01 June 2018

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Cara Mempercepat Koneksi Wifi - Jaringan internet WiFi adalah salah satu perkembangan paling penting dalam evolusi teknologi jaringan internet wireless. Saat ini tidak ada orang yang ingin merasa terkekang karena harus menggunakan jaringan internet yang terkoneksi dengan kabel LAN (Local Area Network), tetapi itu juga salah satu yang paling membuat frustrasi. Jika Anda terganggu oleh kecepatan internet yang lambat atau penerimaan sinyal yang lemah atau buruk, dan masalah WiFi lainnya, berikut 10 cara untuk mempercepat kecepatan koneksi internet Wifi di rumah, kantor, atau di area publik.

Saat ini di Indonesia, tersedia berbagai macam layanan internet broadband dengan menggunakan kabel fiber optik dari ratusan ISP (Internet Service Provider). Beberapa ISP yang paling populer atau paling banyak digunakan di rumah maupun kantor, antara lain: IndiHome Fiber (dulu bernama Telkom Speedy), Biznet Home, Firstmedia, Indosat Ooredoo GIG, MNC Play Media, MyRepublic (awalnya bernama Innovate Indonesia), Oxygen.id dari Moretelindo, CBN (Cyberindo Aditama), XL HOME Fiber Broadband. Saya sendiri menggunakan layanan internet broadband dari ISP IndiHome dan berlangganan Indihome Paket Premium - Triple Play dengan kecepatan 20 mbps. Paket internet Premium dari IndiHome ini memberikan bonus gratis streaming layanan Internet TV Iflix, HOOQ, CATCHPLAY dan layanan televisi kabel interaktif UseeTV. IndiHome memiliki banyak pilihan paket dengan beragam kecepatan internet, mulai dari 10 mbps, 20 mbps, 40 mbps, 50 mbps, hingga 100 mbps. Biasanya jika Anda berlangganan paket internet broadband, maka pihak ISP akan memberikan sebuah perangkat ONT (Optical Network Terminal) dengan merek ZTE, Fiberhome ONT, HUAWEI, atau Alcatel. ONT ini memiliki fungsi sebagai modem, hub/switch, Wireless Access Point (Wi-Fi), sekaligus wireless router. Device Anda juga dapat terhubung ke ONT dengan menggunakan kabel UTP yang ditancapkan pada port ethernet. Nah, baik atau tidaknya koneksi internet Wifi sebagian besar disebabkan oleh perangkat ONT ini. Bisa juga dipengaruhi oleh hal lain jika Anda menggunakan tambahan perangkat pada jaringan wireless, seperti wireless router.

Terdapat banyak faktor penyebab yang dapat memengaruhi kecepatan Wi-Fi Anda, dan sayangnya tidak cukup satu trik untuk semua situasi. Untuk mendapatkan kecepatan koneksi Wi-Fi maksimum, Anda harus memastikan semua faktor telah diatasi. Misalnya, Anda dapat membeli router terbaik yang tersedia, tetapi jika tidak diposisikan dengan benar, Anda mungkin masih mengalami masalah kecepatam Wi-Fi yang lambat. Panduan ini akan memberi Anda beberapa cara praktis untuk memastikan koneksi Anda secepat mungkin, serta memiliki network latency dan ping time yang rendah (di bawah 50 ms).

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Kecepatan Wi-Fi yang lambat bahkan dapat membuat orang yang paling tenang siap untuk membuang router mereka keluar dari jendela. Bayangkan jika Anda sedang memainkan game Mobile Legend Bang Bang atau menonton video Youtube dan tiba-tiba koneksi internet menjadi lemot, pasti membuat Anda menjadi kesal. Jika penyedia internet Anda atau ISP (Internet Service Provider) tidak dapat membantu Anda mengatasi masalah kecepatan Wi-Fi yang lemot, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda menjadi lebih cepat.

Tentunya, akan ada faktor-faktor yang berada di luar kendali Anda, tetapi mencoba banyak hal yang berbeda untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda seharusnya memberi Anda beberapa solusi untuk kembali ke internet speed sesuai yang ditawarkan penyedia broadband Anda.

Sebagian besar tips yang kami tawarkan gratis, namun beberapa akan memerlukan sedikit uang, jadi mungkin coba yang terakhir. Jadi, apakah Anda seorang konsumen, pemilik bisnis kecil, startup yang mengandalkan koneksi broadband rumah atau perusahaan dengan kebutuhan konektivitas yang lebih besar, baca terus untuk mengetahui cara meningkatkan koneksi internet Wi-Fi Anda mencapai kecepatan maksimal.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi


Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara mempercepat koneksi wifi Anda dengan beberapa tweak sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat kecepatan internet Wi-Fi yang lebih baik, lebih kencang, lebih ngebut, dan memiliki sinyal lebih kuat di seluruh rumah Anda. Banyak di antara metode dan solusi untuk membuat koneksi Wifi lebih kencang ini tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, dan Anda dapat melihat peningkatan Wi-fi speed hanya dalam beberapa menit.

Seperti yang telah saya jelaskan pada paragraf awal artikel ini, jaringan wifi diatur dengan menggunakan ONT. Selanjutnya ONT kami sebut router saja untuk memudahkan dalam memahami masalah yang terjadi. Router terbaik yang ada antara lain: Netgear Nighthawk, Asus, Original Xiaomi Mi Wi Fi Router, Totolink, Tenda, D-Link, TP-Link, Linksys.


1. Test Kecepatan Broadband Internet Anda


Anda perlu melakukan tes kecepatan koneksi Wi-fi untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda kerjakan. Test ini akan menunjukkan kecepatan upload dan download Anda, serta memberi Anda titik referensi untuk mengukur seberapa efektif setiap metode mempercepat Wi-Fi Anda.

Untuk melakukan ini cukup kunjungi situs pengujian kecepatan, kami menyarankan Speed Test. Setelah situs terbuka, klik mulai dan ini akan memberi tahu Anda kecepatan unggah dan kecepatan unduhan Anda. Atau, cukup ketik 'speed test' ke Google dan itu akan memberikan pemeriksaan kecepatan di-browser untuk Anda.

Anda juga dapat menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk melihat apakah ada gangguan yang direncanakan untuk layanan atau kesalahan apa pun di jalur yang hanya dapat diperbaiki oleh mereka.

2. Gunakan Teknologi Wi-Fi Terbaru


Salah satu cara terbaik untuk memastikan jaringan Wifi Anda secepat dan se-reliable mungkin adalah dengan menggunakan perangkat keras yang terbaru. Kami telah menjelaskan berbagai macam pengetahuan basic mengenai tipe router terbaik. Hal utama yang perlu Anda ketahui: Wireless A, B, G, dan N adalah standar nirkabel yang lebih tua, dengan koneksi wireless AC menjadi penawaran terkini.


Standar Wi-Fi terbaru adalah 802.11ac. Jika router Anda adalah 802.11b atau 802.11g standar, router baru pasti akan meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda dan menyediakan jangkauan konektivitas yang lebih luas.

Jika Anda sudah menjadi pelanggan setia, sebagian besar penyedia internet akan mengirimi Anda router terbaru secara gratis tetapi yang lain mungkin membebankan biaya pengiriman. Berikut ini cara memeriksa standar Wi-Fi apa yang Anda jalankan:
  • Klik shorcut Wi-Fi (biasanya ditemukan di kanan bawah layar PC)
  • Arahkan kursor Anda ke layanan broadband yang Anda gunakan
  • Informasi Standar akan tercantum di sebelah 'Radio Type'
Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan kecepatan nirkabel maksimum adalah memastikan Anda menggunakan teknologi Wi-Fi terbaru. Jenis router yang Anda beli membuat perbedaan besar. Teknologi wireless telah meningkat seiring waktu dan setiap versi dicirikan oleh kode huruf. Wireless A, B, dan G sudah ketinggalan zaman dan lambat. Wireless N dan AC adalah versi wireless yang terbaru dan tercepat.

Jika Anda menggunakan router ISP Anda, kemungkinan itu bukan router terbaik untuk situasi dan kondisi Anda. Router yang dipilih ISP Anda dimaksudkan untuk berfungsi dengan baik bagi kebanyakan orang dan menjadi murah. Ini berarti sinyal bisa lemah, itu bisa kekurangan fitur, dan itu bisa memiliki konfigurasi default yang kurang tepat dan aneh.

Solusi cepat dan mudah untuk masalah ini adalah dengan membeli router pilihan Anda sendiri. Biasanya lebih murah untuk melakukannya karena ISP cenderung menjual terlalu mahal untuk biaya sewa.

Jika Anda sudah mencoba semuanya atau hanya ingin ini menjadi lebih mudah, saya sangat menyarankan untuk mengembalikan router ISP Anda dan membeli milik Anda sendiri. Router yang tepat membuat perbedaan kecepatan internet Wifi. Ada banyak router hebat di pasaran, tetapi kami telah merekomendasikan satu di bagian "Tools" di panduan ini.

Jika Anda streaming lebih banyak video HD ke perangkat seperti Chromecast atau ponsel cerdas, memiliki koneksi nirkabel AC akan mengurangi waktu untuk stuttering atau buffering video berkat kemampuannya untuk memindahkan lebih banyak data pada tingkat yang lebih cepat daripada standar N yang lebih lama. Penggantinya, AX tidak akan dirilis hingga 2019, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui teknologi nirkabel Anda untuk sementara waktu jika kebutuhn koneksi internet Wifi Anda sudah sangat mendesak. Perhatikan bahwa Anda memerlukan router AC nirkabel dan perangkat, kartu jaringan, atau USB dongle dengan dukungan wireless AC di komputer Anda jika Anda menginginkan peningkatan kecepatan penuh. Dengan perangkat yang lebih cerdas seperti bola lampu dan switch yang tersebar di seluruh rumah, sinyal WiFi yang kuat yang dapat menyebar ke seluruh rumah Anda dengan baik. Tetapi jika Anda hanya memiliki satu router jelek, dan tidak ingin belajar cara mengonversi router lainnya menjadi repeater, pertimbangkan untuk membeli sistem jaringan mesh nirkabel.

Perusahaan seperti Luma, Eero, dan bahkan Google telah merilis router jaringan mesh, router yang lebih kecil yang Anda tempatkan di seluruh rumah Anda untuk menyelimutinya di WiFi. Mereka biasanya beroperasi dengan satu fungsi sebagai stasiun pangkalan, sementara yang lain terpasang di berbagai titik di seluruh rumah. Semua fitur proses setup yang mudah melalui aplikasi smartphone yang memungkinkan Anda memantau hampir semua yang terjadi di dalam jaringan Anda, termasuk situs yang dikunjungi dan perangkat yang terhubung ke pengaturan router Anda.

3. Letakkan Router Anda di Spot atau Tempat yang Sempurna


Router mungkin jelek, tetapi itu tidak berarti Anda harus menyembunyikannya di belakang meja TV. Jika Anda menginginkan sinyal terbaik, Anda akan seharusnya meletakkan router Wi-fi di tempat terbuka, bebas dari dinding dan penghalang apa pun. Jika lokasi optimal router Anda adalah ruang tanpa meja atau permukaan datar, periksa untuk melihat apakah Anda dapat memasang di dinding baik menggunakan lubang pemasangan yang sudah dipasang sebelumnya atau bracket pemasangan pihak ketiga. Arahkan antena secara tegak lurus, dan naikkan router jika Anda bisa (satu pembaca menemukan bahwa lotengnya adalah tempat yang sempurna). Terakhir, pastikan router itu dipasang di tengah rumah Anda, sehingga Anda memiliki cakupan terbaik di seluruh rumah Anda.


Router sering terbatas pada lokasi tertentu berdasarkan di mana koneksi Internet Anda memasuki rumah Anda dan terhubung ke modem Anda. Anda dapat mengurangi masalah dengan kabel Ethernet yang lebih panjang dan beberapa klem kabel untuk menahan kabel Anda ke dinding sehingga lebih rapi.
  • Pusatkan router Anda atau tempatkan router di tengah rumah Anda. Atau setidaknya tempatkan di lokasi pusat ke tempat Anda akan menggunakannya paling sering.
  • Atur router ke atas. Router Wi-Fi memancarkan gelombang radio yang menyebar dan turun. Anda dapat menempatkan router di rak buku, lemari, atau bahkan memasangnya tinggi di dinding.
  • Hindari area interferensi. Jangan letakkan router Anda di dekat benda-benda logam, dan terutama jangan letakkan di dekat microwave.
  • Hindari permukaan di mana gelombang radio tidak dapat dengan mudah melewati (yaitu dinding beton padat). Dinding beton dan bata juga cenderung menyerap sebagian dari sinyal. Untuk hasil terbaik, jauhkan router dari dinding beton.

4. Temukan Channel dan Frekuensi Wireless yang Tepat


Pada saat router Anda diatur, secara otomatis mendeteksi channel yang paling tidak ramai dan menjadikannya sebagai default. Namun, dengan kedatangan tetangga baru atau kantor terdekat, saluran channel tersebut bisa terganggu. Anda mungkin menemukan bahwa satu channel digunakan oleh beberapa router sementara yang lain kosong.

Jika Anda memiliki tetangga yang juga menggunakan jaringan Wi-fi, router mereka mungkin mengganggu sinyal router Anda dan menyebabkan sinyal router terganggu. Router wireless dapat beroperasi pada sejumlah saluran atau channel yang berbeda, dan Anda menginginkan saluran Anda dengan gangguan sekecil mungkin. Gunakan tool seperti Network Analyzer Lite atau WiFi Analyzer untuk menemukan saluran yang sempurna di rumah Anda. Kami memiliki petunjuk lebih rinci tentang cara melakukannya di sini.

Ada beberapa tool atau aplikasi hebat yang akan membantu menentukan apakah Anda harus mengubah channel Wi-Fi. Perangkat lunak seperti InSSIDer dan NirSoft menganalisis seluruh spektrum Wi-Fi dan memberi Anda detail tentang jaringan Wifi Anda serta penggunaan channel yang berarti Anda dapat mengubah channel yang kurang sibuk.

Sebagian besar penyedia layanan internet memiliki tutorial langkah demi langkah tentang cara melakukan ini karena prosedur dapat berbeda pada setiap ISP.

Masalahnya mungkin dapat diperbaiki dengan cepat dan mudah, mari kita tetap berpikir positif. Dengan mengkonfigurasi ulang router Anda, Anda setidaknya dapat menghilangkan faktor ini sebagai alasan untuk Wi-Fi lambat Anda. Dan Anda tidak pernah tahu, itu bisa berhasil!

Untuk melakukan ini, Anda harus menyesuaikan pengaturan langsung dari dasbor router pada browser komputer atau laptop. Untuk sampai ke menu konfigurasi, Anda harus berkonsultasi dengan buku petunjuk penggunaan router Anda, tetapi biasanya itu cukup sederhana.

Ikuti langkah-langkah di dasbor dan ambil tes kecepatan lainnya untuk melihat apakah kecepatan Wi-Fi telah meningkat. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika Anda pernah mengotak-atik konfigurasi router Anda, Anda mungkin pernah melihat opsi untuk mengatur saluran. Kemungkinan router Anda menggunakan spektrum 2.4GHz. Jika demikian, Anda dapat mencoba untuk mengoptimalkan koneksi Anda dengan mengatur channel ke 1, 6, atau 11. Tentu saja ini akan paling berdampak jika Anda tinggal di kompleks apartemen atau tempat di mana ada banyak router Wi-Fi yang bersaing. Masalahnya adalah bahwa saluran 20MHz pada router 2.4GHz tumpang tindih. Jadi menggunakan 1, 6, atau 11 adalah peluang terbaik Anda untuk saluran yang tidak padat.

Jika Anda menggunakan router 5GHz, ada kabar baik - saluran Anda tidak tumpang tindih! Dalam kedua kasus tersebut, Anda mungkin harus bereksperimen dengan saluran yang berbeda untuk melihat mana yang menyediakan koneksi Wi-Fi terbaik.

Frekuensi 2.4GHz penuh sesak, tidak hanya karena router tetangga menggunakan frekuensi yang sama, tetapi juga monitor bayi, telepon tanpa kabel, oven microwave, dan banyak lagi.

Sebagian besar router wireless 802.11n dan 802.11ac terbaru menawarkan dua pita band Wi-Fi, yang artinya mereka mengirim dua sinyal jaringan, yaitu yang satu di frequency 2.4GHz, dan satu lagi di frequency 5GHz.

Jadi, jika Anda bisa, Anda harus menggunakan 5GHz, yang jauh lebih ramai dan menawarkan lebih banyak channel.

Anda juga dapat membagi perangkat Anda di antara jaringan, untuk menghindari memindahkan kekacauan dari satu jaringan ke jaringan lain. Mungkin menempatkan smartphone dan tablet di jaringan 2GHz, kemudian untuk laptop dan TV dan perangkat yang terhubung di jaringan 5GHz.

Membatasi pita frekuensi router Anda bisa membantu mengatasi masalah koneksi Wi-Fi lambat. Kadang-kadang Anda tidak bisa memiliki kemewahan memilih pita frekuensi 5GHz atau memilih channel yang baik. Dalam kasus seperti itu, mungkin bermanfaat untuk membatasi router Anda untuk mengirimkan sinyal pada interval 20MHz. Untuk bisnis kecil dengan Wi-Fi tamu, membatasi akses tamu ke frekuensi 20MHz akan memberi Anda dan karyawan Anda sinyal yang lebih kuat dengan lebih sedikit kemungkinan disconnect.

5. Hilangkan Interferensi dari Peralatan Elektronik Lain


Router lain bukanlah satu-satunya hal yang dapat menyebabkan gangguan. Telepon tanpa kabel, microwave, dan peralatan lain yang memancarkan gelombang elektromagnetik juga dapat merusak sinyal W-fi Anda. Membeli router dual band dapat membantu mengatasi masalah ini, tetapi Anda juga dapat membeli telepon cordless di band-band lain juga. Jika Anda tidak ingin membeli hardware baru, Anda selalu dapat mencoba memindahkan router jauh dari perangkat yang mengganggu juga.

6. Mencegah Pencuri Koneksi Wi-Fi dengan Keamanan Lebih Baik


Orang tua saya tidak melindungi password router mereka selama beberapa bulan. Ketika saya datang berkunjung, saya melihat beberapa orang tidak dikenal duduk di luar rumah setiap pagi dan sore menggunakan internet pada jaringan Wi-fi kami.

Jika Anda tidak melindungi Wi-Fi Anda dengan kata sandi, maka Anda akan memiliki lebih banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi daripada yang Anda inginkan. Membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan Anda akan meningkatkan kecepatan Anda. Luangkan waktu untuk mengatur kata sandi aman pada router nirkabel Anda.

Ada lebih dari satu cara untuk melindungi koneksi WiFi Anda dari tetangga yang ingin terkoneksi ke jaringan Wifi atau hacker. Kombinasi trik sederhana dan perlindungan kata sandi yang tepat akan membuat jaringan internet Wi-fi Anda lebih aman.

Cloaking adalah langkah yang efektif untuk menjaga orang yang tidak diijinkan untuk mengakses koneksi internet Anda (meskipun lebih banyak pengguna yang paham teknologi dapat menggunakan pemindai jaringan gratis untuk menemukannya dengan relatif mudah).

Jika mereka tidak dapat melihat jaringan WiFi Anda, mereka mungkin tidak dapat terhubung dengannya. Anda dapat menjauhkan intaian para hacker dari router Anda dengan menyembunyikan SSID-nya (nama jaringan WiFi) dan memaksa setiap orang yang ingin terhubung harus memasukkannya secara manual. Anda dapat mengganti opsi SSID broadcast di pengaturan firmware router Anda. Meskipun SSID Anda disembunyikan, SSID tidak akan muncul jika Anda menyiapkan perangkat baru atau memindai koneksi di ponsel cerdas Anda karena Anda harus memasukkannya sendiri.

Dalam hal perlindungan kata sandi, username dan kata sandi administrator default router Anda harus segera diganti dan disimpan di mana pun Anda menyimpan sisa kata sandi Anda. Selain itu, Anda harus mengaktifkan perlindungan kata sandi WPA2 password protection di jaringan WiFi Anda. Sehingga password dienkripsi, membuatnya lebih aman daripada perlindungan protokol keamanan WPA atau WEP security protocols yang lebih lama.

7. Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan Mengaktifkan QoS (Quality of Service) Router


Anda perlu mengontrol aplikasi Bandwidth-Hogging agar paket data tidak tersedot hanya ke salah satu user. Jika seseorang di rumah Anda secara teratur melakukan video chat, memainkan game online, download file torrent, atau menggunakan layanan seperti Netflix, mereka mungkin memonopoli bandwidth dan membuat limit internet lebih lambat untuk orang lain. Untungnya, Anda dapat menggunakan sesuatu yang disebut Quality of Service — atau QoS untuk jangka pendek — untuk memerintah di bandwidth-hog tersebut. Dengan QoS, Anda dapat memprioritaskan aplikasi tertentu (misalnya, video chat) di atas yang lain (seperti video games) sehingga aplikasi yang paling penting mendapatkan bandwidth yang layak. Untuk info lebih lanjut, lihat panduan lengkap kami untuk mengaktifkan QoS di router Anda.

Cara mengaktifkan QoS pada router:

Sekali lagi, untuk penekanan, kami menggunakan DD-WRT untuk tujuan demonstrasi (karena memiliki sistem QoS yang kuat). Anda harus menerapkan prinsip umum sebagaimana berlaku.
  • Pertama, buka halaman admin router Anda. Buka browser web Anda dan ketik alamat IP router Anda ke dalam bilah alamat (Biasanya seperti 192.168.1.1 atau 10.0.0.1, meskipun Anda mungkin perlu memeriksa manual router Anda untuk memastikannya). Masuk dengan username dan kata sandi Anda ketika diminta (sekali lagi, jika Anda tidak tahu apa milik Anda, mungkin masih merupakan default yang tercantum dalam manual Anda).
  • Setelah berhasil login, pilih tab NAT/QoS, lalu tab QoS. Pertama, pilih "Enable" di samping "Start QoS". Biarkan port diset ke WAN. Biarkan 'Packet Scheduler' dan 'Queuing Discipline' diatur ke status default (ini harus diatur secara otomatis berdasarkan perangkat keras router).
  • Terakhir, isi dan atur nilai downlink dan uplink. Nilai yang Anda isi seharusnya 80-95% nilai yang Anda dapatkan pada tes kecepatan Anda. Kalikan kedua nilai 0,8 atau 0,95 untuk mendapatkan nillai jumlah Kbps yang pas.
Saya yakin anda akaan bertanya mengapa menggunakan nilai yang dikurangi atau nilai yang lebih kecil dari hasil speed test? Aturan QoS hanya berfungsi jika router dan algoritme QoS dapat menciptakan hambatan buatan untuk mengarahkan lalu lintas saat QoS handler merasa cocok. Jika Anda menggunakan nilai yang sama dengan atau lebih besar dari kapasitas maksimum koneksi Anda, maka Anda memberikan ruang kendali QoS dan ruang sistem menjadi kurang efektif secara signifikan.

Jika Anda berbagi koneksi internet dengan orang-orang yang suka mengunduh video, streaming acara TV, atau bermain video game online, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyiapkan beberapa aturan untuk memprioritaskan traffic data internet dengan QoS.

Anda juga dapat menyarankan agar mereka mengunduh konten selama waktu yang kurang populer. Tetapi jika Anda canggung dan tidak menyukai konfrontasi, ada berbagai macam tool di luar sana yang akan memprioritaskan aplikasi atau program. Ini harus menghasilkan program yang paling penting untuk mendapatkan prioritas bandwidth.

8. Tingkatkan Jangkauan Wi-Fi Anda dengan Trik DIY (Doi It Yourself)


Jika router Anda masih belum mencapai jangkauan cukup jauh, Anda dapat memperluas jangkauannya dengan trik DIY sederhana. Favorit kami adalah peretasan timah foil, meskipun Anda juga dapat menggunakan kaleng bekas atau saringan memasak untuk memperluas jangkauan router. Memang sedikit merepotkan karena harus meluangkan sedikit waktu, tetapi Anda harus dapat menambah sedikit jarak jangkauan dari jaringan Wi-Fi Anda dengan sedikit usaha.

Anda dapat menghabiskan sedikit uang untuk meningkatkan jangkauan jaringan Anda tanpa menguras saldo rekening bank. Hampir semua router dan kartu jaringan PC, biasanya dengan antena yang dapat disesuaikan, menggunakan antena pemutusan dengan konektor RP-SMA. Anda dapat membeli kabel ekstensi antena RP-SMA, atau bahkan antena pengarah untuk meningkatkan kinerja WiFi Anda.

Melakukan trik DIY di router Wi-Fi Anda seharusnya tidak berada di bagian atas daftar Anda ketika mencoba untuk meningkatkan kecepatannya. Dan jujur saja, kemungkinan besar tidak akan berhasil.

Namun, beberapa orang telah berhasil meningkatkan sedikit jangkauan router Wi-Fi jika dilakukan dengan benar. Menempatkan foil timah di belakang antena router (jika memilikinya) dalam bentuk parabola (bentuk-U) dapat meningkatkan jangkauan sinyal Anda cukup untuk merasakan efek di ruang terjauh di rumah Anda.

9. Tingkatkan Sinyal Router Anda dengan Sedikit Hacking


Cara hebat lain untuk memperluas jangkauan Anda adalah meretas router dan menginstal firmware DD-WRT. Tidak hanya akan memberi Anda banyak fitur keamanan yang hebat dan perangkat tambahan lainnya, tetapi ini memberi Anda pilihan untuk meningkatkan kekuatan transmisi Anda. Ini bisa berbahaya untuk router Anda, tetapi sebagian besar router dapat menangani peningkatan hingga 70 mW tanpa menyebabkan masalah apa pun, dan Anda akan dapat mengakses jaringan Anda dari tempat yang lebih jauh!

10. Ubah Router Lama menjadi Repeater Wifi


Jika itu masih tidak membantu, Anda memerlukan Wifi range extender untuk rumah Anda. Harga perangkat Wifi extender tidak terlalu mahal, tetapi jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk perangkat keras lain, Anda sebenarnya dapat mengubah router nirkabel lama menjadi extender dengan firmware DD-WRT yang disebutkan sebelumnya. Perhatikan bahwa Anda mungkin tidak bisa mendapatkan koneksi secepat melalui extender Anda, tetapi jika Anda tidak bisa mendapatkan WiFi di tepian rumah Anda, ini akan menyelesaikan pekerjaan dengan biaya murah.

Anda juga dapat menghubungkan satu router ke yang lain melalui kabel Ethernet dan membuat AP (access point) lain di rumah Anda.

11. Atur Router Anda untuk Reboot Secara Terjadwal


Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang harus me-reboot router mereka begitu sering agar koneksi tidak putus, maka Anda harus tahu kalau ada solusinya. Anda dapat menjalankan beberapa tes untuk memastikan masalah tidak disebabkan oleh panas atau overheat, firmware lama, atau unduhan berlebih, tetapi cara mudah untuk memecahkan masalah hanya secara otomatis reboot sekali sehari atau lebih. Anda dapat melakukannya dengan DD-WRT atau hanya dengan timer biasa. Setelah selesai, Anda tidak perlu melakukan reboot router Anda terlalu sering (ini bagus jika router Anda berada di loteng).

Biasanya ketika koneksi internet Wi-Fi melambat, yang kita lakukan adalah mematikan dan menyalakan lagi, ini klasik! Yang harus kita lakukan adalah menjadwalkan reboot router setiap hari, sehingga dapat secara otomatis menyegarkan dirinya sendiri dan koneksinya. Anda dapat melakukan ini dengan mengakses menu router melalui PC atau laptop Anda.

Setelah melalui beberapa tweak ini, Anda seharusnya menemukan bahwa WiFi di rumah Anda menjadi lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih aman dari sebelumnya. Setelah selesai, pastikan Anda memeriksa penggunaan pintar favorit kami untuk WiFi, bagaimanapun juga, ini bukan hanya untuk terhubung ke internet.

12. Gunakan Tool Heatmapping


Jadi, Anda telah menetapkan kecepatan Wi-Fi Anda saat ini. Selanjutnya, Anda harus mengunduh aplikasi heatmapping untuk ponsel cerdas Anda. Ada beberapa yang bisa dipilih di Apple AppStore dan Google Play, dan mereka cukup banyak melakukan hal yang sama.

Setelah diunduh, Anda harus berkeliling di sekitar rumah Anda dan melihat bagian mana dari rumah Anda yang tidak terjangkau sinyal Wi-Fi dan area mana yang paling kuat.

Ini berarti Anda dapat mencari tahu tempat untuk menempatkan perangkat Wi-Fi extender atau bahkan memindahkan perabotan dan perangkat Wi-Fi Anda di sekitar untuk mengoptimalkan Wi-Fi Anda.

Mungkin tampak sederhana tetapi memindahkan router Anda akan memiliki dampak positif pada kecepatan Wi-Fi Anda. Gunakan tool Wi-Fi heatmapping untuk mengukur dampak dari jarak, perubahan frekuensi dan struktur bangunan pada kekuatan sinyal. Dua tool yang bagus untuk melakukan pekerjaan ini adalah NetSpot untuk Mac dan Heatmapper untuk Windows.

Kedua alat memungkinkan Anda melacak jangkauan Wi-Fi di kantor atau rumah Anda. Semakin banyak poin yang Anda pindai, semakin tepat heatmap Wi-Fi Anda. Setelah selesai, Anda berakhir dengan peta yang menunjukkan kepada Anda tidak hanya kekuatan sinyal tetapi juga area yang terjangkau jaringan Wi-Fi Anda.

13. Gunakan Adaptor Powerline Untuk Meningkatkan Kekuatan Sinyal


Adapter Powerline adalah cara yang bagus untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi dengan relatif tidak ada upaya, meskipun harga perangkat adaptor powerline cukup mahal. Anda juga harus memastikan Anda membeli satu dengan kemampuan Wi-Fi, jika tidak, Anda akan terjebak dengan yang bergantung pada port ethernet.

Adaptor powerline Wi-Fi-enabled akan membuat hotspot Wi-Fi baru yang akan memberikan sinyal nirkabel di ruangan-ruangan dimana sinyal router Anda tidak dapat dijangkau. Anda juga dapat mencoba extender Wi-Fi, tetapi cukup sering ini tidak berfungsi.

14. Update Firmware Router


Saran yang mudah namun sering terlupakan, pastikan bahwa firmware router Anda sudah diperbarui - terutama jika Anda telah membeli yang baru.

Mengharapkan bandwidth, set fitur dan ketahanan sinyal meningkat dengan beberapa pembaruan firmware. Update firmware terbaru dapat diunduh dari situs web pabrikan dan relatif mudah diperbarui karena sebagian besar memiliki panduan cara membantu.

Dan jika Anda berjuang, Anda dapat menelepon penyedia broadband Anda untuk mendapat dukungan ekstra.

15. Perbarui adaptor atau driver Wi-Fi Anda


Kadang kala USB atau adaptor / driver nirkabel bawaan tidak dapat sepenuhnya berkomunikasi dengan PC atau laptop Anda, dan memperbaruinya dapat memberikan dorongan yang diperlukan agar dapatbekerja kembali.

Ada beberapa tool gratis untuk membuat proses ini lebih mudah seperti Driver Talent yang dapat mengidentifikasi masalah dan menawarkan pembaruan unduhan terbaik yang tersedia untuk sebagian besar sistem operasi. Sistem operasi Mac dapat menemukan solusi pembaruan perangkat lunak di situs web Apple.

16. Matikan Pengaturan Eco dan Bersihkan Cache Data Smartphone atau Laptop


Beberapa router diatur dengan mode 'power saving' secara default. Tujuannya adalah untuk menghemat pemakaian daya listrik sebesar beberapa miliwatt.

Sayangnya, pendekatan terpuji ini dapat mengurangi bandwidth secara tidak proporsional. Untuk menavigasi ini, Anda harus mengunjungi pengaturan daya Wi-Fi Anda melalui PC atau laptop dan mengubah ke pengaturan daya normal.

Sinyal Wi-Fi Anda dapat menjadi lemah jika PC Anda terlalu tua atau banyak file tidak perlu. Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda adalah mendeklarasikan PC Anda dan membuang file atau program yang tidak perlu yang dapat memperlambatnya. Saya menyarankan untuk membersihkan cache data dengan menggunakan AVG Tune Up dan CCleaner.

Ini adalah hasil tes kecepatan Wifi setelah melakukan tips dan trik mempercepat koneksi Wifi di atas. Hasilnya kecepatan download meningkat hampir 5 kali lebih cepat dari sebelumnya. Awalnya download speed hanya sekitar 3-4 mbps, sekarang menjadi 15 mbps hingga 20 mbps.


Itulah beberapa trik cara mempercepat koneksi Wifi yang bisa Anda lakukan pada router Wifi Anda. Jika Anda mengetahui cara meningkatkan kecepatan koneksi Wifi lainnya, silahkan tulis pada kotak komentar di bawah.

Berikan komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi Wifi"


EmoticonEmoticon