22 May 2017

Cara Mengambil Screenshot di HP Smartphone dan Tablet Android

Cara Mengambil Screenshot di HP Smartphone dan Tablet Android - Membuat dan mengambil screenshot pada smartphone Android atau tablet adalah salah satu hal yang paling sederhana yang dapat Anda lakukan, tapi itu tidak berarti mempunyai metode yang paling konsisten sama pada setiap HP Android. Karena hardware bervariasi pada setiap merk dan tipe ponsel Android. Contohnya kita bisa melihat pada smartphone atau tablet Android merk Samsung, dengan tombol hardware klasik berbeda dengan tipe dan seri terbaru. Hal ini yang menyebabkan metode untuk mengambil screenshot Android dapat bervariasi tergantung pada merk, tipe dan serinya.

Screenshot HP Android adalah gambar-gambar yang diambil oleh pengguna smartphone atau tablet Android untuk merekam item terlihat yang ditampilkan pada setiap perangkat output visual. Meskipun mengambil snapshot pada layar ponsel Android kita terdengar seperti sesuatu yang hanya ingin dilakukan para pengulas aplikasi, tetapi seiring berjalannya waktu kita akan menemukan situasi tertentu di mana kita memerlukan screenshot, antara lain untuk berbagi foto, setup home screen, berbagi informasi atau bahkan menunjukkan bukti dalam bentuk gambar yang kita ingin tunjukkan kepada teman-teman kita. Tampaknya rumit atau kompleks, tetapi sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan hanya perlu mengikuti prosedur sederhana, bahkan tanpa PC maupun tanpa software tambahan atau modifikasi perangkat keras.

Cara Mengambil Screenshot di HP Smartphone dan Tablet Android

Jadi panduan atau tutorial tips dan trik cara mengambil screenshot Android ini adalah sebagai media dimana kita sedang mencari tahu dan mengumpulkan cara bervariasi untuk mengambil screenshot pada berbagai macam ponsel Android. Beberapa smartphone atau tablet Android menggunakan kombinasi menekan lalu kemudian menahan tombol Power dan salah satu tombol Volume secara bersamaan selama beberapa detik. Sedangkan beberapa merk dan tipe lainnya menggunakan tombol Power dan tombol Home. Dengan semakin berkembangnya teknologi Android maka mulai sekarang dan hingga selanjutnya di kemudian hari Anda akan mendapatkan ponsel Android dengan tombol software khusus untuk mengambil screenshot. Anda bahkan dapat menggunakan Google Now on Tap pada beberapa smartphone atau tablet Android. Ini hanya salah satu hal fantastis yang membuat Android begitu menyenangkan meskipun kadang-kadang juga membuat kita frustasi saat menemui error atau masalah pada HP Android.

Pada hari-hari awal produksi ponsel dengan OS Android, mengambil screenshot pada ponsel atau tablet adalah hal yang sulit dilakukan tapi sekarang kemampuan untuk mengambil screenshot telah dibuat dan ditambahkan ke dalam OS Android. Dalam artikel ini kami tunjukkan cara untuk mengambil screenshot pada smartphone atau tablet Android, termasuk Samsung Galaxy S7, HTC 10, Sony Xperia XZ, LG G5, Pixel, Nexus, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi Mi, Huawei, OnePlus, Motorola Droid, Oppo, Advan Vandroid, Foxconn, dan ponsel atau HP Google Android lainnya. Agar lebih lengkap lagi akan kami tambahkan juga cara merekam screencast di Kitkat, Lollipop, Marshmallow, dan Nougat.


Ada saat-saat dimana Anda ingin sharing atau berbagi apa yang ada di layar smartphone dan tablet Android Anda kepada orang lain. Anda ingin berbagi sesuatu yang sedang tertampil dan muncul di screen ponsel Android, dimana orang lain tidak perlu ikut membuka halaman yang kita lihat tersebut secara langsung dari sumbernya. Pada saat seperti itu, Anda perlu untuk mengambil capture screenshot pada layar smartphone Android milik Anda, yang tidak lebih dari snapshot atau apa pun yang sedang ditampilkan di layar. Ada berbagai macam obyek yang biasanya sering diambil screenshot-nya, antara lain: screenshot Home Screen, wallpaper, screenshot snapchat, screenshot file / folder, menu pengaturan atau setting, screenshot Google Play Store, screenshot aplikasi Android, screenshot browser halaman situs, forum, sosial media (facebook, twitter, Google Plus+, Instagram, Pinterest), screenshot live video streaming chat (Smule, Bigo Live, Skype), dan screenshot chat messenger (BBM, Line, WhatsApp, Facebook Messenger, Google Hangouts, WeChat, KakaoTalk, Razer Comms, Tango, BeeTalk). Developer aplikasi sering mengambil beberapa screenshot untuk mendokumentasikan aplikasi buatan mereka. Penulis mengambil screenshot untuk artikel online mereka di blog dan deskipsi pada App Store. Beberapa gamer mengambil screenshot dari sesi permainan mereka hanya sekedar memamerkan pada teman-temannya. Ada beragam alasan mengapa skrinsut atau screenshot pada layar HP Android itu sangat diperlukan dan penting.

Kabar baiknya adalah ternyata cara mengambil screenshot pada Android sangatlah mudah dan cepat. Anda dapat melakukannya bahkan dengan mata tertutup. Apakah anda sudah tahu bagaimana cara mengambil screenshot padan smartphone atau tablet Android? Dalam artikel panduan ini akan saya tunjukkan cara untuk mengambil screenshot pada HP atau ponsel Android.

Cara Cepat dan Mudah Mengambil Screenshot di HP Smartphone dan Tablet Android


Tidak ada opsi atau fitur Print Screen di Android seperti yang ada pada Windows PC, komputer, atau laptop, tetapi mengambil screenshot pada HP sangat cepat dan mudah. Tekan dan tahan bersama-sama tombol Power dan Volume Down, atau jika perangkat Android Anda memiliki tombol Home sebagai gantinya silahkan mencoba tekan tombol Power dan Home secara bersamaan seperti yang Anda lakukan pada iPhone atau iPad.

Mengambil sebuah screenshot ponsel Android biasanya dilakukan dengan menekan dua tombol pada Android Anda, yaitu tombol Volume Down (volume turun) dan tombol Power, atau bisa juga dengan menekan dan menahan tombol Home dan tombol Power secara bersamaan.


Ketika kedua tombol ditekan secara bersamaan dengan benar, maka layar smartphone Android Anda akan berkedip atau flashing, biasanya disertai dengan suara shutter kamera. Kadang muncul juga pop-up pesan notifikasi atau peringatan pemberitahuan yang menunjukkan kalau screenshot layar HP Android telah berhasil dibuat.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan pilihan screenshot pada menu Power. Hanya dengan menekan lama atau dalam beberapa detik tombol Power, menunggu menu Power muncul, dan pilih Take Screenshot dari layar smartphone atau tablet Andoid. Ini bisa menjadi cara yang sangat berguna, terutama ketika Anda mengalami untuk kesulitan menekan tombol secara bersamaan pada HP Android.

Pada sebagian besar ponsel dan tablet Android, untuk mengambil screenshot Anda cukup tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down bersama-sama. Perlu sedikit latihan untuk bisa melakukan tindakan ini. Jika menekan tombol Power terlalu cepat maka layar akan mati, sedangkan jika Anda menekan tombol Volume Down terlalu cepat maka screenshot Anda dapat kacau oleh menu volume slider pada layar. Setelah beberapa detik layar akan berkedip dan pemberitahuan akan muncul di drop-down pada bagian atas layar, memberikan Anda pilihan untuk menghapus, share, atau mengedit gambar. Anda juga dapat mengakses file gambar screenshot yang baru saja anda buat di folder Gallery Anda.


Produsen Android bahkan memberikan beberapa cara tambahan dan unik untuk mengambil screenshot pada ponsel Android Anda. Misalnya, Anda dapat mengambil screenshot pada seri Galaxy Note menggunakan S Pen. Pada kebanyakan ponsel Samsung Android terbaru, kamu bisa mengambil screenshot dengan cara slide atau menggesekkan dan menyapukan telapak tanganmu pada layar. Sebenarnya Ada beberapa cara alternatif lainnya untuk mengambil capture screenshots yang diulas atau mungkin tidak disebutkan pada panduan tutorial dan tips trik membuat screenshot smartphone Android ini.

Catatan Penting: Prosedur yang dijelaskan dalam posting ini adalah untuk OS Stock Rom atau versi original keluaran pabrik. Prosedur untuk menangkap screenshot pada Custom ROM mungkin memiliki cara yang berbeda dengan Stock ROM.

Cara Mengambil Screenshot Pada Perangkat HP Samsung Android


Kita tahu ponsel Samsung Android benar-benar dikemas penuh dengan fitur canggih dan banyak kegunaan, satu hal yang kita terus-menerus telah menerima pertanyaan tentang sesuatu yang sederhana seperti cara mengambil screenshot pada smartphone atau tablet Samsung. Apakah Anda ingin screenshot sesuatu yang lucu untuk diposting ke Facebook atau Instagram, jadwal balapan Moto GP atau F1, atau bahkan email penting, maka screenshot adalah cara mudah untuk melakukan hal-hal tersebut. Tips ini sebenarnya adalah trik lama, tapi banyak pengguna Android ingin belajar segera dan mulai menikmati fitur screenshot di ponsel baru mereka.


Pada perangkat Samsung memiliki 2 metode yang berbeda untuk tergantung apakah itu HP keluaran lama atau baru. Untuk keluaran terbaru yang memiliki tombol Home,cukup dengan menekan dan tahan tombol Power dan Home tombol bersama-sama. Atau, memungkinkan kemampuan untuk mengambil screenshot dengan menggesek atau Palm Swipe.

Jika Anda telah menggunakan perangkat Samsung dalam beberapa tahun terakhir, sepertinya Anda mungkin bahkan tidak akan perlu mencari bagaimana caranya. Jika Anda seorang user baru Android yang meninggalkan iPhone atau smartphone Android sebelumnya, di bawah ini adalah beberapa langkah sederhana Anda harus diikuti dalam rangka untuk menangkap capture dan menyimpan screenshot.

Metode ke-1
  • Perangkat dengan tombol Home: Untuk beberapa ponsel Samsung terbaru dengan tombol Home tersendiri, bisa menggunakan secara bersamaan antara tombol Home dan tombol Power untuk mengambil screenshot. Cukup dengan menekan dua tombol secara bersamaan hingga kamu mendengar suara shutter kamera. Anda juga akan mendapatkan notif pemberitahuan kalau screenshot telah berhasil diambil.
  • Perangkat tanpa tombol Home: Namun ada beberapa smartphone atau tablet Samsung yang tidak memiliki tombol Home. Untuk seri dan keluaran terbaru sudah sangat jarang yang tidak mempunyai tombol Home, tapi untuk HP Samsung keluaran lama tombol Home tidak ada dan masih tetap ada yang memiliki HP tersebut diluar sana. Salah satu contohnya yaitu Samsung Galaxy View. Dalam hal ini, tombol combo yang digunakan adalah Volume Down dan Power, seperti halnya pada perangkat lain. Tahan kedua tombol sampai perangkatmu sukses mengambil screenshot layar HP Android.
Smartphone atau tablet Samsung Android Anda akan menyimpan apa pun yang sedang ditampilkan, dan dapat diakses dari folder galeri. Dari sini Anda dapat berbagi seperti yang Anda inginkan, masuk ke mode edit dan crop bagian screenshot yang ingin dihapus.

Metode Ke-2

Namun ada metode kedua yang secara teknis lebih mudah, meskipun saya sendiri lebih sering menggunakan metode pertama di atas. Samsung memiliki gestures yang rapi dengan Galaxy S5 dan ini juga dapat digunakan untuk membuat screenshot. Sebuah swipe sederhana dari tepi tangan Anda di seluruh layar juga akan menangkap screenshot layar ponsel Samsung. Anda mungkin sudah pernah melakukan ini tanpa disengaja dan tidak menyadarinya jika itu fitur screenshot.

Fitur Palm swipe ini digunakan untuk menangkap capture screenshot, caranya adalah dengan masuk ke dalam menu Settings > kemudian scroll ke bawah dan pilih opsi Motion > pilih opsi Motions & gestures > Palm Swipe to capture > geser tombol ke posisi On.

Screenshot akan muncul di bar notifikasi pull-down dan Anda dapat langsung menekan untuk berbagi langsung dari sana. Namun jika Anda mengabaikannya dan membutuhkannya nanti, maka gambar-gambar hasil screenshot ini dapat ditemukan dalam aplikasi galeri, atau melalui aplikasi Samsung “My Files” di app drawer. Tablet tertentu juga memiliki tombol quick launch yang dapat diatur untuk mengambil dan membuat capture screenshot.

Itulah semua metode yang bisa anda gunakan untuk mengambil skrinsut. Setelah Anda selesai mengambil screenshot, maka Anda bebas untuk melakukan apa yang Anda inginkan dan berbagi di mana pun Anda suka. Ini hampir sama pada semua perangkat Samsung, dan metode ini seharusnya dapat bekerja untuk Galaxy Note 3, Galaxy S4, dan perangkat bahkan lebih tua seperti Galaxy Note II juga.

Cara Mengambil Screenshot Dengan Menggunakan S Pen


Pada perangkat Android ada beberapa cara yang berbeda untuk mengambil screenshot namun dengan metode khas. Ada cara khusus lain untuk mengambil gambar layar pada perangkat Android yang dilengkapi dengan S Pen. Anda dapat menggunakan S Pen untuk mengambil dan mengedit screenshot sebelum menyimpannya.


Untuk mengambil screenshot pada perangkat Android dengan S Pen, cukup tekan layar dengan S Pen untuk beberapa saat sambil menekan dan menahan tombol S Pen. Anda akan segera melihat flash layar ponsel Androd bersama dengan nada pemberitahuan audio sebagai tanda capture selesai. Setelah layar sudah ditangkap, akan muncul gambar dengan toolbar alat editing gambar screenshot tersebut.

S Pen hanya sebuah alat input seperti keyboard Anda. Keuntungan utama dari S Pen atas pen stylus konvensional yang mungkin sudah Anda gunakan dengan ponsel lama Anda adalah akurasi yang terdapat pada alat tersebut. S Pen membuat Anda merasakan kondisi mirip dengan saat menggunakan pena asli. Ini cepat dan sangat akurat, serta memberikan perasaan seperti menggunakan pena nyata. Gunakan Samsung SDK untuk membuat penggunaan S Pen secara lengkap. Jika Anda ingin S Pen SDK, anda bisa menuju ke halaman Samsung ini untuk men-download dan menginstalnya.

Pada perangkat Samsung yang menggunakan S Pen (misalnya, Galaxy Note series), kamu juga bisa menggunakan Stylus Pen-nya untuk mengambil screenshot. Hanya dengan mencabut S Pen dan membuka menu Air Command (jika tidak dilakukan secara otomatis), kemudian pilih "Screen write". Biasanya setelah screenshot diambil, gambar akan segera terbuka untuk dilakukan pengeditan. Dan ketika selesai mengedit ingatlah untuk menyimpan hasil edit dari screenshots tersebut agar hasil editing tidak hilang.

Langkah mengambil screenshot dengan S-Pen:
  • Pertama tekan dan tahan tombol pada S Pen
  • Kemudian Tekan dan tahan S Pen di mana saja pada layar ponsel Android. screenshot akan muncul seketika dengan fitur yang memungkinkan Anda untuk crop, menambahkan catatan dengan cepat, dll.
  • Tekan pada ikon Apps pada Home Screen.
  • masuk ke Gallery, kemudian buka folder Screenshots / ScreenCaptures.
S Pen menyediakan berbagai tool editing yang cukup lengkap, sehingga Anda bisa menambahkan beberapa keterangan terkait gambar screenshot yang diambil. Sebagai contoh Anda bisa menggambar atau menulis pada gambar dengan tips pena yang berbeda, menghapus kesalahan, crop gambar, dan memutar posisinya. Setelah Anda puas dengan screenshot Anda, tekan tombol 'Done' dan itu akan disimpan secara otomatis ke folder galeri screenshot.

Cara Membuat Screenshot dengan Gerakan Tangan atau Hand Gestures


Banyak perangkat Android yang dibuat terintegrasi dengan metode lain untuk mengambil screenshot layar, tapi Samsung percaya dalam mengambil isyarat dari berbagai fungsi iOS (Apple mengambil inspirasi dari Samsung juga). Itulah sebabnya smartphone atau tablet Samsung menggunakan Home Button untuk menangkap screenshot. Kebanyakan ponsel Samsung keluaran terbaru juga memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot dengan menyapukan layar menggunakan sisi tanganmu secara horisontal.


Sebagai contohnya Samsung Galaxy S6 memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot melalui gerakan palm swipe, di mana pengguna hanya perlu menggesek tangan mereka di atas layar ponsel. Fitur Palm Swipe hanya perlu mengggeser atau mengusap sedikit di atas layar tanpa menyentuh layar. Dengan bantuan sensor, ponsel ini mampu mengambil screenshot tanpa perlu menyentuh layar ponsel Android Anda. Metode ini juga dapat bekerja pada Samsung Galaxy S4, Galaxy S5, Galaxy S6, Galaxy S7, Galaxy S8, Galaxy Note 3, Galaxy Note 4, Galaxy Note 5, Galaxy S6 Edge, Galaxy S6 Edge Plus, Galaxy S7 Edge.

Cara kerja Screenshot dengan fitur Palm Swipe :
  • Pilihlah menu Settings, kemudian pilih opsi Motion.
  • Kemudian aktifkan "Palm swipe to capture".
  • Setelah diaktifkan, Anda dapat melakukan screen capture dengan menggeser tepi telapak tangan Anda dari kanan ke kiri, atau sebaliknya secara horisontal.
Gambar hasil screenshot dapat diakses dari folder "Screenshots" di aplikasi Galeri pada smartphone Android dan tersedia untuk segera digunakan setelah dibuat. Galeri app memungkinkan Anda untuk melampirkan foto ke pesan teks Anda, meng-upload file ke layanan berbagi foto atau tag teman-teman dan mengirim langsung ke sosial media favorit Anda dari Galeri. Semua screen shot disusun dalam folder lengkap dengan informasi tanggal, dengan foto-foto terbaru ditampilkan pertama.

Cara Mengambil Screenshot Pada Perangkat Ponsel HTC Android


Pada perangkat smartphone atau tablet HTC, mengambil screenshot masih melibatkan tombol Home dan tombol Power. namun saat melakukannya tidak perlu menahan kedua tombol tersebut secara bersamaan, tapi caranya adalah tahan tombol Power dulu, lalu tekan tombol Home dengan cepat. Ketika Layar berkedip, maka Anda akan mendengar suara hasil screenshots tersebut. Anda juga akan melihat popup kotak dialog yang mengkonfirmasikan bahwa screenshot layar HP HTC telah berhasil dibuat dan di-save.

Metode ini akan bekerja pada sebagian besar ponsel dengan merk HTC, antara lain seperti HTC One M8, HTC 10. Hal ini tergantung pada tipe ponsel HTC yang Anda punya, hanya beberapa model yang mempunyai metode berbeda sedikit.

Cara Screenshot pada Semua Tipe ponsel HTC Android
Cara standar Android: Tekan pada tombol Home dan tombol volume pada saat yang sama, terus ditekan sampai Anda mendengar suara shutter kamera. Selanjutnya akan ada notifikasi yang memberikan pemberitahuan di mana Anda dapat dengan mudah berbagi screenshot itu. Sebuah cara yang agak membuat kikuk saat melakukannya, tetapi ini bekerja dengan baik. Jika Anda ingin mengambil screenshot dari lock screen, maka ini adalah satu-satunya cara karena Anda tidak memiliki tombol Home yang terlihat kemudian.


Berikut bekerja pada kebanyakan ponsel HTC dengan perangkat lunak HTC Sense
  • Cara screenshot HTC melalui tombol : Tekan dan tahan tombol Power, kemudian tekan tombol home.
  • Cara screenshot HTC melalui Quick Menu: Cukup swipe ke bawah bar notifikasi dengan cukup jauh sehingga Anda melihat quick setting. Atau swipe ke bawah bar notifikasi dan kemudian tekan bagian atasnya, ini akan membuka menu quick setting. Kemudian Anda hanya perlu menekan tombol screenshot, Anda mungkin harus mengedit quick menu dulu (tombol edit di atas) agar dapat terlihat. Cari quick menu tersebut dan drag ke tempat yang Anda inginkan. Kemudian swipe ke bawah dan tap screenshot. Selesai, kemudian akam muncul notifikasi pemberitahuan juga.
Ingin tahu lebih lanjut tentang andalan dari HTC yang terbaru, dari mengambil screenshot hingga setup dan yang lainnya? Simak panduan kami pada artikel menggunakan HTC untuk pemula yang akan di-publish tidak lama lagi

Cara Mengambil Screenshot Pada Smartphone atau Tablet Sony


Di masa lalu kita telah menjadi terbiasa untuk mengambil screenshot pada komputer kita dengan tombol print screen. Bahkan sebagian besar keyboard memiliki tombol yang didesign secara khusus untuk melakukan tugas ini,yaitu tombol Prt Sc. Untuk melakukan hal ini pada ponsel atau smartphone, kami dapat sedikit sulit karena tidak jelas ada tombol yang didesain khusus untuk membuat screenshot pada ponsel kita. Terus membaca dan saya akan menunjukkan cara untuk melakukan screen dump pada perangkat smartphone atau tablet Android Sony Xperia semua tipe, antaralain : Xperia A, Xperia C3, Xperia C4, Xperia C5, Xperia E, Xperia M2. Xperia M4, Xperia M5, Xperia Z1, Xperia Z2, Xperia Z3, Xperia Z4, Xperia Z5, Xperia Z6, Xperia XZ.

Pada ponsel Sony Xperia, tombol kombinasi untuk screenshot adalah tombol Volume Down dan tombol Power. Tahan kedua tombol pada saat yang bersamaan sampai layar berkedip dan tanda screenshot muncul di layar. Pemberitahuan juga muncul pada menu notifikasi setelah screenshot layar HP Android Sony selesai diambil.

Ada beberapa metode alternatif lainnya, karena Anda juga dapat mengambil screenshot melalui menu Power. Tahan tombol Power sampai jendela kotak dialog Power muncul. Silahkan Tap opsi pilihan "Take Screenshot" untuk mengambil screenshot layar yang ada dibawah kotak dialog tersebut.

Setelah screenshot telah ditangkap, maka ponsel Android Anda akan berkedip dan memainkan sebuah sound atau suara untuk memberitahu bahwa operasi itu berhasil diselesaikan.

Untuk melihat lebih dekat pada gambar baru dari layar ponsel adalah dengan cara menarik ke bawah area notifikasi di mana thumbnail dari foto tersebut akan ditampilkan. Tekan agar dapat langsuung menuju ke galeri ponsel Android di mana Anda dapat mengedit gambar atau berbagi dengan teman melalui media sosial pilihan Anda, atau hal lain yang mungkin Anda bayangkan akan lakukan dengan gambar screenshot tersebut.

Cara Mengambil Screenshot pada HP Android LG


LG adalah salah satu smartphone paling populer di dunia. Merek ponsel ini memiliki beberapa model, sementara yang paling terkenal di antara mereka adalah seri Optimus dan seri G, antara lain LG G2, G3, G4, G5, G6, G7, LG Optimus f3, LG Optimus L, Optimus L5, Optimus L9, Optimus L70, Optimus L90. Saat ini, ponsel telah menjadi platform utama untuk berkomunikasi jarak jauh secara wireless. Menjadi salah satu sarana berkomunikasi, screenshot ponsel memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan mobile kita. Screenshot memungkinkan Anda untuk berbagi hal-hal lucu di ponsel Anda dengan teman dan keluarga. Dan screenshot dapat mengungkapkan hal-hal dan menyampaikan makna yang lebih baik daripada kalimat atau kata-kata biasa. Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara untuk mengambil screenshot pada smartphone LG? Jika tidak, terus membaca artikel ini dan mempelajari bagaimana cara-cara untuk screenshot LG smartphone.


Pada device handphone Android LG, kombinasi tombol masih menggunakan Volume Down dan Power. Tekan lama tombol tersebut secara bersamaan sampai layar berkedip dan kamu akan mendengar nada capture. Selain itu pemberitahuan juga muncul pada menu notifikasi setelah screenshot diambil, foto hasil screenshot akan disimpan ke Galeri. Cara ini juga bisa diterapkan untuk mengambil screenshot pada LG G3, namun perlu diketahui bahwa tombol Power dan tombol volume terdapat di bagian belakang ponsel LG ini.

Selain menggunakan kombinasi tombol fisik, Anda juga dapat menggunakan QucikMemo+ untuk menangkap layar pada ponsel LG. Ini adalah fitur built-in yang membuatnya menjadi sangat mudah untuk melakukan screenshot pada LG Optimus series, Gseries, dan model lainnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dan mengeditnya langsung dengan teks, garis, dll Ada tiga cara untuk mengaksesnya.

Anda juga dapat mengambil screenshot dengan fitur Quick Memo yang langsung dapat mengambil screenshot dan sekaligus dapat mengedit serta membuat corat-coret di hasil screenshots layar ponsel LG Anda. Cara membuat screenshot dengan fitur ini adalah cukup dengan scroll ke Quick Memo dari notification shade. Setelah fitur Quick Memo diaktifkan, halaman editing screenshot akan muncul. Sekarang Anda juga bisa menulis catatan dan corat-coret pada hasil screenshots saaat itu juga. Tekan logo floppy disk untuk menyimpan hasil kerja Anda.

Cara screenshot LG dengan fitur Quick Memo+
  • Tekan tombol Volume Up & Volume Down pada saat yang sama.
  • Tekan QuickMemo di bar notifikasi. Ini berada pada posisi paling kiri secara default.
  • Tekan “Home” key dan geser ke atas ke kanan dari tombol “Home”. Ikon QuickMemo kemudian akan muncul. Selanjutnya tekan di atasnya untuk membuat screenshot.
Setelah screenshot sukses diambil, Anda dapat menggambar dan menulis teks dengan kata-kata pada gambar. Ketika Anda selesai dengan screenshot, tekan tombol “Save” di bagian kanan atas untuk menyimpannya ke folder memori ponsel Anda. Anda dapat segera menuju ke "Galery & QuickMemo" untuk memeriksa screenshot. Ini benar-benar solusi yang lebih baik untuk pertanyaan tentang bagaimana untuk snapshot LG Android.

Tips dan trik yang dipaparkan adalah tentang bagaimana cara untuk screenshot pada LG. Cara default berguna tetapi tidak memiliki fitur editing. Metode kedua memanfaatkan QuickMemo+, dimana tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot, tetapi juga menyediakan opsi untuk menambahkan annotation.

Cara Mengambil Screenshot pada Ponsel Nexus


Mengambil screenshot pada perangkat Android Google Nexus tetap sama, hanya perlu menahan kedua tombol Volume Down dan tombol Power sampai kamu mendengar suara hasil screenshots. Thumbnail dari gambar hasil screenshots akan berkedip sebentar di layar, dan kamu akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan tentang screenshot layar Google Nexus yang sudah selesai dibuat.


Gambar screenshot secara otomatis disimpan sebagai file image berformat PNG dalam folder Pictures / Screenshots, di mana dapat diakses dan dibuka dengan menggunakan setiap aplikasi yang dapat bekerja dengan gambar.

Metode screenshot ini dapat bekerja pada setiap tablet Nexus 7 dan Nexus 9. Selain itu juga bekerja pada ponsel atau smartphone Nexus, antara lain Nexus 4, Nexus 5, Nexus 6, Nexus 7, Nexus 5x, Nexus 6p. Tetapi metode screenshot ini tidak belum tentu bekerja pada semua perangkat Android karena beberapa perusahaan menerapkan metode yang berbeda. Misalnya pengguna Samsung harus menekan tombol Power dan Home pada saat yang sama.

Cara Mengambil Screenshot Pada Samsung Galaxy


Berikut ini adalah metode pengambilan tangkapan layar secara default untuk sebagian besar perangkat Samsung yang menjalankan Android 4.2 dan yang lebih tinggi, seperti Galaxy S3, Galaxy S4, Galaxy S5, Galaxy S6, Galaxy S7, Galaxy S8, Galaxy S9, dan banyak lagi.

Jika menekan tombol power dan tombol volume turun tidak bekerja, ini mungkin karena ponsel atau tablet Samsung Galxy anda memiliki tombol home fisik. Cobalah menukar tombol Power menjadi tombol home dalam skenario ini.

Untuk mengambil screenshot, tekan dan tahan sekaligus tombol home dan tombol volume-down selama beberapa detik. Seperti pada langkah sebelumnya, layar akan berkedip untuk memberi isyarat kepada Anda bahwa screengrab telah ditangkap, dan Anda kemudian dapat mengakses opsi berbagi.

Perlu anda ketahui jika metode ini telah lama menjadi proses screenshotting pilihan untuk Samsung Galaxy S-series, namun dengan Galaxy S8 yang telah diluncurkan pada bulan Maret 2017 tombol home dikabarkan tidak ada. Jadi saat Anda ingin menekan dan menahan tombol home dan volume-down pada Samsung Galaxy S7 untuk mengambil screenshot, pada Galaxy S8 prosesnya kemungkinan akan menekan tombol power dan tombol volume-down bersamaan. Kami akan mengonfirmasi bila kita tahu lebih banyak.

Jika Anda menggunakan ponsel Samsung Galaxy untuk mengambil tangkapan layar, Anda akan menemukan opsi lain yang Anda inginkan. Anda harus mengaktifkan fungsi ini di Settings, Motions and gestures, Palm swipe to capture terlebih dulu, namun ponsel Samsung Galaxy memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dengan Swipe telapak tangan.

Ini adalah fitur yang keren tapi agak menarik perhatian, pikiran, dan kita menemukan kombinasi tombol Home dan volume turun bekerja lebih andal.

Screenshots pada ponsel Samsung Galaxy kini memiliki fungsi ekstra juga. Perubahan ini diperkenalkan pada tipe Galaxy S7 namun diluncurkan kembali ke Galaxy S6, dan kami berharap bisa melihat mereka di Galaxy S8 juga.

Screenshot, secara default, hanya menampilkan apa yang ada di layar ponsel atau tablet Anda, namun terkadang Anda perlu mengambil lebih banyak konten lagii, misalnya, halaman web, namun tidak ingin mengambil beberapa tangkapan layar dan kemudian menyatukannya agardapat digabung bersama-sama.

Sekarang saat Anda mengambil tangkapan layar di ponsel Samsung Galaxy, Anda akan melihat empat pilihan muncul di bagian bawah layar: Scroll capture, Draw, Crop, dan Share. Anda dapat menggunakan opsi pertama untuk mengambil screenshot yang lebih lama, sedangkan pilihan kedua untuk memberi keterangan dan yang ketiga hanya menampilkan informasi yang ingin Anda tampilkan. Pilihan keempat, Share, akan memungkinkan Anda mengirim tangkapan layar itu ke aplikasi yang kompatibel di perangkat Anda.

Cara Mengambil Screenshot Samsung Galaxy
Jika Anda berpikir bahwa mengambil screenshot mungkin cukup sederhana, maka Anda salah. Karena pada beberapa perangkat Android hampir tidak memiliki tombol fisik. Nah, ponsel ini mungkin tidak memiliki tombol fisik, tetapi yang mereka bawa adalah apa yang disebut "Capacitive buttons". Tombol ini bertindak sebagai tombol fisik dan melaksanakan fungsi yang sama, bahkan dapat diprogram ulang untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Tetapi tanpa kebutuhan tombol fisik yang menggembung dan menonjol dari permukaan ponsel.


Ponsel dan tablet Android sering memiliki lebih dari satu cara untuk mengambil screenshot. Sebagai contoh, Samsung Galaxy S6 memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan Palm Swipe atau gesekan telapak tangan. Anda dapat mengaktifkan fungsi ini dengan mengikuti panduan di bawah ini:
  • Buka menu Setting pada Samsung Galaxy.
  • Tekan pada Motions & Gestures.
  • Aktifkan opsi “Palm swipe to capture”.
  • Test gerakan itu dengan perlahan-lahan bergerak mengusap di atas layar ponsel Android Anda.
  • Terus mencoba sampai Anda mendengar suara capture atau melihat lampu flas pada layar HP Android Anda.
Meskipun bisa mengambil screenshot dengan cara tersebut tapi kami menemukan metode menekan lalu kemudian menahan tombol Power dan Home dapat bekerja jauh lebih baik.

Cara Membuat Screenshot Sony Xperia Z5


Jika Anda melihat informasi atau gambar yang ditampilkan pada Sony Xperia Z5, maka Anda mungkin ingin menyimpan mereka dengan cepat pada ponsel Anda untuk melihatnya lagi nanti. Ini adalah cara tercepat dan termudah dengan fungsi screenshot. Dengan screenshot Anda dapat menyimpan gambar layar, yang saat ini ditampilkan, seperti foto. Ini bekerja dengan menekan kombinasi tombol. Kami tunjukkan sekarang bagaimana Anda dapat membuat screenshot di Sony Xperia Z5 menggunakan hotkey. Oleh karena itu silahkan tekan dan tahan selama 2 detik tombol Power On/Off dan tombol Volume down.

Dan dengan ponsel tertentu, seperti Sony Xperia Z5 jika Anda menekan tombol Power untuk mengakses menu Power Options, maka Anda akan menemukan pilihan tidak hanya untuk mengambil screenshot tetapi juga untuk merekam layar menjadi video.

Jalankan perintah ini, screenshot pada Anda Sony Xperia Z5 akan dipicu, dan kemudian disimpan. Anda mendengarnya dengan suara klik dan bingkai putih yang menyala di layar. Screenshot akan tersimpan di memori internal dan dapat ditampilkan dengan aplikasi galeri.

Cara Mengambil Screencasts HP Android


Screencasts saat ini memungkinkan untuk dilakukan di semua perangkat yang menjalankan Android Lollipop dan Marshmallow, sedangkan pada OS Android versi sebelumnya membutuhkan ponsel atau tablet yang harus di-root terlebih dahulu dan kemudian memerlukan bantuan aplikasi screencast untuk diinstal agar sanggup melakukan screencast.


Meskipun OS Android Lollipop mendukung screencasts, tetapi Anda harus menginstal dulu sebuah aplikasi screencast. Kecuali produsen sudah melengkapinya dengan cara untuk mengakses fungsi tersebut, seperti yang dilakukan Sony. Kami menggunakan aplikasi Lollipop Recorder Screen gratis, dan Anda akan menemukan rincian lengkap tentang cara menggunakannya untuk merekam screencast di Lollipop di artikel kami yang akan datang.

Fungsi screenshot baru menjadi fitur standar HP Android sejak OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Jika Anda menjalankan Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Android Marshmallow, atau bahkan Android 7.0 Nougat, maka langkah di atas seharusnya dapat bekerja untuk ponsel Android Anda. Anda dapat melihat versi Android yang dijalankan pada smartphone atau tablet Android Anda dengan masuk ke menu Settings > pilih About device.

Jika Anda memiliki HP Android yang menjalankan OS Android versi lama seperti 2.3 Gingerbread atau 2.2 Froyo maka Anda harus men-download sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Di sinilah dimana Anda akan menumui hal yang sedikit membingungkan karena efektivitas aplikasi screenshot yang ditawarkan bervariasi dari tiap-tiap smartphone atau tablet Android.

Jika Anda bersedia membayar untuk sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot pada smartphone Android Anda dan juga tidak ingin melalui kerumitan melakukan proses rooting perangkat Android Anda, maka Anda harus mencoba aplikasi seperti ada No Root Screenshot It. Ingatlah bahwa Aplikasi ini akan menginstruksikan Anda untuk men-download dan menginstal aplikasi desktop gratis pada Windows atau Mac. Setelah terinstal, Anda harus menjalankan aplikasi desktop tersebut pada laptop atau komputer, dan kemudian menghubungkan ponsel Android Anda dengan laptop atau PC tersebut. Setelah terinstal dan terhubung dengan smartphone Android, maka aplikasi ini akan memungkinkan untuk melakukan screenshot pada ponsel Android Anda.

Jika Anda tidak bersedia untuk membayar agar bisa mendapatkan aplikasi screenshot, satu-satunya saran yang dapat kami tawarkan adalah untuk mencari aplikasi screenshot di Google Play Store dan menggunakan sistem trial and error untuk menemukan aplikasi yang bekerja dengan baik dengan HP Android Anda.

Cara Mengambil Screenshot Pada Motorola


Ini adalah bagaimana melakukan screenshot pada smartphone dan tablet Motorola, seperti Motorola Droid Razr, Droid Turbo, dan Moto G. Dari waktu ke waktu Anda akan berada dalam situasi di mana Anda ingin menangkap capture apa yang terjadi di layar ponsel Android Motorola.


Untungnya ini adalah fitur yang sudah tersedia di ponsel Android keluaran terbaru. Tidak perlu bagi Anda untuk men-download aplikasi khusus atau mulai rooting ponsel Anda untuk melakukan screen capture. Di komputer atau laptop kita sudah terbiasa untuk menggunakan tombol print screen khusus. Sayangnya tidak ada hal seperti itu pada ponsel Android. Meskipun demikian melakukan hal ini tidak sulit, biarkan saya menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengambil screenshot pada smartphone atau tablet Motorola.

Salah satu pertanyaan paling umum yang kita dapatkan tentang Motorola adalah bagaimana untuk mengambil screenshot. Dan karena kita di sini untuk memberitahu Anda segala sesuatu tentang Motorola Android, selain itu kami telah mengumpulkan tutorial yang bagus untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk melakukan hal tersebut.

Cara screenshot Motorola:
  • Tekan kemudian tahan tombol Power dan Volume Down secara bersama-sama.
  • Menahan kedua tombol tersebut dalam waktu sekitar satu detik atau lebih sampai layar smartphone Motorola Anda berkedip.
Anda kemudian akan melihat sedikit animasi berlangsung dan itu tanda sistem operasi Android sedang menyimpan screenshot Anda. Sekarang Anda dapat menarik toggle notifikasi pemberitahuan yang membuatnya menjadi lebih mudah untuk melihat screenshot atau langsung berbagi dari sana.

Cara lain untuk melihat screenshot baru adalah membuka aplikasi galeri smartphone Android Anda dan pergi ke folder screenshot. Setelah Anda berada di sana Anda dapat melihat atau bahkan berbagi foto Anda ke media sosial favorit Anda atau mengirimkannya ke teman dengan MMS atau E-Mail.

Cara Mengambil Screenshot Pada Google Pixel


Anda sekarang memiliki smartphone Google Pixel di tangan, tapi bagaimana tepatnya Anda menunjukkan kepada teman-teman Anda hal yang sangat keren di layar ponsel Anda? Untungnya Google membuatnya sangat mudah untuk capture screenshot layar perangkat Google Pixel dan berbagi dengan dunia.


Anda punya smartphone Google Pixel atau Pixel XL baru? Saatnya Anda menyelam ke dalamnya dan memamerkan apa merek smartphone dan apa saja yang dapat lakukan fitur perangkat lunak eksklusif yang terinstal. Tentu saja Anda harus dapat mengambil screenshot untuk memulai melakukan hal itu, tapi jangan khawatir karena Google telah membuatnya super mudah untuk menangkap screenshot layar Pixel Anda dan memamerkannya kepada dunia. Berikut adalah bagaimana Anda dapat mengambil screenshot di Google Pixel dan Pixel XL.

Cara mengambil screenshot di Google Pixel dan Pixel XL:
  • Pergi ke aplikasi atau layar pada Pixel atau Pixel XL yang ingin Anda capture.
  • Pencet lalu tahan tombol Power dan tombol Volume Down pada saat yang sama selama beberapa detik.
  • Anda akan melihat animasi screenshot yang muncul dan dengan cepat memudar.
Ketika Anda telah menangkap screenshot, Anda akan menerima notifikasi yang memungkinkan Anda untuk Berbagi, Delete, atau pergi ke folder dimana foto screenshot disimpan. Dalam aplikasi Google Photos, Anda akan menemukan semua screenshot Anda dalam folder Devices. Untuk memastikan, screenshot Anda secara otomatis dibackup ke Google Photos, berikan izin pada aplikasi untuk melakukannya.

Buka aplikasi Photos, tekan pada tombol menu hamburger (icon bergambar 3 garis) di pojok kiri atas, kemudian pencet pada folder Devices. Untuk memudahkan akses ke tangkapan layar terbaru Anda, Anda juga dapat menurunkan panel notifikasi pemberitahuan untuk melihat gambar screenshot layar yang baru saja diambil.

Aplikasi Khusus untuk mengambil Screenshot pada Pada Ponsel Android


Screenshot App adalah aplikasi nomor satu di Google Play Store dalam kategorinya. Ini adalah aplikasi khusus untuk mengambil tangkapan layar dengan rating pengguna 4.5 / 5. Salah satu yang menarik tentang aplikasi ini adalah memungkinkan pengguna untuk memangkas dan mengedit tangkapan layar sesuai kebutuhan mereka. Perangkat Anda minimal harus menjalankan Android versi 4.3 atau versi di atas untuk memasang aplikasi screenshot ini, silahkan download dan install aplikasi Screenshot dari Google Play Store.

Aplikasi Android pihak ketiga lainnya untuk mengambil tangkapan layar adalah Screenshot Easy. Aplikasi ini memungkinkan pengguna memilih metode yang diinginkan untuk mengambil tangkapan layar. Pengguna dapat membuat pilihan antara dua kombinasi - Tombol Power + Tombol Home, atau Tombol Power + Tombol Volume Down. Aplikasi ini bekerja pada ponsel yang menjalankan Android versi 4.0 atau lebih tinggi. Aplikasi Screenshot Easy bisa diunduh dan diinstal langsung dari Play Store.

Cara Mengambil Screenshot Android dengan Google Now on Tap


Pengguna Android yang memiliki OS Android Marshmallow versi 6.0 dapat menggunakan fitur Google Now on Tap untuk mengambil tangkapan layar. Ini bertujuan untuk menyediakan informasi kontekstual kepada pengguna dari layar manapun. Pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol Home untuk memulainya.


Berikut adalah cara mengambil tangkapan layar dengan Google Now on Tap:
  • Tekan dan tahan tombol Home sampai Google Now on Tap muncul di layar
  • Tap pada Share Button (ditempatkan di pojok kiri bawah) seperti yang dijelaskan pada gambar di atas
  • Screenshot akan diambil segera setelah Anda menekan tombol share; Anda dapat membagikannya dengan aplikasi yang diberikan di menu share.

Cara Mengambil Screenshot di Snapchat tanpa orang melihatnya


Snapchat adalah aplikasi berbagi foto paling populer populer yang memungkinkan pengguna Android untuk mengirim gambar dan video dengan durasi expired 10 detik. Pengguna tidak dapat menyimpan gambar atau video yang dikirim ke mereka di Snapchat, namun mereka dapat mengambil tangkapan layar dari gambar tersebut. Untuk menjaga privasi pengirim di dalam aplikasi, pembuat Snapchat telah memperkenalkan fungsionalitas notifikasi baru yang menginformasikan pengirim kapan pun tangkapan layar media mereka diambil. Namun, ada solusi yang memungkinkan pengambilan tangkapan layar tanpa pemberitahuan dikirim ke pengirim.


Begini cara melakukannya:
  • Buka aplikasi Snapchat di ponsel Android Anda dan swipe ke kanan untuk memeriksa snaps terbaru
  • Sekarang tekan 'lo load snap'.
  • Segera aktifkan mode Airplane setelah load snap Anda
  • Ambil tangkapan layar dengan mengikuti beberapa metode spesifik perangkat yang diberikan di atas
  • Re-install aplikasi Snapchat dari smartphone atau tablet Android Anda
  • Matikan mode Airplane
  • Pasang kembali aplikasi Snapchat dari Play Store
Dengan mengikuti metode yang diberikan di atas, pengirim tidak akan pernah mendapatkan notifikasi tentang tangkapan layar yang diambil oleh Anda.

Kesimpulan

Mengambil screenshot pada perangkat smartphone atau tablet Android sangatlah cepat dan mudah dilakukan. Dengan screenshot layar ponsel Android, maka Anda dapat dengan mudah berbagi apapun yang ada di perangkat Android Anda kepada semua orang. Apa merk dan tipe HP Android yang kamu punya? Bagaimana cara Anda mengambil capture screenshots layar ponsel Android milik Anda? Bagi cerita dan tips Anda tentang cara mengambil dan membuat screenshots di kolom komentar.


EmoticonEmoticon