06 December 2016

Cara Memperkuat dan Menarik Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

Cara Memperkuat dan Menarik Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android - Sudah menjadi kebiasaan sehari-hari untuk membuat dan menjadikan HP Android saya sebagai Wifi Hotspot atau Tethering agar perangkat saya yang lain seperti laptop, PC atau komputer, dan Smartphone terhubung dengan jaringan internet. Pada awalnya tidak ada masalah sama sekali mengenai kekuatan sinyal dari Wifi Android dan dapat menjangkau perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan internet Wifi Android yang saya buat tersebut. Hal itu karena saya mengoperasikan device lain masih di satu ruangan yang sama. Tapi belakangan ini, keluarga saya juga ingin menggunakan jaringan internet Wifi Hotspot Android milik saya tersebut. Kuota paket data internet pada jaringan Wifi Android memang cukup banyak, karena saya rutin mengalokasikan budget bulanan saya untuk mengisi kuota sebanyak 80 GB tiap bulan. Tentu saja anggota keluarga saya yang lain tertarik untuk menghubungkan smartphone dan laptop mereka dengan jaringan Wifi Android ini, karena mereka bisa download dan streaming atau buffering video Youtube gratis sepuasnya.

Cara Memperkuat dan Menarik Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

Sinyal Wifi Android ini tetap stabil dan baik meskipun sangat banyak perangkat yang terhubung, tapi masalah mulai muncul jika device berada di luar ruangan saya atau apalagi jika di luar rumah. Kadang anggota keluarga saya juga menggunakan perangkat smartphone dan komputer atau laptop di kamar lain yang berada di lantai dua ( bagian rumah di lantai atas karena rumah saya tingkat dua ). Dari sinilah berbagai macam permasalahan mengenai sinyal Wifi mulai timbul, mereka mengeluhkan masalah sinyal yang lemah, sering putus-putus, kecepatan internet lambat atau lemot, dan loading halaman web menjadi sangat lama dan lambat. Saya mencoba memperbaiki dan mengatasi masalah-masalah sinyal Wifi Android tersebut dengan beberapa metode yang cepat dan mudah. Semua cara yang saya gunakan untuk perkuat sinyal Wifi Android tersebut telah saya masukkan dan tulis pada artikel ini, dan semuanya telah saya buktikan berhasil memperkuat sinyal Wifi pada HP Android. Tidak hanya membuat sinyal semakin kuat, tapi juga bisa menarik dan menyedot sinyal Wifi di sekitar kita. Mungkin banyak yang tidak percaya, tapi perlu anda ketahui jika sinyal Wifi adalah berupa radiasi dan gelombang elektromagnetik yang merambat dan terpancar melalui partikel foton. Beberapa dari tips dan trik ini juga dapat digunakan untuk menyedot bandwidth dan menambah kecepatan internet Wifi Android, silahkan simak dan ikuti panduan pada tutorial cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering Android berikut ini.

Sekarang, dalam kebanyakan kasus Anda dapat dengan mudah melakukan tethering dari ponsel Android Anda tanpa masalah jika Anda mendapatkan kecepatan download yang baik di mana-mana di rumah Anda. Nah, dalam kasus saya, yang terbaik kecepatan download untuk smartphone Samsung Android sebenarnya di luar rumah. Tapi jika saya meletakkan ponsel saya di sana, saya tidak bisa tether dengan baik untuk memberi koneksi internet pada perangkat yang berada di dalam rumah saya karena ada dinding dan hal-hal lain yang menghalangi sinyal Wifi Android. Baca juga: Cara Membuat Wifi Hotspot Tethering Gratis Dengan HP Android

Mengapa coverage sinyal Wi-Fi di rumah Anda menjadi begitu tidak stabil dan sangat lemah?! Dead spots terasa seperti muncul secara acak, kualitas koneksi dapat bervariasi sepanjang hari, dan HP Android sebagai router dapat memberikan kesan memiliki pikiran sendiri.

Pikiran dan hal-hal ini mungkin ada di kepala Anda, tetapi tidak diragukan lagi jika banyak orang yang mengalami kondisi dimana sinyal Wi-Fi di sekitar properti mereka sangat jelek atau buruk. Dan karena semakin banyak dari kehidupan kita sehari-hari tergantung pada koneksi internet agar dapat mengakses web-web yang kita butuhkan, maka ini dengan cepat dapat menjadi sesuatu yang menjengkelkan bahkan menyebalkan.

Jika Anda melihat bahwa Wi-Fi Anda mengkonsumsi lebih banyak baterai dari biasanya, atau selalu terkoneksi tetapi kecepatan internet tidak begitu cepat, maka Anda mungkin sedang mengalamii koneksi Wi-Fi yang buruk. Masalah Wi-Fi dapat terjadi di mana saja, dari bangunan tebal berdinding, karena koneksi jarak jauh atau hanya sinyal Wi-Fi jelek di tempat pertama. Berikut panduan untuk bagaimana meningkatkan dan memperkuat sinyal Wi-Fi pada smartphone Android Anda.

Cara Memperkuat dan Menarik Sinyal Wifi Android

Jadi, bagaimana cara agar dapat memperluas jangkauan sinyal hotspot WiFi Android Anda sehingga Anda dapat menggunakannya pada semua ruangan dan kamar di rumah Anda?

Untungnya, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi rasa frustrasi Anda dan meningkatkan kinerja Wi-Fi Hotspot Android. Pada artikel ini, kami memiliki lebih dari sepuluh macam tips yang secara efektif akan dapat meningkatkan sinyal Wi-Fi HP Android.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

Pada sesi ini kita akan membahas dan mengetahui bagaimana cara memperkuat sinyal Wifi Android. Tips di bawah ini fokus memaksimalkan dan mengoptimalkan fungsi dan kinerja dari Wifi Hotspot Android. Beberapa aplikasi dan hardware mungkin perlu disiapkan agar dapat menerapkan beberapa metode untuk penguatan sinyal Wifi Android.

Posisi Wifi Hotspot Android

Banyak orang mengabaikan fakta bahwa sinyal wireless dapat terganggu karena menempatkan Wifi Android pada posisi yang menghalangi dan mengganggu sinyal. Meletakkannya di suatu tempat dapat memberikan sinyal yang bagus untuk ruangan tertentu tapi bisa jadi anda memperoleh low signya untuk kamar tidur Anda, sementara menempatkan di sana mungkin mengakibatkan sebaliknya. Sesuatu yang sederhana seperti memindahkan smartphone atau tablet Android yang diunakan sebagai Wifi bisa menjadi solusi yang Anda butuhkan.

Anda juga harus memeriksa parangkat elektronik yang berada diantara Wifi Android dan device lainnya yang terkoneksi. Perangkat elektronik seperti microwave, lemari es, dan telepon rumah dapat mengurangi kekuatan sambungan koneksi internet Wifi jika mereka berada di area dimana sinyal dipancarkan Wifi Android.

Memang benar bahwa dinding interior rumah Anda dapat mengganggu sinyal Wi-Fi. Namun, jumlah gangguan tergantung pada terbuat dari bahan material apa dinding rumah Anda - fakta kunci untuk dipertimbangkan adalah bagaimana kepadatan dan kerapatan bahan tersebut. Beton padat adalah termasuk salah satu Wi-Fi killer, sedangkan sheetrock dan kayu triplek adalah bahan yg cukup mudah ditembus sinyal nirkabel.

Jika Anda tinggal di sebuah properti pada lantai dua, sesuatu yang sederhana seperti menempatkan Wifi Hotspot Android Anda pada rak yang tinggi di lantai pertama dapat sangat meningkatkan konektivitas di lantai atas. Atau jika Anda memiliki tiga lantai, maka Anda mungkin harus menempatkan Wifi Hotspot Android di lantai dua untuk cakupan sinyal yang serba sama dan stabil.

Antena Router

Anda harus tahu bahwa beralih ke antena router yang lebih baik akan menghasilkan sinyal yang lebih baik. Router dengan kualitas sinyal yang lebih baik biasanya mempunyai antena berkualitas baik, begitu juga dengan smartphone anda sebaiknya dilengkapi dengan antena portable. Ini adalah hambatan yang dihadapi sebagian besar pengguna.

Pikirkan semua antena TV di pasaran yang lebih besar dan lebih kuat antena, semakin jelas gambar. antena router mengikuti prinsip yang sama, kecuali router yang baik tidak hanya memiliki antena yang lebih baik - mereka memiliki antena lebih banyak.

Antena USB Eksternal Portable

Bagaimana jika smartphone atau tablet Android yang digunakan sebgai Wifi tidak memiliki antena sendiri, atau Anda masih tidak bisa mendapatkan sinyal yang dapat diandalkan bahkan setelah mengubah antena internal? Anda bisa mempertimbangkan membeli antena USB eksternal portable untuk smartphone, laptop, dan komputer Anda yang lainnya.

Antena USB Eksternal Portable ini akan melakukan dengan cara yang persis sama seperti antena built-in, tetapi dapat diposisikan jika Anda memperoleh kinerja yang optimal. Pastikan Anda membeli satu Antena USB portable yang memiliki kabel. Hal ini memungkinkan Anda memasukkan receivera ke dalam posisi yang paling optimal tanpa perlu membuat perangkat Anda yang sebenarnya bergerak secara fisik.

Wireless Range Extenders

Jika sinyal Wifi Android Anda lemah atau tidak bisa diandalkan dan Anda tidak bisa menemukan solusi, jawabannya mungkin terletak pada Wireless Range Extenders dan Powerline Adapter.

Wireless Range Extenders tidak mahal dan kompatibel dengan hampir semua smartphone android, router modern dan modem. Mereka benar-benar berguna jika Anda punya properti gedung yang besar dan antena baru tidak mampu menjembatani zona mati nirkabel yang mungkin Anda miliki.

Mengingat harganya murah mereka, mereka juga merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan dan mengelilingi sinyal di sekitar dinding padat dan tebal atau struktur fisik lainnya yang berdiri di antara Wifi Android dan workstation Anda.

Letakkan Router Wifi Android Anda di tempat yang tepat

Salah satu trik sederhana lainnya yang dapat meningkatkan koneksi Wi-Fi di rumah adalah optimalisasi lokasi router Wifi Android. Sering ditempatkan tepat di samping telepon atau kabel stop kontak, tapi ini bukan kebiasaan yang baik untuk koneksi Wifi Anda. Jika Anda dapat memindahkannya, download dan install aplikasi Wi-Fi FDTD solver di Google Play Store yang memungkinkan Anda untuk melihat sekilas bagaimana sinyal router Anda.

Cara Menarik Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

Setelah sinyal pada Wifi Android sudah diperkuat, sekarang saatnya untuk menarik sinyal Wi-Fi Android agar dapat ditangkap dengan baik pada perangkat-perangkat lain yang terkoneksi. Sama seperti beberapa tips di atas, metode menyedot sinyal Wifi juga memerlukan beberapa tool dan aplikasi khusus. Tidak semuanya memerlukan biaya besar, karena banyak yang gratis juga.

WiFi Repeater

Sebenarnya masalah sinyal yang lemah adalah masalah klasik yang mempunyai solusi mudah dan sederhana, Anda dapat menggunakan WiFi repeater. Sebuah WiFi Repeater, seperti namanya, fungsinya adalah untuk "mengulangi" sinyal nirkabel. Anda dapat membeli WiFi Repeater di toko aksesoris komputer, baik offline maupun online seperti di Tokopedia, FJB Kaskus, atau di Amazon tapi masalahnya adalah bahwa mereka tidak bekerja dengan baik, rentang cakupan sinyal sangat buruk. Cara yang lebih baik untuk pendekatan ini adalah untuk membuat DD-WRT router custom sendiri dan memasukkannya ke dalam mode repeater. Dengan cara ini, Anda dapat hack router dan meningkatkan tingkat transmisi seperti yang Anda inginkan.

Saya punya banyak Linksys E1200s tua yang tergeletak tidak terpakai lagi di sekitar jadi saya memutuskan untuk mendaur ulang mereka ke sebuah repeater Android WiFi. Ini sebenarnya jauh lebih murah daripada membeli repeater WiFi sehingga Anda mendapatkan repeater yang lebih baik dan pada waktu yang sama dapat menghemat uang.

Anda juga dapat menggunakan jenis router yang mendukung firmware DD-WRT (Anda dapat memeriksa router lama Anda kompatible atau tidak di sini). Pastikan juga router Anda ingin gunakan sebagai Wifi repeater support dengan tipe atau jenis wireless yang ingin di-repeat seperti Wireless-N, Wireless-G, dll. E1200s adalah repeater yang bagus karena mereka mendukung kedua tipe wireless, baik N maupun G.

Mengubah Wi-Fi frequency band menjadi 5 GHz

Sebagian besar perangkat Android dapat dijalankan pada pita frekuensi 5 GHz, sebaik pada band frekuensi 2,4 GHz. Apa artinya ini? Pada frekuensi yang lebih tinggi, seperti 5 GHz, ada lebih banyak ruang kosong pada spektrum. Pada frekuensi 5 GHz, ada 23 saluran dimana masing-masing saluran memiliki frequency 20 MHz. Itu artinya ada 14 saluran lebih banyak yang ditawarkan di 2,4 GHz. Karena saluran tidak tumpang tindih, Anda cenderung untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik dari Wi-Fi Android Anda.


Jika router Anda bekerja pada pita 5 GHz (kebanyakan router terbaru menggunakannya), silahkan switch ponsel Android Anda ke band tersebut. Masuk ke Settings> Wi-Fi> Advanced > Wi-Fi frequency band lalu tap Auto. Ini akan memastikan bahwa ponsel Anda berjalan pada pita frequency 5 GHz.

Melacak Signal Wifi Android

Apakah Anda kadang-kadang berkeliling di sekitar area atau bangunan untuk mencari sinyal yang sempurna, tetapi menemukan bahwa bar sinyal Wi-Fi saja tidak cukup akurat? Untuk benar-benar menemukan posisi dengan sinyal Wi-Fi Android yang terbaik di sekitar Anda, cobalah untuk men-download aplikasi Wi-Fi Signal Booster, tekan Manual Boost, kemudian jaga agar mata Anda tetap fokus melihat pada garis merah sambil perlahan-lahan berjalan sekitar area hotspot Wifi untuk track dan mencari sinyal yang terbaik.


Yang paling dekat dengan garis merah adalah garis kuning (tersedia sinyal), semakin mendekati garis maerah maka semakin baik. Tekan 'Automatic Improvement' untuk mempercepat penemuan spot terbaik sehingga dapat segera boost sinyal Wi-Fi Anda.

Pengaturan Smartphone Android untuk mencegah koneksi yang buruk

Dalam menu Settings Android ada pilihan kecil menyenangkan yang memberitahu telepon untuk mencegah koneksi Wi-Fi dengan sinyal buruk. Ketika sedang memindai jaringan yang tersedia itu benar-benar akan membuat smartphone atau tablet Android mencoba menghindar dan mencegah untuk terhubung ke jaringan Wifi dengan sinyal yang buruk. Ini akan menghemat banyak daya baterai dan rasa frustrasi. Caranya adalah dengan masuk ke Settings> Wi-Fi dan tekan tombol menu Advanced. Di sini Anda akan melihat kotak centang untuk menghindari koneksi Wifi yang kurang baik.

Update Radio atau Firmware

Jika Anda menerima update OTA dari operator atau produsen maka ini mungkin tidak berlaku untuk Anda, tetapi jika Anda menjalankan custom ROM mungkin kadang-kadang perlu untuk secara manual memperbarui radio pada Android. Anda juga harus memastikan bahwa smartphone atau tablet Android Anda berada di versi terbaru Android untuk memastikan kinerja terbaik. Untuk memeriksa ini, pergi ke Settings > About > Software updates.

Cek Sinyal Wifi Android Tidak Terblokir

Banyak casing atau cover ponsel benar-benar membuat sinyal Wi-Fi menjadi terhambat, terutama jika bahannya mengandung logam, yang sering digunakan untuk perlindungan tambahan. Untuk melihat apakah casing smartphone Android mempengaruhi baik atau tidaknya kualitas sinyal Wi-Fi, coba untuk melepas casing dan kemudian melakukan tes kecepatan dengan aplikasi Ookla speed test. Kemudian, di lokasi yang sama, pasang kembali casing-nya dan coba lakukan tes sekali lagi. Jika Anda melihat perbedaan kecepatan internet ketika HP Android menggunakan casing, bisa dipastikan casing menjadi salah satu penyebab sinyal Wifi kurang bagus.

Pelajari Wi-Fi Access Point terbaik

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan aplikasi Wi-Fi Analyzer yang menampung tiga fungsi yang sangat berguna. Pertama memberikan informasi channel terbaik pada jaringan tertentu untuk digunakan. Tanpa perlu membaca rincian, memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan jaringan dan berarti Anda tidak perlu menjadi seorang ahli teknis untuk melakukannya.
Kedua hal itu dapat menilai jaringan mana di sekitar Anda yang memiliki koneksi paling stabil, dimana seringkali smartphone Android terhubung otomatis secara default. Terakhir, ia menawarkan akses mudah ke informasi jaringan seperti alamat IP, gateway jaringan, DNS, dll Ini tidak penting, tapi berguna untuk user yang ingin membangun jaringan internet secara wireless.

Hack Sinyal Wifi DIY

Apakah semua cara dan trik memperkuat sinyal Wifi di atas gagal? Sudah waktunya untuk mencoba opsi modifikasi atau oprek. Jika Anda membutuhkan hasil nyata dan sinyal Wi-Fi yang lebih baik maka Anda dapat mencoba untuk membuat parabola mini sendiri untuk menangkap beberapa penerimaan sinyal Wifi yang lebih baik. Ini pada dasarnya adalah versi kecil dari radio atau satelit. Anda dapat menggunakan mangkuk logam atau kaleng soda yang bisa membuat receiver dish. Ini mungkin bukan hal yang paling praktis untuk dilakukan setiap kali Anda memiliki sinyal lemah, tapi cukup menyenangkan. Ini mungkin tampak konyol, tapi tutup panci atau mangkuk logam dapat meningkatkan penerimaan sinyal Wi-Fi jika Anda benar-benar putus asa.

Apakah kita melewatkan tips dan trik untuk memperkuat sinyal Wifi Android? Apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan sinyal Wifi?


EmoticonEmoticon