Cara Mencetak atau Print Langsung dari HP Android Tanpa PC

Cara Mencetak atau Print Langsung dari HP Android Tanpa PC - Kini ponsel android dapat melakukan apa saja, dari menyimpan musik hingga menghandel pekerjaan seperti word documents. Fitur canggih lainnya yaitu kemampuan untuk mencetak atau print langsung dari smartphone atau tablet Android tanpa pc. Jadi Anda bisa dengan cepat mencetak file-file yang ada di ponsel Android, seperti foto, gambar, dokumen Word, dokumen Excel, Powerpoint, dll langsung dari HP Android tanpa memindahkan file-file tersebut ke laptop atau komputer.

Tidak ada cara sempurna untuk mencetak dari ponsel atau tablet Android. Setiap metode yang tersedia memiliki keterbatasan. Anda memerlukan printer yang tepat. Dan juga mungkin memerlukan PC atau satu aplikasi spesifik yang harus bisa bekerja dengan aplikasi spesifik lainnya.

Cara Mencetak atau Print Langsung dari HP Android Tanpa PC

Tapi itu bisa dilakukan, ita bisa mencetak langsung dari HP Android dengan atau tanpa menggunakan komputer. Berikut adalah dua metode yang akan dapat digunakan untuk nge-print langsung dari ponsel Android.

Apakah Anda tidak mempunyai printer Wi-Fi yang dapat langsung terhubung ke jaringan internet tanpa komputer atau laptop? Bukan berarti tidak bisa nge-print secara wireless kan. Kenyataanya Google telah memberikan cara untuk mengakses printer Anda dengan menggunakan akun chrome dan ponsel Anda untuk memindahkan kemudian mencetaknya di kertas dengan cepat dan mudah. Cara ini agak sedikit membingungkan jadi kita berusaha menyusun panduan yang dapat membantu untuk mengerjakannya hanya dalam hitungan detik.

Seiring kemajuan teknologi Android, demikian pula kemampuan Anda untuk menyelesaikan semuanya secara cepat dan mudah hanya dengan ponsel atau tablet Android Anda. Google telah merancang aplikasi cloud printing yang sesuai dengan printer Anda yang terhubung ke jaringan nirkabel Anda atau ke komputer Anda melalui koneksi jaringan internet. Berikut adalah cara menyiapkan Google Cloud Print di Chrome di komputer Anda dan cara mulai mencetak langsung dari perangkat Android Anda.

1. Cara Print Langsung dari ponsel Android Tanpa PC


Jika printer Anda support Wi-Fi, dan sudah siap untuk menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah atau kantor Anda, ada kemungkinan Anda bisa mencetaknya secara langsung (dengan asumsi Anda berada di rumah atau kantor). Itu semua tergantung pada apakah ada aplikasi khusus untuk printer Anda, seperti Dell, Develop, Kodak, Kodak Verite, Konica Minolta, LG, Lexmark, Oki, Pantum, Sharp, TA, HP / Hewlett Packard, Fuji Xerox, Kyocera, Passbook Olivetti, Ricoh, Toshiba, Samsung, Xiaomi, Canon dan Epson.

Saya memiliki printer Brother yang terpasang di jaringan saya, jadi saya mencari aplikasi print untuk Brother di Google Play Store. Saya menemukan dua aplikasi yang bisa diterapkan, tapi sangat berbeda. Anda mungkin menemukan opsi serupa untuk merk printer Anda.

Brother Print Service Plugin yang dapat anda download dari Play Store tidak benar-benar memiliki interface pengguna. Setelah terinstal, aplikasi itu akan menampilkan halaman pengaturan tempat Anda menyalakannya dan menu untuk memilih printer Anda. Setelah itu, Anda bisa melakukan perubahan di opsi Settings. Aplikasi yang mendukung Plugin (tidak banyak, namun mencakup Chrome, Gmail, dan Photos) sekarang akan menampilkan opsi Print di menu mereka. Download Brother Print Service Plugin dari Play Store.
Brother iPrint & Scan adalah aplikasi full-blown, dan bekerja sebagai sistem tertutup. Untuk mencetak apapun ke printer anda langsung dari HP Android, Anda dapat membuka iPrint & Scan, dan menggunakan interface pengguna aplikasi untuk mencari dan mencetak file yang Anda inginkan.

2. Cara Print Langsung dari ponsel Android melalui PC


Jika Anda tidak bisa mencetak printer di Wi-Fi, cobalah Google Cloud Print. Google mengembangkan metode pengiriman print job melalui Internet, jadi ini semacam melakuka remote PC atau laptop anda untuk nge-print file yang ada di ponsel Android Anda. Google Cloud Print dapat mengirim perintah printing langsung ke printer "Cloud Ready" yang bersertifikat Google, sehingga dapat terhubung langsung ke web. Untuk printer "klasik" yang dirancang untuk terhubung ke PC, Google Cloud Print dapat mengarahkan pekerjaan melalui PC yang tersambung ke Internet ke printer yang telah terhubung. Jika PC Anda mati saat Anda mencetak dari perangkat Android Anda, file akan segera dicetak setelah Anda mem-boot PC Anda dan terhubung ke internet dan web.

Beberapa ponsel telah dibekali Google Cloud Print yang sudah ada di dalam software ponsel atau OS Android. Tidak perlu khawatir soal download jika memang itu permasalahannya. Jika ponsel Anda tidak mempunyai aplikasi tersebut, maka Anda bisa mendapatkannya secara gratis di Play Store. Download aplikasi Cloud Print dari Play Store dan ikuti petunjuk cara install-nya.

Agar dapat melakukan metode print ini, Anda memerlukan browser Chrome di PC, dan akun Google (akun Gmail atau Youtube juga bisa). Anda tentu juga harus bisa mencetak dari PC ke printer.

Untuk menyiapkan teknologi Google Cloud Print di PC, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini dengan cermat.

Cara Menghubungkan ke Google Cloud Print


Saat ini banyak printer mendukung koneksi Bluetooth, Wi-Fi, atau cara cepat lainnya, namun tidak semua orang punya printer yang mendukung itu semua. Dan beberapa orang mempunyai ide untuk menggunakan cloud. Itulah dimana Google Cloud Print kemudian diciptakan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan mendaftarkan printer Anda, lalu koneksikan ke internet dimana kamu bisa melakukannya dari mana saja selama kamu mempunyai koneksi internet yang bagus.

Ingatlah bahwa ketika sebagian besar printer mampu bekerja melalui Google Cloud Print, tapi ada beberapa yang tidak bisa. Untuk membantumu mengatasi masalah trial and eror, Google mengumpulkan daftar printer yang bekerja dengan Cloud Print.
  • Langkah 1: Buka browser Google Chrome di computer atau laptop Anda.
  • Langkah 2 : Log in secara manual ke dalam akun Google Chrome jika kamu tidak bisa log in secara otomatis.
  • Langkah : Klik tombol menu (diwakili oleh sebuah ikon yang menunjukkan 3 garis horizontal atau 3 titik kecil jika kamu menggunakan Chromebook) di sudut kanan atas browser.
  • Langkah 3 : Pilih Settings
  • Langkah 4 : Scroll hingga ke bagian paling bawah halaman, kemudian klik Advanced 
  • Langkah 5 : Scroll ke bawah ke bagian section Printing, dan pencet Google Cloud Print dan klik Manage Cloud Print Device
  • Langkah 6 : Selanjutnya tekan tombol Add Printer
  • Langkah 7 : Anda akan mendapatkan daftar dari semua printer yang tersedia dan compatible. Pilih salah satu yang ingin kamu tambahkan, klik Add printers. Seharusnya itu akan langsung mendeteksi printer mu, dan pekerjaan pun selesai.

Cara Print atau Mencetak File yang tersimpan di folder Android


Setelah kamu memiliki Google Cloud Print, Anda tidak perlu menjalankan aplikasi itu sendiri khususnya untuk mencetak, seperti halnya add-on pada software ponsel Anda. Akan lebih mudah lagi jika Anda bisa menguasainya. Pastikan bahwa akun google yang tersambung dengan ponsel Android anda sama dengan akun yang kamu gunakan di Google Chrome pada langkah sebelumnya.
  • Langkah 1 : Buka dokumen yang ingin Anda print (ini bisa apa saja dari Google Drive docs ataupun gambar yang tersimpan pada ponsel mu).
  • Langkah 2 : Pilih tombol menu (3 titik di sudut kanan atas).
  • Langkah 3 : Tekan tombol Print, dan itu akan membawamu ke halaman baru.
  • Langkah 4 : Kemudian tekan tombol panah bawah lalu scroll ke kanan
  • Langkah 5 : Pilih printer yang ingin kamu gunakan untuk mencetak. Jika kamu tidak bisa menemukannya, maka pencet All printers untuk mendapatkan daftar dari setiap printer yang telah kamu hubungkan.
  • Langkah 6 : Setelah semuanya dipersiapkan, klik tombol Print (lingkaran warna biru seperti printer).

Cara Print atau Mencetak halaman web dan email Gmail


Anda bahkan juga bisa mencetak halaman web, file di Google, Drive atau Dropbox, dan pesan email Gmail melalui Google Cloud Print. Sebagian besar prosesnya sama, jadi Anda tidak akan menemui masalah dalam menjalankannya.
  • Langkah 1 : Buka Gmail atau Google Chrome.
  • Langkah 2: Ketika Anda menemukan halaman situs yang ingin kamu print, silahkan pilih tombol menu (3 titik)
  • Langkah 3 : Daftar dari semua options yang tersedia akan muncul, pilih Print
  • Langkah 4 : Ini akan membawa Anda langsung ke halaman yang akan dicetak, di mana kamu bisa memilih printer yang tepat.
  • Langkah 5 : Pencet tombol Print ketika kamu sudah siap untuk mencetak, dan printer akan mulai mencetak.

Daftar Merk dan Tipe Printer kompatibel dengan Google Cloud Print


Kebanyakan printer modern terbaru biasanya kompatibel dengan Google Cloud Print. Namun ada beberapa pengecualian untuk merek dan tipe printer tertentu, jadi untuk menghindari frustrasi karena printer gagal bekerja, Google telah membuat daftar semua printer yang kompatibel dengan Google Cloud Print.

Jangan khawatir jika printer Anda tidak kompatibel dengan Google Cloud Print. Beberapa produsen telah membuat aplikasi mereka sendiri untuk dicetak dari ponsel dan tablet mereka. Beberapa merek printer terlaris di pasaran seperti Epson, Brother, Samsung, dan HP termasuk dalam daftar ini.

Pencetakan dicapai dengan mendownload aplikasi produsen dari Play Store, membuka aplikasi, memilih dokumen dari penyimpanan telepon internal atau penyimpanan cloud, dan mencetak ke printer wireless Anda. Ini mudah dan lebih efisien, serta bagus jika Anda hanya memiliki satu printer.

Apakah cara print langsung dari ponsel Android di atas bekerja?


Apakah Anda bangga menggunakan Google Cloud Print? Apa pengalaman Anda ketika menggunakannya? Apakah mencetak secara langsung dengan menggunakan smartphone atau tablet Android merupakan sesuatu yang bermanfaat bagimu? Beritahu kami cerita menarik Anda di komentar ya!
Berikan komentar untuk "Cara Mencetak atau Print Langsung dari HP Android Tanpa PC"

EmoticonEmoticon