14 June 2018

8 Aplikasi Untuk Menulis Tangan dan Catatan Terbaik Di HP Android

8 Aplikasi Untuk Menulis Tangan dan Catatan Terbaik Di HP Android – Menulis catatan menggunakan tangan secara langsung tanpa perlu mengetiknya bukanlah hal sulit lagi di android. Selain memanfaatkan pen stylus, anda pun bisa menulis catatan tangan menggunakan aplikasi Android. Aplikasi Android ini memiliki fungsi yang menarik untuk menulis catatan hingga membuat tanda tangan pada dokumen digital anda. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari aplikasi menulis tangan ini, salah satunya kemudahan dalam mengoperasikan serta aneka fitur lengkap yang tersedia di dalamnya.

Mencatat di perangkat Android tidak hanya akan membantu Anda menyimpan catatan Anda tetapi juga akan membantu Anda menghemat pengeluaran bulanan untuk membeli kertas tau buku tulis. Namun masalahnya adalah keypad kecil pada perangkat Android dapat menjadi tantangan sulit bagi Anda untuk menyimpan catatan. Fakta bahwa Android secara otomatis akan mengoreksi banyak kata hanya akan memperburuk keadaan karena semua catatan yang Anda ambil dengan cepat pada perangkat Anda menjadi campur aduk.

8 Aplikasi Untuk Menulis Tangan dan Catatan Terbaik Di HP Android

Di situlah aplikasi tulisan tangan untuk Android dapat berguna. Dengan aplikasi tulisan tangan terbaik untuk ponsel Android, Anda dapat dengan cepat membuat catatan tanpa mengkhawatirkan masalah koreksi otomatis yang mengganggu. Selain itu, mungkin lebih cepat dan mudah bagi Anda untuk membuat catatan dengan tangan menggunakan smartphone Android Anda.

Aplikasi Handwriting Android Untuk Menulis Tangan dan Catatan


Daftar ini mencakup sejumlah aplikasi tulisan tangan yang menarik yang akan bekerja sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap aplikasi akan memberi Anda bantuan yang Anda butuhkan untuk menyimpan semua catatan Anda diambil.

Aplikasi tulisan ini juga cocok digunakan bagi anda para pelajar maupun mahasiswa, dan juga wartawan. Anda bisa mencatat materi secara mudah tanpa perlu mengetik langsung di layar smartphone anda. Sebagian besar aplikasi sudah menyediakan fitur penyimpanan online sehingga tidak membuat memori perangkat Android penuh oleh file anda. Anda juga bisa menandai catatan, file PDF hanya dengan aplikasi tulisan tangan ini. Berikut referensi selengkapnya untuk berbagai aplikasi android untuk menulis tangan dan catatan.

Catatan: Banyak dari aplikasi menulis catatan tangan ini tersedia secara gratis, tetapi beberapa memiliki fitur yang mengharuskan Anda untuk memesan versi premium.

1. Papyrus atau Squid


Pengalaman menulis tangan yang tak jauh berbeda dengan menggunakan kertas bisa anda dapatkan dengan aplikasi Papyrus ini. Anda bisa memanfaatkan stylus atau jari tangan untuk menulis dengan aplikasi ini. Peformanya sangat intuitif sehingga bisa diandalkan untuk media pencatat yang fleksibel dan memudahkan penggunaannya. Aplikasi gratis ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tanda tangan secara digital. Anda bisa membuat tanda tangan pada dokumen yang siap dikirim atau dicetak.


Squid adalah program yang menarik yang dulu dikenal sebagai Papyrus yang memungkinkan Anda membuat catatan tulisan tangan pada banyak template kertas, tetapi yang membuatnya populer adalah Anda dapat menggunakan Papyrus untuk mengisi semua jenis formulir. Anda dapat membuat markup pada PDF pada perangkat Anda saat Anda mengisi kekosongan pada setiap formulir PDF yang Anda miliki.

Ini juga menggunakan pengaturan pers-sensitif untuk menangani tulisan tangan Anda. Anda dapat menulis dengan pena stylus Anda dan kemudian menghapus dengan jari Anda. Program ini mengidentifikasi tekanan dari salah satu item dan menggunakannya untuk menentukan apa yang akan terjadi ketika Anda mencoba untuk menghapus sesuatu dari aplikasi Anda. Anda juga dapat menyesuaikan warna dari semua hal yang Anda gunakan, sehingga memungkinkan Anda untuk membedakan antara item yang berbeda yang Anda diposting di Squid.

Kelebihan: Mendukung pengeksporan catatan ke banyak format file, memungkinkan Anda memangkas dan mengedit gambar sesuai keinginan Anda, memungkinkan Anda menggunakan port HDMI, Chromecast, atau item lain untuk menyajikan catatan Anda di layar yang lebih besar (berfungsi paling baik untuk tablet).

Cons: Sensitivitas tekanan mungkin terlalu kuat, sulit untuk mendapatkan hasil cetak yang bagus dalam beberapa kasus.

Biaya: Gratis, meskipun Anda harus membayar ekstra untuk beberapa fungsi dalam aplikasi.

Download aplikasi Squid dari Play Store

2. LectureNotes


Menulis catatan dengan tangan juga bisa menggunakan aplikasi gratis ini. Namun untuk pengoperasiannya anda mesti menggunakan stylus pen. Fungsi aplikasi catatan ini sebenarnya dikhususkan bagi para pelajar dan mahasiswa. Anda bisa memanfaatkannya untuk mencatat mata kuliah atau ulangan. Namun selain itu, aplikasi gratis ini juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan lainnya.

Saat mencari aplikasi berbayar, Anda dapat menggunakan LectureNotes untuk menangani konten Anda. Aplikasi menulis tangan ini dirancang untuk penggunaan sekolah tetapi dapat bekerja di mana saja. Program ini memungkinkan Anda menulis atau mengetik catatan dengan cepat dan memungkinkan Anda mengatur konten Anda ke dalam banyak bagian individual sesuai keinginan Anda. Ini juga termasuk opsi untuk mengunggah banyak file dari online dan menambahkannya ke LectureNotes. Aplikasi ini dapat menambahkan gambar dan PDF, selain itu memungkinkan Anda menyesuaikannya dengan markup Anda sendiri sesuai keinginan Anda, sehingga memberi Anda kontrol ekstra atas catatan Anda.

Kelebihan: Tidak memerlukan koneksi online atau internet saat digunakan, memungkinkan Anda melihat banyak halaman catatan pada saat yang sama pada perangkat Anda, memberi Anda banyak pilihan untuk pensil berdasarkan ketebalan.

Cons: Tidak direkomendasikan untuk digunakan pada ponsel cerdas, dirancang dengan kebutuhan profesional dalam pikiran.

Biaya: $ 4,95.

Masing-masing aplikasi tulisan tangan atau penggunaan Android Anda dapat bekerja dengan baik untuk tuntutan yang Anda miliki saat memproduksi dokumen yang bagus. Lihatlah setiap opsi yang dapat Anda kerjakan untuk melihat apa yang tersedia dan bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari tuntutan pencatatan Anda.

Download Lecturenotes dari Play Store

3. Google Handwriting Input


Aplikasi pembuat catatan dan tulisan tangan dari Google ini memiliki fitur yang cukup menghibur karena anda bisa dengan mudah mengetik pesan, menampilkan emoji hingga mengisi form dengan mudah. Anda bisa mengetik tulisan langsung dari keyboard atau langsung menulis di layar menggunakan tangan. Bahkan emoji yang anda bubuhkan pun bisa langsung anda gambar langsung dengan jari.

Google Handwriting Input adalah aplikasi yang membaca tulisan tangan Anda, sehingga Anda dapat menulis langsung di layar Anda alih-alih menggunakan keyboard. Ini menambahkan opsi keyboard tambahan ke perangkat Anda, yang dapat Anda gunakan di aplikasi mana pun yang perlu Anda ketik.

Google Handwriting Input menambahkan opsi ekstra ke perangkat Android Anda untuk memasukkan info. Serta keyboard dan input suara Anda, dengan Masukan Tulisan Tangan Google, Anda sekarang dapat juga menulis tangan bebas dan aplikasi harus mengenali apa yang telah Anda tulis di layar. Ini mendukung 82 bahasa, dan Google mengatakan itu sangat berguna bagi mereka yang tidak cocok untuk keyboard.

Selain mengenali tulisan tangan, Google Handwriting Input dapat mengenali gambar emoji, dan itu cukup mengesankan.

Anda dapat menulis secara mengejutkan dan masih memiliki Google Handwriting Input dengan benar menyusun apa yang Anda tulis. Ini bukan sempurna, tetapi jika Anda seorang penulis yang rapi, Anda mungkin tidak akan pernah melihatnya membuat kesalahan. Ada opsi untuk mengirim laporan Google tentang penggunaan aplikasi Anda, yang akan membantu perangkat lunak pengenalnya dapat meningkatkan kemampuan.

Download Google Handwriting Input dari Play Store

4. FiiNote


Aplikasi tulisan ini dikembangkan oleh developer yang sama dengan aplikasi FreeNote 7. Fitur yang disuguhkannya pun tak jauh berbeda dengan aplikasi tersebut. anda bisa menulis langsung dengan jari di layar smartphone anda. selain itu tulisan yang anda buat bisa disimpan langsung ke dalam cloud. Anda pun bisa menggambar dan membuat rumus diatas dokumen digital menggunakan aplikasi canggih ini.


FiiWrite adalah program gratis yang memungkinkan Anda tidak hanya menulis catatan tetapi juga melukis. Anda dapat menggunakan tool palet dengan pena stylus untuk menyesuaikan warna atau ketebalan apa yang Anda tulis.

Ini pada dasarnya adalah versi lebih terang dari program FiiNote yang jauh lebih besar. Anda dapat mengatur banyak item berdasarkan subjek dan tanggal di antara faktor-faktor lainnya. File individu juga dapat diekspor ke PDF dan format gambar lainnya. Masing-masing dapat diedit sendiri juga. Ketebalan tulisan Anda dan warna untuk apa yang Anda tambahkan dapat dengan cepat disesuaikan untuk menampilkan gaya yang berbeda yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan: Bekerja cepat, ringan di ponsel atau tablet, menawarkan banyak opsi penyimpanan dan ekspor data.

Cons: Tidak bekerja dengan keyboard untuk mengetk catatan tambahan, jadi Anda harus menginstal FiiNote secara terpisah untuk melakukan itu.

Biaya: Gratis.

Download FiiWrite dari Play Store

5. Skitch


Menulis dengan jari langsung diatas layar smartphone pun juga bisa dengan mudah anda lakukan dengan aplikasi catatan satu ini. anda bisa menandai kalimat, membuat tanda tangan, hingga menulis catatan diatas foto secara mudah dengan aplikasi gratis ini. bahkan untuk file PDF pun anda bisa menambahkan beberapa catatan kecil pada jenis file tersebut. aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk membubuhkan warna atau tanda pada file yang anda inginkan.

Skitch adalah tool yang memungkinkan Anda mencatat pada dokumen apa pun. mulai dari foto ke peta, atau bahkan dokumen PDF atau teks secara langsung di perangkat Android Anda.

Antarmuka utama Skitch memungkinkan Anda bergerak dengan nyaman di antara berbagai jenis media yang dapat Anda gunakan. Geser dari kiri ke kanan, Anda dapat mengakses foto, peta, situs web, dokumen PDF, atau bahkan dokumen kosong. Cukup pilih salah satunya untuk mulai menggunakan jari Anda sebagai penanda.

Skitch termasuk alat tulis klasik seperti spidol berwarna dan lainnya untuk membuat panah, menyisipkan teks, atau menggarisbawahi kata-kata. Semua alat pengeditan, termasuk satu untuk menyensor, dirancang sempurna untuk bekerja pada foto dan peta.

Skitch adalah alat yang sangat menarik yang seharusnya terbukti sangat berguna bagi siapa saja yang ingin membuat catatan dari Android mereka. Dan setelah Anda selesai, Anda dapat membagikan pekerjaan Anda dengan aplikasi apa pun yang terpasang di perangkat Anda.

Download Skitch

6. Handrite Note


Handrite Note adalah pilihan yang tepat ketika Anda membutuhkan aplikasi handwriting. Aplikasi ini bekerja dengan jari Anda atau stylus pen untuk membantu Anda membuat catatan. Anda dapat menggunakan ini untuk menulis item dan bahkan memasukkan teks melalui keypad virtual Anda jika diinginkan. Program ini melayani mereka yang mungkin memiliki kebutuhan untuk menangani catatan.


Aplikasi ini memungkinkan Anda mencatat pada beberapa lembar kertas. Anda dapat menggunakan ini untuk merekam catatan di banyak subbagian buku kecil, sehingga menjaga konten Anda sedikit lebih terorganisir saat Anda menuliskannya.

Kelebihan: Catatan dapat diekspor sebagai file PDF, beberapa pilihan kertas tersedia, fitur penyimpanan otomatis membuat Anda kehilangan data.

Cons: Margin bisa kecil di beberapa makalah, butuh sedikit untuk mengkonfigurasi.

Biaya: $ 3,95.

Download Handrite Pro dari Google Play Store

7. INKredible


Lihatlah INKredible selanjutnya ketika mencari aplikasi tulisan tangan. Ini menggunakan tata letak desain layout dasar dan menambahkan fitur bagus untuk menambahkan kedua catatan berbasis teks dan juga gambar. Anda dapat mengunggah gambar dari ponsel Anda ke INKredible atau bahkan mengambil screenshot yang baru saja Anda ambil dan mengeditnya dengan program ini.

Fitur rejection telapak tangan dan pergelangan tangan otomatis juga disertakan. Fitur ini mengidentifikasi jumlah tekanan yang diletakkan ke layar dan membuat Anda tidak menambahkan tekanan yang tidak diinginkan ke catatan yang Anda coba tulis. Ini adalah pengaturan yang mudah untuk mencatat yang menawarkan tata letak yang baik untuk Anda gunakan.

Kelebihan: Layout yang sederhana, memungkinkan Anda untuk berbagi file dalam banyak format, memungkinkan Anda memperbesar untuk menemukan detail spesifik atau menambahkan konten ke tempat-tempat yang sangat kecil.

Kontra: Desain mungkin terlihat terlalu biasa bagi sebagian orang, sulit untuk berpindah dari teks ke gambar saat menambahkan konten.

Biaya: Gratis / Pro $ 5

Download INKredible dari Play Store

8. OneNote 2016

Sejak peluncuran lapisan permukaan Microsoft, OneNote telah mendominasi pasar aplikasi tulisan tangan.

Seperti kebanyakan aplikasi tulisan tangan, Anda dapat membuat coretan dengan jari-jari Anda, menyisipkan rekaman suara / video, menyematkan klip dari web, dll. Tetapi bagian terbaik dari OneNote adalah "Ink to text" yang dapat mengonversi catatan tulisan tangan pada kertas yang dimasukkan langsung ke OneNote dan dapat diubah menjadi teks pada aplikasi di ponsel Android. OneNote juga mendukung sensitivitas tekanan seperti Squid, namun, kami menyarankan untuk menonaktifkannya agar tulisan terlihat lebih baik, rapi, dan menghemat ruang disk.

Kelebihan: Mengkonversi catatan tulisan tangan ke teks standar.

Cons: OneNote adalah aplikasi yang berat dan membutuhkan cukup banyak CPU usage untuk memuat sepenuhnya.

Biaya: OneNote pada aplikasi seluler bisa di-download gratis, versi desktop hanya tersedia dengan paket Office 2016 berbayar

Download OneNote dari Play Store

Itu dia berbagai pilihan aplikasi menulis tangan dan catatan di android yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat,jika Anda mempunyai rekomendasi mengenai aplikasi handwriting terbaik sesuai pengalaman Anda, maka beri kami infonya di kotak komentar.

Saya ingat menggunakan fitur handwriting pada perangkat PDA pada awal tahun 2000-an. Aplikasi tulisan tangan adalah cara yang bagus untuk menyimpan dan mengatur semua yang telah Anda tuliskan di satu tempat. Lebih jauh lagi, saya yakin bahwa beberapa orang (seperti saya) memiliki kebiasaan buruk mencorat-coret jika ada kalimat yang salah, lalu melemparkan kertas ke tempat sampah. Singkatnya, jika Anda mencari alternatif notepad fisik saya akan menyarankan Anda pergi untuk versi berbayar dari aplikasi tulisan tangan pilihan Anda.

I remember using the handwriting feature on the PDA devices in the early 2000’s. Handwriting apps are a great way to save and organize all that you have jotted down in one place. Furthermore, I am sure that some people (like myself) have this nasty habit of doodling each and everything and then toss the paper into the bin. In a nutshell, if you are looking for a physical notepad alternative I would suggest you go for the paid version of the handwriting app of your choice.


EmoticonEmoticon