Kelebihan dan Kekurangan Printer Inkjet dengan Laser Jet

Kelebihan dan Kekurangan Printer Inkjet dengan Laser Jet - Pencetakan inkjet membuat gambar digital dengan menjatuhkan tinta ke kertas. Sedangkan printer laser menghasilkan gambar digital dengan memindai sinar laser melintasi fotoreseptor. Jadi mana yang lebih baik? Semua tergantung dari berbagai macam faktor. Kami telah mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan printer inkjet vs printer laser jet di bawah ini untuk membantu Anda mengetahui mana yang paling baik untuk digunakan di rumah Anda.

Berkat ketersediaan yang mudah dan biaya startup yang rendah, kebanyakan rumah tangga saat ini menggunakan printer inkjet untuk pencetakan sehari-hari mereka. Tapi printer laser monokrom bahkan model warna kini mulai tersedia dengan harga dan ukuran yang sesuai untuk rumah atau kantor kecil. Untuk mengetahui apakah Anda harus beralih ke printer laser jet, Anda perlu menganalisis kebutuhan dan penggunaan printer Anda.
Kelebihan dan Kekurangan Printer Inkjet dengan Laser Jet
Belanja printer tanpa mengetahui apa yang membuat masing-masing berbeda dari yang lain adalah misi yang pasti akan gagal. Jumlah pilihan merk dan tipe printer di pasaran akhir-akhir ini bisa sangat banyak bahkan bagi pembeli berpengalaman. Fitur mencolok selain itu, Anda perlu tahu cara melepaskan setiap printer ke fungsi dasar yang benar-benar Anda butuhkan. Dengan panduan ini, kami berharap dapat membantu menjawab pertanyaan paling mendasar dari semua pertanyaan tentang tips membeli printer. Apakah Anda seharusnya menggunakan printer inkjet atau laserjet?

Perbedaan terbesar antara printer inkjet dan laser adalah printer inkjet yang menggunakan tinta, sangat sesuai untuk pencetakan volume rendah, dan merupakan pilihan tradisional pengguna rumahan. Sementara printer laser menggunakan toner, sangat ideal untuk pencetakan volume tinggi, dan sebagian besar digunakan dalam operasional kantor atau usaha (tapi tidak eksklusif untuk kantor saja).

Printer inkjet umumnya memiliki harga jauh lebih murah, lebih kecil, dan memiliki fleksibilitas untuk mencetak dokumen berbasis teks dan gambar berkualitas tinggi, terutama foto. Tetapi waspadalah terhadap printer inkjet yang murah karena biaya yang harus dikeluarkan akan berakhir mahal di kemudian hari. Printer laser di sisi lain menawarkan biaya per halaman yang lebih rendah, kecepatan cetak lebih cepat dan biasanya menghabiskan biaya kepemilikan yang lebih rendah.

Tapi mari kita lihat lebih dekat pada kelebihan/keunggulan dan kekurangan/kelemahan printer laser dan printer inkjet sehingga Anda bisa melakukan pembelian berikutnya dengan percaya diri.

Apa yang Akan Anda Lakukan dengan Printer Anda


Jika Anda mencari printer rumah untuk pencetakan sesekali saja, kebanyakan orang akan memberi saran untuk mendapatkan printer inkjet. Namun, keluhan umum dengan printer inkjet adalah tinta mengering jika Anda tidak sering menggunakannya. Dengan mengatakan bahwa jika Anda memiliki anggaran untuk itu, saya sangat menyarankan agar Anda mendapatkan printer laser dengan harga terjangkau. Hal ini karena bubuk toner yang digunakan oleh printer laser tidak dapat mengering. Tapi jika Anda akan mencetak sedikit dokumen dan gambar berwarna secara teratur, printer inkjet akan menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Printer laser diketahui lebih tahan lama dan bisa mencetak dokumen dalam jumlah besar untuk hasil cetakan berwarna, serta warna hitam dan putih. Meskipun printer laser awalnya dibuat untuk penggunaan kantor, namun sekarang semakin populer sebagai printer rumahan karena alasan ekonomis. Printer laser warna bagus untuk pencetakan warna sehari-hari, tetapi jika Anda ingin mencetak foto beresolusi tinggi profesional, sebaiknya gunakan printer inkjet foto.

Printer inkjet foto berkualitas tinggi direkayasa untuk mencetak foto yang jelas dengan variasi tonal dan warna hitam yang lebih dalam yang dibutuhkan fotografer. Banyak printer inkjet foto profesional menggunakan tinta berbasis pigmen yang lebih tahan pudar dan bekerja dengan berbagai macam jenis art paper serta berbagai ukuran kertas.

Printer Inkjet vs Printer Laser Warna


Salah satu pertanyaan paling populer yang kami dapatkan dari pembeli adalah: Haruskah saya mendapatkan printer laser warna atau printer inkjet? Ini bermuara pada apa yang Anda butuhkan untuk pencetakan berbagai macam warna (color). Jika Anda membutuhkan foto berkualitas galeri, dapatkan printer inkjet foto. Tapi jika Anda perlu mencetak gambar berwarna berkualitas menengah yang tidak memerlukan kedalaman warna dan jangkauan tonal, kami merekomendasikan printer laser warna dibanding printer inkjet karena dua alasan: toner laser pertama tidak mengering jika dibiarkan atau tidak digunakan dalam jangka waktu lama, dan yang kedua adalah Anda dapat mencetak lebih banyak halaman dari toner laser daripada kartrid inkjet.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Inkjet


Ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh printer inkjet, dan banyak dari mereka berkaitan dengan aktivitas pencetakan umum. Misalnya, pencetakan berwarna yang sangat bagus adalah keuntungan yang bisa diperoleh siapa pun tidak peduli jika tujuan pencetakan Anda adalah menghasilkan foto sekalipun, mencetak kertas scrapbooking, membuat gambar dan clip art, atau hanya mencetak dokumen teks berwarna. Kemampuan pencetakan berwarna berkualitas tinggi dari printer inkjet membuat mereka lebih disukai untuk pencetakan foto dan keluaran berwarna.
Keuntungan lain dari printer inkjet adalah memiliki fungsi serbaguna. Mereka dapat digunakan untuk pencetakan gambar dan teks, dan keduanya dapat menghasilkan hasil output printing dengan kualitas yang baik, tidak seperti printer laser yang biasanya digunakan untuk pencetakan dokumen teks dan pencetakan monokrom saja.

Karena mekanisme pencetakan yang lebih sederhana, printer inkjet juga jauh lebih murah dibanding printer laser. Printer inkjet berkualitas baik bisa dibeli seharga $ 50, sementara tidak ada printer laser yang memiliki kecepatan dan kualitas yang baik memiliki harga lebih rendah dari $ 150. Inilah faktor utama yang membuat printer inkjet disukai oleh kebanyakan pengguna komputer.

Printer inkjet juga bisa bersaing dalam hal kecepatan. Printer inkjet tercepat dapat mencetak hingga 37 halaman per menit untuk keluaran hitam. Ini sangat bagus, dan dengan kualitas outputnya, memiliki printer inkjet cepat memberi Anda kualitas dan kuantitas terbaik.

Memiliki printer inkjet yang diperbaiki atau diservis juga lebih murah daripada printer laser, karena mereka memiliki mekanisme pencetakan kurang berteknologi tinggi dan ukurannya lebih kecil. Hal ini membuat mereka lebih mudah untuk memperbaiki, dan kebanyakan teknisi sangat terbiasa dengan konstruksi dan mekanisme inkjet, sehingga mereka dapat dengan cepat dan mudah bekerja dengan printer inkjet.

Kelebihan Printer Inkjet:
  • Bagus untuk foto dan dokumen gambar-berat. Printer inkjet melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk memadukan warna yang halus dari pada printer laser.
  • Printer inkjet memiliki biaya awal yang rendah. Printer inkjet lebih murah daripada printer laser dan cartridge tinta inkjet lebih murah daripada toner.
  • Printer inkjet dapat mencetak ke banyak jenis kertas, termasuk kertas foto glossy, kertas tulis bertekstur dan bahkan beberapa kain.
  • Hampir tidak ada waktu pemanasan yang dibutuhkan sebelum mencetak.
  • Kartrid inkjet dapat diisi ulang dan digunakan kembali, mengurangi limbah dan menghemat uang.
  • Printer inkjet cenderung lebih kecil, ringan dan mudah perawatannya dibanding printer laser.

Kekurangan Printer Inkjet:
  • Tinta inkjet lebih mahal dari pada sampanye.
  • Tinta inkjet berbasis air, jadi cetakannya rentan terhadap kerusakan dan pudar air atau luntur jika terkena air/cairan.
  • Kartrid tinta perlu sering dibersihkan. Meskipun printer melakukan perawatan ini secara otomatis, printer ini menghabiskan banyak tinta.
  • Printer inkjet kini semakin cepat, tapi masih sangat lambat dibandingkan dengan pencetakan laser. Volume tinggi adalah tantangan dengan printer inkjet.
  • Beberapa printer inkjet akan menghasilkan teks abu-abu dan kabur jika mencetak di kertas kantor biasa.
  • Printer inkjet untuk penggunaan di rumah memiliki nampan kertas berkapasitas rendah, hanya sekitar 50-100 lembar. Paper Tray keluaran hampir tidak ada. Ini mungkin menjadi masalah jika Anda mencetak dalam jumlah banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laser


Sesuatu yang printer laser tawarkan sedangkan printer inkjet tidak adalah kapasitas printing tinggi. Sementara inkjet umumnya memiliki siklus tugas sekitar 3.000-10.000 halaman per bulan, printer laser dapat menghasilkan hingga 300.000 halaman per bulan. Hhampir 100 kali kapasitas minimum printer inkjet. Printer laser sangat disukai untuk penggunaan yang mengutamakan profit, seperti di bisnis atau tempat kerja kantor, karena mereka memenuhi kebutuhan pencetakan massal.

Meskipun printer laser tidak seefisien printer inkjet dalam menghasilkan gambar dan foto, namun printer laser memenangkan persaingan saat mencetak output hitam dan putih. Ini karena proses pencetakan elektron bermuatan yang tepat ke media pencetakan. Sementara output berwarna sulit diproduksi karena rendahnya kapasitas printer laser untuk menggabungkan warna, output teks hitam adalah kekuatan terbesar printer laser.
Printer laser juga memiliki kecepatan cetak yang sangat cepat. Jika printer inkjet maksimal 37 ppm, printer laser bisa maksimal 75 ppm untuk pencetakan monokrom. Model kecil dan murah memiliki kecepatan lebih lambat, namun printer laser yang berukuran besar dan canggih yang direkayasa khusus untuk keperluan bisnis dan industri memiliki kecepatan sekitar 40, 50, 60, dan bahkan 75 ppm untuk monokrom, dan naik 50 ppm untuk cetakan berwarna. Hal ini membuat mereka sempurna untuk keperluan percetakan massal, terutama di industri kompetitif seperti surat kabar yang perlu dicetak cepat.

Dan akhirnya, keuntungan terbesar printer laser dibandingkan printer inkjet adalah biaya cetak yang rendah. Sementara printer inkjet berharga sekitar $ 0,10 - $ 0,30 per halaman, hasil cetak laser bisa semurah $ 0,02 per halaman. Hal ini disebabkan oleh perbedaan harga tinta dan efisiensi pemakaiannya. Hal ini membuat printer laser menjadi sempurna untuk tujuan percetakan massal dan menguntungkan meskipun biaya investasi pembelian cukup mahal.

Kelebihan Printer Laser:
  • Printer laser bisa mencetak lebih cepat dari printer inkjet. Tidak masalah jika Anda mencetak beberapa halaman sekaligus, namun pengguna dengan volume tinggi akan melihat perbedaan yang sangat besar.
  • Printer laser menghasilkan teks hitam tajam yang sempurna. Jika pekerjaan cetak Anda kebanyakan teks dengan grafis sesekali, printer laser adalah pilihan yang tepat. Printer laser juga menangani font kecil dan garis halus jauh lebih baik daripada inkjet.
  • Printer laser lebih siap menangani pekerjaan cetak bervolume tinggi.
  • Perbandingan harga per harga mendukung printer laser dibanding printer inkjet untuk dokumen yang tidak rumit secara grafis. Meski harganya lebih mahal, cartridge toner laser mampu mencetak lebih banyak dibandingkan kartrid inkjet, relatif lebih hemat dan tidak boros.

Kekurangan Printer Laser:
  • Meski printer laser bekerja lebih cepat, mereka butuh waktu untuk pemanasan.
  • Meski toner lebih murah dalam jangka panjang, biaya dimuka untuk pencetakan laser lebih banyak.
  • Kebocoran drum toner adalah mimpi buruk yang membuat toner cepat habis dan terbuang sia-sia.
  • Printer laser tidak bisa menangani berbagai kertas atau bahan cetak seperti inkjet. Apa pun yang peka terhadap panas tidak bisa dilalui mereka.
  • Printer laser rumah bisa menangani grafis sederhana, tapi foto yang tajam merupakan tantangan tersendiri. Jika Anda ingin mencetak foto, lebih baik jika menggunakan printer inkjet.
  • Ada beberapa printer laser kompak yang ada di pasaran, namun secara umum printer laser lebih besar dan lebih berat daripada printer inkjet.

Teknologi Cara Kerja Printer


Printer inkjet menyemprotkan tinta cair melalui nosel mikroskopis ke atas permukaan kertas. Printer laser memiliki unit drum yang menyatukan bubuk toner ke atas kertas dengan panas. Salah satu jenis printer menggunakan tinta, sementara printer yang lain menggunakan bubuk. Dengan perbedaan aplikasi antara dua jenis printer ini, kepercayaan umum bahwa kemungkinan terjadi noda lebih umum terjadi pada printer inkjet daripada laser. Itu tidak berarti semua printer inkjet melakukannya. Printer inkjet yang menggunakan tinta berbasis pigmen cenderung tidak mudah tercoreng sedangkan tinta berbasis pewarna memerlukan waktu pengeringan lebih lama agar tinta tidak mencoreng bagian lain. Dan ini juga tergantung pada kertas yang digunakan untuk mencetak. Beberapa jenis kertas menyerap tinta lebih baik sementara beberapa lainnya tidak.

Kualitas Cetak Printer


Kualitas cetak tergantung pada output yang Anda butuhkan. Jika Anda perlu mencetak foto dengan kualitas yang jelas, cari printer inkjet foto profesional yang bagus dan dapat menghasilkan gambar beresolusi tinggi. Jika yang Anda butuhkan adalah printer handal yang bisa terus mencetak dokumen yang tajam, printer laser adalah yang Anda butuhkan.

Persepsi yang umum adalah bahwa printer inkjet lebih baik untuk membuat cetakan gambar berwarna, dan printer laser paling baik untuk pencetakan warna hitam dan putih. Model printer laser warna terbaru di pasaran saat ini diharapkan terdapat perubahan. Kemajuan teknologi printer telah memungkinkan printer laser warna untuk menghasilkan foto berwarna yang cukup mengesankan. Meskipun printer inkjet masih menang jika dibandingkan dengan printer laser ketika diadu pada cetakan foto yang sangat rinci dan sempurna. Printer laser warna sekarang menjadi pilihan untuk dipertimbangkan bagi mereka yang ingin mencetak gambar berwarna berkualitas menengah sambil menikmati keandalan, daya tahan, dan manfaat ekonomi dari sebuah printer laser

Singkatnya dapat disimpulkan:
  • Printer Laser Monokrom: Sangat baik untuk teks dan dokumen
  • Printer Laser Warna: Sangat bagus untuk teks, dokumen, dan dapat mencetak gambar berwarna berkualitas menengah (misalnya foto keluarga untuk penggunaan pribadi).
  • Printer Inkjet Foto: Sangat bagus untuk mencetak foto berkualitas tinggi dengan jangkauan warna yang lebar dan kedalaman tonal. Terbaik saat mencetak foto galeri cetak.

Kecepatan Cetak Printer


Printer laser dibangun untuk mengakomodasi tuntutan aktivitas kerja sehingga direkayasa untuk mencetak lebih cepat antara 15 sampai 100 halaman per menit (ppm), sementara printer inkjet dicetak lebih lambat sekitar 16 ppm. Karena printer laser lebih cepat, mereka mampu menghasilkan lebih banyak dokumen dibandingkan printer inkjet dalam waktu yang sama dan karena itu memiliki volume cetak bulanan yang lebih tinggi.
  • Printer Laser: Mencetak 15 sampai 100 halaman / menit
  • Printer Inkjet: Mencetak 16 halaman / menit

Baca juga:
Memutuskan pencetakan inkjet vs laser tergantung dengan apa yang ingin Anda cetak dan berapa banyak jumlahnya. Printer inkjet paling cocok untuk dokumen berukuran kecil dan gambar berat, seperti foto dan proyek sekolah. Tapi, jika Anda mencari printer yang bisa menangani dokumen berbasis teks dengan volume besar, maka printer laser adalah pilihan yang lebih efisien dan ekonomis. Hal ini juga membutuhkan waktu dan tenaga untuk berpikir lebih jauh mengenai pilihan jenis printer yang tepat. Apakah Anda memproyeksikan hasil cetak Anda perlu diubah? Apakah anak-anak Anda membutuhkan printer laser yang lebih handal atau apakah Anda tetap berpegang pada printer inkjet? Kebutuhan kita berubah dan mempertimbangkannya dapat menghemat ratusan dolar di masa depan.
Berikan komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Printer Inkjet dengan Laser Jet"

EmoticonEmoticon