaan data mereka dan memaksimalkan kecepatan browsing mereka. Meskipun aplikasi ini dirancang dengan jaringan wifi yang sedang ramai, banyak fungsi yang dapat meningkatkan kecepatan dengan baik untuk penggunaan 3G. Opera Max aktif mengoptimalkan konten streaming seperti membuat data yang dibuffer tetap ringan dan cepat.

Baru-baru ini, Opera telah meningkatkan aplikasi optimasi data mereka ke tingkat sekarang dan mengklaim peningkatan dari 23% atas penggunaan konvensional. Hampir seperempat lebih cepat dengan setengah dari keseluruhan data yang digunakan? Apa lagi yang Anda meminta! Jika Anda mencoba untuk menambah kecepatan sebanyak mungkin dari koneksi 3G Anda, cobalah Opera Max dulu dan kemudian mencoba cara lain jika Anda tidak melihat peningkatan kecepatan 3G yang berarti. Anda bisa mendownload gratis aplikasi Opera Max dari Google Play Store!

1. Facebook Lite

Facebook, terus terang, adalah sebuah web yang sangat berat. Setidaknya sejauh penggunaan data yang bersangkutan. Belum lagi penggunaan baterai! Swapping ke Facebook Lite adalah cara terbaik untuk mengurangi kedua beban penggunaan data inernet yang besar. Aplikasi ini secara khusus dirancang untuk pengguna yang tidak dapat mengakses jaringan sosial paling populer di dunia , dan berfokus pada memberikan pengguna pengalaman Facebook yang handal sekaligus menyerap sedikit mungkin jumlah bandwidth.

Jika Anda sudah melalui menguninstall aplikasi resmi Facebook, dan telah mengalami hasil yang diinginkan, tapi kenyamanan memikat menggunakan aplikasi lebih banyak dibanding pengguna browser. Facebook Lite adalah sebuah solusi untuk Anda. Coba gunakan aplikasi Facebook Lite dan perhatikan apakah itu meningkatkan pengalaman 3G Anda.

2. Menonaktifkan Gambar di Browser HP Android

Untuk memungkinkan pengalaman internet tercepat, cobalah mengatur setting browser Anda di mode Text Only. Tidak semua browser mendukung kemampuan ini, tetapi dapat ditemukan di sebagian besar menu pengaturan browser.

Beralih browser Anda ke Text Only akan mencegah dari pemuatan gambar, yang merupakan sebagian besar lalu lintas internet dan menghabiskan banyak kuota internet. Ketika telepon Anda mulai mengabaikan gambar, Anda dijamin untuk merasakan dorongan dalam kecepatan yang lebih tinggi.

3. Cari web browser yang lebih baik

Chrome adalah browser yang sangat baik untuk rata-rata pengguna. Hal ini dapat menyinkronkan di beberapa perangkat untuk pengalaman internet mulus, termasuk mengingat semua password dan bookmark. Namun, Chrome tidak dikenal sebagai browser yang membuat loading halaman menjadi lenih cepat.

Sekali lagi, untuk fitur memori hemat paling tersedia dalam mobile browser, kami akan merekomendasikan Opera Max. Dengan layanan VPN pihak ketiga ini, Anda akan dapat menghemat cukup banyak megabyte data sosial, video, musik dan berbagi aplikasi foto, memantau aplikasi untuk melihat mana yang mengkonsumsi data internet terbanyak, mengelola konsumsi data Anda dan bahkan meningkatkan kecepatan Wi-Fi. Namun, Opera Mini juga mempunyai versi yang lebih ringan, namun tetap kaya fitur dari browser Opera, yang kami juga merekomendasikan. Kedua aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Play Store.

4. Kosongkan Browser Cache

Jika Anda sudah mencoba metode di atas, dan Anda masih mengalami lambannya kecepatan internet pada jaringan 3G Anda, masalahnya mungkin dengan perangkat Anda dan bukan pada jaringan Anda. Fitur ini telah ada jauh sejak sebelum teknologi 3G ada, sehingga aplikasi dan firmware cenderung dioptimalkan untuk penggunaan 4G. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah pengelolaan sumber daya mungkin tak terduga yang cukup mudah untuk menyelesaikan setelah Anda menyadari mereka.

Sementara versi yang lebih baru dari Android menjadi lebih baik dan lebih baik dalam mengelola memori sistem anda, memiliki cache banyak masih bisamenjadi sumber masalah perangkat Anda dan memperlambatnya. Ini adalah masalah yang sangat umum pada ponsel tua yang menjalankan versi Android. Memiliki cache boneka dapat memperlambat segala sesuatu tentang telepon Anda termasuk browsing internet Anda. Tempat yang baik pertama untuk memulai ketika Anda mencari untuk mendapatkan dorongan kecepatan adalah untuk membuang cache yang sangat memberatkan loadiing.

Untuk membersihkan cache dari aplikasi Android, buka Settings> Applications kemudian pilih aplikasi yang Anda inginkan. Dari sini, tekan Clear Cache.

Jika Anda tidak yakin aplikasi mana yang membuat kecepatan internet menjadi lambat, itu juga mungkin untuk menghapus cache untuk semua aplikasi yang terinstall dengan menggunakan aplikasi Cache Cleaner dengan tombol Clear All cache, seperti App Cache Cleaner.

5. Uninstall Aplikasi yang Memonopoli Memori

Sekali lagi, sementara Android semakin baik mencegah aplikasi dari memonopoli memori, ada kemungkinan bahwa beberapa aplikasi latar belakang serakah yang menyebabkan kelesuan ponsel Anda. Widget juga cenderung memonopoli penggunaan memori.

Untuk mendapatkan pengalaman tercepat di ponsel Anda, menyingkirkan setiap widget dan menghapus aplikasi yang tidak aktif pernah digunakan

6. Mengubah Preferred Network Mode

Jika Anda telah memangkas penggunaan memori ponsel dan Anda yakin bahwa ini adalah masalah jaringan daripada masalah pengelolaan sumber daya, coba bermain-main dengan modus pilihan jaringan ponsel Android Anda. Sayangnya, lokasi pengaturan ini bervariasi dan berbeda-bedauntuk setiap perangkat Android, tapi coba cari di sekitar di Setting pada item menu mengenai konektivitas jaringan.

Dalam menu ini, GSM adalah 2G dan WCDMA adalah 3G. Pengaturan standar yang paling umum, "auto GSM / WCDMA / LTE," akan memiliki swapping telepon antara jaringan tergantung pada tingkat tertinggi yang tersedia saat ini. Namun, di beberapa tempat 4G adalah jaringan yang belum banyak coverage-nya, sementara jaringan 3G tetap kuatsudah tersebar di semua daerah. Dengan mem-bumping modus jaringan Anda ke GSM/WCDMA auto, akan mengabaikan koneksi 4G dan hanya menggunakan jaringan 2G dan 3G yang tersedia.

Cobalah bereksperimen dengan pilihan yang berbeda untuk melihat mana setting yang memberikan Anda pengalaman internet yang paling konsisten. Perhatikan bahwa membuat perubahan ke menu ini mungkin memakan waktu beberapa detik hingga terlihat efeknya, sehingga mencoba memberikan setiap pilihan yang baik, jendela yang solid waktu pengujian sehingga Anda dapat secara akurat mengukur mode jaringan mana yang merupakan pilihan terbaik bagi Anda di wilayah Anda.

Kesimpulan

Ini adalah rekomendasi kami untuk meningkatkan kecepatan koneksi 3G internet. Sebagian besar dari mereka harus dilakukan dengan perampingan resource pada ponsel Anda untuk memastikan browser Anda dapat beroperasi untuk yang terbaik dari kemampuannya, tetapi Anda juga bisa mendapatkan hasil yang lebih konsisten. Dapatkah Anda memikirkan hal lain yang akan membantu pengguna mendapatkan hasil maksimal dari jaringan 3G mereka?

0 Komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi Internet 3G HP Android"