19 January 2018

10 Printer Rumah dan Kantor Terbaik 2018

10 Printer Rumah dan Kantor Terbaik 2018 - Printer untuk kantor dan rumah yang baik sangat penting karena memiliki fungsi yang menunjang pekerjaan di kantor Anda, selain itu di dalam rumah Anda mengharuskan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan yang akan membuat aktivitas Anda produktif.

Jika Anda bekerja dari rumah atau memiliki kantor di rumah kecil dan perlu mencetak dokumen, memindai atau scan dokumen ke komputer, memperbanyak beberapa copy salinan dari satu dokumen dengan cepat, dan menerima dokumen dari berbagai kontak atau klien yang menggunakan faksimile, maka Anda memerlukan printer home office yang bagus agar dapat memenuhi semua kebutuhan ini.

10 Printer Rumah dan Kantor Terbaik 2018

Memilih printer rumah yang tepat (terutama dengan kemampuan multifungsi) tidak hanya akan membantu Anda menghemat banyak uang tapi Anda bisa menghemat waktu dan ruang, karena semua tugas Anda bisa dilakukan hanya dengan satu alat atau mesin saja.

Printer terbaik di pasaran memiliki kemampuan mengatasi tuntutan rumah dan kantor dengan mudah. Printer saingan harganya lima kali lipat. Mesin printer cepat dan sangat serbaguna yang menawarkan pemindaian, penyalinan, dan pengiriman faks, ditambah pencetakan nirkabel dari ponsel cerdas atau tablet.

Nilai bagus untuk printer rumah berwarna hitam dan putih yang sangat berkualitas. Model printer multi fungsi yang sangat populer yang menawarkan berbagai fitur dengan harga terjangkau.

Printer yang luar biasa dari sebuah perusahaan dengan reputasi hebat, memberikan nilai terbaik untuk uang yang telah Anda investasikan untuk membeli printer tersebut. Anda tentu mencari printer yang sangat cepat, menghasilkan kualitas cetak sangat tinggi, terutama saat melakukan duplexing.

Jika Anda mencetak banyak warna hitam dan putih di kertas, itu bukan hanya pekerjaan yang murah, tapi Anda juga akan menghemat toner dibandingkan dengan inkjet. Printer yang bagus harus memiliki kemampuan untuk mencetak tanpa border keluar ke tepi lembar kertas standar 8.5 inci x 11 inci. Printer terbaik menghasilkan warna yang sangat kaya berkat 5 cartridge tinta - fitur bonus yang mungkin juga menghemat uang Anda, serta mudah disinkronkan untuk pencetakan nirkabel dan pencetakan warna tak ternilai harganya.

Panduan Memilih dan Membeli Printer Terbaik

Jika Anda mencari printer terbik, maka Anda akan menemukan berbagai macam model yang menawarkan semua fitur dan tambahan yang mungkin. Bagaimana cara Anda memutuskan mana yang terbaik untuk Anda?

Tim kami telah melihat ratusan printer inkjet dan laser selama penelitian kami. Ketika kita membeli sesuatu untuk diuji, kita menggunakan dana kita sendiri untuk membeli barang itu. Untuk memastikan bahwa ulasan kami tetap subjektif dan dapat dipercaya, kami tidak pernah menerima sampel gratis dari produsen. Ketika kami selesai menguji produk, kami menyumbangkannya ke badan amal dan kelompok nirlaba lainnya yang dapat menggunakannya.

Tujuan kami selama proses seleksi untuk matriks produk kami di atas adalah menemukan 10 printer paling mutakhir yang memenuhi standar kualitas dan kinerja kami namun tetap terjangkau bagi sebagian besar pemilik rumah dan usaha kecil.

Fitur


Beberapa printer hanya mencetak saja, dam memiliki model multifungsi cukup berlimpah di pasaran. Terlebih lagi, harga printer sekarang berada dalam jangkauan pengguna rumahan rata-rata. Apakah mesin cetak mempunyai kualitas sebanding dengan harganya? Apakah model ini menghemat uang Anda atau memberikan kinerja yang lebih baik? Staf kami mencatat dan menguji fitur yang ditawarkan oleh masing-masing printer pada daftar pendek kami.

Pilihan Konektivitas


Sebagian besar printer masih bisa terhubung ke komputer atau laptop, namun sekarang WiFi ada dimana-mana, dan semakin banyak mesin yang dicetak tanpa kabel dari smartphone dan tablet. Selama pengujian, kami mencatat teknologi yang ditawarkan masing-masing model pada daftar pendek kami.

Beberapa printer modern dapat terhubung ke setiap perangkat mobile smartphone. Dengan demikian mereka melayani semua jenis pengguna printer. Baca juga: Cara Mencetak atau Print Langsung dari HP Android Tanpa PC

Harga

Ada kemungkinan untuk membeli printer murah seharga kurang dari Rp 500.000, namun kesalahan model ini seringkali lebih besar biaya perawatannya dibanding penghematan biaya saat pembelian. Dan sebenarnya, mesin cetak yang layak bisa menghabiskan biaya lebih dari 1 juta rupiah. Bahkan di ujung atas skala harga, printer multifungsi berkualitas tinggi sangat terjangkau. Baca terus untuk mengetahui harga masing-masing kelebihan tiap-tiap printer yang kami ulas.

Saat mempertimbangkan harga sebuah printer, pertimbangkan juga harga tinta atau cartridges. Banyak printer yang harganya sangat murah, tapi biaya yang diperlukan untuk membeli tinta sangat mahal. Printer laser memiliki biaya dimuka yang lebih tinggi, namun banyak yang lebih murah saat dianalisis sepanjang siklus pemakaian.

Warna vs. Monokrom


Ada sedikit perbedaan antara biaya printer berwarna dan biaya printer hitam putih. Jadi mengapa tidak memiliki pilihan warna? Ada beberapa alasan, sebenarnya.

Printer monokrom terbaik memiliki desain dan bentuk yang kompak, kecepatan cetak sangat cepat dan mudah digunakan. Printer monokrom terbaik termasuk fitur opsi cetak yang memungkinkan Anda menghemat toner.

Meskipun printer warna mungkin lebih praktis dan sedikit lebih mahal daripada model hitam putih, manfaatnya tak terbantahkan kaena Anda mendapatkan cetakan warna. Dengan demikian beberapa konsumen merasa lebih bijaksana untuk membeli printer monokrom murah untuk pencetakan teks dan printer warna all-in-one untuk hal lainnya.

Khususnya semua model monokrom yang kami lihat adalah printer laser, yang dirancang untuk menghasilkan gambar dalam jumlah besar atau gambar berwarna hitam dan putih. Bahkan, inkjet terbaik yang berjuang menghasilkan teks yang tajam (terutama pada ukuran di bawah 12 poin), dan ketika melakukannya, printer bekerja menjadi jauh lebih lambat karena menggunakan setting "high resolution".

Printer Single-Function vs Printer Multifungsi

Jika Anda membeli printer, ingin fungsi tunggal atau multifungsi? Secara umum ini adalah pertanyaan yang mudah dijawab. Jika Anda dapat menemukan printer warna berkualitas dengan kemampuan faks, pemindaian, dan penyalinan dengan harga yang sama seperti printer tanpa fungsi tersebut, keputusannya adalah jelas Anda memilih printer multifungsi.

Namun, beberapa situasi ada di mana Anda mungkin lebih menyukai printer denga satu fungsi saja. Pertimbangkan hal-hal berikut:

Jika Anda menginginkan output foto-realistis berkualitas tinggi, Anda pasti menginginkan printer spesialis yang hanya berfokus pada tugas yang ada.

Printer dengan scanner built-in mungkin akan melayani kebutuhan sebagian besar konsumen. Namun jika Anda memerlukan pemindaian resolusi tinggi untuk pencetakan perdagangan atau display grafis, mesin yang didedikasikan sepenuhnya untuk cetakan dengan resolusi tinggi bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Pemilik bisnis mungkin lebih memilih unit fungsi tunggal yang lebih kuat yang dapat secara konsisten menangani permintaan output mereka yang berat.

Printer Inkjet vs Laser


Ini selalu menjadi pertanyaan sulit untuk dijawab, dan bahkan para pakar dan penguji memiliki pendapat yang berbeda. Namun, semua sepakat bahwa pilihan terakhir Anda harus sangat tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan dengan printer tersebut.

Pada hari-hari awal printer rumah, pilihan antara inkjet dan laser agak mudah. Saat itu, printer laser menciptakan gambar dengan detail yang superior, namun sangat mahal harganya. Printer inkjet memiliki harga jauh lebih terjangkau, namun hasil prinout tidak begitu tajam.

Printer inkjet membuat gambar dengan menyemprot tinta basah ke atas kertas. Dengan demikian, Anda bisa mencetak tinta ke kain yang berbeda, seperti kain goni untuk keperluan DIY project.

Jadi Anda akan membeli printer laser atau printer inkjet? Ya, pertanyaan laser vs inkjet adalah masalah yang besar, namun masalah lainnya juga menonjol. Misalnya, apakah Anda memerlukan printer berwarna atau monokrom? Anda membutuhkan fungsi tunggal atau all-in-one dengan kemampuan pemindaian dan faksimile?

Kualitas kertas yang Anda gunakan juga mempengaruhi kualitas cetak. Kertas murah lebih banyak menyerap tinta, sehingga pemakaian tinta lebih boros. Kertas foto inkjet bisa mahal, tapi hasilnya sangat bagus dan menghemat tinta.

Printer hari ini menggunakan teknologi dasar yang sama, namun banyak yang telah berubah. Printer laser dan inkjet berbagi label harga yang sama. Meskipun harga toner laser tetap jauh lebih mahal, Anda bisa memakainya sampai sepuluh kali lebih banyak halaman daripada kartrid.

Resolusi cetak tidak lagi menjadi masalah. Bahkan inkjet murah membuat output yang cukup layak. Kualitas grafis para finalis inkjet kami jauh di atas rata-rata.

Feeder untuk dokumen otomatis memungkinkan Anda menyelesaikan pekerjaan substansial dan kembali cek printer saat selesai, daripada harus melakukannya secara manual.

Sedikit blur yang melekat pada output printer inkjet sangat bermanfaat untuk pencetakan foto. Karena pencetakan yang terus-menerus bervariasi akan meningkatkan kualitas keseluruhan foto. Banyak produsen menyetel kinerja nozzle untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Meski printer laser warna menawarkan detail halus dan berkualitas tinggi, ini bukan yang terbaik untuk pencetakan foto. Meskipun cartridge inkjet lebih murah daripada toner laser, mereka cenderung tidak dapat bertahan lama.

Fitur yang Perlu Dipertimbangkan


Sebagian besar printer inkjet dan laser menawarkan fitur serupa. Hampir semua bisa berkomunikasi secara nirkabel dengan smartphone atau tablet Anda. Banyak yang menawarkan WiFi sehingga Anda dapat berbagi printer dengan pengguna lain. Dan seperti yang telah kita lihat bahwa pemindaian, penyalinan, dan pengiriman faks sering terjadi.

Berikut adalah beberapa fitur lainnya yang mungkin Anda minati:
  • Kapasitas Paper Tray: Jika Anda mencetak banyak, paper tray kertas berkapasitas besar sangat berguna.
  • Automatic Feeding: Jika Anda mencetak banyak amplop atau kartu, pemberian feed secara otomatis dengan berbagai ukuran menjadi sangat berguna.
  • Automatic Duplexing: Fitur ini sangat bagus untuk mereka yang ingin melakukan pencetakan dua sisi dengan cepat.
  • Borderless Printing atau pencetakan Tanpa Batas: Ini bagus jika Anda ingin mencetak banyak foto, namun sebaiknya periksa ukuran cetak yang tersedia sebelum melakukan pembelian.
  • Program Langganan Tinta Refill: Program seperti ini bisa menghemat uang Anda, namun kami menyarankan konsumen untuk memikirkan pola penggunaan mereka sebelum memilih printer dengan fitur ini, karena tidak semua orang membutuhkannya.

Catatan tentang Kualitas Tinta


Tentu saja, Anda ingin cetakan Anda bertahan selamanya, terutama jika Anda menggunakan printer Anda untuk membuat salinan foto keluarga tercinta. Tapi beberapa jenis dan merek tinta dapat memudar dari waktu ke waktu. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang teknologi tinta seperti sekarang ini:
  • Tinta inkjet terbagi menjadi dua kategori, yaitu berbasis pewarna dan pigmen. Tinta berbasis pewarna adalah 100% cairan; warnanya dilarutkan dalam air. Tinta berbasis pigmen memiliki partikel padat dalam campuran dan akibatnya bertahan lebih lama.
  • Pengujian menunjukkan bahwa beberapa gambar yang dibuat dengan tinta refill murah akan memudar dalam waktu tiga bulan. Ini mungkin ekstrem, tapi ini adalah masalah penting yang perlu diketahui untuk membeli kartrid ulang.
  • Tinta yang dibeli langsung dari produsen printer mungkin harganya lebih mahal, namun gambar yang diberikan darinya bisa bertahan lebih lama. Alasannya adalah karena tinta ini mungkin akan menjadi beberapa bagian, baik bagian pigmen (hitam) dan pewarna bagian (warnanya).
  • Jika Anda ingin foto-foto Anda mempertahankan kualitasnya selama bertahun-tahun, pertimbangkan printer foto khusus, serta tinta dan kertas yang sesuai. Anda akan membayar lebih mahal, tapi Anda akan menikmati teknologi yang luar biasa. Panjang umur gambar cetak Anda bergantung sebagian besar pada kombinasi tinta dan kertas yang Anda gunakan.

Pointer


Dengan sepenuh hati kami mendukung sepuluh printer pilihan kami, tapi bagaimana jika Anda masih belum yakin produk mana yang tepat untuk Anda? Bagaimanapun juga, kebutuhan pencetakan Anda mungkin berbeda dari tetangga Anda.

Ingatlah hal-hal ini saat membuat keputusan akhir Anda -
  • Jika Anda memerlukan pencetakan monokrom / grayscale dalam jumlah banyak, pilihlah printer laser monokrom. Unit ini akan menawarkan Anda: Percetakan cepat, detail tajam, dan kemampuan volume tinggi.
  • Jika Anda memerlukan pencetakan bisnis dalam jumlah banyak, pilihlah printer laser warna. Unit ini akan menawarkan Anda: Pencetakan cepat, detail yang halus, kualitas presentasi (meski tidak terbaik untuk foto), kemampuan high-vloume.
  • Jika Anda memerlukan pencetakan foto berkualitas tinggi, pilihlah printer inkjet warna khusus. Unit ini akan menawarkan Anda: Kualitas visual yang luar biasa, hasil cetakan yang dapat mempertahankan warna selama beberapa dekade.
  • Jika Anda memerlukan rumah tujuan umum atau printer bisnis kecil, pilih model inkjet warna. Unit ini akan menawarkan Anda: Investasi awal yang lebih rendah, harga tinta yang lebih murah, kualitas foto yang bagus.

Daftar 10 Printer Terbaik dan Termurah


Berikut di bawah ini adalah daftar pilihan printer home office terbaik, tercepat, terbagus, dan termurah dengan harga cukup murah dan terjangkau yang kami rekomendasikan.

1. Canon Office and Business MX922


Printer Canon Office and Business MX922 adalah perangkat multifungsi dengan fungsi printing / pencetakan, scanning / pemindaian, copying ( penyalinan ), dan faks yang lengkap. Ini memiliki feeder pengumpan dokumen otomatis yang memungkinkan Anda menyalin dan memindai dokumen ukuran legal.
Printer ini memiliki kecepatan 21 ppm yang bagus untuk cetakan warna hitam dan 10 ppm untuk cetakan berwarna. Selain itu, printer ini juga memiliki resolusi tinggi, yaitu 9600 x 2400 dpi, dan juga memiliki konektivitas jaringan kabel dan nirkabel (wireless). Untuk pencetakan langsung, ada slot konektivitas termasuk konektivitas Nirkabel termasuk slot AirPrint, USB, dan memory cards.

Printer Canon Office and Business MX922 ini memiliki siklus tugas 2.500 halaman per bulan sehingga tepat untuk semua kebutuhan pencetakan di rumah dan kantor rumah Anda sehari-hari. Ini juga sangat terjangkau dan salah satu printer terbaik untuk pemakaian rumahan yang ada di pasaran.

2. Canon Pixma MX492


Printer Canon MX492 adalah printer foto yang sangat bagus untuk keperluan home office atau personal printing. Printer ini telah dilengkapi dengan berbagai pilihan konektivitas seperti Google Cloud Print dan AirPrint yang memungkinkan Anda mencetak dari smartphone atau tablet secara nirkabel melalui koneksi jaringan internet.
Kecepatan perangkat 8,8 ppm untuk mencetak warna hitam dan 4,4 ppm untuk output hasil cetakan berwarna dan memiliki resolusi maksimum 4800 x 1200 dpi. Printer ini memiliki desain kecil dengan berat total sekitar 6 kilogram sehingga akan memudahkan Anda untuk menempatkan dengan mudah dimanapun di rumah, kantor, kamar, atau apartemen anda.

Perangkat ini juga memiliki tampilan layar sentuh agar pengoperasiannya mudah meski tanpa komputer. Pabrikan juga Mengintegrasikan perangkat dengan aplikasi Canon PRINT (tersedia untuk Android dan iOS) dan printhead FINE dan ink atau tinta menjadi satu unit kompak sehingga Anda dapat menggantinya dengan cepat dan mudah.

3. Canon PIXMA MG3620


Printer Canon PIXMA MG3620 ini dirancang khusus untuk pencetakan kantor dan memiliki printing, scanning, copying yang lengkap, serta fungsi cetak 2-sisi secara otomatis yang memungkinkan Anda mencetak pada kedua sisi halaman sekaligus dengan mudah. Canon MG3620 juga sangat mudah dipasang.
Perangkat ini dilengkapi konektivitas kabel dan nirkabel, jadi Anda dapat menggabungkannya dengan cepat dan mudah ke perangkat mobile seluler Anda yang lain karena mendukungnya juga memiliki pencabutan Airprint, Google Cloud Print, NFC, Mopria, Canon Print serta konektivitas USB untuk opsi konektivitas yang diperluas.

Perangkat ini bisa mencetak dokumen atau halaman situs dengan kecepatan rata-rata hingga 9,9 ppm untuk warna hitam dan 5,7 IPM dalam cetakan berwarna.

4. HP Envy 4520


Model printer HP Envy 4520 ini adalah printer inkjet all-in-one terbaik di dunia dan sangat cocok digunakan di rumah, dengan kecepatan 9,5 ISO-ppm untuk nge-print warna hitam dan 6,8 ISO-ppm untuk printout cetakan berwarna. Ini adalah salah satu printer yang paling populer di situs Amazon dan memiliki beragam fitur hebat.
Perangkat ini dilengkapi fungsi pencetakan, penyalinan, pemindaian, dan faks yang lengkap, namun PC fax tidak disertakan di dalamnya. Selain konektivitas jaringan internet Wifi, perangkat ini juga memiliki konektivitas USB langsung agar mudah mencetak langsung dari komputer atau PC Anda. Untuk memudahkan navigasi, pabrikan mengemas printer ini dengan LCD monokrom beresolusi tinggi 2 inci.

Sementara itu, untuk membuat Anda lebih hemat biaya dalam mencetak dokumen, Hewlett-Packard ( HP ) membungkusnya dengan HP Instant Ink yang memungkinkan Anda menghemat Ink hingga sebanyak 50%.

5. Brother HL-L2340DW


Printer Brother HL-L2340DW adalah printer laser monokrom kompak, perangkat cepat dengan kemampuan menghasilkan hingga 27 ppm untuk cetakan hitam. Resolusi maksimalnya adalah 2400 x 600 dpi sehingga halaman cetak hitam dan putih terlihat sangat profesional dan memiliki siklus tugas 10.000 halaman per bulan.
Printer ini memiliki fungsi pencetakan dupleks otomatis dan memiliki beberapa fungsi pencetakan langsung termasuk cetak udara atau Air print, Google cloud Print, Brother iPrint & Scan, cortado workplace serta Wi-Fi Direct. Untuk navigasi cepat dan pilih menu, ada layar LCD satu baris, juga mendukung kabel USB untuk koneksi ke satu PC.

Kapasitas paper tray-nya bisa menangani kertas dengan jumlah 250 lembar dan kertas ukuran legal. Printer canggih ini juga dilengkapi dengan pencetakan Duplex yang memungkinkan Anda mencetak pada kedua sisi kertas secara otomatis sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak kertas.

6. Canon MG7720


Printer Canon MG7720 adalah printer inkjet entry level yang telah dilengkapi dengan konektivitas wireless dan kemampuan multifungsi. Printer ini dapat memberikan output berkualitas tinggi dan pilihan yang sangat baik untuk penggunaan pribadi atau kantor rumah. Anda bisa menemukan layar sentuh 3,5 inci yang membuatnya lebih mudah digunakan.
Tersedia dalam 4 warna yang berbeda, printer ini menghadirkan beberapa fitur hebat yang membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakannya. Selain bagus untuk foto, printer ini juga cocok untuk mencetak dokumen penting di rumah atau kantor.

Printer ini juga menawarkan konektivitas nirkabel yang lengkap, Pengaturan Quick and Easy Wireless Setup, berbagai opsi pencetakan mulai dari layanan cetak Google Cloud Print, Apple Airprint, NFC, Mopria, serta aplikasi Canon PRINT, dan Anda dapat mencetak CD atau DVD dengan mudah.

7. Epson Expression Home XP-330


Jika Anda mencari printer kompak dengan harga terjangkau, Epson XP-330 layak untuk dipertimbangkan. Printer ini membuat proses pencetakan lebih sederhana dan cepat karena dapat dioperasikan melalui layar LCD 1,44 inci yang menawarkan pengaturan cepat dan pengoperasian yang mudah.
Menggunakan printer Epson Expression Home XP-330 ini berarti Anda dapat mencetak dari manapun bahkan tanpa jaringan, dari tablet iOS, smartphone atau tablet Android dan tablet Amazon Fire Anda. Anda juga bisa mendapatkan foto atau dokumen berkualitas tinggi, berkat tinta kering instan yang menawarkan output cetakan tahan air.

Printer ini dikemas dengan kapasitas kertas 100 lembar dan tangki tinta atau ink tanks individual, konektivitas wireless dan slot kartu memori built-in untuk mencetak foto tanpa PC.

8. HP DeskJet 3755


Printer HP DeskJet 3755 adalah printer inkjet multifungsi (Print, Copy and Scan, tanpa Faks) yang ditujukan untuk keperluan rumah atau kantor kecil dan dibuat sesuai dengan ruang Anda, dan dengan HP Instant Ink, Anda dapat menghemat lebih banyak uang hingga 50 % untuk mengisi ulang tinta.
Printer terbaik dan tercepat ini memiliki desain yang ramping dan memiliki berbagai fungsi yang berbeda. Printer dapat mencetak, memindai dan menyalinnya dalam warna hitam putih dan berwarna. Selain itu juga dapat dioperasikan melalui kabel USB dan konektivitas nirkabel (melalui perangkat mobile atau direct printing) sehingga pencetakan dokumen apapun dari perangkat mobile Anda akan jauh lebih cepat.

Printer Hewlett Packard HP DeskJet 3755 bisa mencetak hingga 8 ppm untuk printout warna hitam dan 5,5 ipm dengan resolusi pindai hingga 600 dpi.

9. Samsung SL-M2020W/XAA


Printer Samsung SL-M2020W/XAA adalah printer laser monokrom yang memiliki kecepatan cetak sangat bagus, hingga 21 halaman per menit dan kompatibel dengan sistem operasi utama (Windows, Mac dan Linux). Perangkat ini dirancang untuk pengoperasian yang sederhana dan intuitif. Anda dapat menghubungkannya ke jaringan wifi Anda dengan aman dalam hitungan detik dengan menggunakan tombol WPS (Wi-Fi Protected Setup).
Samsung SL-M2020W/XAA dapat memberikan output teks dan gambar dengan kualitas prima, sementara untuk meningkatkan kualitas gambar agar lebih detail dan tajam, Samsung menyertakan fitur baru mereka yang disebut teknologi rendering canggih untuk printer ini.

Samsung Easy Eco Driver juga memungkinkan Anda menghemat lebih banyak toner hingga sebanyak 20 persen. Bagi Anda yang mencari printer laser yang bagus dengan kecepatan cetak yang cepat dan meningkatkan produktivitas di rumah dan kantor, sebaiknya cek perangkat ini.

10. Epson Expression Home XP-430


Printer rumah hebat lainnya adalah Epson Expression Home XP-430 yang mempunyai slot kartu memori built-in sehingga Anda dapat mengoperasikannya tanpa harus menghidupkan laptop atau PC komputer Anda. Sama seperti printer Epson terbaik lainnya, printer ini juga dilengkapi dengan solusi wi-fi lengkap yang membuat berbagai perangkat mobile Anda mudah terhubung ke printer ini.
Layar LCD-nya cukup besar, dengan ukuran 2,7 inci dari layar, Anda bisa melakukan banyak hal dari mencetak, menyalin, memindai dan membuat koreksi serta edit pada foto, menghilangkan red-eye, restorasi foto dan banyak lagi.

Kecepatan cetak printer ini juga bisa diandalkan terutama untuk keperluan home office dengan 9.0 ppm (hitam) dan 4,5 ipm (warna).

Kesimpulan


Tidak sulit menemukan printer kantor terbaik, tapi sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda bisa membuatnya sulit. Pilihan printer home office terbaik ini akan memberi Anda pilihan yang lebih mudah karena semua perangkat printer ini tidak hanya sangat sesuai di lingkungan kantor rumah, tapi- mereka juga sangat terjangkau.


EmoticonEmoticon