Cara Upload Foto dan Video Instagram Dengan PC Tanpa Software

Cara Upload Foto dan Video Instagram Dengan PC Tanpa Software - Anda sekarang dapat memposting foto dan video langsung ke Instagram dari komputer atau laptop Anda. Aplikasi web mobile Instagram yang baru juga dapat bekerja pada desktop pc dengan trik ini. Instagram telah membuat versi desktop dari aplikasi berbagi foto populer yang tersedia beberapa tahun yang lalu, namun fungsinya tetap terbatas dibandingkan aplikasi mobile site dan browser mobile smartphone. Para pengguna Instagram telah menuntut untuk penambahan satu fitur pada khususnya: kemampuan untuk upload foto dan video dari pc desktop atau laptop tanpa harus memindahkannya ke perangkat seluler. Jadi, setelah Instagram membuat update yang memungkinkan untuk upload foto dari PC, maka sekarang hanya membutuhkan sekitar 15 detik untuk mengaktifkan fitur upload di PC atau laptop.

Jika Anda memeiliki aktivitas seperti saya, Anda sering membuat atau mengedit foto di komputer atau laptop Anda, mengekspor gambar ke cloud storage Anda dan kemudian mendownload foto ke smartphone Anda untuk diunggah ke Instagram. Ini agak bertele-tele, tapi sekarang Instagram sudah mulai mengupdate fitur upload di browser desktop. Dan sementara saat ini hanya didukung secara resmi oleh browser mobile, dan sebuah trik kecil akan dapat memungkinkan browser Chrome, Firefox, Safari pada laptop Anda mendapatkan fitur upload foto.

Cara Upload Foto dan Video Instagram Dengan PC Tanpa Software

Instagram memperkenalkan sebuah perubahan besar hari ini, meluncurkan aplikasi web yang berfungsi penuh sehingga memungkinkan Anda mengupload foto lewat PC atau laptop tanpa software, tidak ada aplikasi atau software yang dibutuhkan. Instagram tidak secara resmi menambahkan fitur ke browser desktop, tapi sudah ada dan bisa langsung diakses, Anda hanya perlu menemukannya.

Banyak Instagrammers termasuk saya mengambil foto dengan kamera dSLR dan kemudian mengedit di komputer atau laptop mereka sebelum menguploadnya ke Instagram. Itu berarti harus mentransfer foto ke smartphone (melalui kabel USB, Bluetooth, AirDrop, atau email), tentu saja tidak praktis dan memerlukan waktu lama.

Solusi ini dapat mem-bypass langkah rumit tersebut dan membuat upload dSLR lebih mudah dari sebelumnya. Jadi sekarang membuka Instagram di PC atau laptop tidak sekedar komentar, like, follow, unfollow saja, tapi bisa upload foto langsung dari harddisk laptop atau PC ke akun Instagram juga.

Instagram meluncurkan aplikasi resmi untuk Windows 10 tahun lalu, namun kehilangan satu fungsi kunci yaitu tidak ada cara untuk mengunggah foto ke Instagram dari PC Anda. Tidak ada cara untuk mengunggah foto dari situs web Instagram dari browser PC atau laptop, dan tidak ada aplikasi khusus untuk Mac OS X. Tombol upload foto dan video Instagram yang terdapat di aplikasi mobile Instagram dan browser untuk mobile atau smartphone ternyata tidak muncul di laptop atau komputer. Tombol upload foto dan video tersebut tidak muncul jika kita membuka Instagram dengan browser PC, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lain-lain.

Ini adalah sebuah masalah besar terutama jika Anda ingin berbagi gambar yang telah Anda ambil dengan menggunakan kamera digital dan bukan smartphone, atau Anda ingin membuat sedikit editan dengan menggunakan editor foto terlebih dulu. Ini mungkin akan berubah di masa depan, namun sementara itu ada beberapa cara praktis untuk mengatasinya, sehingga bisa upload foto ke Instagram dari PC Anda.

Update terbaru website Instagram telah mengaktifkan fitur bagi pengguna iPad dan PC desktop yang telah menunggu sejak awal launching Instagram. Sekarang Anda bisa upload foto langsung dari browser PC tanpa perlu menggunakan aplikasi Instagram dan aplikasi third-party lainnya. Sekarang jika Anda ingin mengupload foto langsung dari laptop, PC, komputer, Mac atau bahkan Chromebook, Anda dapat melakukannya tanpa terlebih dahulu mentransfer foto ke ponsel Android Anda. Ini juga menjadi kabar baik bagi pengguna iPad dan iPhone untuk mengakses layanan Instagram dari perangkat mereka.

Fitur yang baru saja ditambahkan untuk upload foto dari browser seluler membuat Instagram dapat diakses oleh lebih banyak pengguna di seluruh dunia dengan menghapus ketergantungan pada perangkat mobile seluler dan kuota download aplikasi yang mahal, dimana paket data internet mobile mungkin tidak tersedia dengan murah.

Meskipun begitu ternyata tetap masih ada beberapa fitur yang hilang dari interface berbasis browser mobile, seperti live video, Instagram Story, dan kemampuan untuk menerapkan filter, padahal semua fitur tersebut adalah fitur Instagram yang sangat populer digunakan. Jika PC atau laptop anda menggunakan OS Windows 10, maka lebih baik mencoba menggunakan aplikasi Instagram untuk Windows 10 yang bisa didownload gratis dari Microsoft Store.

Bahkan hingga saat ini, developer Instagram belum sepenuhnya menanggapi gagasan fitur upload foto dan video dari perangkat desktop, sehingga jika kita mampu menggunakan fitur upload foto melalui laptop atau PC tanpa software, sebenarnya hanya versi mobile dari situs web Instagram yang saat ini mendukung untuk melakukan upload gambar. Menggunakan Instagram melalui browser dPC atau laptop, tidak secara otomatis memunculkan tombol atau fitur yang memberikan kemampuan untuk upload gambar, kecuali jika Anda telah melakukan sedikit trik khusus terlebih dahulu untuk memunculkannya Ikuti panduan dan tutorial cara tercepat dan termudah upload foto Instagram dari PC tanpa aplikasi atau software di bawah ini.

Cara Upload Foto Instagram di PC atau Laptop


Jika Anda ingin upload foto dan video langsung dari browser desktop PC atau laptop, maka Anda harus mengatur browser menjadi tampilan versi mobile Instagram.com secara manual, penyebabnya adalah karena karena URL 'm.instagram.com' tidak tersedia. Fitur editing Instagram yang tersedia pada saat menggunakan browser PC atau laptop, antara lain: fitur zoom in, zoom out, rotate, caption, add location.

Hampir semua browser mempunyai program khusus yang memungkinkan bagi Anda untuk mengubah "User Agent" - Suatu program yang memberikan informasi kepada website tentang jenis perangkat yang sedang Anda gunakan. Jadi, meski saat berada di laptop atau desktop, Anda bisa mengelabui website mobil seperti Instagram sehingga membuat browser PC anda mampu menampilkan situs di PC atau laptop. Nah, berdasarkan celah kemungkinan itulah yang akan kita lakukan untuk membuat situs Instagram mobile dapat muncul di browser PC dengan mode mobile.


Di kalangan programmer website, teknik ini biasa disebut metode spoofing user agent. String user agent dikirim oleh browser yang Anda gunakan pada setiap permintaan halaman web, serta mengidentifikasi jenis browser dan sistem operasi yang Anda gunakan sehingga website dapat menyesuaikan interface halamannya agar bekerja dengan baik pada device Anda. Dengan mengubah setting user agent ini, maka Anda dapat mengelabui server website Instagram agar mengira Anda terkoneksi dari perangkat mobile. Trik ini akan menghasilkan tampilan versi mobile dari halaman yang dikirim kembali kepada Anda, lengkap dengan fungsi upload foto atau gambar baru.

Cara mudah lainnya untuk upload foto Instagram di PC adalah dengan cara menginstall ekstensi seperti User-Agent Switcher untuk Chrome yang memungkinkan Anda agar dapat mengubah setelan user agent sesuka hati. Add-ons yang memiliki fungsi serupa juga tersedia di browser yang lain, sama seperti User-agent Switcher untuk Mozilla Firefox yang satu ini. Pengguna browser Safari juga dapat mengubah pengaturan user-agent dengan mengaktifkan menu Develop dan kemudian memilih opsi User Agent.

Sekarang kamu bisa mengupload foto yang baru Anda buat langsung ke akun Instagram dari komputer atau laptop. Berkat solusi yang cerdik dan beberapa tips dan trik upload foto ke Instagram dengan pc tanpa software atau aplikasi apapun, sehingga upload foto ke Instagram dari desktop Anda sesederhana dan sama persis seperti menggunakan smartphone atau tablet Anda. Kami akan menunjukkan beberapa cara untuk melakukannya pada tutorial upload foto Instagram dari PC tanpa smartphone di bawah ini.

1. Cara Upload Foto Instagram Dengan PC di Google Chrome


Google Chrome adalah browser yang sangat tepat untuk mengupload foto Instagram dari PC atau laptop. Anda bisa upload foto ke akun Instagram dengan cepat dan mudah langsung dari PC atau laptop.
  • Step 1 : Pertama, buka situs Instagram, kemudian login ke dalam akun Instagram milik anda.
  • Step 2 : Selanjutnya, masuk ke dalam halaman profile akun Instagram anda
  • Step 3 : Kemudian buka DevTools Chrome dengan menekan tombol Ctrl + Shift + i secara bersamaan. Cara lain adalah dengan klik kanan > pilih "inspect". Cara alternatif lainnya adalah dengan membuka menu 'Customize and control Google Chrome' di sebelah pojok kanan atas browser chrome (tombol dengan 3 titik), dan kemudian pilih opsi 'More Tools' > 'Developer Tools'.
  • Step 4 : Setelah anda melakukan step ke-3, DevTools akan terbuka di sisi kanan halaman browser Chrome. Jangan hiraukan semua kode HTML dan CSS. Jika DevTools terbuka di sisi bawah browser Chrome, maka anda harus memindahkannya terlebih dulu ke sisi kanan. Caranya dengan memencet tombol 'Customize and control DevTools' di bagian kanan atas DevTools (tombol dengan 3 titik), kemudian ubah setting 'Dock side' menjadi 'Dock to right'
  • Step 5 : Selanjutnya aktifkan mode mobile responsive device untuk mengubah tampilan browser Chrome menjadi mobile browser. Cara mengaktifkan mode mobile Chrome adalah dengan menekan tombol 'Toggle device toolbar' di bagian sisi kiri atas DevTools (tombol kedua dari kiri dengan icon smartphone). Cara cepat untuk mengaktifkannya adalah dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + M secara bersamaan. Mode mobile device jika diaktifkan berwana biru, dan jika dinonaktifkan berwarna hitam.
  • Step 6 : Selanjutnya, tekan tombol refresh pada pojok kiri atas browser Chrome agar halaman profile Instagram berubah menjadi mode mobile. Anda harus melakukan refresh, karena jika tidak melakukannya, maka tombol upload photo tidak akan muncul.
  • Step 7 : Agar halaman profile terlihat semua anda dapat mengatur ukuran dari halaman tersebut. Sesuaikan dengan ukuran layar pc atau smartphone yang anda gunakan.
  • Step 8 : Langkah terakhir adalah tekan tombol 'Share Photos' untuk upload photo anda ke akun Instagram (tombol dengan icon kamera). Anda bisa mengatur ukuran foto yang telah diupload dengan menekan tombol zoom in/zoom out di bagian pojok kiri bawah. Selain itu, anda juga dapat mengubah posisi foto dengan memencet tombol 'rotate' di bagian pojok kanan bawah. Anda juga dapat menambahkan caption dan menambahkan lokasi dengan menekan tombol 'add location'.
  • Step 9 : Tekan tombol Share di bagian pojok kanan atas untuk mempublikasikan foto yang telah anda upload ke halaman profil Instagram Anda.
Selesai, sekarang anda berhasil mengupload foto ke Instagram dari PC atau komputer.

Bagi yang mengalami masalah tombol upload atau tombol Share Photos tidak muncul, silahkan ikuti troubleshooting di bawah ini:
  • Pastikan anda telah me-refresh halaman profile Instagram setelah melakukan 'Step 5'
  • Ukuran width maksimal 400 px, ukuran height maksimal 700 px
  • Jangan pernah menutup DevTools, karena jika anda menutupnya maka mode mobile akan berubah menjadi mode desktop lagi
Terkadang setelah diupload foto juga tidak bisa dipublish. Coba tekan tombol Retry, jika masih gagal silahkan tekan tombol 'Back' (tombol panah di bagian pojok kiri atas). Cek kembali ekstensi foto yang anda upload, usahakan menggunakan format ekstensi jpg/jpeg, karena untuk format lain seperti PNG seringkali mengalami kegagalan saat dipublikasikan.

Jika fitur 'Add Location' atau 'Location Services' tidak bisa digunakan / ter-disable, maka anda harus mengaktifkannya terlebih dulu. Cara mengaktifkannya :
  • Masuk ke menu pengaturan browser Chrome, tekan tombol dengan 3 titik vertikal di pojok kanan atas browser Chrome.
  • Kemudian masuk Settings > Show advanced settings.
  • Scrool ke bawah dan cari Privacy and security
  • Pilih Content settings > Location
  • Delete URL Instagram dari daftar URL yang di-block.

2. Cara Upload Foto Instagram Dengan PC di Mozilla Firefox


Mozilla Firefox bisa dibilang merupakan salah satu browser terbaik yang bisa digunakan untuk mengupload foto Instagram dari komputer tanpa aplikasi.

Manfaat terbesar menggunakan browser Mozilla Firefox adalah versi mobile dapat menjadi full screen, dan tidak ada pop-up aneh yang menghalangi pandangan Anda atau membuat Anda gugup saat menjelajahi internet.

Cara upload foto Instagram dengan PC atau laptop di Mozilla Firefox tidak jauh berbeda dengan Google Chrome, silahkan ikuti panduan di bawah ini.
  • Step 1 : Silahkan buka situs Instagram, dan kemudian login ke dalam akun Instagram milik anda.
  • Step 2 : Kemudian buka halaman profile akun Instagram anda
  • Step 3 : Selanjutnya, buka Inspector Mozilla Firefox (developer tools) dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + i secara bersamaan. Cara lain adalah dengan klik kanan > pilih 'Inspect Element'.
  • Step 4 : Setelah anda melakukan step ke-3, Inspector akan terbuka di sisi kanan halaman browser Mozilla Firefox. Jika Inspector terbuka di sisi bawah browser Mozilla Firefox, maka anda harus memindahkannya terlebih dulu ke sisi kanan halaman browser. Cara memindahkannya adalah dengan memencet tombol 'Dock to side of browser window' di bagian kanan atas Inspector.
  • Step 5 : Selanjutnya aktifkan mode responsive dengan menekan tombol 'Responsive Design Mode' di bagian kanan atas inpector (tombol dengan icon ponsel). Cara cepat untuk mengaktifkan Responsive Design Mode adalah dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + M secara bersamaan.
  • Step 6 : Buka opsi 'No device selected', dan pilih salah satu jenis device.
  • Step 7 : Tekan tombol refresh pada sisi kanan address bar browser Mozilla Firefox agar halaman profile Instagram berubah menjadi mode mobile responsive. Ini adalah tahap terpenting, jadi Anda harus melakukan refresh halaman browser karena jika tidak melakukannya, maka tombol upload photo tidak akan muncul.
  • Step 8 : Terakhir tekan tombol 'Share Photos' untuk memulai upload photo anda ke akun Instagram (tombol dengan icon kamera). Selesai, anda hanya itu yang perlu anda lakukan mengupload foto ke Instagram dari PC atau komputer di browser Mozilla Firefox.
Jika ingin kembali ke tampilan browser Firefox mode desktop atau untuk keluar dari oode Responsive Design, cukup tekan ctrl + shift + i lagi.

Mengatasi masalah tombol Share Photos tidak muncul :
  • Ulangi lagi semua tahap mulai dari awal
  • Pastikan anda memilih device (Step 6), karena berdasarkan pengalaman saya, tombol Share Photos atau tombol upload tidak bisa muncul jika tidak memilih device
  • Jangan lupa refresh halaman browser setelah memilih device

3. Cara Upload Foto Instagram Dengan PC di Safari


Proses upload foto Instagram di PC atau laptop pada browser Safari sangat mudah sekali, ikuti petunjuk di bawah ini:
  • Step 1 : Buka browser Safari, kemudian pada menu navbar buka menu Safari > Preferences > Advanced. Centang kotak di bagian paling bawah yang bertuliskan, "Show Develop menu in menu bar". Opsi Develop sekarang telah muncul di bagian navbar browser
  • Step 2 : Masuk Instagram.com, login dengan username dan password akun Instagram Anda
  • Step 3 : Selanjutnya buka Develop > User Agent > Safari - iOS 10 - iPhone. Anda juga dapat memilih iPad touch atau iPad
  • Step 4 : Halaman Instagram akan reload secara otomatis dan tombol 'Share Photos' muncul di bagian halaman Instagram. Jika tidak, maka anda harus me-refresh halaman Instagram secara manual.
  • Step 5 : Kemudian, masuk ke halaman profil Instagram Anda.
  • Step 6 : Selanjutnya, tekan tombol 'Share Photos' di bagian bawah layar untuk mengupload foto ke akun Instagram Anda.

4. Cara Upload Foto Instagram Dengan PC di Microsoft Edge


Browser web Microsoft sedikit lebih membingungkan daripada Chrome, Mozilla, dan Safari, namun proses mengalihkan mode desktop browser menjadi mode mobile cukup sederhana begitu Anda tahu apa yang Anda cari.
  • Step 1 : Ketik alamat website Instagram dan login ke dalam akun Instagram Anda.
  • Step 2 : Tekan tombol F12 pada keyboard, atau bisa juga dengan menekan pada tiga titik horisontal (menu) di sudut kanan atas Edge dan pilih F12 Developer Tools.
  • Step 3 : Tekan tombol refresh pada browser Edge
  • Step 4 : Saat pop-up muncul di bagian bawah layar Anda, tekan tab Emulation. Sekarang Anda dapat memilih smartphone tertentu dari menu dropdown "device", atau mengubah mode "Browser profile" ke "Windows 10 Mobile".
Anda mungkin harus mengubah resolusi atau memperluas layar agar ikon kamera terlihat di bagian bawah halaman Instagram Anda. Pilih opsi zoom yang digunakan untuk mengubah prosentas ukuran layar, pilih opsi 'Fit to window'. Ikon saya tidak terlihat sebelum membuat beberapa penyesuaian. Seperti dengan Chrome, setelah Anda menutup mode Developer, layar akan kembali ke mode desktop. Setelah saya melakukan trik tersebut, semua bagian pada halaman Instagram dapat terlihat semua.

5. Cara Upload Foto Instagram Dengan PC di Opera


Sejak tahun lalu, fitur User Agent Switcher di browser Opera tidak tersedia secara default, jadi sebelumnya anda harus mendownload dan install Add-ons User Agent Switcher For Opera. Upload foto Instagram di browser Opera lebih nyaman dan lega karena sebagian halaman situs Instagram tidak tertutup developer tools.
  • Step 1 : Buka browser Opera di laptop atau PC anda, kemudian download dan instal User Agent Switcher For Opera
  • Step 2 : Tutup browser Opera, kemudian restart laptop atau komputer anda
  • Step 3 : Buka Browser Opera, lalu buka  halaman Instagram dan login ke dalam akun Instagram Anda
  • Step 4 : Klik kanan pada halaman Instagram, pilih User Agent Switcher > pilih salah satu dari jenis mobile mode. Ada 2 opsi mobile mode yang bisa anda pilih, Android dan iOS
  • Step 5 : Reload halaman Instagram
  • Step 6 : Tekan tombol 'Share Photos' untuk mengupload foto
Metode tersebut cukup mudah untuk digunakan, dan Anda dapat melakukan semuanya dari dalam browser tanpa harus mengunduh dan menginstall aplikasi apa pun. Tapi harus diakui jika browser PC atau laptop memiliki beberapa keterbatasan. Pertama, Anda harus membuka berulangkali Developer Tool Anda setiap kali Anda ingin mengunggah foto ke akun Instagram lewat PC. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa ukuran halaman Instagram Anda menyusut secara signifikan setelah beralih ke versi mobile situs.

Jika browser anda belum terinstal User Agent Switcher, anda bisa download dan instal dulu di:
Upload foto Instagram dari PC sangat mudah dan cepat, tapi banyak fitur edit foto yang tidak muncul seperti pada saat upload menggunakan smartphone atau tablet. Fitur-fitur utama Instagram yang biasa anda gunakan saat menggunakan aplikasi Instagram di smartphone tidak ada atau tidak tersedia jika anda menggunakan mode mobile di browser PC / laptop. Fitur-fitur Instagram yang tidak muncul, antara lain: Instagram Stories, Direct, Explore (Jelajahi), capture (menangkap), edit (menyunting), Multi-photo posts, In-photo tagging, dan mengedit caption setelah foto dipublish.
Berikan komentar untuk "Cara Upload Foto dan Video Instagram Dengan PC Tanpa Software"


EmoticonEmoticon