20 February 2017

Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android - Jaringan dan Koneksi internet Wifi hotspot atau tethering adalah sebuah teknologi modern yang sangat menakjubkan yang dapat memberikan banyak kemudahan untuk aktivitas kita. Hotspot internet wireless mengambil sel sinyal dan membuat sambungan data tersedia untuk perangkat Wifi yang diaktifkan dan terkoneksi, meskipun kualitas kestabilan konektivitas antara Wifi Hotspot Android dan perangkat seluler kurang baik. Penggunaan Wifi hotspot untuk memberikan akses internet memang memiliki beberapa kekurangan dan masalah koneksi dan sinyal yang kurang stabil serta jangkauannya cukup terbatas. Berdasarkan pengamatan saya pada range Tethering atau portable Wifi Hotspot Android hanya memiliki radius jangkauan sinyal dengan jarak maksimal 15 meter, tentu saja kemampuannya berbeda-beda tergantung hardware pada masing-masing device atau smartphone Android. Saya rasa kurang tepat jika menggunakan Wifi Hotspot Android atau tethering pada gedung kantor, cafe, resto, sekolah, rumah kos, dan gedung lainnya yang memiliki area cukup luas. Jika anda terpaksa harus menggunakan Wifi Hotspot Android, maka ada tips dan trik gratis untuk memperluas radius jarak cakupan sinyal Wifi Hotspot Android dengan cepat, mudah dan bahkan secara gratis.

Khusus di daerah dengan cakupan dan jangkauan sinyal lemah atau bahkan sama sekali tidak ada sinyal, Wifi hotspot Android hanya berguna sebagai pemberat kertas daripada sebagai perangkat koneksi data internet nirkabel. Untungnya ada solusi yang dapat membuat sebuah sinyal Wifi hotspot Android menjadi lebih luas jangkauan atau coverage-nya bahkan di lokasi yang membuat cell signal Wifi hotspot tethering menjadi sangat buruk.

Saya tidak memiliki koneksi internet broadband di rumah saya seperti saat kita hidup di daerah pedesaan. Namun, saya dapat mengakses internet dengan menggunakan ponsel Android saya untuk tethering dan menambatkan laptop dan perangkat nirkabel lainnya agar terhubung dengan koneksi internet. Masalahnya adalah, jika beberapa anggota keluarga ingin berbagi hotspot wifi Android, kita semua harus cukup dekat dengan posisi kita meletakkan smartphone atau tablet Android pada waktu yang sama. Apakah ada cara untuk menambah dan memperluas jangkauan sintal tethering atau hotspot Wifi Android, baik di jaringan 2G, 3G, 4G, HSDPA, 3,5G? Saya memiliki adaptor powerline dan Wifi router jika itu akan membantu.

Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

Jika Anda dapat menggunakan ponsel Android Anda untuk akses data internet, penyedia layanan internet yang sudah menjadi langganan Anda mungkin menawarkan USB data dongle yang dapat anda order. Dapatkan salah satu dari fitur layanan mereka dan periksa dengan router apa mereka dapat bekerja. Siapkan sebuah router, kemudian hubungkan perangkat lain ke router. Tentu saja ini akan membuat koneksi dan kecepatan internet lebih cepat dan lebih stabil daripada hanya menggunakan ponsel Anda dengan berbagai WiFi biasa. Pastikan Anda menyadari batas penggunaan data pada plan atau paket internet yang Anda aktifkan, dengan beberapa kegunaan dan jenis video streaming seperti YouTube atau Netflix, Anda dapat menggunakan semua data dari lebih dari 2 paket internet sekaligus.

Cara paliing efektif untuk memperluas jangkauan sinyal Wifi adalah dengan menggunakan Power Line Adapter atau biasa disebut Power Line Communication (PLC). Cara kerjanya adalah dengan mentransmisikan data internet melali jaringan kabel listrik yang terdapat di suatu gedung atau rumah. Tapi ini bukan metode yang praktis dan akan menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai macam set perangkat yang mahal agar bisa bekerja dengan baik. Saya pernah menyewa sebuah kamar dan rumah itu sudah memiliki jaringan nirkabel yang terpasang, masalahnya adalah, saya punya desktop dan kartu nirkabel saya adalah jenis yang kurang bagus sehingga sinyal saya sangat rendah. Saya hampir yakin untuk menggunakan powerline (karena saya bermain game online dan mendapat info dari situs yang pernah saya baca, itu lebih cepat) tapi kemudian seseorang mengatakan kepada saya bahwa, adaptor powerline yang terhubung ke power supply listrik, jika gagal maka listrik 240 volts yang melewati kabel ethernet itu bisa melelehkan motherboard laptop atau PC.

Argumen bahwa Power Line bisa membakar laptop atau komputer Anda jika perangkat gagal tidak perlu dikhawatirkan. Anda bisa secara teori memiliki masalah yang sama dengan router yang juga memiliki koneksi ke sumber daya listrik. Perangkat dengan desain mengisolasi ethernet dari kekuatan yang sebenarnya baik magnetis atau optik. Akan jauh lebih mungkin perangkat terkena arus pendek dan membakar rumah itu sebelum listrik melalui kabel ethernet.

Tetatpi itu mungkin bukan cara optimal untuk melakukan hal ini, saya menyarankan kepada Anda untuk mencoba menggunakan Wireless repeater / extender. Ini akan memotong jumlah kecepatan Anda sebanyak hampir setengahnya. Ada beberapa masalah lainnya, contohnya banyak hotspot pada ponsel atau smartphone tidak mendukung WDS (Wireless Distribution System). Ini adalah fungsi yang memungkinkan banyak mac address terhubung dan terkoneksi ke Wifi repeater. Ini berarti Anda mungkin perlu repeater khusus yang dapat bertindak sebagai router juga. Akan tetapi untuk membuat Wifi Repeater dapat sekaligus menjadi Router cenderung agak rumit dan cukup sulit untuk menyetting setup. Mungkin akan lebih baik jika mencari router broadband 3G / 4G yang dapat mengambil SIM langsung atau dapat ditethering dengan kabel ke telepon. Solusi ini akan memungkinkan Anda kekuatan penuh dari wireless router dan tidak ada degradasi karena fungsi repeater. Anda perlu menggali meskipun daftar didukung dari operator untuk memastikan Anda ISP atau telepon/SIM akan bekerja.

Wifi Repeater dapat menjadi pilihan terakhir Anda, bahkan ketika mereka bekerja dengan sempurna mereka menyebabkan degradasi besar-besaran dalam kualitas sinyal. Anda mendapatkan sinyal yang kuat tetapi Anda dapat secara intensif mentransmisikan sinyal yang tercampur baik kuat maupun lemah. Ini adalah skenario terburuk untuk game online yang tidak mentolerir packet loss atau random delays. Opsi pertama adalah untuk memastikan muka antena menghadap ke arah router. Banyak orang menempatkan CPU Desktop PC di bawah meja dan mepet dinding yang memblokir sinyal ke antena receiver. Anda juga dapat mencoba menggunakan kabel yang dapat memperpanjang antena sehingga memperluas jarak jangkauan sinyal Wifi Android. Tips ini tidak menghabiskan banyak uang untuk melakukannya meskipun Anda lebih baik berinvestasi di unit powerline.

Cara Tepat Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

Pertama, cobalah mengubah posisi atau titik lokasi penempatan Wifi hotspot Android Anda. Coba kamar yang berbeda dari rumah atau apartemen Anda, atau bahkan tingkat lantai lain pada rumah Anda, untuk melihat apakah Anda mendapatkan penerimaan sinyal yang lebih baik. Sinyal seluler cenderung berfluktuasi dalam gedung, sehingga dengan mencoba lokasi yang berbeda kemungkinan besar Anda sering dapat menemukan tempat yang menyediakan penerimaan yang lebih baik.

Anda juga dapat mencoba menempatkan hotspot Android di sebelah jendela. Bahan bangunan cenderung menghalangi sinyal seluler, dan kaca bening memungkinkan sinyal untuk melewati lebih mudah daripada dinding bata atau atap penghalang rradiasi sinyal pada rumah Anda.

Lebih baik lagi, gunakan salah satu tips di atas dalam hubungannya dengan tool peta layanan mobile. Anda dapat dengan mudah men-download dan install aplikasi atau menemukan situs web yang menunjukkan lokasi yang tepat di daerah Anda dari menara seluler untuk berbagai operator Internet Service Provider (ISP).

Ketika Anda tahu di mana menara operator seluler terdekat dari lokasi Anda berada, maka selanjutnya Anda dapat menempatkan hotspot di kamar atau di samping jendela di sisi rumah yang terdekat dengan tower pemancar atau BTS. Untuk menemukan aplikasi atau tool ini, bisa diperoleh melalui Google Play Store atau menggunakan mesin pencari favorit. Ada beberapa macam pilihan aplikasi handal yang bisa anda coba gunakan untuk menemukan tower telekomunikasi atau operator internet.

Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot dengan Menggunakan Booster atau Repeater

Jika semua cara di atas gagal untuk meningkatkan jangkauan sinyal hotspot Anda, maka kemungkinan perlu penguat sinyal ponsel atau signal booster. Sebuah penguat dapat membuat sinya kuat yang dapat diandalkan untuk hotspot Anda. Pastikan perangkat yang bergantung pada Wifi memiliki konektivitas data internet yang Anda butuhkan.


Jika Anda menggunakan hotspot di rumah atau kantor, setiap Wi-Fi Extender dalam ruangan penguat sinyal akan bekerja dengan baik untuk tujuan ini. Tempatkan hotspot sedekat mungkin yang anda mampu pada antena indoor (perangkat) sehingga menerima sinyal terkuat yang ada.

Jika kendaraan Anda berfungsi sebagai kantor mobile Anda, atau Anda perlu menjaga anak-anak terhibur selama perjalanan keluarga, hotspot bisa sangat diperlukan. Dan saat Anda mengemudi mobil, maka booster sinyal akan memastikan bahwa lalu lintas data Wifi terus mengalir tanpa gangguan apapun.

Meningkatkan Jangkauan Sinyal Wifi di mobil

Sebuah cradle booster penguat sinyal untuk kendaraan Anda seperti Drive 4G-S sangat baik dalam menjaga perangkat hotpot Anda aman di tempatnya dan tentu saja dapat meningkatkan sinyal. Jika Anda membutuhkan sinyal yang diboost untuk ponsel Anda serta hotspot, booster nirkabel untuk kendaraan seperti weBoost Drive 4G-X menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkannya.

Drive 4G-X mengirimkan sinyal yang telah diperkuat untuk semua perangkat seluler diaktifkan di dalam kabin kendaraan Anda. Jadi anak-anak dengan tablet mereka di kursi belakang tetap terhibur dan Anda masih dapat menjawab panggilan masuk dengan headset wireless Anda.

Manfaat tambahan lainnya, di daerah miskin sinyal booster ponsel juga akan meningkatkan kecepatan data untuk upload dan download lebih cepat dari biasanya. Dan tentu saja juga akan meningkatkan sinyal seluler untuk telepon Anda dan sekaligus meningkatkan area cakupan sinyal.


Jika Anda belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan, silahkan mencoba menerapkan beberapa tips dan trik tambahan untuk meningkatkan jumlah bar sinyal untuk hotspot Anda.

Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Smartphone 4G

Jika anda ingin meningkatkan radius jangkauan sinyal hotspot Wifi 4G, mungkin anda berpikir untuk mendapatkan beberapa Adapter Powerline pada koneksi jaringan internet 4G melalui instalasi listrik rumah. Namun berdasarkan pengamatan saya, itu semua tampaknya memerlukan router dengan kabel Ethernet untuk dipasang ke adaptor Powerline pertama.

Perangkat hotspot kecil ini dirancang untuk menghemat daya sehingga mereka tidak memiliki radio nirkabelwireless yang berjalan pada kekuatan penuh dan saya tidak berpikir Anda dapat mengubah ini.

Solusi Anda adalah twist yang menarik pada bangunan repeater Anda sendiri. Yang Anda butuhkan adalah apa yang disebut client-bridge yang kemudian Anda pasang ke perangkat powerline. Efek tindakan ini adalah wireless nic card yang mengubah sinyal untuk ethernet.

Dalam kebanyakan kasus orang hanya menggunakan repeater wireless yang melakukan fungsi yang serupa dengan client-bridge tapi mengirim ulang sinyal secara nirkabel. Hal ini tentu saja menyebabkan gangguan sehingga Anda mendapatkan lebih banyak cakupan tapi kurang stabil. Ini adalah salah satu pengorbanan dimana Anda harus memutuskan apakah itu lebih baik.

Solusi yang Anda usulkan adalah sama jika Anda akan menempatkan AP (Access Point) pada perangkat powerline. Ia tidak memiliki masalah dengan transmisi dari atas sinyal asli. Pengorbanan yang perlu dilakukan dalam hal ini adalah Anda membeli banyak lagi peralatan yang bagi sebagian orang adalah masalah.

"Jumlah IP Address yang banyak untuk perangkat wireless yang terhubung dengan Wifi hotspot perangkat smartphone 4G harus mendukung WDS untuk memungkinkan Anda untuk menjalankan eter repeater atau client-bridge di mode "bridge" sebenarnya. Secara umum Anda dapat hanya melampirkan satu perangkat melalui setiap koneksi nirkabel karena metode enkripsi, WDS digunakan untuk memberi pembatasan ini.

Jika smartphone 4G Android anda tidak mendukung WDS maka Anda perlu menggunakan perangkat yang lebih maju. Ini adalah bentuk client-bridge yang dapat bertindak sebagai router. Kebanyakan yang pernah saya lihat digunakan pada peralatan outdoor bridge atau bridge luar ruangan. Outdoor bridges dari Engenius atau Ubiquiti memiliki kemampuan untuk berjalan dalam mode bridge khusus di mana mereka bertindak sebagai router. Sayangnya ini berarti Anda memiliki jaringan kedua di rumah Anda.

Cara Meningkatkan dan Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Dengan Router

Selama ini saya memiliki ketergantungan untuk menggunakan smartphone atau tablet Android sebagai mobile Wifi hotspot yang merupakan Internet utama saya dan bukan broadband. Tentu range jangkauan mobile Wifi hotspot tersebut sangat pendek, tapi router WiFi yang ada dapat mengcover seluruh area rumah saya. Router adalah perangkat keras yang berfungsi untu mengirimkan paket data internet pada sebuah jaringan komputer atau smartphone.


Saya memiliki ponsel 4G yang di sudut rumah saya menerima sinyal 4G, dan menggunakan speedtest.net saya mendapatkan sekitar 20Mbps, jika saya terhubung langsung ke ponsel saya dari laptop saya dan duduk di sebelahnya.

Kamar tidur saya adalah di sisi berlawanan dari rumah dan di dalamnya smartphone Android saya tidak menerima 4G. Jadi saya membeli extender WiFi, dengan harapan meninggalkan ponsel saya di sudut yang mendapat 4G dan menggunakan laptop saya di kamar tidur saya.

Jika saya duduk di samping ponsel Android dan terhubung ke extender (yang memperluas hotspot smartphone Android saya), maka saya mendapatkan sekitar 7Mbps. Namun jika saya duduk di kamar saya dan terhubung ke extender WiFi, saya bisa mendapatkan kecepatan 0.9Mbps. Jika saya menjalankan speed test di ponsel saya masih bisa mendapatkan kecepatan internet 20Mbps.

Mengapa jarak antara laptop saya dan extender WiFi mempengaruhi kecepatan internet? Sementara itu jika saya mentransfer barang-barang ke ponsel saya atau VNC untuk itu (yaitu koneksi lokal) baik saat saya sedang di kamar atau di samping HP Android selalu terhubung melalui extender.

Ini adalah penjelasan yang cukup mendasar mengapa jarak antara Wifi dan perangkat lainnya sangat berpengaruh. Hotspot telepon biasanya hanya memiliki 'rentang kurang dari 10 meter karena pembatasan power. Sekarang wifi extender Anda mungkin jauh lebih efektif dengan line yang jelas terlihat, tapi dari apa yang dapat saya simpulkan Anda mencoba untuk mendapatkan sinyal melalui setidaknya 3 lapis dinding, yang tidak akan bekerja dengan baik kecuali Anda memiliki router yang kuat . TLDR: jarak dan hambatan lebih besar akan membutuhkan daya lebih untuk menjaga sinyal agar tetap kuat.

Saya tahu kisaran jangkauan hotspot smartphone Android cukup kecil, itu sebabnya saya membeli Wifi extender. Sinyal dari extender sendiri cukup kuat (seperti dalam laptop saya yang menunjukkan semua bar posisi penuh). Dinding sangat tipis dan pada dasarnya hanya papan plester, dan rumah cukup kecil. Saya benar-benar akan mengerti jika sinyal WiFi dari extender menjadi lemah di kamar tidur, sehingga menyebabkan koneksi lokal dan kecepatan data internet yang lambat.

Di bawah ini adalah bagaimana saya bisa menggunakan router WiFi yang ada untuk berbagi atau mengulangi koneksi hotspot mobile. Ini adalah bagaimana cara saya melakukannya, saya harap ini dapat membantu sebagai contoh. Router Wifi yang saya gunakan adalah TP-LINK-MR3420 dan ponsel Android Samsung Galaxy S6.

Step by step langkah pengaturan:
  • Pergi ke bagian 'Wireless' dari menu router Anda.
  • Pilih opsi "enable WDS bridging" atau sesuatu yang serupa di router Wifi Anda. Catatan: Beberapa router tidak memiliki WDS / fungsi bridging, Anda harus mengubah router dalam kasus itu. WDS singkatan Wireless distribution system.
  • Klik tombol 'survey'. Ini menunjukkan semua koneksi yang tersedia dalam jangkauan Anda (masukkan rincian secara manual jika tidak ada pilihan survey).
  • Pilih koneksi yang ingin terhubung.
  • Masukkan kata kunci atau password.
  • Klik simpan. Anda akan diminta untuk memilih pilihan channel yang tepat. Klik tombol Yes, maka secara otomatis akan memilih untuk Anda.
  • Nonaktifkan DHCP.
  • Restart router Anda.
  • Tunggu dan berikan beberapa waktu untuk menghubungkan router dengan jaringan Wifi Android. Setelah pengaturan awal tidak terhubung secara langsung, dalam beberapa kasus.
  • Ini harus bekerja sekarang. Jika tidak atau belum bisa, silahkan mencoba upgrade firmware Anda juga.
Harap dicatat bahwa ketika Anda menonaktifkan atau disable DHCP, Anda tidak akan dapat mengakses router Anda secara langsung (192.168.0.1 dll), tetapi internet Anda harus bekerja. Untuk mengakses router Anda, Anda harus mengkonfigurasi alamat IP dari koneksi Anda.

Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Dengan Menggunakan DD-WRT

DD-WRT adalah sebuah firmware open source gratis berbasis GNU/Linux yang dapat dimuat ke router nirkabel yang kompatibel dan digunakan untuk membuat hotspot untuk berbagi koneksi Internet Anda.

Instalasi DD-WRT pada router dalam banyak kasus hampir sama sederhana seperti menginstal program, aplikasi, dan software ke laptop atau komputer Anda. Namun, melakukannya secara tidak benar dapat membuat router Anda tidak dapat berfungsi sehingga tidak dapat digunakan sama sekali. Menginstal program pada router, yang dikenal sebagai firmware, yang dicapai dengan metode yang disebut flashing. Artikel ini membantu Anda menentukan proses instalasi untuk router Anda, serta memberikan saran router dan informasi tentang cara flashing masing-masing perangkat router.

Langkah-langkah setup dan install DD-WRT:
  • Langkah 1 - Hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah untuk menginstal firmware DD-WRT pada router Anda. Proses ini sebenarnya cukup sederhana, Anda hanya perlu men-download firmware DD-WRT dan load program tersebut dengan fitur upgrade firmware yang ada pada menu router Anda.
  • Langkah 2 - Setelah Anda selesai menginstal firmware DD-WRT, selanjutnya adalah melakukan setting. Pertama, Anda harus menetapkan SSID jaringan pada smartphone Android Anda, menyetting security untuk "WPA2 PSK", dan password. Buatlah SSID yang mudah diingat karena Anda akan perlu mengetik ulang untuk pengaturan repeater baru Anda. Juga pastikan Anda menggunakan karakter lowercase agar tidak terjadi kesalahan saat input karena repeater biasanya memiliki kolom isian case sensitive. Kemudian hidupkan hotspot WiFi Android Anda dan meletakkannya pada lokasi yang diinginkan di rumah Anda yang mendapat kecepatan download yang terbaik (Anda dapat menggunakan aplikasi SpeedTest untuk menguji kecepatan internet Anda).
  • Langkah 3 - Selanjutnya, lakukan hard-reset pada router Anda. Hampir semua atau sebagian besar router biasanya memiliki tombol hard reset di bagian belakang, silahkan tekan dan tahan tombol hard reset selama 30 detik.
  • Langkah 4 - Buka dan masuk ke layar komputer Anda, dan koneksikan ke "DD-WRT" wireless connection, (atau Anda juga dapat melakukan pada ponsel atau tablet) dan ketik "192.168.1.1" di URL dari browser. Anda mungkin akan melihat layar berikut, silahkan set username dan password router.
  • Langkah 5 - Masuk ke menu pengaturan Wireless->Basic Settings. Set "Wireless Mode" dengan memilih "Repeater Bridge", pilih "Wireless Network Mode" untuk "Mixed" atau sinyal apa pun yang Anda ingin repeat, dan atur SSID ke SSID yang sama dengan set pada WiFi Hotspot Android Anda. Kemudian tekan tombol "Save".
  • Langkah 6 - Selanjutnya, tekan tombol "Add" di bawah "Antarmuka Virtual" dan menetapkan nama baru untuk repeater baru Anda. Dalam kasus saya, saya bernama repeater baru saya "wifimaxrepeater".
  • Langkah 7 - Kita hampir selesai, pergi ke wireless-> Wireless Security kemudian setting semua Security Mode menjadi "WPA2 Personal", untuk "WPA Algorithms" pilihlah opsi "AES", dan untuk "WPA Shared Key" sama dengan password WiFi Hotspot Android Anda. Kemudian tekan "Save". Ini juga merupakan password untuk repeater baru Anda sehingga ingat baik-baik ya.
  • Langkah 8 - Kita harus menonaktifkan firewall karena akan mengganggu kinerja repeater yang baru, buka menu Security-> Firewall, set atau atur "SPI Firewall" menjadi "Disable" dan tekan "Save" di bagian bawah layar.
  • Langkah 9 - Jika Anda ingin mengakses router nanti, Anda mungkin ingin juga enable GUI web, jadi pergi ke Administration dan mengatur "Web GUI Management" menjadi "Enable".
  • Langkah 10 - Di sinilah bagian yang paling menarik dan menyenangkan karena Anda dapat secara manual meningkatkan daya transmisi sinyal nirkabel Anda. Buka wireless-> Advanced Settings dan mengatur "TX Power" menjadi sekitar 180. Hal ini akan meningkatkan sinyal repeater Anda dengan frekuensi lebih dari dua kali lipat sehingga Anda dapat mengulangi / memperluas jangkauan dari WiFi Hotspot Android sampai maksimal!
  • Langkah 11 - Setelah selesai, periksa dan pastikan semuanya sudah dilakukan dengan benar dan kemudian tekan "Apply Settings". Dengan menekan tombol ini maka akan menerapkan semua yang Anda set pada router dan memulai mode repeating.
  • Langkah 12 - Berikan router Anda sekitar 5 menit untuk reboot kemudian mencoba menghubungkan ke repeater baru Anda. Jika tidak terhubung langsung, coba reset router kemudian coba lagi setelah 5 menit. Jika komputer Anda tidak terhubung langsung, biarkan selama 5 menit dan coba lagi, hingga akhirnya akan terhubung dengan internet. Jika tidak, Anda mungkin telah melakukan pengaturan yang salah.
  • Langkah 13 - Setelah router telah berhasil me-repeat WiFi HotSpot Android, sekarang Anda dapat tethering smartphone Android Anda dari mana saja di rumah Anda dengan kecepatan yang layak.
Cobalah menempatkan WiFi HotSpot Android di titik tengah antara titik terjauh di rumah Anda dan smartphone Android Anda. Dengan cara ini, Anda memperpanjang sinyal nirkabel Anda sebanyak mungkin ke seluruh penjuru ruangan.

Mempunyai masalah pada saat pengaturan?

Jika Anda tidak bisa mendapatkannya bekerja pertama kalinya, jangan khawatir (saya butuh waktu sekitar 3 mencoba beberapa kali), cara mengatasi masalah ini adalah cukup memulai lagi dari Langkah 1 dan mencoba beberapa kali sampai router DD-WRT dapat bekerja.

Setelah repeater Anda mulai bekerja, itu tidak akan pernah berhenti bekerja. Selalu ingat SSID dan password yang Anda selalu dapat mengatur setiap smartphone Android Anda dengan SSID dan password yang sama jika Anda ingin menggunakan perangkat Android lain sesebagai WiFi HotSpot. Saya biasanya melakukan switch antara Samsung Galaxy Note 5 dan Note 6 jadi memberi nama SSID WiFi HotSpot sebagai "notetwo", dengan cara itu saya tidak perlu me-reset setting pada router saya.

Ada 2 pengaturan penting yang harus diperhatikan agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Poin pertama, router harus set dahulu ke channel WiFi yang sama seperti hotspot. Masalahnya adalah beberapa smartphone atau tablet diset menjadi auto dan Anda tidak dapat mengubah ini. Smartphone Android akan beralih channel jika channel itu terlalu ramai. Router itu sendiri dapat menyebabkan smartphone untuk beralih channel, sehingga router harus diaktifkan setelah hotspot ponsel Android diaktifkan. Poin kedua, alamat gateway harus diatur. Ini akan menjadi alamat IP dari hotspot. Jika tidak di-set maka tidak akan bisa terhubung dengan internet.

Itu saja yang harus kita lakukan untuk memperluas jangkauan sinyal Wifi Android. Jika Anda ingin berbagi tips atau trik tentang topik cara memperluas jangkauan sinyal Wifi Hotspot Tethering Android tolong beritahu saya di bagian komentar.


EmoticonEmoticon