03 June 2018

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi - Ada beberapa hal yang lebih menakutkan daripada menonton halaman web secara perlahan saat Anda bekerja untuk memenuhi tenggat waktu, atau video Youtube yang terus-menerus berhenti pada saat buffering. Koneksi internet wifi bisa mengalami gangguan karena beberapa penyebab yang berbeda, bahkan tanpa Anda sadari kebiasaan tertentu adalah salah satu penyebab masalah koneksi wifi tersebut.

Apakah Anda lelah mengalami koneksi Wi-Fi yang lambat? Mungkin Anda membayar untuk paket internet broadband 10 Mbps, tetapi kecepatan aktual Anda hanya mendekati 500 kbps saja. Sebelum Anda menyalahkan ISP Anda, Anda harus memeriksa pengaturan router Wi-Fi Anda. Di Indonesia, kini sudah banyak ISP atau provider layanan internet broadband yang berkualitas baik, antara lain: Biznet Home, IndiHome Fiber (awalnya bernama Telkom Speedy), Indosat Ooredoo GIG, Firstmedia, MyRepublic (sebelumnya bernama Innovate Indonesia), Oxygen.id dari Moretelindo, MNC Play Media, XL HOME Fiber Broadband, dan CBN (Cyberindo Aditama). Meskipun berlangganan untuk paket internet broadband 10 mbps, terkadang speed-nya tidak sampai 2 mbps, bahkan kadang di bawah 1 mbps. Saya yakin masalah bukan terletak pada ISP, tapi pada router atau ONT (ONT (Optical Network Terminal) bawaan ISP yang anda gunakan. Misalkan penyebab lambatnya koneksi wifi bersumber pada ISP, itu biasanya hanya gangguan teknis atau maintenance sementara saja.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Masalah Internet terus-menerus mengganggu mereka yang mencoba untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan padahal sedang membutuhkan koneksi internet cepat. Tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan koneksi jaringan internet Wi-Fi menjadi lebih cepat dan memancarkan sinyal lebih kuat di seluruh area kantor atau rumah Anda, hampir semua solusi tidak akan memerlukan biaya sepeser pun alias gratis.

Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Wifi


Wi-Fi adalah cara dunia era sekarang terhubung satu sama lain tanpa batas ruang dan tempat. Jaringan internet Wi-Fi adalah teman tak terlihat yang menghibur kita, memungkinkan kita untuk menonton video Youtube di tempat tidur, dan memperlengkapi kita untuk bekerja dari mana saja kapan saja. Wi-Fi cukup banyak menjadi kebutuhan utama akhir-akhir ini. Kadang-kadang kegembiraan yang manis itu berubah menjadi masam terutama ketika koneksi Wi-Fi melambat.


Saat Anda mengandalkan internet Wi-Fi, masalah kecepatan yang lemot dapat mengacaukan semua aktivitas yang sedang kita lakukan. Sayangnya, masalah kecepatan tidak selalu mudah didiagnosis karena cara kerja Wi-Fi yang sangat kompleks. Satu variabel yang tidak diketahui berpotensi memotong kecepatan Wi-Fi Anda menjadi setengahnya, jadi penting untuk mengetahui titik kesalahan yang menjadi penyebabnya ketika ada yang salah pada koneksi Wi-Fi. Sebelumnya kami juga pernah membahas tips mempercepat koneksi router di Cara Mempercepat Koneksi Wifi.

Wi-Fi mentransfer data menggunakan salah satu dari dua frekuensi radio: 2,4 GHz (standar lama) dan 5 GHz (standar yang lebih baru). Sebagian besar router modern dapat beralih di antara keduanya dan router pintar bahkan dapat memilih frekuensi terbaik di ruangan secara otomatis. Dalam frekuensi ini, ada beberapa saluran channel: 14 channel diantaranya berada di frekuensi 2,4 GHz dan 30 channel ada di frekuensi 5GHz.

Itulah dasar-dasar cara kerja Wi-Fi yang perlu Anda pahami. Setelah mengetahui hal itu, kita sekarang dapat menjelajahi beberapa alasan yang kurang diketahui di balik mengapa Wi-Fi Anda sangat lambat seperti keong dan cara terbaik untuk memperbaiki masalah kecepatan koneksi internet Wi-Fi tersebut.

1. Atur Letak Penempatan Router Wi-Fi Untuk Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi


Kebanyakan orang meremehkan pentingnya memilih tempat yang bagus untuk router Wi-Fi. Bahkan pergeseran kecil dalam penentuan posisi bisa menjadi perbedaan antara sinyal kuat dan lemah.

Posisi router Wifi di rumah Anda sangat menentukan tingkat kecepatan dan kualitas sinyal Wi-Fi. Jika Anda memiliki router yang ditempatkan di sudut yang jauh dari rumah Anda, kemungkinannya adalah, Anda tidak mendapatkan sinyal di bagian lain rumah.

Lokasi ideal router adalah sedekat mungkin dengan pusat rumah Anda, di area terbuka, jauh dari barang elektronik lain, dengan jarak pandang maksimal tanpa terhalang dinding beton. Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, maka semakin tinggi peluang terjadinya gangguan pada sinyal internet Wi-Fi Anda.


Ini juga lebih baik untuk menjaga router pada posisi lebih tinggi. Router cenderung menyebarkan sinyal ke bawah, jadi jika letak router terlalu rendah atau bahkan sangat dekat dengan lantai, maka cakupan dan jangkauan sinyal menjadi tidak maksimal.

Letak Tinggi vs Rendah
Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin membongkar router baru Anda, menemukan lokasi outlet yang wajar, kemudian memasangnya, dan hanya meletakkannya di tempat yang terdekat seperti rak, meja, atau bahkan di lantai. Ternyata, ketinggian router memang membuat perbedaan nyata dalam kekuatan sinyal dan kecepata wifi.

Artinya, posisi router di lantai atau di belakang objek lain biasanya menghasilkan kinerja yang lebih buruk. Sebaliknya, pasang router setinggi mungkin untuk memperluas jangkauan penyiaran dari gelombang sinyal wifi. Ini juga membantu membersihkan router dari kemungkinan gangguan yang menghambat sinyal.

Beton dan Logam Menghambat Sinyal Wifi
Material seperti beton dan logam cenderung menjadi penyebab terburuk yang memblokir gelombang Wi-Fi, tetapi bahkan benda-benda dari material lain dapat menghalangi kinerja sinyal nirkabel. Pastikan router Anda tidak terblokir dan terhalang oleh objek lain, terutama perangkat yang bersifat elektronik.

Juga, hindari menempatkan router Anda di ruang bawah tanah karena area ini biasanya tertutup oleh banyak beton, yang hampir tidak mungkin bagi sinyal Wi-Fi untuk menembusnya.

Jarak Laptop atau Smartphone ke Router Wifi
Semakin jauh device dari router wifi Anda, maka semakin lemah sinyal Wi-Fi. Oleh karena itu, pilihan terbaik adalah menempatkan router Anda sedekat mungkin dengan perangkat Anda, tetapi ini hanya praktis jika Anda memiliki satu area utama di mana Anda cenderung menggunakan perangkat Anda.

Jika tidak, Anda harus menempatkan router Wi-Fi di dekat pusat rumah Anda. Lagi pula, pancaran sinyal Wi-Fi menyebar ke segala arah atau 360 derajat, jadi tidak masuk akal untuk meletakkannya di salah satu ujung rumah.

Namun, jika router Anda sangat lemah atau jika rumah Anda sangat besar, maka Anda mungkin perlu meningkatkan jangkauan gelombang Wi-Fi tersebut dengan menggunakan Wifi Extender atau repeater Wi-Fi. Ini adalah perangkat tambahan yang terhubung ke router utama dan "mengulang" sinyal sehingga mencakup lebih banyak area.

2. Mengatasi Gangguan Sinyal Wireless


Anda mungkin tidak pernah memperhatikan tetapi ada banyak sinyal nirkabel di sekitar Anda ke mana pun Anda pergi dan sinyal melewati Anda sepanjang waktu. Asal sinyal-sinyal elektromagnetik tersebut berasal dari semua perangkat elektronik, sinyal TV dan radio, router Wi-Fi, satelit, menara seluler, dan banyak lagi.

Perancang informasi Richard Vijgen menciptakan "The Architecture of Radio" - tersedia di iOS dan Android - yang menggunakan informasi publik di satelit dan menara seluler, bersama dengan informasi Wi-Fi, untuk membuat peta dari semua sinyal tak terlihat di sekitar Anda. Saya mencoba ini dan Anda dapat melihat hasil dari pengujian saya di screenshot di atas.

Meskipun Wi-Fi seharusnya berada pada frekuensi yang berbeda dari sebagian besar perangkat ini, jumlah noise sinyal radio masih dapat menyebabkan gangguan. Beberapa penyebab gangguan yang umum dan patut dicatat bisa anda baca di bawah ini.

Gelombang Microwaves
Tahukah Anda bahwa oven microwave dapat menyebabkan gangguan pada jaringan Wi-Fi Anda? Terutama pada router yang memiliki teknologi lebih tua. Ini karena oven microwave beroperasi pada frekuensi 2,45 GHz, yang sangat dekat dengan pita Wi-Fi 2,4 GHz.

Secara khusus, pita 2,4 GHz Wi-Fi sebenarnya menyiarkan antara 2,412 GHz dan 2,472 GHz, jadi ada kalanya frekuensi microwave dapat tumpang tindih dengan frekuensi Wi-Fi, dan ketika itu terjadi maka akibatnya data yang ditransfer akan terganggu.

Sebagian besar gelombang mikro terlindung dengan baik sehingga tidak ada gelombang yang harus dideteksi di luar oven, tetapi bila ada perisai yang error atau buruk, saat itulah gangguan dapat terjadi.

Perangkat Bluetooth
Ternyata jenis koneksi nirkabel favorit lainnya yaitu Bluetooth juga kebetulan beroperasi pada 2,4 GHz. Secara teori, perangkat yang dirancang dengan baik harus dilindungi dengan cara yang mencegah interferensi.

Selanjutnya, untuk mencegah terjadinya bentrokan frekuensi, pabrikan Bluetooth menggunakan frekuensi hopping, yang mana sinyal secara acak berotasi di antara 70 saluran yang berbeda, berubah hingga 1.600 kali per detik. Perangkat Bluetooth yang lebih baru mungkin juga memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi channel "buruk" atau sedang digunakan dan menghindari itu.

Namun gangguan masih dapat terjadi, jadi coba pindahkan router dari perangkat Bluetooth (atau setidaknya matikan Bluetooth yang aktif) untuk melihat apakah ini penyebab masalah Anda. Terutama jika ituadalah perangkat Bluetooth yang lebih tua tanpa pengelolaan channel.

Lampu Menghambat Koneksi Wifi
Cukup lucu, lampu bisa menjadi faktor penyebab dalam memperlambat Wi-Fi Anda karena lampu-lampu ini dapat memancarkan medan elektromagnetik yang berinteraksi dengan band Wi-Fi Anda. Ini sangat buruk ketika menggunakan lampu dengan kemampuan flash.

Bahkan lampu LED modern jauh lebih mengacaukan sinyal wifi karena beberapa di antaranya memiliki chip yang terpasang di setiap lampu, dan ini menciptakan medan elektromagnetik yang mengganggu.

Pada kenyataannya, semua jenis lampu lain dapat menyebabkan gangguan dengan memancarkan medan elektromagnetik seperti ini, tetapi efeknya hampir tidak berarti dalam banyak kasus. Namun, Anda harus menjaga router Anda jauh dari lampu listrik untuk berjaga-jaga.

3. Adaptor jaringan Powerline Untuk Memperluas Coverage Wifi


Jika Anda tinggal di rumah bertingkat yang besar atau tidak ada cara untuk memosisikan router secara terpusat, solusi terbaik berikutnya adalah adalah adaptor jaringan powerline.

Adapter jaringan powerline bekerja di sebagian besar konstruksi modern dengan memanfaatkan kabel listrik yang ada di dinding. Colokkan adaptor di dekat router Anda dan hubungkan ke router Anda melalui kabel Ethernet. Tancapkan adaptor kedua di ruangan atau area di mana Anda ingin menggunakan internet. Dari sana, Anda dapat menggunakan kabel Ethernet lain untuk terhubung langsung ke perangkat Anda atau ke port Internet di router kedua.

Extender jaringan Powerline bekerja dengan cara yang sama, tetapi adapter kedua (atau tambahan) memancarkan sinyal wireless yang cukup kuat untuk setidaknya satu ruangan kecil.

4. Atur Fitur Wireless Security


Mungkin terdengar cukup jelas bagi sebagian orang, tetapi banyak jaringan dibiarkan terbuka dan tidak aman. Ini bukan hanya merupakan ancaman potensial bagi pengguna jaringan itu, karena lemahnya security juga dapat menyebabkan penurunan kecepatan internet Wi-Fi secara dramatis, berkat pengguna yang melucuti jaringan terbuka dan bandwidth hog dengan streaming video atau mengunduh file berukuran sangat besar.

Masuk ke halaman admin router Wi-Fi Anda dengan menavigasi ke alamat IP router menggunakan browser web, kemudian gunakan kredensial default untuk login. IP administrator Router bervariasi menurut merek, tetapi umumnya sangat mudah ditemukan, sering kali di bagian sisi bawah Router itu sendiri atau dalam buku panduan atau manual produk. Pilih WPA2 sebagai metode enkripsi dan pilih passphrase - sesuatu yang mudah diingat.

Selanjutnya hanya bagikan password dengan orang yang Anda percayai untuk berada di jaringan Anda.

5. Gunakan Software Heatmapping


Jika Anda tidak yakin apakah ada jaringan di sekitar yang mengganggu wifi Anda atau mengacaukan cakupan sinyal seperti apa yang sebenarnya Anda butuhkan, Anda dapat mengunduh perangkat lunak yang akan menunjukkan kepada Anda semua hal yang mungkin ingin Anda ketahui atau apa yang harus dilakukan dengan sinyal nirkabel di rumahmu.

Perangkat lunak ini akan memungkinkan Anda untuk melihat seperti apa peta heatmap sinyal Wifi Anda dan memungkinkan Anda melihat dengan tepat jenis coverage sinyal apa yang setiap ruangan dapatkan. Dilengkapi dengan informasi ini, Anda dapat memposisikan kembali dan mengatur ulang penempatan lokasi router Wifi, antena atau adaptor jaringan powerline untuk memperbaiki area yang bermasalah.

Tool Heatmap yang kami rekomendasikan:

6. Alihkan Sinyal Wifi ke Frekuensi 5GHz


Masalah yang mungkin belum Anda pikirkan sebelumnya adalah frekuensi pengoperasian router Anda. Jika Anda menariknya keluar dari kotak, menginstalnya dan tidak pernah melihat ke belakang, Anda mungkin tertarik dengan menu dropdown yang memungkinkan Anda memilih antara frekuensi 2.4GHz dan 5GHz.

Jika Anda memiliki banyak perangkat elektronik di rumah Anda, spektrum 2.4GHz bisa menjadi sangat ramai. Seorang mantan rekan di Pocketnow, Joe Levi, menjelaskan bahwa perangkat Bluetooth, periferal nirkabel dan bahkan beberapa gelombang mikro menyebabkan banyak noise dalam spektrum 2.4GHz.

Untuk mengurangi kebisingan dan drop-off, pertimbangkan untuk mengalihkan router Anda ke frequency 5GHz di panel administrator. Jika opsi untuk 2.4GHz dan 5GHz ada, maka pilihlah frekuensi itu.

7. Gunakan Channel Wifi yang kurang ramai


Salah satu kemajuan dunia modern adalah bahwa setiap rumah tangga memiliki jaringan Wi-Fi mereka sendiri, yang dapat menyebabkan masalah dengan channel wifi tumpang tindih. Ini bisa menjadi masalah di townhouse, tetapi sangat bermasalah di kompleks perumahan dan apartemen di mana ada banyak router dalam jarak dekat.

Channel overlap sebagian besar merupakan masalah untuk router yang hanya dapat disiarkan pada 2,4 GHz atau jika Anda memiliki perangkat yang hanya dapat menerima sinyal nirkabel 2,4 GHz. Mengapa? Karena hanya ada 14 saluran untuk disiarkan. Dua buah router yang menyiarkan sinyal pada channel dan frekuensi yang sama akan mengganggu kestabilan koneksi wifi.

Itulah mengapa penting bahwa Anda memilih channel yang baik di setelan router Anda. Router modern dapat memilih channel untuk Anda secara otomatis, tetapi terkadang lebih baik untuk menyelidiki dan menemukan channel terbaik sendiri secara manual.

Selain itu, orang-orang dapat mencoba dan masuk ke jaringan wifi Anda tanpa sepengetahuan Anda, dan ini juga dapat memperlambat konekso Wi-Fi Anda. Satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah memastikan router Anda tidak memiliki kata sandi yang mudah dibobol. Selain itu, pastikan router Anda selalu mutakhir dan lakukan pemeriksaan rutin untuk perangkat yang mencurigakan di jaringan Anda.

Belum lama ini, pengguna Wi-Fi memposting tips yang menguraikan cara mudah untuk memperbaiki salah satu masalah kecepatan Wi-Fi yang paling umum, yaitu pemilihan channel yang buruk.

Sinyal nirkabel bergerak dalam gelombang melalui channel di udara. Jika beberapa sinyal menggunakan channel yang sama, mereka dapat saling mengganggu. Ini menyebabkan data yang ditransmisikan hilang sehingga gelombang harus disiarkan ulang, itulah sebabnya kecepatan Wifi Anda menurun.

Jika Anda tinggal di dekat router lain - seperti di gedung apartemen - maka kemungkinan besar kecepatan Wi-Fi Anda lambat karena gangguan saluran.

Itulah mengapa Anda harus mengunduh dan menjalankan Penganalisis Wi-Fi (tersedia di Windows dan Android), yang memberi tahu Anda saluran mana yang digunakan.

Jika Anda tinggal di lingkungan yang ramai atau di apartemen dan berbagi banyak ruang sinyal yang sama dengan tetangga Anda, memilih channel yang tepat dapat mengurangi gangguan dan membantu mempercepat pekerjaan.

Sebagai permulaan, saluran 1, 6 dan 11 paling sering digunakan dalam spektrum 2.4GHz, karena hanya tiga saluran channel yang tidak saling tumpang tindih satu sama lain. Jika Anda beralih ke 5GHz, Anda memiliki seluruh channel untuk dipilih. Pemilihan channel bervariasi berdasarkan model atau tipe router.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Wifi Analyzer di Android atau WifiInfoView di Windows untuk menganalisis sinyal nirkabel terdekat dan melihat channel mana yang paling sering digunakan. Mac memiliki fungsi bawaan ini, cukup tahan opsi dan klik ikon Wi-Fi di bilah menu, lalu pilih Open Wireless Diagnostics.

Setelah saya mengubah channel, kecepatan internet bertambah dari 1 Mbps menjadi 10 Mbps jika di-test dengan menggunakan SpeedTest.net sebagai tool online yang saya sukai untuk menguji kecepatan internet. Itu hampir 10 lebih cepat dari kecepatan sebelumnya, sekarang saya dapat menggunakan hampir seluruh broadband plan sebesar 10 Mbps.


Ada cara lain untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda, seperti mengubah lokasi router Anda dan belajar menggunakan beberapa fitur yang lebih canggih. Namun, peralihan saluran menawarkan paling banyak uang, pastinya.

Tidak ada gunanya jika banyak router yang lebih baru secara otomatis akan memilih channel yang paling tidak ramai saat me-reboot, sehingga mencabut steker juga dapat mengalihkan channel ke channel yang kurang ramai.

8. Ganti Router Wifi


Jika Anda membayar untuk internet cepat di rumah dan merasa seperti Anda tidak mendapatkan kecepatan internet seperti apa yang Anda bayar, bisa jadi hardware router Wifi mungkin menjadi penyebab utama lambatnya koneksi Wifi. Pada saat anda memasang internet broadband yang menggunakan jaringan kabel fiber optik di rumah Anda, pihak ISP akan memberikan sebuah ONT bermerk Huawei atau ZTE. Router atau ONT tersebut biasanya berspesifikasi terbatas, jadi sebaiknya anda membeli sendiri router yang lebih baik, seperti TP-Link, D-Link, Linksys, atau Netgear.

Jika sudah beberapa tahun sejak Anda membeli router (atau modem / router combo), mungkin saatnya untuk meningkatkan dengan router berteknologi terbaru. Teknologi Wireless dan Internet telah banyak berubah dalam dekade terakhir, dan banyak router yang berumur 5 tahun atau lebih tidak mendukung teknologi yang lebih baru, seperti wireless 802.11n/ac, 5GHz, atau kecepatan Internet yang melebihi 100Mbps.

Cara termudah untuk menentukan apakah router Anda adalah pelakunya adalah mencari nomor model dan membandingkan spesifikasinya dengan paket broadband internet dari ISP Anda.

9. Ubah Router lama menjadi repeater Wi-Fi


Adaptor jaringan powerline hampir selalu merupakan opsi yang lebih baik untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel Anda. Namun, mereka tidak akan bekerja di sirkuit terpisah.

Ketika Anda perlu memperluas jaringan dan adaptor jaringan saluran listrik tidak akan melakukannya, pilihan terbaik berikutnya adalah menempatkan router lama Anda untuk digunakan dan mengubahnya menjadi Wifi repeater. Memang cara ini agak rumit dan biasanya mengharuskan Anda menginstal firmware kustom di router Anda. Belum lagi, kecepatan jaringan akan terpotong secara dramatis, tapi itu mungkin satu-satunya cara termudah untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi hingga seluruh area properti Anda.

10. Hubungi ISP Anda


Jika semuanya gagal, pertimbangkan untuk menelepon ISP Anda. Ya, itu biasanya salah satu hal paling tidak menyenangkan yang dapat Anda lakukan , tetapi itu bisa menghemat jam, hari, atau minggu frustrasi di masa depan.

Jika Anda telah meningkatkan paket Internet Anda dan Anda menggunakan perangkat keras yang disediakan oleh penyedia layanan internet Anda, mereka dapat memperoleh perangkat keras yang tepat di tangan Anda. Time Warner Cable, misalnya, baru-baru ini meluncurkan upgrade TWC MAXX-nya di beberapa bagian Charlotte, North Carolina, yang membutuhkan perangkat keras yang ditingkatkan. Tanpa modem dan router yang lebih baru, Anda mungkin tidak mengalami efek penuh dari peningkatan kecepatan Wifi internet secara gratis.

Jika ada masalah lain, mereka biasanya dapat membantu mendiagnosis masalah dan menerapkan perbaikan. Seringkali, sayangnya, solusi tersebut akan mengorbankan dompet Anda sendiri.

11. Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi dengan Mengaktifkan QoS (Quality of Service)


Pernahkah Anda meninggalkan unduhan besar-besaran yang berjalan di PC Anda? Nah, dalam hal ini Anda mungkin penyebab Wi-Fi lambat Anda sendiri. Mengunduh file besar dapat sangat merugikan kinerja Wi-Fi Anda. Terkadang hal ini tidak dapat dihindari misalnya saat pembaruan OS bisa sangat membutuhkan bandwidth besar, tetapi jika Anda menjalankan tugas yang tidak mendesak, coba pause dulu dan tunda hingga saat Anda tidak sedang menggunakan device untuk browsing.

Bagaimanapun orang-orang di jaringan wifi Anda seperti teman, teman sekamar, atau anggota keluarga berpartisipasi dalam kegiatan bandwidth berat seperti bermain game dan streaming Netflix. Untungnya, jika ini kasusnya, Anda dapat memprioritaskan lalu lintas jaringan Wifi untuk Anda sendiri dengan mengaktifkan fitur QoS (Quality of Service) di pengaturan router wifi Anda.

Fakta Bonus: Manusia adalah terdiri dari 60% air dan air dapat memperlambat gelombang radio. Meskipun saya tidak menyarankan Anda mengusir semua orang dari rumah Anda, pastikan router Anda tetap berada di luar area utama tempat orang-orang berkumpul. Dampak positif yang dihasilkan tidak terlalu berefek pada peningkatan kecepatan internet wifi, tetapi bisa terlihat.

Pernahkah Anda mengalami salah satu dari masalah yang memperlambat Wi-Fi Anda? Bagaimana Anda memperbaikinya? Apa Anda pikir kita melewatkansalah satu cara mempercepat koneksi internet Wi-fi? Beri tahu kami di komentar di bawah ini, semoga berhasil dalam penyelidikan masalah Wi-Fi Anda!


EmoticonEmoticon