11 June 2018

Cara Melihat dan Menghapus Location History di Facebook

Cara Melihat dan Menghapus Location History di Facebook - Jika Anda memasang aplikasi seluler Facebook di ponsel Anda, kemungkinan itu menyimpan lebih banyak dari riwayat lokasi Anda daripada yang Anda sadari. Meskipun data ini bersifat pribadi dan hanya Anda yang dapat melihatnya, mengingat keamanan privasi Facebook baru-baru ini, dapat sedikit mengganggu untuk melihat berapa banyak data lokasi yang disimpan jaringan media sosial.

Jadi bagaimana cara kerjanya? Facebook menjelaskan bahwa jika Anda mengaktifkan 'Location History' di aplikasi, dan sistem Facebook secara berkala akan mencatat lokasi akurat Anda ke halaman riwayat Anda, bahkan ketika Anda tidak menggunakan aplikasi. Untungnya, Anda dapat menghapus seluruh riwayat lokasi, menghapus sebagian Location History, dan juga dapat menonaktifkan fitur sepenuhnya.

Cara Melihat dan Menghapus Location History di Facebook

Kebocoran data akun Facebook yang menyangkut privasi pengguna sudah tidak menjadi rahasia lagi. Bagaimanapun juga kejadian ini telah membuat perusahaan dan praktiknya menjadi pusat perhatian, dengan pengguna mengambil data mereka lebih serius dari sebelumnya. Jika Anda adalah salah satu dari pengguna tersebut, Anda mungkin ingin memeriksa "Location History" Anda untuk melihat apa dan bagaimana riwayat lokasi Facebook disimpan di akun Facebook Anda.

Di Facebook, Riwayat Lokasi Anda adalah serangkaian log aplikasi yang memnyimpan berbagai mobilitas harian Anda. Location History pada Facebook adalah bagian integral dari pengalaman Facebook, karena Anda dapat dengan mudah terhubung dengan pengguna Facebook lain yang sedang berada di dekat Anda atau menemukan hotspot Wi-Fi yang dapat Anda gunakan saat Anda jauh dari rumah. Ini juga membantu Anda menjelajahi apa yang ada di sekitar Anda, mendapatkan lebih banyak iklan yang relevan, dan membantu meningkatkan pengembangan Facebook.

Namun seberapapun menariknya fitur Location History, namun banyak Facebook user yang mungkin menyadari bahwa invasi privasi melebihi positif. Jika Anda tidak yakin bagaimana perasaan Anda, Anda setidaknya harus membaca panduan di bawah ini untuk mempelajari cara melihat dan menghapus Riwayat Lokasi pada akun Facebook Anda sehingga Anda tahu apa yang terjadi. Perlu diingat bahwa Facebook akan tetap memiliki akses ke lokasi Anda sehingga Anda dapat melakukan tindakan seperti memberi tag geo pada posting atau status Facebook Anda di Timeline.

Cara Mengakses dan Melihat Location History Facebook


Sebenarnya pengaturan opsi Location History secara default adalah dalam posisi nonaktif atau off, kecuali jika anda pernah membuka akun Facebook di aplikasi Facebook mobile pada smartphone Anda.

Untuk mengakses Riwayat Lokasi Anda di smartphone atau tablet, baik Anda menggunakan aplikasi Android atau iOS. Ikuti panduan di bawah ini:
  1. Pencet ikon menu hamburger (ikon tiga titik) di layar utama.
  2. Masuk ke opsi Settings > Account Settings > Location.
  3. Tekan tombol View your location history.
  4. Anda akan diminta memasukkan kata sandi password Anda


Cara untuk melihat location history di browser Chrome dan Mozilla Firefox :
  1. Masuk ke menu Settings > Location.
  2. Klik tombol View your location history.
  3. Kemudian Anda akan diminta memasukkan kata sandi password Anda.
Di sini, Anda akan melihat halaman pertama dari riwayat lokasi Anda, yang dimulai pada tanggal hari ini. Jika Anda memiliki layanan lokasi yang diaktifkan untuk Facebook, Anda akan melihat lokasi Anda saat ini di tampilan peta di bagian tengah layar.

Jika Facebook tidak memiliki data lokasi akun Anda untuk tanggal tertentu, Anda akan melihat keterangan "You don't have any location history data for this day" atau "Anda tidak memiliki data riwayat lokasi untuk hari ini." Namun, jika Anda mempunyainya, maka Anda akan melihat log di area yang sama ini. Tap tiap log riwayat lokasi, dan Facebook akan menunjukkan Anda di penampil peta di mana ia merekam lokasi Anda.

Periksa untuk melihat apakah Riwayat Lokasi diaktifkan atau dinonaktifkan. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya dengan menekan tombol toggle on-off, tergantung pada keinginan Anda. Namun, jika diaktifkan atau Anda menduga telah diaktifkan di masa lalu, tekan "Lihat Riwayat Lokasi Anda" untuk melihat di mana Facebook telah melacak Anda. Masukkan kata sandi Facebook Anda saat diminta.


Anda dapat bergerak hari demi hari dengan mengetuk panah pada baris "Today", tetapi Anda juga dapat dengan cepat mengubah tanggal dengan mengetuk ikon kalender (di iOS) atau mengetuk elipsis (•••) di pojok kanan atas layar, lalu pilih "Calendar". Selanjutnya pilih tanggal dari tampilan kalender, lalu pencet "OK".

Sekarang Anda akan dapat melihat jumlah luar biasa riwayat lokasi yang disimpan Facebook karena Anda menggunakan aplikasi seluler Facebook. Informasi ini mencakup lokasi spesifik yang pernah Anda kunjungi, serta pelacakan data saat Anda bergerak dan menyimpan titik poin koorddinat di sepanjang perjalanan Anda. Anda juga dapat melihat riwayat lokasi Anda berdasarkan tanggal, dan dapat menelusuri informasi di peta juga.

Cara Menghapus Location History di Akun Facebook


Jika Anda memutuskan tidak ingin Facebook menyimpan lokasi Anda, sangat mudah untuk menghapusnya. Jika Anda merasa aneh karena seberapa banyak informasi lokasi Anda yang dimiliki Facebook, Anda dapat menghapus semuanya sekaligus. Untuk melakukan itu, cukup klik tombol menu (•••) di sudut kanan atas, dan klik 'Delete all location history' atau 'Hapus semua riwayat lokasi'.


Anda juga dapat menghapus riwayat lokasi untuk hari-hari tertentu. Untuk melakukan ini, klik tombol menu di samping tanggal yang ingin Anda hapus atau tanggal pada kalender dan klik Delete this day.

Cara Menonaktifkan Location History pada Facebook


Jika Anda ingin mematikan fitur ini sepenuhnya, Anda harus melakukannya di aplikasi Facebook.
  1. Masuk ke Settings > Account Settings > Location.
  2. Di bawah Your Facebook Settings, toggle off tombol Location History.


Dengan menonaktifkan riwayat lokasi, itu berarti Anda tidak akan dapat menggunakan fitur Facebook tertentu seperti Find Wi-Fi dan Nearby Friends. Facebook juga mengatakan bahwa riwayat lokasi Anda memungkinkan mereka untuk mengirimkan "iklan yang relevan dan membantu meningkatkan Facebook."

Facebook bukan satu-satunya platform sosial yang mungkin bergantung pada riwayat lokasi Anda, karena masih banyak aplikasi lain yang memiliki fitur serupa. Terima kasih sudah membaca artikel Cara Melihat dan Menghapus Location History di Facebook, jangan lupa beri komentar di bawah.


EmoticonEmoticon